BANK SPERMA DAN BAYI TABUNG DALAM ISLAM

Dr. Erna Mirani, MSi. Med

DEFINISI
Bank sperma adalah pengambilan sperma dari donor sperma lalu di bekukan dan disimpan ke dalam larutan nitrogen cair untuk mempertahankan fertilitas sperma.  “In Vitro Fertilization and Embryo Transfer” (IVF-ET) sering disebut Bayi Tabung ( tube baby) atau dalam khazanah hukum Islam dikenal dengan “Thifl al-Anâbîb” atau “Athfâl alAnbûbah” merupakan teknik pembuahan (fertilisasi) antara sperma suami dan sel telur isteri yang masing-masing diambil kemudian disatukan di luar kandungan (in vitro) – sebagai lawan “di dalam kandungan” (in vivo)

LATAR BELAKANG Bank sperma  Ada beberapa alasan dalam pendirian bank sperma:  Keinginan memperoleh atau menolong untuk memperoleh keturunan pada seorang pasangan suami istri yang tidak mempunyai anak.  Memperoleh generasi jenius atau orang super.  Menghindarkan kepunahan manusia. .  Memilih suatu jenis kelamin  Mengembangkan kemajuan teknologi terutama dalam bidang kedokteran.

operasi prostat). contoh obat: sulfasalazine. antara lain:       Menjalani pengobatan terus menerus yang dapat mengurangi produksi dan kualitas sperma. prostat. Seseorang akan menjalani vasektomi.LATAR BELAKANG BANK SPERMA  Menurut Werner (2008). menjalani perawatan penyakit kanker yang mengurangi atau merusak produksi dan kualitas sperma (misal: kemoterapi. methotrexate. kondisi medis yang mempengaruhi kemampuan orang tersebut untuk ejakulasi (misal: sklerosis multipel. Daerah kerja yang berbahaya yang memungkinkan orang tersebut terpapar racun reproduktif. Menjalani prosedur yang mempengaruhi kondisi testis. . radiasi). atau kemampuan ejakulasinya (misal: operasi usus besar. diabetes). Beberapa alasan seseorang akhirnya memutuskan untuk menyimpan spermanya pada cryobanking. pembedahan nodus limpha.

si kakek berumur 73 tahun.  Ada Sejak Tahun 1980 di Escondido California yang didirikan oleh Robert Graham. teknik yang paling sering digunakan dan terbukti berhasil saat ini adalah metode Controlled Rate Freezing.  . Dan di Guangdong Selatan China.  dilakukan pada suhu yang relatif rendah. yang merupakan satu di antara lima bank sperma besar di China. dengan menggunakan gliserol dan egg yolk sebagai cryoprotectant untuk mempertahankan integritas membran sel selama proses pendinginan dan pencairan. juga di Eropa.GAMBARAN UMUM BANK SPERMA Cryiobanking adalah suatu teknik penyimpanan sel cryopreserved untuk digunakan di kemudian hari.

untuk    Kehamilan adalah syah bila bila dibingkai dengan perkawinan yang syah menurut Islam Didalam Islam Nasab ( Silsilah keturunan ) sangat penting ( menyangkut Wali.KAIDAH DASAR DALAM ISLAM  Manusia diciptakan oleh Alloh swt. Berpasangan (Ar-Rum 21.  .Al-Qiyamah.39) Pergaulan antara perempuan dan laki-laki dewasa dibatasi dengan hukum-hukum Salah satu Fadhilah menikah adalah melangsungkan generasi atau keturunan. Waris dan Batasan Muhrim).

BANK SPERMA DALAM TINJAUAN ISLAM Ada dua hal yang harus dilihat :  Cara Pengambilan  Tujuan Akhir .

Secara umum islam memandang melakukan onani merupakan tergolong perbuatan yang tidak etis. yang kedua ada yang mengharamkan pada suatu hal-hal tertentu. ketiga ada yang mewajibkan juga pada hal-hal tertentu. Ada 4 pendapat tentang hukum onani yang pertama mengharamkan secara mutlak.BANK SPERMA DALAM TINJAUAN ISLAM     Cara Pengambilan : cara pengambilan atau mengeluarkan sperma dari si pe-donor dengan cara masturbasi (onani). dan keempat ada yang menghukumi makruh . Mengenai masalah hukum onani fuqaha berbeda pendapat.

BANK SPERMA DALAM TINJAUAN ISLAM Kelompok pertama : Sayyid Sabiq mengatakan bahwa Malikiyah. dan Al-Imam Taqiyuddin Abi Bakar Ibnu Muhammad Al-Husainy.  Kelompok Kedua. Hasan. berpendapat bahwa onani memang Haram bersyarat. Syafi`iyah.  . boleh dilakukan jika kebolehan onani yang dilakukan oleh isteri atau ammahnya (Budak wanita) pendapat Ibnu Abbas. dan Zaidiyah menghukumi HARAM MUTLAK. alasan dikemukakan adalah bahwa Allah SWT memerintahkan menjaga kemaluan dalam segala keadaan kecuali kepada isteri dan budak yang dimilikinya.

Mereka yang berpendapat hal ini adalah Hanabilah  Kelompok keempat : Ibnu hazim berpendapat bahwa onani hukumnya makruh. karena takut zina. Diantara yang memakruhkan onani itu juga Ibnu Umar dan Atha’. maka hukumnya menjadi wajib. .BANK SPERMA DALAM TINJAUAN ISLAM  Kelompok Ketiga. tidak berdosa tetapi tidak etis.

 Bayi Tabung merupakan teknik pembuahan (fertilisasi) antara sperma suami/Pria lain dan sel telur isteri /wanita lain yang masing-masing diambil kemudian disatukan di luar kandungan (in vitro).GAMBARAN UMUM BAYI TABUNG  Ditemukan oleh Dr. Robert Edwards pada tahun 1978. Patrick Steptoe dan Dr. .  Merupakan teknik untuk menangani masalah infertilitas atau kemandulan. disebut “fertilisasi in vitro”.

.

kemudian menjadi setetes mani. kemudian menjadi segumpal daging. kemudian menjadi segumpal darah. . supaya Kami dapat menjelaskannya kepadamu. Sebagian berbentuk sebagian lagi tidak berbentuk. maka sesungguhnyalah Kami menciptakan kamu dari sari-sari tanah.SURAT AL HAJJ AYAT 5 : “Wahai manusia jika kamu meragukan hari bangkit.

” . Dan diantara kamu ada yang tidak diberi kesempatan untuk hidup dan diantara kamu ada yang diberi umur panjang sampai tua dan lupa dan tidak mengetahui lagi apa yang sebelumnya pernah diketahuinya. dan Kami akan melahirkannya sebagai bayi sampai mereka dewasa.Dan Kami menaruhnya dalam rahim siapa saja yang Kami kehendaki sampai waktu tertentu.

PROSES KONSEPSI Dalam Tinjauan Islam Laki-laki dewasa Saling tertarik Wanita Dewasa Khitbah Ijab Qobul Spermatozoa Ovum Konsepsi .

Bayi Tabung Dalam Tinjauan Islam Spermatozoa Ovum Konsepsi Dalam Cawan Hasil Konsepsi Terpilih Ditanam Dalam Rahim Ibu Ditanam Dalam Rahim Bukan Istri .

Suami ET) Jenis IV Orang lain/ donor/ bank ovum Rahim orang Haram lain/ titipan /sewaan Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina .Hukum Bayi Tabung Menurut Islam N o 1 2 Nama Teknik / Jenis Teknik Bayi Tabung (IVF-ET) Jenis I Sperma Suami Ovum Isteri Isteri Media Pembuahan Rahim Isteri Hukum Alasan/ Analogi hukum HALAL Tidak melibatkan orang lain Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina Bayi Tabung (IVF.Suami ET) Jenis III Orang lain/ donor/ bank ovum 4 Bayi Tabung (IVF.Suami ET) Jenis II Rahim: orang Haram lain/ titipan/ sewaan Rahim Isteri Haram 3 Bayi Tabung (IVF.

Hukum Bayi Tabung Menurut Islam 5 Bayi Tabung (IVFET) Jenis V Orang lain/ Isteri donor/ bank sperma Rahim Isteri Haram Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina 6 Bayi Tabung (IVFET) Jenis VI Orang lain/ Isteri donor/ bank sperma Rahim Haram :orang lain/ titipan/ sewaan Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina 7 Bayi Tabung (IVFET) Jenis VII Orang lain/ Orang donor/ bank lain/ sperma donor/ bank ovum Rahim isteri sebagai titipan / sewaan Haram Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina .

Hukum Bayi Tabung Menurut Islam 8 Bayi Tabung (IVF-ET) Jenis VIII Suami Isteri Isteri yang lain (isteri ke dua. ketiga atau keempat) Haram Melibatkan orang lain dan dianggap membuat kesulitan dan mengada-ada HALAL Tidak melibatkan orang lain 9 Inseminasi Buatan dengan sperma suami (Arificial Insemination by a Husband = AIH) 10 Inseminasi Buatan dengan sperma donor (Arificial Insemination by a Donor = AID) Suami Isteri Rahim Isteri Donor Isteri Rahim Isteri Haram Melibatkan orang lain dan dianalogikan dengan zina .

Hukum Bayi Tabung Menurut Islam   Teknik bayi tabung atau Teknik bayi tabung dan inseminasi buatan yang dibenarkan menurut moral dan hukum Islam adalah teknik yang tidak melibatkan pihak ketiga serta perbuatan itu dilakukan karena adanya hajat dan tidak untuk main-main atau percobaan. inseminasi buatan yang melibatkan pihak ketiga hukumnya HARAM. .

Secara filosofis larangan zina itu didasarkan atas dua hal. akibat tindakan itu dapat menyebabkan kaburnya keturunan (ikhtilâth al-ansâb). al-fâ’isyah) dan kedua.Landasan Syar’i   Alasan syar’i tentang haramnya keterlibatan (benih atau rahim) pihak ketiga tersebut merujuk kepada maksud larangan berbuat zina (lihat al-Qur’an. antara lain Surat Al-Isrâ [17] : 32). Pertama. . “tindakan melacur” (al-fujûr.

Fertilization  Pelelehan zygote atau embrio yang telah lama disimpan dan dibekukan di dalam “tabung pengawet” dari hubungan sah suami isteri. namun transplantasi zygote dilakukan terhadap isteri yang memiliki zygote itu setelah suaminya meninggal dunia atau setelah terjadinya perceraian.Post Mortem . .

Post Mortem – Fertilization Dalam Islam  Bayi tabung dari sperma yang dibekukan dari suami yang telah meninggal dunia hukumnya HARAM berdasarkan kaidah Sad az-zari'ah. baik dalam kaitannya dengan penentuan nasab maupun dalam kaitannya dengan hal kewarisan. sebab hal ini akan menimbulkan masalaH yang pelik. .

sebab hal ini akan menimbulkan masalah yang rumit dalam kaitannya dengan masalah warisan (khususnya antara anak yang dilahirkan dengan ibu yang mempunyai ovum dan ibu yang mengandung kemudian melahirkannya. sebab hak ini termasuk ikhtiar berdasarkan kaidah-kaidah agama.FATWA MUI ( 13 Juli 1979) • Bayi tabung dengan sperma clan ovum dari pasangan suami isteri yang sah hukumnya MUBAH (boleh). dan sebaliknya) . • Bayi tabung dari pasangan suami-isteri dengan titipan rahim isteri yang lain (misalnya dari isteri kedua dititipkan pada isteri pertama) hukumnya HARAM berdasarkan kaidah Sadd az-zari'ah.

Bayi tabung dari sperma yang dibekukan dari suami yang telah meninggal dunia hukumnya haram berdasarkan kaidah Sadd a z-zari'ah. dan berdasarkan kaidah Sadd az-zari'ah. yaitu untuk menghindarkan terjadinya perbuatan .FATWA MUI ( 13 Juli 1979) 3. Bayi tabung yang sperma dan ovumnya diambil dari selain pasangna suami isteri yang sah hukumnya haram. sebab hal ini akan menimbulkan masala~ yang pelik. 4. baik dalam kaitannya dengan penentuan nasab maupun dalam kaitannya dengan hal kewarisan. karena itu statusnya sama dengan hubungan kelamin antar lawan jenis di luar pernikahan yang sah (zina).

yang demikian itu adalah lebih Suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat".Penutup Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya. (An Nur : 24) . dan memelihara kemaluannya.

Masjfuk Zuhdi. Hafiz Anshry.mui.or.html Werner. 7.php?id=78 http://gempurserkamdarat. T. Buku Keempat. (Jakarta: PT. Yanggo. Yanggo. http://www. Editor Chuzaimah..com/satuxsatu@yahoogroups. Problematika Hukum Islam Kontemporer. (Jakarta: PT. 21 6. 2008.htm 3.Daftar Pustaka 1. 21 4. http://www. T. 2. Masail Fiqhiyah.com/2007/08/bank-sperma-apakah-ukuran-sensitiviti. 2 http://www. 8.aspx?ID=10147 Problematika Hukum Islam Kontemporer. Pustaka Firdaus). Pustaka Firdaus). (Jakarta : PT.html . Cryobanking.mailarchive. Editor Chuzaimah. 5.wikimu. Buku Keempat.mazelabs. MichaelA. Diperoleh dari : http://www.com/msg00076.com/News/DisplayNews. Toko Gunung Agung). Hafiz Anshry.blogspot.id/mui_in/fatwa.com/MLcryobanking.