P. 1
PENGERTIAN BISNIS

PENGERTIAN BISNIS

|Views: 152|Likes:
Published by Gilang Ramadhan
Pengertian Bisnis
Pengertian Bisnis

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Gilang Ramadhan on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN BISNIS MENURUT PARA AHLI

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melkakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini. Berikut ini Beberapa Definisi Bisnis Menurut Para Ahli :

1. Huat, T Chwee (1990) Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society. 2. Steinford ( 1979) Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

3. Griffin dan ebert (1996) “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan

Allan Afuah (2004) “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit. 4. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis. maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima. 6. Steade dan Lowry (1996) Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. Sejalan dengan definisi tersebut. Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama.barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum. Mahmud Machfoed . 8. Musselman dan Jackson (1992) Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka. Glos. the goods and services that satisfy societies needs. perusahaan yang memiliki badan usaha. aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Hughes dan Kapoor “Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. 5. sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar. warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya. 7. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.

Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar. 13. warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya. Orang yang mengusahan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur. Brown dan Petrello (1976) “Business is an institution which produces goods and service demanded by people. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum. aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan prifit atau (laba). maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. sambil memperoleh laba. perusahaan yang memiliki badan usaha.” Sejarah dengan defenisi tersebut.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima. Hughes dan Kapoor “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis. 10. 12. Griffin dan Ebert (1996) “Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit.” Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Steinford (1979) “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people. 9. 11. the good and services that satisfy societies needs. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat. Maksudnya Bisnis ialah suatu suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry. Allan Affuah (2004) . The general term business refer to all such efforts within an industry.Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Allan Afuah ( 2004 ) beliau mengartikan bahwa bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang di inginkan konsumen. Mahmud Machfoedz juga berpendapat bahwa bisnis adalah suatu usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi agar bisa mendapatkan laba dengan cara memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Musselman dan Jackson (1992) Suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktifitas tersebut. 4. Pengertian bisnis menurut para ahli : 1. Glos. jika kebutuhan masyarakan meningkat. Steade dan Lowry (1996) Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka. Musselman dan Jackson ( 1992 ) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat.Steade dan Lowry ( 1996 ) mereka mengartikan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan 3. 15. Gloss. Pengertian Bisnis dan perannya dalam kehidupan saya Posted on Oktober 12. . perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sambil memproleh laba. Steinford mengartikan bisnis sebagai suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standart serta kualitas hidup mereka. 14. 2012 by josephinejoe PENGERTIAN BISNIS Bisnis adalah suatu usaha yang di kerjakan perseorangan ataupun berkelompok dimana di dalam usaha tersebut mempertemukan pembeli dan penjual yang saling berinteraksi secara langsung ataupun tidak.perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut. Bisnis ini dijalankan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau laba.Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentranformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. 2. Menurut Steinford. Dan kadang-kadang mengalami kerugian yang terjadi jika tidak dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan terencana. lembaga bisnis pun akan meningkat 5.

Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Dulu keluarga saya mempromosikan bisnis ini hanya omongan dari satu orang ke orang lain . Karena bisnis kita tahu caranya memanage uang yang ada. menurut Grifin dan Ebert. Jadi bisnis ini terus berkembang dan terus berputar tentunya. maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima. Sementara itu.. dari pelanggan satu ke pelanggan yang lain . Karena bisnis ini dibentuk oleh perseorangan yaitu kakek saya yang sekarang dilanjutkan oleh om dan mama saya . serta service piano. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis. perusahaan yang memiliki badan usaha. bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. serta service ini kami atur. Jadi. dan keuntungan yang kami dapat kami sisihkan untuk dapat terus berputar. bisnis merupakan suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. jika mengalami kerugian atau kemerosotan dalam usaha ini kami menanggungnya tapi kami tidak sampai bankrut karena setiap uang keuntungan tidak kami habiskan jika hal-hal yang tidak diinginkan melanda kami tidak terlalu pusing untuk menutupinya. Di dalam bisnis ini keluarga besar saya mempunyai banyak pelanggan yang sudah sangat mempercayai kinerja kami. Biarpun kita sebagai konsumen(yang hanya membeli dan memakai jasa atau barang) ataupun produsen (yang menjadi penghasil atau penyedia layanan) kita pasti menemuinya di setiap kehidupan. Chwee (1990) Menurutnya. Kalau dulu saya belum dewasa saya belum terlibat dengan bisnis ini. Karena bisnis kita tahu berbagai macam orang yang kita temui.6. Bisnis ini sudah dijalankan sejak kakek saya masih muda hingga sekarang (kira-kira sudah berjalan 60 tahun lhoo . tapi sekarang kami menambah promosi itu dengan menerbitkan iklan di surat kabar. Kadang kala bisnis ini berada di bawah atau mengalami kesusahan dalam bidang keuangan . Griffin dan Ebert (1996) Beliau mengartikan bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar. warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat 7. . Pada saat berbelanja.beli. Dan kami juga membagi keuntungan tersebut dengan pekerja-pekerja yang ada. Dan jujur saja di usaha ini kami tidak mengambil keuntungan dengan banyak sekali yang terpenting bagi kami memuaskan pelanggan agar tidak kecewa dan menjadi pelanggan tetap kami. T. Karena bisnis kita mendapatkan uang. Karena bisnis ini kami mendapatkan uang untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari. Di keluarga saya membuka usaha pribadi yaitu jual. Tapi sekarang saya terlibat dengan bisnis ini yaitu mengajar piano yang tentunya karena adanya request dari banyak pelanggan yang menginginkan lebih dari usaha yang kami buat. Moto dalam usaha kami adalah memuaskan pelanggan dengan sebaik mungkin. Maksudnya adalah pada saat terjualnya piano kita menghitung berapa pengeluaran yang kita keluarkan lalu dibelikan piano lagi supaya kami mempunyai barang yang akan dijual lagi. Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya. Hughes dan Kapoor Beliau mengartikan bisnis adalah aktifitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). J ). kesimpulannya bisnis di setiap orang termasuk saya pasti sangat berperan besar. Peran Bisnis dalam kehidupan saya : Bisnis bagi kehidupan saya sangatlah berperan besar. les . Dan pastinya setiap bisnis yang dijalankan pasti mempunyai pesaing yang banyak . tapi kita tetap meanggapinya dengan sabar karena setiap keuntungan yang kami dapat kami tidak menghabiskan tapi kami atur dengan teratur supaya usaha kami ini tidak bankrut. pada saat bertransaksi dimanapun kita berada. Karena saya terlibat dengan bisnis ini berarti saya sudah berpenghasilan jadi saya tidak perlu membebani orangtua saya. Uang yang kami dapat dari penjualan . 8. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum. tapi itu tidak menjadi hal yang terlalu di khawatirkan selama bisnis yang dijalankan sekarang dijalankan dengan baik kita tetap bisa bertahan dari pelanggan-pelanggan tersebut selain itu kita mempunyai pelanggan yang setia yang sudah sangat mempercayai kinerja kami.

masyarakat umum. Dalam artian. Menurut ilmu etimologi. usaha. Kata bisnis sendiri memiliki tiga penggunaan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu. tergantung lingkupnya seperti penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha. atau kapital yang mereka berikan. bisnis merupakan keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu. dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah.wordpress. Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini. atau serikat pekerja. Sedangkan dalam ekonomi kapitalis. misalnya bisnis pariwisata. bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. ataupun masyarakat. Pengertian bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik. untuk mendapatkan laba.sumber : http://thepradjna. Sedangkan bisnis dalam arti sempit merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (Griffin & Ebert). Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business. teknis.com/2011/10/28/definisi-bisnis/ Apakah arti Bisnis?? Posted on January 18. komunitas. Hal itu dirangkum menurut ilmu ekonomi. 2013by gabrielamarcelina Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya. misalnya bisnis kooperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. . yaitu kesatuan yuridis (hukum). Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu. dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta. dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan. lihat pula: Waralaba  Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah. . misalnya masyarakat sekitar perusahaan serta bangsa dan negara.  Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen. yang pertama yaitu fungsi mikro (kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung) dan selanjutnya fungsi makro (kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung).Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) (Huat. Sedangkan fungsi makro merupakan kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog. Ada 2 fungsi bisnis. dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa. Pihak yang berperan langsung dalam fungsi mikro ini adalah pekerja. kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan.  Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible. dewan komisaris dan pemegang saham. seperti tanaman atau mineral tambang. Aspek-aspek bisnis di antaranya yaitu:     Keuntungan individu dan kelompok Penciptaan Nilai Penciptaan Barang dan Jasa Keuntungan melalui Transaksi Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasikonsumen adalah distributor atau pengecer. yang dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. 1990). T Chwee.  Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen.

Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik.wikipedia. dan bangunan.org/wiki/Bisnis http://muannastasyiithoh. Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual.     Referensi: dewi_anggraini.gunadarma. Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal. dan mengembangkan properti. Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).id http://id.staff. dan biasanya didanai oleh pemerintah. seperti listrik dan air. menyewakan.ac. Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.wordpress.com/2010/11/01/pengertian-bisnis/ . rumah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->