P. 1
TUGAS MAHASISWA BARU.doc

TUGAS MAHASISWA BARU.doc

|Views: 42|Likes:
xa
xa

More info:

Published by: Ikomang Giya Pramardika on May 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2013

pdf

text

original

PENUGASAN PESERTA STUDENT DAY 2012  Tugas Individu

1. Potret Udayana (Realitas Kampus Universitas Udayana) (dikumpul 25 Agustus 2012. • Tugas terdiri dari:  Foto yang diambil dari sudut/ tempat/kegiatan yang terdapat di kampus Universitas Udayana. Penjelasan maksimal sebanyak 1 halaman A4 (termasuk foto). Berisi deskripsi tentang lokasi atau keadaan/ kejadian tersebut serta kritik mengenai foto yang diambil dan diketik.

  • • • •

Dicetak menggunakan kertas ukuran A4. Margin Normal (2,5 cm dari tepi kiri dan 2, 5 cm dari kanan, 2,5 cm untuk tepi atas serta bawah kertas). Paragraf rata kanan- kiri (Justify). Identitas peserta terletak di kanan atas, dengan font times new roman (TNR) 12pt , spasi 1,5pt. Terdiri dari : Nama Gugus/No Absen Judul tulisan bebas, baik menggambarkan isi atau hal unik didalam tulisan font times new roman (TNR) ukuran 14pt, spasi 1,5 pt, judul di ketik tebal (Bold). Foto ukuran proporsional,   dapat dicetak ukuran maks 2R dan ditempelkan pada lembar tugas. dicetak bersama pada lembaran tugas.

  • •

Penjelasan maksimal sebanyak 1 halaman A4 (termasuk foto). Berisi deskripsi tentang lokasi atau keadaan/ kejadian tersebut serta kritik mengenai foto yang diambil dan diketik.

Margin Normal (2. kelemahan. dengan font times new roman (TNR) 12pt. Dimana di dalamnya menceritakan pribadi anda (ketakutan. Potensi diri serta kekurangan. grafik. Tulisan Mengenal Diri Sendiri (dikumpul 25 Agustus 2012) • Tulisan dapat berbentuk opini atau essai. serta hubungan studi dengan potensi/ minat anda. tabel.5 pt.5 cm untuk tepi atas serta bawah kertas). Setiap awal paragraf dimulai dengan menjorok 1 cm. • • • • Tugas dicetak menggunakan kertas ukuran A4. Identitas peserta terletak di kanan atas. Paragraf rata kanan. 2. atau bentuk yang dapat memperkaya penjelasan anda. 2. dsb). Hal-hal yang ingin dilakukan dan minat terhadap hal-hal tertentu c. Tulisan dapat ditambah dengan foto.• • Huruf yang dianjurkan ialah Times New Roman dengan font 12 (atau Arial 11) untuk teks. antara lain tentang: a.kiri (Justify).5pt. Terdiri dari :   • • Nama Gugus/No Absen Judul tulisan bebas. . potensi. spasi 1. d. judul di ketik tebal (Bold). hal yang menurut anda menarik. Huruf yang dianjurkan ialah Times New Roman dengan font 12 (atau Arial 11) untuk teks. serta minat yang dimiliki. Kesesuaian antara minat dengan pilihan program studi yang telah diperoleh dan bagaimana cara bertanggung jawab terhadap itu semua. baik menggambarkan isi atau hal unik didalam tulisan font times new roman (TNR) ukuran 14pt. 5 cm dari kanan. spasi 1.5 cm dari tepi kiri dan 2. Deskripsi tentang kepribadian diri anda sendiri dan seberapa besar anda mengenal diri anda b.

5pt. atau hal unik didalam tulisan. spasi 1. baik menggambarkan isi. Tokoh tersebut bersifat bebas dan memiliki nilai sendiri serta menginspirasi diri anda. 3.5pt Tulisan/isi dengan font times new roman(TNR) 12pt . Tulisan Mengenai Tokoh Panutan / Dikagumi (dikumpul 25 Agustus 2012) • Tulisan tersebut berisi penjelasan tentang seorang tokoh yang sangat dikagumi dan alasan mengapa menjadikannya sebagai panutan hidup.maks 2 halaman A4. spasi 1. • Di dalam tulisan berisi Foto tokoh .• Setiap awal paragraf dimulai dengan menjorok 1 cm. diprint pada lembaran tugas • Tulisan tersebut dikumpul dengan ketentuan minimal 1 halaman & maksimal sebanyak 2 halaman. • Paragraf rata kanan. spasi 1. font TNR 14pt. terletak di kiri teks. • Margin Normal (2. Terdiri dari :   • • Nama Gugus/No Absen Judul tulisan bebas.5 cm dari tepi kiri dan 2.5pt. 4. • Identitas terletak di kanan atas. dengan font times new roman (TNR) 12pt . • Menggunakan kertas ukuran A4. yang berukuran Proporsional. Buku (dikumpul 26 Agustus 2012) • Peserta mengumpulkan sebuah buku yang sesuai dengan tema: .5 cm untuk tepi atas serta bawah kertas). 2.kiri (Justify).Gugus 1-4 Politik . 5 cm dari kanan.

Pembagian kelompok dilakukan bersamaan dengan pembagian Gugus Student Day pada tanggal 10 agustus 2012. Kriteria Proposal kegiatan dikerjakan 10 orang mahasiswa yang merupakan anggota dari satu gugus.Gugus 9-12 Sejarah. Dapat juga masalah sosial masyarakat.Gugus 13-16 Teknologi Informasi . Budaya dan Sosial Ekonomi .Gugus 17-20 Pendidikan dan lingkungan  Tugas Kelompok (DIKUMPUL TANGGAL 25 AGUSTUS 2012) Usulan Kegiatan Sosial Proyek sosial merupakan sebuah rencana suatu kegiatan untuk meyelesaikan sebuah permasalahan disekitar kita. Nantinya kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat/ komunitas. empati. Membangun sebuah proyek sosial merupakan gabungan kecerdasan intelektual.telepon masing – masing anggota kelompok akan disertakan pada saat pengumuman gugus). dan kreatifitas membangun solusi konkrit. emosional. 1. pengembangan ilmu pengetahuan dan Sains.. Penugasan proyek sosial tahun ini ada didalam penugasan MABA (mahasiswa baru) 2012. merupakan rencana sebuah kegiatan sosial dimana terdapat masalah sebagai latarbelakangnya. . karena hal –hal kecil merupakan awal sesuatu yang besar. Project sosial tidak terbatas pada menjawab permasalahan lingkungan dan alam. maupun yang lain. maupun kegiatan yang dibuat bersama masyarakat. (untuk no. Dapat pula sebuah kegiatan maupun program yang sederhana. Kegiatan sosial/ project sosial ini dapat berupa kegiatan penyuluhan.Gugus 5-8 . Proyek tersebut merupakan sebuah jawaban. kemiskinan.

google docs. - Tugas kelompok dapat bertatap muka. email. dst) . dll) untuk mengerjakan tugas masing. 21. - Jumlah halaman maksimun yang di perkenankan adalah 15 (Lima belas) halaman terhitung dari (Judul sampai dengan daftar pustaka) tidak termasuk cover dan lampiran. dimana satu gugus berisi kurang lebih 200 orang dan dibagi berdasarkan no Absen peserta misal 1-10. Serta tugas dari ketua kelompok adalah menilai kontribusi/ keikutsertaan anggota kelompok.- Kelompoknya dibagi berdasarkan gugus.11-20.masing. antara lain: a) Judul b) Latar Belakang Masalah c) Perumusan Masalah d) Tujuan e) Luaran Yang Diharapkan f) Kegunaan g) Tinjauan Pustaka/ Gambaran Umum Rencana Usaha/ Gambaran Umum Masyarakat Sasaran h) Metode Pelaksanaan i) Jadwal Kegiatan j) Rancangan Biaya k) Daftar Pustaka l) Lampiran . maupun dapat dunia maya (via fb. - Satu kelompok dipimpin seorang ketua (ditunjuk berdasarkan no absen gugus yang awal antara kelompoknnya misal no absen 1. - Ketua kelompok bertugas mengumpulkan seluruh anggotanya untuk mengerjakan tugas kelompoknnya. 31. 11. dan seterusnya. - Proposal kegiatan tersebut terdiri dari beberapa bagian (dijelaskan dalam point 2 struktur usulan).

Struktur usulan/ proposal merupakan gambaran tentang hal-hal apa saja yang ada dalam pembuatan rencana kegiatan sosial. Terdapat kejelasan tentang prioritas masalah yang akan diselesaikan. sosial dan ekonomi. Latar Belakang Masalah Latar belakang masalah berisikan akan uraian tentang kenapa hal/ proyek sosial tersebut penting untuk diusulkan. Dalam latar belakang juga berisi peluang dari kegiatan ini untuk dijalankan serta gambaran masyarakat /wilayah (baik potensi wilayah. jurnal ilmiah. . persoalan masyarakat dan kebutuhan masyarakat umum. maupun lingkungan) yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan. baik fisik.2. keingin tahuan mahasiswa. STRUKTUR USULAN/ PROPOSAL. Dimana hal-hal tersebut merupakan syarat kelengkapan yang harus ada dalam sebuah proposal proyek tersebut. masyarakat usaha. C. struktur tersebut berdasarkan pada pembuatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) namun terdapat beberapa perubahan karena di buat untuk penugasan mahasiswa baru 2012. dll. Tujuan Berikan pernyataan yang singkat mengenai tujuan dilaksanakannya sebuah kegiatannya. Perumusan Masalah Rumusan jelas tentang permasalahn yang ingin diteliti/ diselesaikan. Permassalahan tersebut dapat bersumber dari literatur (buku. Serta terdapat penjelasan mengenai identifikasi masalah yang akan dicari solusinya melalui kegiatan yang direncanakan. Judul judul kegiatan hendaknya singkat dan spesifik. Berikut merupakan bagian dari proposal kegiatan sosial tersebut. Perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertannyaan. Diharapkan tujuannya jelas sehingga mampu merumuskan indikator keberhasilannya. tetapi cukup jelas menunjukkan dan memberi gambaran mengenai kegiatan sosial/ proyek sosial yang diusulkan. B. lain-lain). Juga dapat merupakan tujuan / kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan atau proyek sosial ini nantinya. antara lain: A. D.

Baik berisi indikator jangka panjang maupun pendek. Tinjauan Pustaka/ Gambaran Umum Rencana Usaha/ Gambaran Umum Masyarakat Sasaran Uraian atau pejelasan mengenai kondisi lingkungan. Kegunaan Manfaat yang diperoleh bagi penulis. februari. Rancangan Biaya Rencana biaya yang diajukan merupakan belanja bahan yang habis pakai. Apakah berbentuk usulan kegiatan. F. Dengan kata lain apa yang akan didapatkan oleh penulis maupun masyarakat jika kegiatan ini selesai. hari ke-1 “ J. perjalanan dan lain-lain. minggu ke-1. baik usaha. dan masyarakat setelah kegiatan ini selesai. G.1. Jadwal Kegiatan Jadwal kegiatan meluputi kegiatan persiapan pelaksanaan program berbentuk rincian berapa lama kegiatan tersebut akan berlangsung. Metode Pelaksanaan Uraian tentang metode yang akan dlaksanakan merupakan teknik. atau bentuk gagasan yang nantinya mampu menyelesaikan permasalahan sosial yang memnjadi fokus kegiatan. rencana. maupun gambaran keadaan masyarakat sasaran . Buatlah dalam bagan atau cara yang sederhana. Untuk menghindari keterikatan waktu pelaksaan pada periode tertentu. Setidaknya uraian singkat bagaimana proyek tersebut dikatakan berhasil. Berisikan tentang dampak dari permasalahan yang dihadapi sehingga usulan kegiatan ini tepat untuk dilaksanakan. bulan ke-2. Luaran yang Diharapkan Luaran merupakan bentuk hasil apakah yang diharapkan. peralatan penunjang program. usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit (seperti bulan Januari. atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan proyek sosial ini. dapat berupa cek list. I. cara. . Untuk proposal kegiatan ini juga mencantumkan indikator keberhasilan . Jadwal tersebut mengacu pada metode pelaksanaan (point H). H.E. terkait perubahan atau sinyal perubahan yang terjadi setelah kegiatan tersebut mulai sampai seterusnya. dan seterusnya) melainkan kata “bulan ke.

Nim .org/memahami_struktur_karya_tulis_ilmiah. Bagian dari informasi penulis/ anggota kelompok. antara lain: − − − − − Nama.- K.000. 3.sabda. judul buku/ literatur.000 20 pack plastik besar @1 pack isi 20 Rp 20. jumlah halaman maksimun yang di perkenankan adalah 15 (Lima belas) halaman terhitung dari (latar berlakang sampai dengan daftar pustaka) tidak termasuk judul serta lampiran. Tanggal akses.000. No Absen. Yang kita perlukan antara lain: sewa truck sampah 2 buah @1 truck Rp.) Untuk rujukan dari Internet. Komentar akan kontirbusinya dalam kelompok (diisi oleh ketua kelompok) . nama depan . (http://pelitaku.000 Rp. Yaitu: • Nama akhir. tahun terbitnya buku. . PERSYARATAN PENULISAN: .Contoh : Kegiatan proyek sosial bakti sosial pembersihan pantai. BakalarJB. serta kontribusi pada kelompok.Rp. 1993. Daftar Pustaka Berisikan daftar informasi tentang pustaka/ buku/ literatur/ tulisan yang menjadi rujukan dalam tulisan. • L. 100.Naskah ditulis mengunakan Bahasa Indonesia yang baik. 200. Marijuana: the Forbidden Medicine. Untuk daftar pustaka mengacu pada penulisan daftar pustaka pada umumnya. Gugus. London: YaleUnivPress. yaitu: link internet/ rujukannya. 400. Lampiran Berisikan nama dan informasi mengenai penulis/ anggota kelompok. Setiap rujukan harus muncul dalam daftar pustaka. Tanggal akses 20 mei 2012). Tempt terbit : nama penerbit (GrinspoonL.

tsb. - . Semua judul diketik tebal. FORMAT PENULISAN Menggunakan kertas ukuran A4. Huruf yang dianjurkan ialah Times New Roman dengan font 12 (atau Arial 11) untuk teks.- Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. Setiap awal paragraf dimulai dengan menjorok 1 cm. Sesuaikan ukuran untuk tipe Arial. Judul bab menggunakan huruf dengan font Times New Roman 14 sedangkan judul sub bab dan sub-subbab dengan font seperti teks yaitu font 12.5 cm dari tepi kiri dan 2. yg.kiri (Justify). satu kesatuan.. sederhana.5 cm untuk tepi atas serta bawah kertas). 5 cm dari kanan. Paragraf rata kanan. 4. tidak menggunakan singkatan seperti tdk. 2. dgn. mengutamakan istilah yang mudah dimengerti. dsb.5 Margin Normal (2. dll. jelas. Naskah diketik dengan spasi 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->