P. 1
Laporan Mikroskop.....

Laporan Mikroskop.....

|Views: 214|Likes:
Published by auliat_1

More info:

Published by: auliat_1 on May 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2015

pdf

text

original

PENDAHULUAN Latar Belakang Mikroskop merupakan suatu alat optis yang dapat melihat benda-benda berukuran kecil

yang tidak tampak dengan mata biasa, misalnya bagian-bagian dari sebuah sel. Dengan menggunakan mikroskop, kita dapat melihat dan mempelajari objek yang kita amati dengan jelas. Oleh sebab itu, penulis membuat laporan tentang mikroskop agar kita dapat mengetahui dan mengerti penggunaan dari mikroskop serta bagian-bagian dari mikroskop. Mikroskop merupakan alat bantu utama dalam melakukan pengamatan dan penelitian dalam bidang biologi, karena dapat digunakan untuk mempelajari struktur benda-benda yang kecil dan benda-benda yang sangat halus yang tidak tampak oleh mata telanjang. Mikroskop banyak membantu dalam mempelajari biologi, kedokteran dan ilmu pengetahuan lainnya. Kemahiran dan ketelitian si pemakai menggunakan mikroskop sangat mendukung untuk mengamati dan membandingkan struktur sel dari berbagai organisme, khususnya membandingkan antara struktur sel hewan dengan sel tumbuhan. Selain mengetahui bagaimana penggunaan dari mikroskop dan bagian-bagian dari mikroskop, kita juga perlu mengetahui sejarah penemuannya, jenis-jenis mikroskop, dan manfaat dari mikroskop itu sendiri. Hal ini bertujuan agar kita benar-benar mengerti dan paham tentang mikroskop.

Tujuan Praktikum

1

Untuk mengetahui jenis-jenis/bagian-bagian dari mikroskop. Untuk mengetahui cara penggunaan/cara kerja dari mikroskop. Tanggal Praktikum Dimulai 24 September 2012 Tanggal Praktikum Selesai 24 September 2012 TINJAUAN PUSTAKA 2 . Untuk mengetahui kegunaan dari mikroskop. Untuk melatih keterampilan dalam pengaturan objek mikroskopis dalam mikrometer atau lensa.- Untuk mengenal dan memahami lebih jauh tentang mikroskop.

Ratno Nuryadi. 2004) Pada perkembangan selanjutnya. seorang ilmuwan Inggris. Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609. 2002) Ada berbagai macam mikroskop.Pd. M. misalnya mikroskop cahaya.Pd. untuk membuat alat yang sama. micron = kecil dan scopos = tujuan. (Fatimah Muid. yaitu Hans Janssen dan Zacharias Janssen (ayah-anak) pada tahun 1590. Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran objek. mikroskop polarisasi. Selain ahli di bidang sains. mikroskop DIP (Difference Interference Polarization). M. Hooke juga ahli falam matematika. 2004) 3 . Dalam sejarah. Robert Hooke (1635-1703) menemukan mikroskop yang dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas daripada mikroskop Janssen. yang dikenal sebagai pembuat mikroskop pertama kali adalah dua ilmuwan Jerman. seperti Galileo Galilei berkebangsaan Italia. Siti Laila. (Dr. M. Objek yang berukuran lebih kecil dari 0. (Dra. 2005) Masalah yang mendasar dari mikroskop cahaya adalah keterbatasan dalam mengubah kemampuannya.Kata mikroskop (microscope) berasal dari bahasa Yunani. Apa pun macamnya setiap mikroskop pada dasarnya terdiri atas bagian-bagian optik dan bagian-bagian mekanik.Sc. mikroskop elektron. Maka mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat oleh mata biasa.2 mikrometer tidak dapat dilihat dengan jelas melalui mikroskop cahaya. Istamar Syamsuri. Padahal sebagian besar sel adalah berukuran kecil. Temuan mikroskop saat itu mendorong ilmuwan lain. (Drs.

Kalau objek mikroskop cahaya harus diiris tipis sebelum dilihat dengan mikroskop.co. 2000) Mikroskop elektron adalah mikroskop yang mampu melakukan perbesaran objek sampai dua juta kali. Lensa ini menentukan struktur dan bagian renik yang akan menentukan daya pisah spesimen.wikipedia. Lensa ini berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif. berdekatan dengan mata pengamat.id. 2008) Lensa objektif bekerja dalam pembentukan bayangan pertama. http://wikipedia. maka objek mikroskop elektron dapat diperbesar secara utuh. 2007) MIKROSKOP 4 . (Kadaryanto. (Anonimous. (Anonimous. S. Lensa okuler merupakan lensa likroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung.Pd dkk.Mikroskop elektron memakai sinar partikel elektron atau atom untuk memperbesar objek jutaan kali dari ukuran aslinya. dua benda menjadi satu. sehingga pengaturannya tepat akan diperoleh daya pisah maksimal. yang menggunakan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan perbesaran objek serta resolusi yang lebih jauh dan lebih bagus daripada mikroskop cahaya.org/wiki/mikroskop. http://www. Lensa kondensor berfungsi untuk mendukung terciptanya pencahayaan pada objek yang akan difokus.

Untuk melihat benda berukuran dibawah 200 nanometer. Dalam sejarah. Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran objek. Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609. seperti Galileo Galilei berkebangsaan Italia. dan mikroskop yang dibuatnya dikenal dengan nama mikroskop Galileo. Untuk itu. Karena itu. yang dikenal sebagai pembuat mikroskop pertama kali adalah 2 ilmuwan asal Jerman. Sebagaimana namanya. Elektron mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek dari pada sinar biasa sehingga daya pisahnya menjadi sangat besar yaitu 0. yaitu Hans Janssen dan Zacharias Janssen (ayah-anak) pada tahun 1590. mikroskop elektron menggunakan sinar elektron sebagai pengganti cahaya.Sejarah Mikroskop Kata mikroskop (microscope) berasal dari bahasa Yunani. yaitu micron=kecil dan scopos=tujuan. untuk membuat alat yang sama. Hal ini disebabkan oleh limit difraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Dari ide inilah. 5 . Temuan mikroskop saat itu mendorong ilmuwan lain.001 mm. diperlukan mikroskop dengan panjang gelombang pendek. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optik. mikroskop berbasis lensa optik ini tidak bisa mengamati ukuran dibawah 200 nanometer. sehingga disebut mikroskop optik. panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. di tahun 1932 lahir mikroskop elektron. Secara teoritis. Maka mikroskop adalah sebuah alat optis yang terdiri dari kombinasi lensa dan digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil (mikroorganisme) untuk dilihat oleh mata telanjang.

dan mendeskripsikan berbagai macam jasad renik. Leeuwenhoek merupakan ilmuwan yang pertama kali mengobservasi. beliau membuat sayatan yang sangat tipis dari gabus tutup botol. beliau tidak memahaminya terlalu jauh.mikroskop elektron mempunyai kemampuan pembesaran objek (resolusi) yang lebih tinggi dibanding mikroskop optik. Hooke mengamati sayatan tersebut di bawah mikroskop dan memperhatikan struktur yang mirip kotak kecil. Antonie van Leeuwenhoek berhasil menemukan mikroskop yang kualitasnya lebih bagus. menggambar. sehingga bisa berfungsi menggantikan sifat lensa pada mikroskop optik. Selain ahli di bidang sains. Robert Hooke (1635-1703) menemukan mikroskop yang dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas dari pada mikroskop Janssen. Pada saat Hooke pertama kali mengobservasi dan mendeskripsikan sel. makhluk hidup bersel tunggal. Kotak-kotak kecil tersebut mengingatkannya pada kamar-kamar yang dalam bahasa Latin disebut cell (sel). Dengan mikroskop buatannya. Penemuan Leeuwenhoek ini telah membuka cakrawala penelitian yang lebih luas bagi para ilmuwan di bidang sains. Hooke juga ahli dalam matematika. Pada waktu yang sama seorang ilmuwan Belanda. termasuk bakteri. Untuk eksperimennya tersebut. Hooke merupakan orang pertama yang mengamati dan menyebut nama sel pada saat melakukan penelitian dengan menggunakan mikroskop. dan sel sperma. Sifat medan magnet ini bisa mengontrol dan mempengaruhi elektron yang melaluinya. Kekhususan lain dari mikroskop elektron ini adalah pengamatan obyek 6 . seorang ilmuwan Inggris. Pada perkembangan selanjutnya.

setiap mikroskop pada dasarnya terdiri atas bagian-bagian optik dan bagian-bagian mekanik. Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut. Apa pun macamnya. mikroskop elektron. misalnya mikroskop cahaya. mikroskop medan gelap. Hal ini dilakukan karena sinar elektron akan terhambat alirannya bila menumbuk molekul-molekul yang ada di udara normal. tumbukan elektronmolekul bisa terhindarkan. Ada berbagai macam mikroskop. Pembagian Mikroskop Berdasarkan sumber cahayanya. Dengan membuat ruang pengamatan objek berkondisi vacum. dan mikroskop DIP (Difference Interference Polarization). mikroskop stereo.dalam kondisi hampa udara (vacum). Jenis-Jenis Mikroskop Jenis paling umum dari mikroskop dan yang pertama diciptakan adalah mikroskop optis. mikroskop polarisasi. mikroskop ultraviolet. yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. 7 . mikroskop dibagi menjadi dua.

Mikroskop Elektron Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang mampu melakukan peambesaran obyek sampai duajuta kali. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Lensa okuler pada mikroskop bias membentuk bayangan tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler). Mikroskop memiliki kaki yang berat dan kokoh agar dapat berdiri dengan stabil. Di bawah tabung mikroskop terdapat meja mikroskop yang merupakan tempat preparat. mikroskop nomarski DIC. yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. lensa okuler dan lensa kondensor. Mikroskop Cahaya Mikroskop cahaya memiliki perbesaran maksimal 1000 kali. Mikroskop cahaya memiliki tiga dimensi lensa yaitu lensa objektif. mikroskop fluoresens. Berdasarkan kegiatan pengamatannya. Sistem lensa yang ketiga adalah kondensor. mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. yaitu mikroskop sederhana (mikroskop yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field.1. Mikroskop cahaya sendiri dibagi menjadi dua kelompok besar. Pada ujung bawah mikroskop terdapat dudukan lensa obektif yang bisa dipasangi tiga lensa atau lebih. yang menggunakan elektro statik dan 8 . Lensa objektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop. dan mikroskop konfokal). Kondensor berperan untuk menerangi objek dan lensa mikroskop yang lain. mikroskop kontra fase. 2. mikroskop dibagi menjadi 2 bagian.

Mikroskop Elektron Pindai Mikroskop elektron pindai atau SEM ( Scanning Electron Microscope) dipublikasikan pertama kali oleh fisikawan Jerman Dr. dimana elektron mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek daripada sinar biasa. elektron yang lepas dari sumbernya dibelokkan oleh 9 . Mikroskop Elektron Transmisi Mikroskop elektron transmisi atau TEM ( Transmission Electron Microscope) dikembangkan pertama kali oleh Ernest Ruska dan Max Knoll. Karena hasil penemuan tersebut. kemudian difokuskan oleh medan elektron magnet yang berfungsi sebagai lensa sehingga jatuh pada lempeng foto yang bersifat fluoresen. elektron yang lepas dari sumbernya akan menembus objek yang irisannya sangat tipis. Hal ini dikarenakan mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya. Pada mikroskop elektron transmisi atau TEM (Transmission Electron Microscope).elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus dari pada mikroskop cahaya. pada tahun 1932. Mikroskop elektron ini menggunakan jauh lebih banyak energi dan radiasi elektro magnetik yang lebih pendek dibandingkan mikroskop cahaya. Untuk mengamati detail sel yang sangat halus dapat digunakan mikroskop elektron. Ernest Ruska mendapat penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1986.001 mm. Pada SEM. Mikroskop ini telah mengalami peningkatan kinerja hingga mampu menghasilkan resolusi hingga 0. sehingga daya pisahnya menjadi sangat besar yaitu 0. Max Knoll pada tahun 1935.1 nm (atau 1 angstrom).

2. Memerlukan keterampilan teknis untuk mengoperasikannya. Memerlukan tegangan dan daya listrik tinggi. Fungsi dari mikroskop ini adalah untuk melihat morfologi permukaan dari bahan. Objek yang akan diamati harus dalam kondisi vakum udara. Sebagai perbandingan SEM modern sekarang ini mempunyai resolusi hingga 1 nm atau pembesaran 400. Manfaat Mikroskop Mikroskop digunakan untuk melihat benda-benda yang terlalu kecil atau makhluk-makhluk yang tidak dapat dilihat oleh mata biasa karena ukuran yang 10 . Beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan mikroskop elektron antara lain : 1. 3.deflektor menuju ke lensa magnetik baru kemudian diteruskan ke objek. Perlengkapannya mahal. yang untuk membuatnya diperlukan alat dan keterampilan khusus. Mikroskop elektron cara ini memfokuskan sinar elektron di permukaan objek dan mengambil gambarnya dengan mendeteksi elektron yang muncul dari permukaan objek. Objek yang akan diamati dilapisi dengan detektor dan akan ditampilkan pada layar TV berupa gambar tiga dimensi. 5. Memerlukan irisan objek yang sangat tipis dan kering. 4.000 kali.

Di alam. yaitu bakteri. terdapat 4 jenis mikroorganisme. SPESIFIKASI ALAT Gambar Mikroskop 11 . dan virus. jamur. parasit.sangat kecil sekali atau mikroorganisme.

Lensa Okuler 12 .Bagian-Bagian Mikroskop Keterangan gambar: 1.

Penjepit 13 . 4. Lensa objektif merupakan susunan lensa. 45x. Alat ini dipakai setelah memutar sekrup pengarah kasar namun objek masih terlihat kabur. Tabung Mikroskop Tabung mikroskop menghubungkan lensa okuler dan lensa objektif. dan 100x. biasanya terdiri dari 3 atau 4 buah dengan perbesaran yaitu 4x.Lensa okuler adalah lensa yang langsung berhubungan dengan penglihatan. ada tiga buah lensa okuler. 2. Sekrup Pengarah Kasar Sekrup pengarah kasar atau makrometer merupakan alat untuk menggerakkan tabung sehingga objek yang terfokuskan dapat terlihat. 10x. 8. 7. Revolver Revolver atau alat pemutar lensa berguna untuk memilih lensa objektif yang akan digunakan. 3. Pemegang Merupakan tempat memegang pada waktu mengangkat mikroskop. 5. Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar bayangan benda. Sekrup Pengarah Halus Sekrup pengarah halus atau mikrometer merupakan alat untuk menggerakkan tabung secara lebih halus dan teliti. tempat mata mengamati objek. 6. Biasanya. Lensa Objektif Lensa objektif adalah lensa yang langsung berhubungan dengan objek yang diamati.

12. 14 . 11. 14. Di bawahnya ada cincin filter. 10. Kondensor Kondensor berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan difokuskan pada objek.Penjepit berguna untuk memegang kaca objek. Kaki Mikroskop Kaki mikroskop yang kukuh dan berat berguna supaya mikroskop dapat berdiri dengan stabil. Meja Sediaan (meja preparat) Pada bagian tengahnya terdapat lubang untuk melewatkan sinar. Diafragma Teletak di bawah kondenser. Cermin ini dapat diputar – putar menurut dua sumbu yang bersilang tegak lurus sehingga kemampuan putarnya besar sekali untuk mengarahkan sinar ke kondensor. Pengatur Berguna untuk mengatur mikroskop. Diafragma berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke objek. 9. Cermin datar untuk menampung sinar matahari yang menembus kaca jendela dan cermin cekung menampung sinar lampu. ada yang bisa digeser keluar dan ada yang tidak. Permukaan yang satu berupa cermin datar dan yang lainnya merupakan cermin cekung. Kondensor dapat dinaik-turunkan dengan sekrup untuk menaik-turunkan meja. Cermin Cermin berguna untuk mengarahkan cahaya pada objek. 13.

KESIMPULAN 1. Mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat oleh mata telanjang. 15 .

5.wikipedia. Mikroskop. Perbesarannya 100 sampai 300 kali 4.http//www. dan kondensor.2. [22 Agustus 2008]. dan parasit dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya. 6.id. 3.000 kali. mikroskop polarisasi. Mikroskop ini dapat mengamati virus dengan perbesaran hingga 25.co. Mikroskop cahaya menggunakan cahaya sebagai sumber penglihatan. mikroskop elektron. jamur. Bakteri. Mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai sumber penglihatan. 7. yaitu lensa objektif. 16 . Mikroskop cahaya memiliki tiga sistem lensa. dan mikroskop kontra fase. Manfaat mikroskop adalah untuk mengamati benda-benda atau makhluk-makhluk yang berukuran sangat kecil sekali (mikroorganisme) yang tidak tampak dengan mata biasa. ada du jenis mikroskop yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. lensa okuler. Berdasarkan sumber cahaya. Jenis-jenis mikroskop adalah mikroskop cahaya/optis/biasa. DAFTAR PUSTAKA Anonimous.

Jakarta.com. Modern Tropical Biology. Laila. Syamsuri. Ratno. 2004. Ganeca Exact. Nuryadi.Kadaryanto. 2000. Biologi untuk SMA.. Seri Inspirasi Sains. Istamar. Saniel.beritaiptek. Bola. Siti. 1982. Jakarta.. Bandung. Biologi Mengungkap Rahasia Alam Kehidupan. 17 .. Jakarta. Yudhistira. Biologi Sains dalam Kehidupan.. 2002. Fatimah.. 2005. [20 Agustus 2008].Yudhistira. 1995. http//www.. General Microbiology. Erlangga. Luisa. Muid. 2004. Maxwell.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->