P. 1
Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

|Views: 553|Likes:
Published by Gina Fajar Andinia

More info:

Published by: Gina Fajar Andinia on May 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2014

pdf

text

original

1.

Sel Tumbuhan dan fungsinya

Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan adalah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. Fitur-fitur berbeda tersebut meliputi:

Vakuola yang besar (dikelilingi membran, disebut tonoplas, yang menjaga turgor sel dan mengontrol pergerakan molekul di antara sitosol dan getah.

Dinding sel yang tersusun atas selulosa dan protein, dalam banyak kasus lignin, dan disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. Ini berbeda dengan dinding sel fungi, yang dibuat dari kitin, dan prokariotik, yang dibuat dari peptidoglikan.

Plasmodesmata, merupakan pori-pori penghubung pada dinding sel memungkinkan setiap sel tumbuhan berkomunikasi dengan sel berdekatan lainnya. Ini berbeda dari jaringan hifayang digunakan oleh fungi.

Plastida, terutama kloroplas yang mengandung klorofil, pigmen yang memberikan warna hijau bagi tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis.

Kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk konifer dan tumbuhan berbuga) juga tidak memiliki sentriol yang terdapat di sel hewan.

Bagian – bagian dari sel tumbuhan adalah :

RNA transpor .                         Membran sel Dinding sel Plasmodesma Vakuola Tonoplas Kristal Plastida Kloroplas Leukoplas Kromoplas Badan golgi Ribosom Retikulum endoplasma Mitokondrion Mikrotubula Mikrofilamen Lisosom Tubuh mikro Hyaloplasma Nukleus Membran nuklear Pori-pori nuklear DNA Kromatin RNA 1. RNA duta 2.

baik protein. Sel hewan terdiri dari vesikel. membran plasma. karena mereka tidak memiliki dinding sel. . Karena tidak memiliki dinding sel yang keras.  Mitokondria. Respirasi sel bertujuan untuk mengahasilkan energi yang akan digunakan dalam aktivitas sel. retikulum endoplasma. Sel Hewan dan Fungsinya Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan. Organel yang berperan dalam pencernaan sel. selaput inti. dan kloroplas. Oraganel yang berperan dalam sekresi produk. lisosom. rusak atau sudah tua. sel hewan bervariasi bentuknya. sentriol. Organel ini mengandung enzimlisozim yang akan melisis bagain sel yang telah mati. mitokondria. nukleus. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain. seperti sel tumbuhan. vakuola. mikrotubulus. sitosol.polisakarida maupun lemak. an vesikel. kromatin. badan golgi.2. bahkan tidak ada.  Lisosom. dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil. nukleolus. Organel yang berperan dalam respirasi sel.  Badan Golgi. ribosom.

ukuran kecil. sedikit Sel Tumbuhan   memiliki dinding sel dan membran sel umumnya memiliki plastida . organel yang berfungsi dalam penyimpanan cadangan makanan. organel yang berperan dalam pembelahan sel.  Mikrofilamen. yaitu RE kasar (RE yang di bagian permukaannya terdapat butiran ribosom) dan RE halus (RE yang tidak memiliki ribosom).  Badan Mikro.   Plastida. contohnya flagela (untuk pergerakan sel). tidak memiliki dinding sel tidak memiliki plastida memiliki lisosom memiliki sentrosom timbunan zat berupa lemak dan glikogen bentuk tidak tetap pada hewan tertentu memiliki vakuola. Ada dua jenis RE. Retikulum Endoplasma (RE). ada dua macam badan mikro. Sentriol berfungsi menarik kromosom ke arah kutub yang berlawanan. organel yang memiliki struktur tabung. silia (alat pelekatan sel) dan spindel (untuk pembelahan sel). Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan : A. struktur selulolitik dan kitin yang berfungsi memberi bentuk sel dan sebagai pelindung sel. organel yang mengandung pigmen (warna).  Mikrotubulus. sedangkan RE halus berfungsi dalam sintesis lemak dan sterol.  Sentriol. Vakuola. oragnel yang memiliki struktur filamen (benang). yaitu Peroksisom (mengandung enzimkatalase) dan Glioksisom (mengandung enzim katalase dan oksidase)  Dinding Sel. RE kasar berfungsi untuk mensintesis protein. minyak atsiridan sisa metabolisme sel. Sel Hewan        B. organel yang berperan dalam sintesis produk. berfungsi dalam pergerakan sitoplasma dan kontraksi otot.

banyak .     tidak memiliki lisosom tidak memiliki sentrosom timbunan zat berupa pati bentuk tetap memiliki vakuola ukuran besar.

Tugas IPA Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya Nama : Gilang Fajar Pamungkas Kelas : VII – E Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Bandung .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->