Hirfa Turrahmi, SPd. SST.

MKM

Bidan termasuk jenis tenaga kesehatan yang memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan (pasal 4 ayat 1 peraturan pemerintah no.Bentuk kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan tsb adalah surat izin praktek bidan (SIPB). 32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan). 572/Menkes/per/VI/1996 tentang registrasi praktek bidan pasal 1 bitir 1 permenkes no 572/Menkes/VI/1996 . Permenkes no.

Bidan adalah seorang wanita yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan bidan yang telah diakui pemerintah dan lulus ujian sesuai dgn persyaratan yang berlaku. Bidan dlm melakukan tugasnya berkewajiban untuk memenuhi standart profesi dan menghormati hak pasien .

Penyuluhan dan konseling Pemeriksaan fisik Pelayanan ANC pada kehamilan normal Pelayanan ANC pada kehamilan abnormal (abortus imminen.WEWENANG BIDAN (permenkes 572/menkes/per/VI/1996) 1.      Pelayanan kebidanan pada ibu.preeklamsia ringan.hiperemesis gravidarum.anemia ringan) Pertolongan persalinan normal .

partus macet kepala dasar panggul.penundaan haid ) .perdarahan tidak teratur.distosia karena inersia uteri primer.Laserasi jalan lahir.KPD tanpa infeksi. Pertolongan persalinan abnormal (letak sungsang. renjatan.infeksi ringan)  Pelayanan pengobatan pada kelainan ginekologi ( keputihan.posterm dan preterm)  Pelayanan ibu masa nifas  Pelayanan ibu nifas abnormal (retensio plasenta.

Pelayanan Kebidanan Pada Anak  Pemeriksaan BBL  Perawatan Tali Pusat  Pemantauan Tumbang Anak  Pemberitahuan Pengobatan pd penyakit Ringan  Pemberian Penyuluhan .2.

3.suntikan.tissue vagina)  Pelayanan efek samping pemakaian alat Kontrasepsi  Pencambutan kontrasepsi letak normal  Pencabutan AKBK tanpa penyulit .AKDR. AKBK. Pelayanan Kebidanan Pada KB  Pemberian Obat dan alat kontrasepsi melalui (oral.Kondom.tablet vagina.

Pelayanan Kesmas Melakukan pembinaan pada :  PSM di bidang KIA  Tenaga yang bekerja dalam bidang pelayanan Kebidanan lebih rendah  Tumbang anak .4.

Tidak melakukan tugas sesuai standar 3. Melakukan Tindakan yang mencedrai Pasien 4.Malpractice adalah praktek buruk / bad practice bagi orang yang menjalankan profesinya dengan cara atau ilmunya secara wajar seperti: 1. Klien cedera karena kegagaln melaksanakan tugas . Gagal melakukan tugas/kewajiban pada pasien 2.

1. Gagal Mengkomunikasikan . Lupa 3. Ceroboh 2.

B. Menyelenggarakan sarana kesehatan yang tidak memenuhi persyaratan atau tidak memiliki izin di pidana kurungan paling lama 1 ( satu ) tahun atau pidana denda paling banyak Rp: 15. 1. 2.A.000.( lima belas juta rupiah ) ( pasal 84 UU No 23 tahun 1992 tentang kesehatan ) . D. Tindakan disiplin bagi tenaga bidan yang tidak melaksanakan tugas sesuai dengan standar yang bersangkutan berupa: Teguran Pencabutan izin untuk melakukan upaya kesehatan Pemberhentian Bidan PTT apabila melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugas profesinya. C. Melakukan tugas medis tertentu terhadap ibu hamil dipidana paling lama 15 tahun atau pidana denda paling banyak Rp: 500 juta.000..

Sistem penghargaan bagi Bidan Menjadi Bidan merupakan tugas dan pengabdian dengan memahami falsafah kebidanan hingga paradigma kebidanan seseorang siap menjadi Bidan dengan segenap konsekkuensi yang akan di terimanya. dalam rangka ulang tahun IBI di berikan: . maupun dari instansi terkait dewngan tujuan untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada anggota atas darma bhaktinya dalam melayani masyarakat mulai tahun 2002 bekerjasama dengan koalisis untuk indonesia sehat. Dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya ada criteria yang di berikan oleh organisasi profesi.baik konsekuensi positif maupun negatif.

B I D A N B I N T A G Penghargaan pada seorang Bidan senior dan seorang Bidan yunior dari tiap profesi dengan kriteria BIDAN BINTANG : Bersih kerjanya dan bersih hatinya ( lahir bathin ) : Ilmunya mengikuti perkembangan : Dedikasinya Tinggi : Akurat dalam memberikan pelayanan .1. Nyaman bagi klien dalam pelayanan : Ber KB ( Melayani KB ) : Infeksi ( memperhatikan pencegahan Infeksi ) : Natal ( ante Intra dan Post natal ) : TT ( Memberikan imunisasi TT ) : Nutrisi ( penggalangan pemberian nutrisi seimbang ) : Gawat Daryrat di rujuk tepat waktu .

serta memenuhi harapan pelanggan dan telah di validasi melaksanakan pelayanannya sesuai dengan standar profesi yang di adaptasi dari standar WHO: Prgram Bidan Delima a. Merupakan program terobosan yang menjadi ajang menempa diri untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan berkualitas. Merupakan implementasi dari upaya awal penerapan system legislasi dan lisensi yang dimotori oleh IBI c. .2. Bidan Delima Adalah Bidan Praktek Swasta (BPS ) yang mampu memeberikan pelayanan berkualitas terbaik dalam bidang keluarga berencana dan kesehatan reproduksi bersahabat dan peduli terhadap kepentingan pelanggan. Program Peningkatan kualitas pelayanan BPS sesuai standar profesi dan WHO b. Melakukan pembinaan dan penghargaan yang konsisten bagi anggota anggotanya d.

h. Meningkatkan kualitas kerja kepada masyarakat Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencari pelayanan yang telah terstandar Meningkatkan kebanggan profesional Bidan Mengembangkan kepemimpinan Bidan di masyarakat Meningkatkan cakupan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi Memberikan beassiswa bagi mahasiswi AKBID yang berprestasi Bidan teladan Penghargaan Bagi bidan yang telah mempersiapkan desa SIAGA ( di kabupaten Cirebon. c. d. f. b.a. g.kabupaten kuningan ) . e.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful