SOSIOLINGUISTIK (PELBAGAI VARIASI BAHASA

)

DITULIS OLEH: SYAMSINAR NIM. 20401110087

SELFYANA NIM. 20401110088

SALEH MUCHTAR NIM. 20401110089

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR 2013

Zainal. pemakaian. Oleh karena itu. kritik dan saran sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini. formal dan sarana. S. bapak H. yang telah memberikan motivasi dan saran. Makassar. Nabi yang telah membawa kita dari alam gelap gulita menuju alam yang terang menerang. kemauan. yang telah memberikan kesehatan. Pd. sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. terdapat banyak kesalahan. M. 26 Maret 2013 KELOMPOK V . Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini. serta kemampuan kepada penulis. Pada kesempatan yang berbahagia ini. yang terdiri dari variasi bahasa dari segi penutur. Khususnya kepada bapak pembimbing. terlebih dahulu penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penulisan makalah ini.Pd. Sebelum penulis menguraikan terlalu jauh. seperti saat ini. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Subhananahu wa Ta’ala. penulis ingin menguraikan tentang pelbagai variasi bahasa.

BAB I PENDAHULUAN A. Sedangkan linguistic adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa. Untuk mengetahui pengertian dari variasi bahasa 2. Apa saja yang termasuk variasi bahasa? C. . kedudukan dan kebudayaan penutur dalam masyarakat. Latar Belakang Sosiolinguistik erupakan ilmu antardisiplin antara sosiologi dan linguistic. Macam-macam bahasa di dunia ini sungguh beragam. Untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam variasi bahasa. atau bidang ilmu yang mengambil objek bahasa sebagai objek kajiannya. dua bidang ilmu empiris yang mempunyai kaitan yang sangat erat. budaya dan bahasa. serta hubungan diantara para bahasawan dengan ciri fungsi variasi sosiolinguistik merupakan pengkajian bahasa dengan dimensi kemasyarakatan. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh makhluk hidup untuk berinteraksi dengan sesamanya. B. Sedangkan bahasa adalah lambing bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang mempunyai makna atau arti tertentu. Proses penguasaan bahasa melibatkan latar belakang social penutur. Rumusan Masalah 1. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kegiatan social ataupun gejala social dalam suatu masyarakat. terutama di Indonesia yang mempunyai banyak suku bangsa. Sosiolinguistik menurut kridalaksana merupakan ilmu yang mempelajari ciri dan pelbagai variasi bahasa. Apa pengertian dari variasi bahasa? 2. Tujuan Penulisan 1.

Ragam atau variasi bahasa 1. Dialek ini didasarkan pada wilayah atau area tempat tinggal penutur. wilayah. gaya bahasa. istilah variasi bahasa berdasarkan penuturnya disebut dialek. Kedua. yakni variasi bahasa yang bersifat perseorangan. Misalnya bahasa jawa dialek banyumas memiliki ciri tersendiri yang berbeda dengan ciri yang dimiliki bahasa jawa. Menurut konsep idiolek. dialek regional atau dialek geografi. pilihan kata. yang dimulai dari segi penuturnya. sehingga jika kita cukup akrab dengan seseorang hanya dengan mendengar suara bicaranya tanpa melihat orangnya. yang berada pada satu tempat. dialek pekalongan. setiap orang mempunyai variasi bahasa atau idioleknya masing-masing. dan sebagainya. variasi itu dilihat sebagai akibat adanya keragaman social penutur bahasa itu dan keragaman fungsi bahasa itu. Jadi variasi bahasa itu terjadi sebagai akibat dari adanya keragaman social dan keragaman fungsi bahasa. Kedua. variasi bahasa yang disebut idiolek. dialek semarang atau juga dialek Surabaya. Namun yang paling dominan adalah “warna” suara itu. terbagi atas beberapa istilah. Variasi bahasa Variasi bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi social yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan dikarenakan oleh para penuturnya yang tidak homogen. atau area tertentu. .BAB II PEMBAHASAN A. Oleh karena itu bahasa memiliki beberapa variasi. Pertama. Variasi bahasa dari segi penutur Variasi bahasa berdasarkan penuturnya. kita dapat mengenalinya. Pertama. B. maka dialek ini lazim disebut dialek areal. yakni variasi bahasa dari sekelompok penutur yang jumlahnya relative. Variasi idiolek ini berkenaan dengan “warna” suara. susunan kalimat. variasi bahasa itu sudah ada untuk memenuhi fungsinya sebagai alat interaksi dalam kegiatan masyarakat yang beraneka ragam. Beberapa variasi bahasa tersebut akan dibahas lebih lanjut. Dalam hal variasi bahasa ini ada dua pandangan.

sehingga dipilhlah dan di gunakanlah kosakata yang secra estetis memiliki daya ungkap paling tepat. keadaan social ekonomi. Variasi bahasa atau ragam bahasa sastra biasanya menekankan penggunaan bahasa dari segi estetis. ejaan. dll. pendidikan dan kegiatan keilmuan. pelayaran. perekonomian. Variasi bahasa dalam bidang kegiatan ini yang paling tampak cirinya adalah dalam bidang kosa kata. biasanya dikemukakan orang variasi bahasa yang disebut akrolek. pendidikan. Variasi bahasa berdasarkan bidang pemakaian ini adalah menyangkut bahasa yang digunakan untuk keperluan atau bidang tertentu. Variasi bahasa berdasarkan fungsi ini lazim di sebut register. seperti usia. Sehubungan dengan variasi bahasa berkenaan dengan tingkat golongan status. dan kelas social para penuturnya. bidang sastra jurnalistik. atau tingkat keformalan. jelas. pekerjaan.Ketiga. pertanian. tingkat kebangsawanan. Ragam bahasa ilmiah yang juga dikenal dengan cirinya yang lugas. perdagangan. dan kelas social para penuturnya. 2. tahun lima puluhan. morfologi maupun sintaksis. Yang mana ketiga variasi pada zaman itu tentunya berbeda. yakni variasi bahasa yang berkenaan dengan status. Variasi ini menyangkut semua masalah pribadi pada penuturnya. Variasi bahasa dari segi pemakaiannya Variasi ini biasanya dibicarakan berdasarkan bidang penggunaan. Seperti variasi bahasa Indonesia pada masa tahun tiga puluhan. baik dari segi lafal. sesuai dengan tugas dan kehidupan kemiliteran yang penuh dengan disiplin dan instruksi. militer. Ragam bahasa militer dikenal dengan cirinya yang ringkas dan bersifat tegas. Kalau . yaitu variaasi bahasa yang di gunakan oleh kelompok social pada masa tertentu. istilah variasi bahasa berdasarkan penuturnya disebut sosiolek atau dialek social. Setiap bidang kegiatan ini biasanya mempunyai sejumlah kosa kata khusus atau tertentu yang tidak digunakan dalam bidang lain. dan sarana penggunaan. misalnya. istilah variasi bahasa berdasarkan penuturnya disebut kronolek atau dialek temporal. Keempat. gaya. dan variasi yang digunakan pada masa kini. golongan. serta segala macam metafora dan idiom. dan bebas dari keambiguan. Dalam pembicaraan tentang register ini biasanya dikaitkan dengan maslah dialek.

maka register berkenaan dengan masalah bahasa itu digunakan untuk kegiatan apa. . dan kapan. Ragam akrab atau ragam intim adalah variasi bahasa yang biasa digunakan oleh para penutur yang hubungannya sudah akrab.dialek berkenaan dengan bahasa itu diguanaka oleh siapa. gaya atau ragam usaha (konsultatif). Variasi bahasa dari segi keformalannya. dan upacara-upacara resmi. gaya atau ragam santai (casual). dan sebagainya. dan rapat-rapat atau pembicaraan yang beriorientasi kepada hasil atau produksi. antar teman karib. Ragam beku adalah variasi bahasa yang paling formal. yaitu gaya atau ragam beku (frozen). 4. 3. dan gaya atau ragam akrab (intimate). misalnya. Ragan usaha atau ragam konsultatif adalah variasi bahasa yang lazim digunakan dalam pembicaraan biasa disekolah. Variasi bahasa dari segi sarana Variasi bahasa dapat pula dilihat dari segi sarana atau jalur yang digunakan. yang digunakan dalam situasi-situasi khidmat. dalam bukunya The Five Clock membagi variasi bahasa atas lima macam gaya (inggris style). Berdasarkan tingkat keformalan. Ragam santai atau ragam kasual adalah variasi bahasa yang digunakan dalam situasi tidak resmi untuk berbincangbincang dengan keluarga atau teman karib pada waktu beristirahat. berkreasi. gaya atau ragam resmi (formal). seperti antar anggota keluarga. Dalam hal ini dapat disebut adanya ragam lisan dan ragam tulis atau juga ragam dalam berbahasa dengan menggunakan sarana atau alat tertentu. telepon atau telegraf. dimana.

akan tetapi kami berharap makalah ini dapat menambah wawasan pembaca. Kesimpulan Variasi bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi social yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan dikarenakan oleh para penuturnya yang tidak homogen. Adapun jika pembaca ingin lebih memahami tentang Variasi Bahasa. . dapat menggunakan bahasa dalam situasi dan kondisi yang tepat. Oleh karena itu variasi bahasa terbagi atas :  Variasi bahasa dari segi penutur  Variasi bahasa dari segi pemakaiannya  Variasi bahasa dari segi pemakaiannya  Variasi bahasa dari segi sarana B. kami menyarankan kepada pembaca agar lebih banyak membaca referensi lain yang berkenaan. Sehingga. Saran Makalah ini terlihat sangat singkat dan padat.BAB III PENUTUP A.

wordpress. Agustus 2008. Di ambil dari http://azhararief.com/2008/08/27/variasi-bahasa-dalamsosiolinguistik/ .DAFTAR PUSTAKA Azhar. Variasi Bahasa Dalam Sosiolinguistik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful