Komponen Ekosistem, Peran, dan Interaksinya

Kompetensi Dasar : Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem. Materi pokok: Ekosistem

Bahan ajar EKOSISTEM
: SMP Negeri 31 Padang : VII (tujuh) : II (dua) : Biologi

Satuan pendidikan Kelas Semester Mata Pelajaran Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik atau saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Contohnya adalah adanya saling ketergantungan antara kupu-kupu dengan tumbuhan dan serangga lain untuk proses penyerbukan. Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Ekosistem tersusun atas satuan makhluk hidup yaitu individu, populasi dan komunitas. 1. Individu adalah makhluk hidup tunggal. Contohnya seekor kambing, seekor burung, sebatang pohon pepaya, seorang manusia, seekor ikan, sebatang pohon bunga matahari, seekor panda, seekor ikan, dan satu pohon Bila pohon singkong kita potongpotong batangnya, apakah tiap potongan itu dapat dikatakan sebagai individu? Atau bila kita memetik buah mangga dari pohonnya, apakah satu buah mangga dapat kita katakan sebagai individu?

Gambar 1. Contoh individu 2. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu dalam jangka waktu tertentu. Contohnya kelompok jerapah, dan kelompok kijang, di sebuah kolam hidup 10 ekor ikan mujair, 15 ekor ikan mas dan sekumpulan teratai. Di sawah hidup 95 batang padi, sekumpulan paku air, 12 ekor tikus, 5 ekor ular, 15 ekor
Edited by : Agus Setiawan/96875

Gambar 2. dan Interaksinya katak. dan 9 ekor bekicot. Kumpulan populasi di terumbu karang membentuk komunitas terumbu karang. Adanya individu yang datang. Misalnya populasi katak. Contoh Populasi 3. Komunitas adalah kumpulan populasi makhluk hidup pada suatu daerah tertentu. sebagai berikut : 1. Gambar 3. Makhluk hidup bertempat tinggal dalam suatu habitat akan tergantung pada lingkungan. Peran. Kumpulan seluruh populasi makhluk hidup di hutan membentuk suatu komunitas hutan. Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar makhlik hidup. Adanya individu yang pergi. populasi tikus. Contoh Komunitas Ekosistem Edited by : Agus Setiawan/96875 . Ada 2 hal yang menyebabkan terjadinya perubahan populasi. Kepadatan Populasi ( KP ) = Jumlah individu satu jenis Luas daerah yang ditempati Kepadatan populasi suatu jenis makhluk hidup pada suatu daerah dari tahun selalu mengalami perubahan. karena kematian atau mortalitas dan emigrasi.Komponen Ekosistem. yaitu adanya kelahiran atau natalitas dan migrasi 2.populasi ikan mujair. Sekumpulan individu sejenis ini dapat kita sebut populasi. populasi padi.

Tumbuhan hijau merupakan produsen terbesar dalam ekosistem. Kedua komponen tersebut berada pada suatu tempat dan berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. pada suatu ekosistem akuarium. pasir. ekosistem aquarium. mineral dan oksigen yang terlarut dalam air. bioma tundra. Misalnya. a. dalam hal ini yang dimaksud adalah tumbuhan hijau. Semua akosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya saling berinteraksi membentuk biosfer atau ekosistem dunia. Contoh ekosistem waduk. ekosistem ada 2 macam. sedangkan yang termasuk komponen abiotik adalah air. Komponen Ekosistem Ekosistem alami dan ekosistem buatan dibentuk oleh 2 komponen yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik yaitu komponen yang hidup Komponen biotik terdiri dari semua makhluk hidup yang berada dalam suatu ekosistem. hewan.  Produsen disebut juga penghasil. bioma padang rumput. Ekosistem alami: ekosistem yang terbentuk secara alami. Tumbuhan hijau memiliki klorofil sehingga dapat berfotosintesis. ekosistem alami dan ekosistem buatan. kolam dan ekosistem sawah.Komponen Ekosistem. contohnya ekosistem hutan tropis dan ekosistem perairan. ekosistem laut dan ekosistem rawa. Berdasarkan perannya dalam ekosistem komponen biotik dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu produsen. tumbuhan dan mikroorganisme. plankton yang terapung di air sebagai komponen biotik. Contohnya bioma hutan hujan tropis. b. Berdasarkan proses terbentuknya. tumbuhan air. Peran. konsumen dan pengurai. Organisme ini disebut organisme autotrof. a. Ekosistem buatan: ekosistem yang sengaja dibuat manusia. ekosistem ini terdiri dari ikan. tanpa adanya campur tangan manusia. dengan mengubah air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Ekosistem darat yang mencakup daerah yang luas disebut bioma. Ekosistem alami terbagi 2 yaitu ekosistem darat. Jenis organisme autotrof: Edited by : Agus Setiawan/96875 . batu. dan Interaksinya Ekosistem adalah interaksi antara komunitas dengan benda tak hidup. artinya makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanannya sendiri. misalnya manusia. contohnya ekosistem danau.

contohnya : bakteri. misalnya tumbuhan hijau. Demikian seterusnya sampai tidak ada hewan lain yang memakan konsumen tersebut. dan singa. Manusia tergolong konsumen yang berada disemua tingkatan. Hewan yang memakan konsumen sekunder disebut konsumen tersier (konsumen tingkat III. Peran.misalnya burung pemakan ulat. misalnya srigala. misalnya burung alap-alap yang memangsa burung pemakan ulat. sapi. dan kambing. Contohnya adalah hewan pemakan rumput misalnya belalang.  Konsumen disebut juga pemakai. Hewan yang memakan konsumen primer disebut konsumen sekunder (konsumen tingkat II ). Edited by : Agus Setiawan/96875 . Hewan dan manusia bertindak sebagai konsumen dalam ekosistem. Oleh karena itu organisme ini disebut juga organisme heterotrof. dan Interaksinya 1) 2) Fotoautotrof merupakan organisme yang memanfaatkan energi matahari. Contoh : Hewan yang memakan tumbuhan secara langsung (herbivor) disebut konsumen tingkat pertama atau konsumen primer. Konsumen terakhir tersebut dinamakan konsumen puncak.Komponen Ekosistem. contohnya : tumbuhan hijau Kemoautotrof merupakan organisme yang memanfaatkan energi kimia. 3) Konsumen tingkat III Hewan yang memakan konsumen tingkat II. misalnya burung alap-alap yang memangsa burung pemakan ulat. harimau. sapi dan kelinci 2) Konsumen II (Sekunder) yaitu organisme yang memakan konsumen I atau primer. yaitu makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. rusa. Di dalam ekosistem hewan berkedudukan sebagai konsumen. Berdasarkan tingkat makan dan memakannya terdiri atas : 1) Konsumen I (Primer) yaitu Hewan yang secara langsung memakan tumbuhan. Manusia dapat beradaptasi disemua habitat sehingga manusia mendominasi ekosistem. untuk itu tergantung pada organisme lain yang biasanya terdiri dari hewan dan manusia. Makhluk hidup yang secara langsung bergantung pada produsen adalah herbivora. Biasanya konsumen puncak dalam ekosistem merupakan konsumen tingkat empat.

tikus. belalang 2) Karnivora : hewan pemakan daging Contoh : anjing.Komponen Ekosistem. Pernahkah kalian melihat pohon mati yang ditumbuhi jamur? Jamur yang tumbuh itu sebenarnya sedang melakukan proses penguraian sisa organisme. jamur dan mikroorganisme serta makhluk hidup lain yang bersifat saprofit. Zat-zat penyusun tubuh hewan dan tumbuhan yang mati itu diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana dan dikembalikan ke lingkungan abiotiknya. Didalam suatu ekosistem. Peran. Komponen abiotik ekosistem meliputi energi matahari. tubuh organisme 90% terdiri dari air. dan suhu  Air berfungsi sebagai pelarut dalam tubuh makhluk hidup dan air juga berperan sebagai habitat dari berbagai makhluk hidup di ekosistem perairan. kambing. misalnya tanah. dan Interaksinya Berdasarkan jenis makanannya. Air berfungsi sebagai pelarut dan bahan baku proses didalam tubuh.Bila tidak ada Edited by : Agus Setiawan/96875 . elang. babi  Pengurai (dekomposer) merupakan mikroorganisme yang menguraikan senyawa organik atau bahan makanan yang ada pada sisa organisme menjadi senyawa an organik yang lebih kecil.tanah. karbondioksida. udara. Makhluk hidup saprofit adalah makhluk hidup yang hidup pada sampah atau sisa makhluk hidup lain. konsumen sebagai organisme heterotrof dibagi menjadi : 1) Herbivora : hewan pemakan tumbuhan Contoh : kerbau. harimau 3) Omnivora : hewan pemakan segalanya Contoh : manusia. b. Air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. angin. oksigen. komponen abiotik sangat mempengaruhi kehidupan komponen biotik. air. Zat mineral tersebut akan diambil tumbuhan Makhluk hidup yang bertindak sebagai pengurai adalah bakteri. mineral yang terdapat ditanah. Hasil penguraian ini berupa zat mineral yang akan meresap ke dalam tanah. ayam. Komponen abiotik terdiri dari semua benda tak hidup dan faktor lingkungan yang ada di sekitar makhluk hidup.

Tanah yang humus merupakan tanah yang subur. udara tanah.3%.  Gas karbondioksida dan oksigen.  Tanah: berperan sebagai tempat hidup berbagai organisme. Tanah berpengaruh terhadap keanekaragaman organisme. Akibatnya sisi batang ini kering. tumbuhan hijau tidak berfotosintesis. hewan. Peran.air cepat mengering oleh cahaya matahari. Disisi batang yang menghadap ke arah timur. Tanah menyediakan habitat dan sumber makanan bagi tumbuhan dan hewan. tumbuhan hijau akan menyerap energi matahari melalui klorofil pada daun dan menggunakannya untuk fotosintesis. Didalam ekosistem terjadi daur oksigen dan karbondioksida melalui proses pernafasan dan fotosintesis.sehingga keanekaragaman tumbuhan epifit rendah. dan humus.  Cahaya matahari: merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup di bumi. Gas karbondioksida diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis. Tanah terbentuk dari hasil pelapukan batuan. Tanah sangatlah penting untuk kehidupan. Gas oksigen sangat diperlukan tumbuhan. dan Interaksinya air. Sebagai contoh. Tanah yang subur akan dihuni oleh berbagai organisme. dan manusia untuk bernafas. sedangkan gas oksigen mencapai 21%. demikian juga hewan akan mati. Edited by : Agus Setiawan/96875 . Pada fotosintesis akan dihasilkan zat pati yang akan disimpan dalam tubuh tumbuhan. tubuhnya layu dan akhirnya mati . antara sisi batang yang menghadap ke arah timur dan barat.jenis tanah berbeda-beda tergantungpada jenis batuan asalnya. disuatu batang tanaman sering terdapat tumbuhan epifit yang berbeda. garam mineral. Jumlah gas karbondioksida di udara sekitar 0. Tanah juga merupakan sumber zat-zat hara bagi tumbuhan.Komponen Ekosistem. Tanah mengandung air tanah. bila tidak ada air.

manusia. Suhu lingkungan berpengaruh terhadap jenis makhluk hidup yang menghuni lingkungan tersebut. Gerakan cacing tanah menimbulkan rongga udara dalam tanah.  Suhu: Suhu sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Contohnya adalah sebagai berikut: 1. proses saling ketergantungan terus berlangsung. Peran. cahaya. Suhu lingkungan juga dipengaruhi oleh adanya tumbuhan. Saat bernafas. Oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan diperlukan oleh manusia. Pada proses fotosintesis tumbuhan mengeluarkan oksigen. Salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tumbuhan hijau untuk fotosintesis adalah cahaya matahari. udara. Jadi. hewan. Suhu yang terlalu panas atau terlalu tinggi / dingin dapat mengganggu proses didalam tubuh makhluk hidup. sehingga tersedia udara yang diperlukan oleh akar tumbuhan. Demikian seterusnya. dan tumbuhan untuk bernafas. seperti cacing tanah yang hidup di tanah lembab. Edited by : Agus Setiawan/96875 . Tanah yang padat dan tandus setelah dicangkul dan dipupuk oleh manusia menjadi gembur dan subur sehingga dapat ditanami. Suhu dipermukaan bumi dipengaruhi oleh cahaya matahari yang jatuh di permukaannya. Sedangkan. Karbon dioksida merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan hijau untuk berfotosintesis. Saling Ketergantungan Antara Komponen Biotik Dan Komponen Abiotik Tumbuhan. hewan. makhluk hidup mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.  Kelembaban: juga berpengaruh terhadap kehidupan beberapa hewan tertentu. Cacing menggemburkan tanah. air. 2. manusia dan hewan merupakan komponen biotik.Komponen Ekosistem. Misalnya tumbuhan tertentu hanya dapat hidup pada suhu tertentu. dan tanah merupakan komponen abiotik. dan tumbuhan tergantung pada komponen abiotik. dan Interaksinya Energi yang terkandung dalam tumbuhan akan menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lain yang memakannya.

Piramida ekologi Rantai Makanan Rantai makanan adalah perpindahan energi dari sumbernya dalam tumbuhan hijau melalui sederetan organisme dalam peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. a. Berkembang biak c. Saling ketergantungan antar komponen biotik 1. a. sehingga jika hujan tanah tidak tererosi dean tidak terjadi banjir. Rantai makanan selalu dimulai dari tumbuhan hijau sebagai produsen. Fitoplankton akan dimakan oleh zooplankton. dan Interaksinya 3. konsumen II sebagai tingkat trofik ketiga. Contoh rantai makanan: padi belalang katak bangau Saling ketergantungan antar individu berbeda spesies Saling ketergantungan antar individu satu spesies Dalam ekosistem alami yang kompleks setiap kelompok organisme menempati tingkat tertentu dari sumber energi atau makanan. Produsen sebagai tingkat trofik pertama. Tumbuhan hijau dimakan oleh herbivora (konsumen I). Akar pohon dapat menyerap dan menahan air hujan. Zooplankton dan ikan herbivora Edited by : Agus Setiawan/96875 . dan ikan herbivora. Tingkatan-tingkatan itu disebut tingkat trofik. makin besar kandungan energi dan biomassanya. Rantai makanan b. Herbivora dimakan oleh karnivora (konsumen II) dan seterusnya hingga konsumen puncak. dan seterusnya. Pengurai mendapat energi dari produsen dan konsumen yang telah mati. Memperoleh makanan b.Komponen Ekosistem. Peran. Makin rendah tingkat trofiknya. Jaring-jaring makanan c. Dalam ekosistem perairan yang bertindak sebagai produsen adalah fitoplankton. Membuat sarang 2. konsumen I sebagai tingkat trofik kedua.

Semakin kompleks jaringjaring makanan. Jadi jaring-jaring makanan merupakan sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan. dimaka n dimaka n dimaka n Gambar . Rumput Belalang Ular Harimau Padi Ayam Burung Elang Tikus Kucing Bakteri Edited by : Agus Setiawan/96875 . Dalam kehidupan yang sesungguhnya. Peran. Ikan-ikan yang mati akan diuraikan oleh dekomposer. dan Interaksinya dimakan oleh ikan karnivora dan seterusnya. satu jenis produsen dalam suatu ekosistem tidak hanya dimakan oleh satu jenis konsumen. Rantai makanan Jaring-jaring Makanan Dalam suatu ekosistem rantai makanan yang satu berhubungan dengan rantai makanan yang lain membentuk jaring-jaring makanan. semakin stabil ekosistem.Komponen Ekosistem. Begitu sebaliknya satu jenis konsumen tidak tergantung pada satu jenis produsen saja Jaring-jaring makanan memperlihatkan hubungan antar populasi.

Dalam piramida ini semakin ke puncak biomassanya semakin kecil. konsumen I lebih banyak daripada konsumen II. Bentuk piramida makanan menggambarkan komposisi rantai makanan yang semakin ke atas massanya semakin kecil. setiap populasi makhluk hidup menempati tingkat tertentu dari sumber makanan atau sumber energi. makin besar kandungan energi atau biomassanya. Tapi terkadang ditemukan pula beberapa jenis makhluk hidup di puncak piramida makanan. Makin rendah tingkat trofiknya. konsumen II menempati tingkat trofik III. bisa saja keduanya punya hubungan persaingan untuk mendapat sumber makanan yang sama. konsumen II. Piramida makanan merupakan gambaran perbandingan antara produsen. Tingkatan itu disebut tingkat trofik.Komponen Ekosistem. konsumen I menempati tingkat trofik II. Secara umum pada puncak piramida makanan hanya ditemukan satu jenis makhluk hidup. Dalam ekosistem jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen I. jumlah rumput lebih banyak daripada jumlah kelinci yang memakan rumput. Peran. Dengan adanya serigala pemangsa kelinci. konsumen II lebih banyak daripada konsumen III dan seterusnya. dan seterusnya. Bila kelinci terlalu banyak akan menimbulkan persaingan dalam mendapatkan rumput. Dalam suatu ekosistem. Contoh ekosistem seimbang. Hal ini terjadi agar ekosistem ada suatu keseimbangan. Jaring-jaring Makanan Piramida Makanan Piramida makanan : komposisi rantai makanan yang makin keatas makin kecil. Adanya 2 puncak piramida makanan disebabkan adanya 2 konsumen puncak yang tidak saling memakan. Keadaan ini dapat digambarkan dalam bentuk piramida yang disebut piramida makanan. dan Interaksinya Gambar . maka populasi kelinci dapat dikurangi dan rumput punya kesempatan tumbuh lebih banyak lagi. Edited by : Agus Setiawan/96875 . Jumlah serigala yang memakan kelinci lebih sedikit dari jumlah kelincinya. Tumbuhan hijau sebagai produsen menempati tingkat trofik I. konsumen I.

Energi yang dilepas sangat kecil karena setiap organisme membutuhkan energi dalam memenuhi kebutuhannya. kelinci dimakan serigala. dan Interaksinya Gambar . ke konsumen tingkat II sampai pengurai. Piramida makanan Aliran/Rantai Energi Perpindahan energi dalam rantai makanan disebut arus energi. Sedangkan mineral membentuk siklus. Edited by : Agus Setiawan/96875 . karena produsen mampu mengikat energi matahari dan mengubahnya ke bentuk energi kimia dalam bentuk makanan. Tumbuhan hijau dimangsa oleh herbivor (konsumen I). Energi pindah dari rumput ke keinci dan dari kelinci ke serigala. Yaitu dari sinar matahari lalu produsen. Energi matahari masuk kedalam jaring-jaring kehidupan melalui produsen (tumbuhan hijau). Energi dari rumput tidak sepenuhnya dipindahkan ke kelinci. Energi masuk ke jaring-jaring makanan melalui produsen. dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain. Dimana perpindahan energi itu sebesar 10 % atau 1/10 dari energi yang dimiliki. Aliran energi merupakan perpindahan energi dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Tumbuhan hijau mampu mengubah energi matahari menjadi energi kimia dalam bentuk makanan melalui fotosintesis. Rumput dimakan kelinci. Peran. Dalam suatu ekosistem terjadi aliran energi. ke konsumen tingkat I. Energi yang dipindahkan dari tumbuhan hijau ke karnivor hanya sebagian sebagian saja. dan herbivor dimangsa oleh karnivor (konsumen II) dan seterusnya. karena tumbuhan hijau juga memerlukan energi untuk kegiatan hidupnya. Misalnya rumput sebagai produsen menimbun energi dalam tubuhnya. Sebagian energi digunakan oleh rumput untuk tumbuh dan bermetabolisme.Komponen Ekosistem.

Hal ini akan membentuk piramida energi. dan Interaksinya Demikian pula energi yang dipindahkan dari herbivor ke karnivor. hidrogen (H) dan nitrogen (N). Energi mengalir dari matahari ke produsen. ke konsumen I. Keseimbangan ekosistem dapat terjadi bila ada hubungan timbal balik di antara komponenkomponen ekosistem. ke konsumen II. energi konsumen mendapatkan bagian energi yang lebih kecil dari energi yang ditangkap oleh produsen. Peran. Arus energi Siklus Materi Materi yang menyususn tubuh makhluk hidup berasal dari lingkungan. Apabila ada hal-hal yang mengubah lingkungan maka organisme tersebut tidak akan mengalami Edited by : Agus Setiawan/96875 . Contoh : Energi dari cahaya matahari yang energinya menuju air laut. Aliran energi berakhir pada proses penguraian yang dilepas dalam bentuk panas ke lingkungan. Kemudian terjadi penguapan yang berkumpul di awan dan pada titik jenuh akan terjadi hujan yang air hujan akan turun ke tanah dan digunakan lagi untuk selanjutnya. membentuk siklus materi. Akhirnya akan kembali ke tempat zat itu berasal. tanah. Tumbuhan sebagai produsen yang jumlahnya paling banyak. Jadi. dan seterusnya. Materi akan beredar di lingkungan.Komponen Ekosistem. Siklus materi merupakan perpindahan zat dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Ini dikatakan sebagai aliran energi (arus energi) dalam ekosistem. Materi terdiri dari unsur-unsur kimia seperti karbon (C). Gambar . oksigen (O). sungai dan danau serta ke tempat yang lain.

Proses pengambilan dan pelepasan oksigen tersebut seimbang. Dalam Penguapan Transpirasi Air tanah Laut Edited by : Agus Setiawan/96875 . Karena panas matahari. sebagian air menguap kembali ke atmosfer.Komponen Ekosistem. Berikut gambar siklus oksigen di bumi. lalu mengembun menjadi titik air dan jatuh lagi ke bumi sebagai hujan. a) Siklus oksigen Fotosintesis pada tumbuhan hijau menghasilkan oksigen (O 2). dan Interaksinya perubahan. Oksigen akan dilepas ke udara dan digunakan oleh makhluk hidup untuk pernapasan. Air yang berasal dari hujan dan salju sebagian akan meresap ke dalam tanah. tetapi jika jumlah organisme tidak terkendali aka membahayakan organisme lainnya. kemudian mengalir ke sungai dan menuju laut. Energi matahari Salju Hujan Angin Hujan Penguapan Angin Transpirasi Sungai dan Danau Air tanah Gambar . Tubuh makhluk hidup mengandung ± 95% air. Berikut ini gambar siklus air di bumi. Unsur karbon di udara terdapat dalam bentuk karbondioksida (CO 2). Siklus air c) Siklus karbon Zat karbon terdapat dalam berbagai bentuk senyawa organik seperi karbohidrat. b) Siklus air Semua makhluk hidup membutuhkan air. protein dan lemak. Peran. sehingga jumlah oksigen di udara akan tetap 20 %.

1. Karbondioksida akan dilepas oleh konsumen ke udara saat bernapas. 3. sedangkan pihak lain dirugikan. Contohnya : cacing pita yang hidup dalam usus manusia. adalah hidup bersama antara dua spesies organisme yang menguntungkan satu pihak. ikan remora menempel pada tubuh hiu. Pihak yang diuntungkan disebut parasit. Contohnya ular memangsa tikus. a. dan beruang memangsa ikan. meskipun berbagai organisme hidup pada habitat yang sama. Sedangkan hiu tidak terganggu dan juga tidak mendapat keuntungan Edited by : Agus Setiawan/96875 . singa memangsa rusa. pihak yang dirugikan disebut inang. Simbiosis parasitisme. Hewan pemangsa disebut predator. air dan CO2 di udara diubah menjadi glukosa. sedangkan pihak lain tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Simbiosis mutualisme. c. Netralisme dan Antibiosis Netralisme adalah hubungan yang tidak saling mempengaruhi. Contohnya : ikan hiu dan ikan remora. Antibiosis adalah interaksi antar organisme dimana salah satu organisme menghasilkan zat antibiotik atau racun yang berbahaya bagi organisme lainnya. Jamur ini mengeluarkan antibiotik yang dapat menghambat atau mematikan mikroorganisme lain yang hidup di sekitarnya. Misalnya interaksi jamur Penicillium dengan spesies mikroorganisme lain.Komponen Ekosistem. Peran. b. Predatorisme Adalah pola interaksi dimana hewan yang satu memangsa hewan yang lain. Simbiosis Merupakan hubungan yang erat antara dua organisme berbeda spesies yang hidup bersama. Interaksi tersebut ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan. 2. Simbiosis komensalisme. adalah hubungan antara dua organisme berbeda spesies dimana salah satu pihak mendapat keuntungan. dan Interaksinya fotosintesis. adalah hubungan yang saling menguntungkan antara dua spesies organisme yang hidup bersama. jadi bisa berpindah tempat kemana hiu pergi dan mendapat perlindungan dari hewan lain. Contohnya : lumut kerak ( lichenes) simbiosis antara jamur dan alga. Pola Interaksi Organisme Interaksi antarorganisme terjadi dengan berbagai macam cara.

Istamar. Jakarta. Peran. dkk. IPA Biologi SMP Kelas VII. Buku Depdiknas (BSE). 2007. Edited by : Agus Setiawan/96875 .Komponen Ekosistem. Jakarta : Erlangga.2008. SMP 7 IPA. Wasis. dan Interaksinya Daftar Pusataka : Syamsuri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.