PBUTM(Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu) UGM 2011

Persyaratan Peserta
Umum a. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri pada tahun 2010/2011. b. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). Bagi siswa kelas akselerasi, kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah. c. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing. Khusus a. Siswa termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5, atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. b. Berasal dari keluarga tidak mampu, didukung dengan data:  Fotokopi Kartu Keluarga yang disahkan oleh RT, RW, dan Kepala Desa/lurah.  Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan (oleh Camat bagi non karyawan, oleh Bendaharawan Gaji Pegawai bagi karyawan institusi). Cara Dan Waktu Pendaftaran a. Mengisi formulir melalui situs http://um.ugm.ac.id (3 Januari sd. 10 Februari 2011). b. Peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi sesuai jurusannya di SMA/SMK/MA. c. Berkas persyaratan dimasukkan dalam stofmap hijau lalu dikirimkan/diserahkan ke Sekretariat UM UGM. d. Berkas diterima paling lambat Senin, 14 Februari 2011. e. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011. f. Hasil seleksi diumumkan pada Sabtu, 12 Maret 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id. g. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di www. b. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. IChO.PBUBB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa) UGM 2011 Persyaratan Peserta Umum a. c.ac. Hasil seleksi final diumumkan Sabtu. g.ugm. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. atau finalis lomba bidang studi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh LIPI. Login ke situs http://um. 10 Februari 2011) c. e.id b.ac. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011. 12 Maret 2011 melalui situs http://um.000. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). h. IOI/ICO. Siswa termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5. 14 Februari 2011. khusus untuk masuk ke fakultas yang bersangkutan). IBO.ugm.ac. Berkas persyaratan dimasukkan dalam stofmap biru lalu dikirimkan/diserahkan ke Sekretariat UM UGM.id.id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari sd. Bagi siswa kelas akselerasi. DIKNAS. Khusus a. IPhO. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri pada tahun 2010/2011. b. Pemenang lomba bidang studi tingkat nasional (termasuk lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing. Berkas diterima paling lambat Senin. 350. f. d. IMO.ugm. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi berdasarkan prioritas. . atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah. Cara Dan Waktu Pendaftaran a. kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4.

Dinas Pendidikan. 350.ugm. Penyelenggaraan PBUPD di daerah berkoordinasi dengan Pengurus Daerah KAGAMA setempat. atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4. dengan biaya dari UGM. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM).id . dan Pengurus Daerah Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA).ugm. Menyerahkan Surat Kesanggupan Pembiayaan bermeterai dari pihak penyandang dana. e.ugm. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil seleksi diumumkan melalui internet pada situs http://um. b. b. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.ac.id. d. Tata cara pembayaran selengkapnya dapat dilihat di www. f. b. c. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.ac. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing. Khusus a. Siswa termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5. Peserta yang diusulkan oleh institusi yang belum dikenal UGM memerlukan minimal 3 rekomendasi. Cara Dan Waktu Pendaftaran a. yaitu dari Pemerintah Daerah.PBUPD (Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah) UGM 2011 Persyaratan Peserta Umum a. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri pada tahun 2010/2011.id. g.00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melaluimulti-payment Bank Mandiri.000. c.ac. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. Bagi siswa kelas akselerasi. Mengisi formulir melalui internet (on-line) pada situs http://um. Calon yang diterima melalui PBUPD wajib mengikuti Program Persiapan Sukses Belajar di UGM (matrikulasi). Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM-UGM 2011.

d.ac. atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011. Hasil seleksi final diumumkan Sabtu. 12 Maret 2011 melalui situs http://um. Cara Dan Waktu Pendaftaran a. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri pada tahun 2010/2011. b. Login ke situs http://um.ac. 10 Februari 2011) c. Juara I KEJURDA atau PORDA tingkat Provinsi. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah. e. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. h. Saudara akan diminta untuk mencetak Kartu Peserta. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.000. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM).id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari sd. Bagi siswa kelas akselerasi.id.ugm. c.00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. juara I POPSINAS. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi berdasarkan prioritas.PBOS (Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni) UGM 2011 Persyaratan Peserta Umum a. atau juara I-V Kejuaraan Regional/Internasional atau juara I-III Kesenian tingkat Nasional. Peserta yang diterima wajib mengikuti Program Persiapan Sukses Belajar di UGM (matrikulasi). . 350. Siswa termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5. f. g.id b. b. Di akhir proses pengisian data pendaftaran online.ugm. Khusus a.ac.ugm. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di www. kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4. Tes Ketrampilan diadakan di UGM (Minggu. 6 Maret 2011). juara I-III KEJURNAS/PON.

Hasil seleksi diumumkan melalui internet pada situs http://um.PBS (Penelusuran Bakat Swadana) UGM 2011 Persyaratan Peserta Umum a. Proses seleksi didasarkan pada data prestasi akademik peserta yang dinyatakan dalam rapor. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. Banda Aceh. Cirebon. Bandar Lampung. prestasi lain (dibuktikan dengan fotokopi sertifikat). Cara Dan Waktu Pendaftaran a. Lhokseumawe. atau Mataram. f. Mengisi formulir melalui internet (on-line) pada situs http://um. Madiun. Siswa termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5. Jakarta. Semarang.ugm. Tata cara pembayaran selengkapnya dapat dilihat di www.ac. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM-UGM 2011. c. Tangerang.000. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.id Perhatian:  Proses verifikasi dilakukan di Yogyakarta. dan hasil tes tertulis.id.id b. 200. Balikpapan. Menyerahkan surat kesanggupan pembiayaan bermeterai dari orangtua/wali peserta.ac. Bagi siswa kelas akselerasi. d. b. Khusus a. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM).ugm. Batam. Lokasi verifikasi yang Anda pilih akan menjadi lokasi tes tulis Anda.00 (dua ratus ribu rupiah) melalui multi-payment Bank Mandiri. Pekanbaru.ugm. kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4. e. . Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah. c. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.ac. Palembang. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri pada tahun 2010/2011. b. atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi.

ac. Tata cara pembayaran selengkapnya dapat dilihat di www.id. serta informasi kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um.d. Cara Dan Waktu Pendaftaran a. Lhokseumawe. b.id b. Cirebon. Hasil seleksi diumumkan Sabtu. 16 Maret 2011) di lokasi yang dipilih untuk ujian. Verifikasi/daftar ulang peserta (9 s.d. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. c. g.ac.ac. 16 April 2011 melalui situs http://um.00 (dua ratus ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. Ujian Tulis dilaksanakan Minggu. . Bandar Lampung.id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari s. h.ugm. Jadwal dan alamat pelayanan. 15 Maret 2011).Ujian Tulis UM (Ujian Masuk) UGM 2011 Persyaratan Peserta a. Semarang. Banda Aceh. Madiun.ugm. Balikpapan.ac.ugm. e. Perhatian:  Proses verifikasi dilakukan di Yogyakarta. 27 Maret 2011. Batam. atau Mataram. Lokasi verifikasi yang Anda pilih akan menjadi lokasi tes tulis Anda. Pekanbaru. Login ke situs http://um. lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011. Siswa aktif kelas terakhir SMA/SMK/MA. d.000. Peserta dapat memilih 3 (tiga) program studi berdasarkan prioritas. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.ugm. f. Tangerang. Jakarta.id. 200. lulusan SMA/SMK/MA tahun 2009 dan 2010 dalam dan luar negeri. Palembang.

d.ac. Mengisi formulir melalui internet (on-line) pada situs http://um. b. Cara Dan Waktu Pendaftaran a. Hasil seleksi diumumkan melalui internet pada situs http://um. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). e. Bagi siswa kelas akselerasi. . Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing. b. Siswa termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5.id Perhatian:  Proses verifikasi dilakukan di Yogyakarta. Balikpapan. Semarang. Banda Aceh. Palembang. Tata cara pembayaran selengkapnya dapat dilihat di www. Cirebon. atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi.ac. Madiun. dan hasil tes tertulis. Batam. Jakarta. c. f. 200. Lhokseumawe.id b.ugm.ugm.id. kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri pada tahun 2010/2011.ac. Khusus a. Bandar Lampung. c. Tangerang.000. atau Mataram. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM-UGM 2011.00 (dua ratus ribu rupiah) melalui multi-payment Bank Mandiri. Lokasi verifikasi yang Anda pilih akan menjadi lokasi tes tulis Anda. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.ugm. Menyerahkan surat kesanggupan pembiayaan bermeterai dari orangtua/wali peserta. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Proses seleksi didasarkan pada data prestasi akademik peserta yang dinyatakan dalam rapor. prestasi lain (dibuktikan dengan fotokopi sertifikat). Pekanbaru.PBS & UTUL UGM 2011 Persyaratan Peserta Umum a.

TH. 2008/2009 TH. 2007/2008 TH. 2009/2010 PROGRAM STUDI DAFTAR DITERIMA DAFTAR TERIMA DAFTAR TERIMA Biologi 1145 226 1549 183 2267 208 Akuntansi 5569 183 6989 205 8205 218 Ilmu Ekonomi 2023 69 2032 88 2855 88 Manajemen 4948 166 5831 193 6942 211 Farmasi 6110 195 8084 253 8515 239 Ilmu Filsafat 180 162 243 90 271 83 Geografi dan Ilmu 607 124 638 85 850 102 Lingkungan Kartografi dan 353 91 374 61 472 79 Penginderaan Jauh Pembangunan 358 89 355 65 635 88 Wilayah Hukum 4178 315 5181 321 6727 360 Gizi Kesehatan 3303 98 4445 64 6005 130 Ilmu Keperawatan 2049 87 2424 78 3082 126 Pendidikan Dokter 12582 295 15913 310 15521 421 Ilmu Keperawatan 422 65 Gigi * Pendidikan Dokter 3672 151 4453 149 6411 150 Gigi Kedokteran 798 158 930 179 1485 236 Hewan Kehutanan 1215 223 1546 207 2048 324 Elektronika dan 729 112 723 110 1009 100 Instrumentasi Fisika 326 101 538 100 778 73 Geofisika 436 62 516 57 1002 95 Ilmu Komputer 5341 82 5881 72 7362 101 Kimia 901 133 1106 122 1620 177 Matematika 1308 80 1921 71 2350 90 Statistika 1530 85 1686 76 2169 97 Agronomi 436 44 451 43 758 40 Budidaya 266 43 201 40 381 37 Perikanan Ilmu Hama dan Penyakit 133 40 176 40 272 45 Tumbuhan Ilmu Tanah 195 52 239 49 450 43 Manajemen Sumberdaya 183 41 147 40 279 36 Perikanan Mikrobiologi 170 32 272 30 384 37 Pertanian Pemuliaan 168 41 144 39 275 40 .

Tanaman Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) Teknologi Hasil Perikanan Psikologi Ilmu dan Industri Peternakan Ilmu Administrasi Negara Ilmu Hubungan Internasional Ilmu Komunikasi Ilmu Pemerintahan Ilmu Sosiatri Sosiologi Antropologi Budaya Arkeologi Bahasa Korea Ilmu Sejarah Sastra Arab Sastra Indonesia Sastra Inggris Sastra Jepang Sastra Nusantara Sastra Perancis Pariwisata ** Arsitektur Fisika Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Teknik Elektro Teknik Geodesi Teknik Geologi Teknik Industri Teknik Kimia Teknik Mesin Teknik Nuklir Teknik Sipil dan Lingkungan 180 37 160 35 320 50 972 224 4925 450 2725 4156 6025 1728 479 716 218 220 168 187 141 407 1805 883 86 431 2816 386 2345 3444 760 1587 4549 2779 2103 771 3370 55 41 208 281 160 162 165 77 150 82 61 35 60 51 62 52 45 35 34 42 100 111 105 252 121 76 188 181 167 68 146 918 236 5753 500 2825 4410 5925 2167 458 887 305 213 252 195 179 510 2192 855 128 356 2932 572 2996 3957 984 2274 4977 3770 2494 798 4337 40 40 213 222 159 160 159 77 77 76 63 36 64 46 78 62 47 42 57 47 100 102 92 231 113 87 155 165 148 50 149 1488 414 6223 662 4464 5391 7223 2916 642 1447 487 366 339 330 351 700 2736 1124 158 626 3837 880 3684 4455 1584 3791 5659 4375 3002 1042 5661 64 36 221 235 168 170 171 86 85 86 65 55 54 49 80 62 97 60 60 47 119 167 100 204 110 85 202 199 195 74 201 .

. **) Program Studi ini baru dibuka pada Tahun Akademik 2010/2011.Teknologi Informasi ** Teknik Pertanian 739 Teknologi Industri 813 Pertanian Teknologi Pangan dan Hasil 1922 Pertanian 97 109 117 963 989 2110 106 104 119 1229 1273 2684 107 105 119 *) Program Studi ini baru dibuka pada Tahun Akademik 2009/2010.

Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) :  Merupakan sumbangan wajib. PBOS. SPMA 2.  Peserta Ujian Tulis. yaitu SPMA 1. PBOS.000.00/sks/semester  Program studi kelompok non-eksakta : Rp.00/sks/semester 3.  Khusus untuk peserta UTUL PBS dan PBUPD besarnya SPMA dapat dilihat di bookletProgram Unggulan UGM 2011. 500. 60. 75. Biaya Operasional Pendidikan (BOP):  Program studi kelompok eksakta dan ilmu kesehatan : Rp. atau SPMA 3. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) : Rp.Komponen Biaya Pendidikan 1. disesuaikan dengan Fakultas/Program Studi masing-masing (lihat tabel SPMA). SPMA (dalam juta rupiah) Ujian Tulis.000. dan SNMPTN SPMA 1 1 2 3 4 5 6 7 8 Biologi Ekonomika dan Bisnis Farmasi Filsafat Geografi Hukum Ilmu Budaya ISIPOL • Ilmu Administrasi Negara • Ilmu Hubungan Internasional • Ilmu Komunikasi • Sosiologi • Ilmu Sosiatri • Ilmu Pemerintahan 10 10 10 5 5 5 15 15 15 10 10 10 20 20 20 15 15 15 5 10 10 5 5 5 5 SPMA 2 10 15 15 8 10 10 10 SPMA 3 20 20 20 10 20 20 15 No Fakultas/Prodi . dan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.000. dan SNMPTN wajib mengisi salah satu dari kolom SPMA sesuai dengan kondisi ekonomi peserta.  Dibayarkan tunai pada saat pertama kali registrasi.00/semester 2.

9 10 Kedokteran Kedokteran Gigi • Pendidikan Dokter Gigi • Ilmu Keperawatan Gigi 10 15 20 15 5 5 5 20 10 10 10 20 20 20 20 11 12 13 Kedokteran Hewan Kehutanan MIPA • Matematika • Statistika • Ilmu Komputer • Fisika • Geofisika • Elektronika dan Instrumentasi • Kimia 5 5 7 5 5 7 5 5 5 5 5 5 10 10 15 10 10 15 10 10 10 10 10 10 20 20 20 20 20 20 15 20 20 20 20 20 14 15 16 17 18 Pertanian Peternakan Psikologi Teknik Teknologi Pertanian .

000.000. 500. dan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.000.Manajeman .Ilmu Ekonomi .Akuntansi 3.Manajemen dan Kebijakan Publik . 4.00/SKS/semester. SPMA (dalam juta rupiah) NO 1. 1. 8.Komponen Biaya Pendidikan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP): Rp.Sosiologi 50 50 50 35 40 40 40 30 30 30 50 75 75 50 15 25 35 20 40 50 50 40 10 20 30 16 FAKULTAS/PRODI PBUPD 25 20 PBS . 3.Ilmu Komunikasi . 7. Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA): o Merupakan sumbangan wajib.Ilmu Keperawatan 125 50 35 100 40 . 2. o Dibayarkan tunai pada saat pertama kali registrasi. o Program studi kelompok non eksakta: Rp. 60. 2.Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan 35 .00/semester. Farmasi Filsafat Geografi Hukum Ilmu Budaya Ilmu Sosial dan Politik .75. Biologi Ekonomika dan Bisnis .Politik dan Pemerintahan 9. 5.Pendidikan Dokter . Kedokteran .00/SKS/semester. 6. Biaya Operasional Pendidikan (BOP) o Program studi kelompok eksakta dan ilmu kesehatan: Rp. disesuaikan dengan fakultas/program studi masing-masing (lihat tabel SPMA).Ilmu Hubungan Internasional .

Teknik Elektro .Ilmu Komputer . 13.Geofisika .Fisika Teknik . 16.Teknik Geodesi .Elektronika dan Intrumentasi . 15.Teknik Geologi .Perencanaan Wilayah dan Kota .Ilmu Keperawatan Gigi 11. Pertanian Peternakan Psikologi Teknik .Kimia 14.Teknik Kimia 50 40 75 40 25 25 60 35 20 20 25 25 50 25 25 30 25 25 25 50 20 20 40 20 20 20 20 20 20 40 40 35 50 35 35 50 35 35 50 35 30 40 30 30 40 30 30 40 .Statistika . 17. Kedokteran Hewan Kehutanan MIPA .Gizi Kesehatan 10.Fisika .Arsitektur . 12.Teknologi Informasi .Kedokteran Gigi ..Matematika .Teknik Nuklir . Kedokteran Gigi .

Teknologi Pertanian 50 50 50 40 40 40 40 30 .Teknik Mesin .Teknik Industri ..Teknik Sipil dan Lingkungan 18.