PENYAKIT KOLESTEROL Penyakit kolesterol adalah suatu substansi seperti lilin yang berwarna putih, secara alami ditemukan

di dalam tubuh kita. Kolesterol diproduksi di hati, fungsinya untuk membangun dinding sel dan membuat hormon-hormon tertentu. Tubuh kita sebetulnya akan menghasilkan sendiri kolesterol yang kita perlukan. Tetapi, karena produk hewani yang kita konsumsi, menyebabkan banyak orang memiliki kelebihan kolesterol. Kadar kolesterol yang berlebihan di dalam darah merupakan penyebab utama dari penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Kolesterol membentuk bekuan dan plak yang menyumbat arteri dan akhirnya memutusksn aliran darah ke jantung (menyebabkan serangan jantung) dan ke otak (menyebabkan stroke). Dengan menurunkan kadar kolesterol, anda bisa menghentikan pembentukan plak di dalam arteri dan menyusutkan bekuan yang sudah terbentuk. Jika anda pernah mengalami suatu serangan jantung atau pembedahan bypass, kadar kolesterol anda harus diperiksa secara rutin. Menjaga kadar kolesterol tetap rendah merupakan jaminan terbaik untuk melawan penyumbatan pembuluh darah arteri. Memahami Kadar Kolesterol Kadar kolesterol terbagi menjadi 2 (dua) bagian: * Kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein), merupakan “kolesterol baik” karena kemampuannya untuk membersihkan pembuluh darah arteri. * Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) atau “kolesterol jahat” yang membuat endapan dan menyumbat arteri. Kadar kolesterol HDL diatas 60 berarti sangat baik. Makin tinggi kadar kolesterol HDL, makin rendah resiko untuk mendapat serangan jantung atau stroke. Kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih rendah dari 130, dan semakin rendah, akan semakin baik. Pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam. Pemeriksaan darah juga akan mengukur komponen darah seperti trigliserida. Seperti halnya kolesterol, trigliserida merupakan sejenis lemak yang ditermukan di dalam makanan seperti daging, keju, ikan dan kacang-kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.

Penyebab Penyakit Kolesterol : Kolesterol bisa berasal dari berbagai sumber, entah itu makanan ataupun sejarah keluarga Anda. Berikut 7 penyebab kolesterol tinggi yang paling umum dialami oleh orang-orang.

kerupuk. Kita akan menemukan lemak yang tidak sehat dalam makanan tinggi kolesterol yang berasal dari hewan. Memiliki penyakit tertentu. Anda benarbenar harus diet kolesterol dan memperhatikan makanan untuk kolesterol tinggi. Umur dan jenis kelamin Jangan kira umur dan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap kolesterol. setelah mencapai usia 20 tahun. dan keju mengandung lemak jenuh. telur. Ternyata. tapi sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari luar pun . mentega. Banyak penyakit yang berawal dari turunan keluarga. Daging sapi. kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh rokok. Sejarah keluarga Keluarga adalah segalanya. semakin tinggi aktivitas. minyak sayur. Tingkat kegiatan Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL kolesterol. Merokok Rokok adalah sumber segala jenis penyakit. susu. Berat badan Gelambir dalam perut Anda tidak hanya buruk bagi kehidupan sosial. tingkat kolesterol biasanya rendah sampai masa menopause. dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan kolesterol HDL atau kolesterol baik. kadar kolesterol pada umumnya. Pada pria. terutama bagi penderita kolesterol semakin rendah kemungkinan Anda terkena kolesterol tinggi. Jadi mengapa tidak berhenti merokok dan menggantikannya dengan makanan penurun kolesterol. kadar kolesterol alami kita mulai naik. salah satunya adalah penyakit kolesterol tinggi. minyak kelapa sawit. Jadi. atau kolesterol jahat. sapi. Gejala – Gejala Kolesterol : Gejala kolesterol kadang tidak disadari oleh banyak orang dan kadang diabaikan. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam margarin. seperti diabetes atau hipotiroidisme. bukan hanya sumber kebahadiaan namun juga sumber penyakit. daging babi. dan pastikan Anda memiliki dokumen yang menjelaskan risiko penyakit jantung Anda. dan makanan ringan lainnya. kue. tingkatnya berhenti setelah usia 50. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tambahan. kemudian naik dan akhirnya berhenti pada level yang sama seperti pria.       Diet makanan Makan yang terlalu banyak lemak jenuh (seperti jenis yang ditemukan dalam sarapan klasik) bisa menyebabkan kolesterol tinggi. atau mentega juga memungkinkan Anda mengidap kolesterol tinggi karena tingginya kandungan lemak jenuh di dalamnya. dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Jadi. Jika keluarga ada yang terkena kolesterol tinggi. Selain itu. Selain itu makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa. Kondisi kesehatan secara keseluruhan Jangan melewatkan pemeriksaan fisik tahunan Anda. Merokok bisa menurunkan tingkat kolesterol HDL Anda dan hal ini bisa mengakibatkan kematian. Pada wanita. maka siapkan diri dengan makanan penurun kolesterol. keripik. Mungkin peringatan pada kemasan belakang rokok sudah memberitahu Anda tentang bahaya benda yang satu ini.

gumpalan-gumpalan lemak bisa menyumbat aliran darah sehingga bisa memicu kematian akibat serangan jantung atau stroke. Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke. Saat ini sudah ada obat herbal kolesterol tinggi yang mengandung super antioksidan yaitu jus kulit manggis XAMthone Plus. Mudah capai 5. Pegal ini juga sampai ke pundak 3. Risiko terburuknya. Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke. Karena 80 persen kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 persen sisanya dari makanan. itu artinya sudah batas peringatan yang harus diturunkan. Gejala kolesterol tinggi yaitu: 1. Untuk mengantisipasi gejala kolesterol tinggi dapat dilakukan sejak dini. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA . tapi kondisi-kondisi yang ditimbulkan dapat membuat orang lebih mudah lelah alias capai.kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik. Kolesterol tinggi juga memiliki dampak pada tubuh. 2. Gampang mengantuk. Kaki bengkak 4. Dari beberapa penelitian di seluruh dunia menyebutkan bahwa antioksidan yang paling tinggi ada dalam kulit buah manggis. Gejala kolesterol kebanyakan dialami karena pola makan dan gaya hidupnya sehingga menimbulkan kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol melebihi 240 mg. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Yang paling akurat untuk mengetahui apakah orang menderita kolesterol tinggi atau tidak tentu saja dengan tes laboraorium. Tapi ada gejala khusus pada orang yang kena kolesterol tinggi. Orang yang mengalami kolesterol tinggi kadang tidak menunjukkan gejala khusus. Dengan olah raga teratur dan mengkonsumsi makanan berserat dan yang kaya dengan antioksidan. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang. Meskipun kolesterol tinggi itu sendiri tidak secara langsung menyebabkan kelelahan.

Meski kenyataan tak dapat disangkal bahwa 60 persen penderita hipertensi berakhir dengan stroke. Tetapi. Ganti makanan tersebut dengan buahbuahan dan sayuran segar. strawbery. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi. Apa saja sumber lemak jenuh? Makanan yang digoreng dan lemak dari daging olahan. dan dalam satu mangkuk tomat terkandung 9 mg sodium saja. Hal pertama dan utama yang perlu Anda ubah adalah menu makanan. tapi Anda harus punya pemikiran positif agar kesehatan tak kian memburuk. Berapa banyak potasium yang Anda butuhkan untuk mengatasi darah tinggi? Per hari setidaknya dibutuhkan 4. buah beri dikenal kaya manfaat karena kandungan potasiumnya yang tinggi.Menderita darah tinggi harus dibawa enjoy! Tak perlu terlalu tegang dan mencemaskan kondisi kesehatan Anda. Selain potasium. Satu mangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium. porsi terbesar harus buah ini. Berikut ini daftar sayur dan buah yang bisa Anda konsumsi sehari-hari untuk mengatasi darah tinggi Anda. kali ini Anda punya alternatif lain. Jika selama ini yang kita tahu hanya buah Mengkudu dan seledri saja yang bagus untuk mengatasi darah tinggi. Tak sulit memakan buah sebanyak itu asal Anda mengolahnya dalam bentuk jus segar. Tentu tidak membahayakan kondisi kesehatan Anda. hentikan konsumsi lemak jenuh. buah beri juga mengandung serat dan vitamin C. Jeruk . Buah yang lebih nikmat dimakan. Lebih nikmat kalau tomat dijus dan dicampur dengan buah lain.700 mg asupan potasium. blackberry. karena tomat olahan yang dijual di supermarket sering kali mengandung sodium yang lumayan tinggi. dan raspberry. karena di dalam tomat terdapat potasium. Buah Beri Apa saja yang termasuk dalam kategori buah beri? Anda bisa sebutkan satu per satu yang Anda kenal. Sebisa mungkin pilihlah tomat segar untuk dijus. vitamin C dan serat. Minuman ini bisa jadi diet sodium yang sehat karena kebutuhan Anda akan sodium tetap terpenuhi tapi dalam jumlah yang minimal. blueberry. jadi sekitar 23 mangkuk buah beri yang Anda butuhkan dalam sehari. Mulai detik ini juga. Tomat Anda suka makan buah tomat? Makan tomat mentah-mentah dan bulat-bulat mungkin tidak semua orang suka. Tak hanya bentuknya yang menarik.

3. Tapi." Wajar. Lantas. Heller mengatakan. selain vitamin C. Anda boleh senang karena ternyata ada beberapa jus nikmat yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk mengatasi darah tinggi. tapi rendah sodium. plus serat. agar tubuh semakin segar. membuat daftar 10 jus terbaik berdasarkan manfaatnya untuk Anda. "Iya! Saya suka. tak ada salahnya kalau Anda ingin meminum jus jeruk yang segar untuk menu sehari-hari Anda. tunggu dulu! Jus yang sehat dan menyehatkan ini akan lebih bermanfaat dan bisa mengatasi darah tinggi jika Anda mengolahnya tanpa gula. Selain brokoli Anda bisa pilih sayuran hijau lain yang disukai. Apalagi kebutuhan potasium untuk mengatasi darah tinggi cukup besar. dan rendah sodium. Rasanya agak asam bercampur manis. Brokoli hanya satu contoh sayuran hijau yang mengandung potasium tinggi. Tapi. buah ini juga banyak mengandung potasium. Anggur Buah ini juga kaya antioksidan. jus delima merupakan buah tersehat karena kandungan antioksidan paling lengkap dan beragam dibanding jenis buah lainnya. 1. Sayuran Hijau Anda pernah minum jus brokoli? Anda menyukai rasanya? Sebagian mungkin menjawab.Jeruk sudah kondang sebagai buah yang kaya vitamin C. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA Jus menjadi pilihan minuman menyegarkan untuk segala suasana. Ternyata. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam perjuangan melawan tekanan darah tinggi. Antioksidan dan vitamin dalam blueberry ampuh untuk menyembuhkan peradangan sel tubuh dan otak yang disebabkan oleh proses penuaan dini. 2. buah apakah yang paling bagus untuk dikonsumsi sebagai jus? Ahli gizi klinis dari Amerika. serat. Blueberry Buah-buahan kelompok berry juga kaya antioksidan dan vitamin C. Rasanya yang manis tak merepotkan karena bisa kita makan langsung tanpa dijus. Delima Buah eksotis ini kaya akan antioksidan. daya tahan dan berat badan tetap terjaga. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kanker dan penuaan dini. bayam bisa jadi salah satu alternatif. karena tidak semua orang suka sayur." Sebagian lain menjawab. Samantha Heller. Semuanya cocok dikonsumsi setiap hari. . Sekarang. Riset membuktikan bahwa anggur ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi. "Argh! tak enak sama sekali.

10. 5. sulfur alami. Keduanya termasuk antioksidan yang kuat. kalsium. yakni likopen dan betakaroten. Wortel Kandungan vitamin A pada wortel lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Ini karena khasiatnya yang ampuh untuk membantu mengurangi berbagai jenis kanker. bahkan hilang. kulit. Juga mengandung vitamin C dosis tinggi. dan pertumbuhan tulang (jeruk mengandung kalsium). AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA Idealnya. Semuanya baik untuk menjaga metabolisme tubuh agar bekerja dengan baik. sodium. peredaran darah. Makanan yang dimasak matang juga tidak menumbuhkan sel sel baru dalam tubuh . Ini dikarenakan nutrisi tersebut peka terhadap pemanasan. Kandungan nutrisi dalam tomat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan sebagai booster daya tahan tubuh. buah ini dinamakan The New Superfood. jeruk juga padat vitamin C. Terapi Jus Buah Dan Sayur. 9. Apel Segelas jus apel murni setiap hari sama artinya dengan jantung sehat. Apel juga kaya serat dan vitamin C. Tomat Tomat juga mengandung fitonutrien. Jeruk Jus jeruk paling banyak penggemarnya di dunia. Stoberi Buah berwarna merah segar ini mengandung elagik yang dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker. 6. 7. juga karena manfaatnya. Acai beri Di luar negeri. Selain karena rasanya.4. Stoberi juga mengandung zat besi yang berfungsi memproduksi sel darah merah. Acai beri bisa dibeli di supermarket besar dan terkemuka. magnesium. mineral. Nutrisi ini bagus untuk otot. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kandungan nutrisi ceri ampuh untuk mengurangi peradangan otot yang disebabkan olahraga terlalu keras. Selain mengandung antioksidan. Pemasakan buah dan sayur membuat beberapa kadar gizi berkurang. Tomat juga mengandung vitamen E yang bagus untuk kulit. Kandungan kalium dalam stroberi juga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi. klorina. zat besi. Selain itu buah ini juga merupakan sumber vitamin B. Apel mengandung banyak fitonutrien yang mampu memecah kolesterol jahat di dalam tubuh. 8. makanan terdiri dari 30% bahan yang dimasak dan 70% bahan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah. Ceri hitam Ceri hitam termasuk keluarga berry yang terkenal dengan antioksidannya.

Jus juga merupakan pilihan variasi mengkonsumsi buah. 5. Terapi Jus Buah Dan Sayur. Macam macam buah untuk terapi jus buah dan sayur yang mampu menurunkan kolesterol : 1. 3. Anggur ( Vitis Vinivera. Andapun mendapatkan asupan zat zat gizi yang ganda dibandingkan mengkonsumsi dalam bentuk utuh. Cara praktis dan sederhana. dan zat lain dibandingkan jika dimakan utuh. Membuat jus juga tidak dibutuhkan keterampilan khusus serta alat yang rumit dan mahal. 6. Anda bisa menggunakan alat pemeras otomatis (elektrik) ataupun alat manual (parutan). Terapi Jus Buah Dan Sayur. Terapi Jus Buah Dan Sayur. mineral. Pengolahan buah dan sayur menjadi jus cair memudahkan untuk mengkonsumsinya. Selama ini mungkin biasanya Anda mengkonsumsi buah secara utuh dipotong. Dengan di jus. Singkatnya waktu itulah yang membuat nutrient yang dibutuhkan untuk penyembuhan cepat bekerja dalam tubuh. 2. Dengan mencampurkan bahan satu dengan lainnya dalam bentuk cair maka kekurangan zat gizi suatu buah atau sayur bisa tercukupi dengan penambahan jenis buah atau sayur lain yang diperlukan. Mengkonsumsi buah dan sayur dengan di jus ( Terapi Jus Buah Dan Sayur ) adalah suatu cara yang efektif dan efisien untuk tetap mempertahankan kadar vitamin. 4. Terapi Jus Buah Dan Sayur. Vitis Labrusca ) Apel ( Malus Pumila Mill ) Advokat ( Persea Americana ) Belimbing Manis ( Averrhoa Carambola Linn ) Jambu Biji ( Psidium Guajava Linn ) Jeruk Orange ( Citrus Nobilis Lour. Bandingkan waktu yang dibutuhkan usus untuk menyerap sari makanan dengan di jus dan jika tidak di jus ! Cukup diperlukan waktu 20 menit saja makanan yang di jus dan perbandingannya 18 jam saat makanan itu apabila tidak di jus. Apalagi dengan mencampurnya satu sama lain. Tidak membutuhkan proses penyerapan sari makanan yang panjang. Ini dikarenakan proses pembuatan jus membuka dinding selulosa buah dan sayur yang tidak dapat dicerna. anda akan memperoleh cita rasa buah dan sayur yang khas dibandingkan jika mengkonsumsinya secara utuh. ) . Saling melengkapi kekurangan zat gizi. Menambah cita rasa kelezatan.karena enzim dalam makanan sudah rusak. atau dibuat rujak. mungkin ada baiknya mencoba dengan cara di jus.

9. 24. 16. 5. 14. 15. 16. 19. Arvense ) Ketimun ( Cucumis Sativus L. 6. 17. Limon ) Jeruk Nipis ( Citrus Auranfolia ) Kiwi ( Actinidia Chinensis ) Mangga ( Mangifera Indica ) Melon ( Cucumis Melo Cantalupensis ) Nanas ( Ananas Comosus ) Pepaya ( Carica Papaya L. ) Jagung ( Zea Mays Linn ) Kacang Hijau ( Phaesoulus Aureus ) Kacang Kedelai ( Glycine Max Merr. Jus dibuat dengan tujuan menghindari kerusakan zat zat gizi yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol. 9. 23. ) Cara Mengkonsumsi Jus. ) Tomat ( Solanum Lycopersicum L. Bawang Putih ( Allium Sativum ) Bawang Merah ( Allium Ascolonicum ) Bayam Merah ( Amarantus Tricolor L. ) Kubis ( Brassica Oleraceae var Capitata ) Labu Kuning ( Cucurbita Pepo ) Lettuce ( Lactuca Sativa ) Paprika ( Capsicum Longum L. 20. 11. 8. 17. Mengkonsumsi jus mempertinggi zat zat gizi yang terserap ke dalam tubuh. 21. ) Kacang Merah ( Vigna Sinensis ENDL ) Kacang Panjang ( Vigna Sinensis L ) Kacang Tanah ( Arachis Hypogaea Linn. ) Macam macam sayuran untuk terapi jus buah dan sayur yang mampu menurunkan kolesterol : 1. ) Pir ( Pyrus Ussuriensis ) Pisang ( Musa Paradisiacal ) Semangka ( Citrullus Vulgaris ) Strobery ( Fragaria Spp. 18. 12. Mulailah mengkonsumsi jus tunggal.7. 14. Campuran . 10. ) Belimbing Wuluh ( Averhoa Bilimbi L. 3. 10. 13. Jeruk Lemon ( Citrus Medica Linn var. 7. ) Ubi Jalar ( Ipomoea Batatas Poiret ) Wortel ( Daucus Carota L. seperti senyawa antioksidan yang rentan terhadap oksigen dan panas tinggi. 11. yaitu jus yang terdiri atas satu jenis buah buahan saja atau sayur sayuran saja. ) Kapri Manis ( Pisum Sativum var. 2. Sendt ) Seledri ( Apium Graveolens L. ) Bit ( Beta Vulgaris ) Blewah ( Cucumis Melo ) Brokoli ( Brassica Oleraceaevar var Italica dan Brotitis ) Buncis ( Phaseolus Vulgaris L. 12. 8. 15. Terapi Jus Buah Dan Sayur. 13. 4. 22.

ini membuat tubuh bekerja terlalu berat sehingga pancreas. Terapi Jus Buah Dan Sayur. Jangan mengkonsumsi jus dalam jumlah banyak sekaligus .sayuran yang kaya akan mineral dan buah yang manis akan membuat rasa yang tidak nyaman pada perut atau akan menghasilkan gas. dan saluran pencernaan mendapat beban berat atau berlebihan. Mulailah mengkonsumsi jus secara perlahan lahan. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA . Saat perut anda sudah terbiasa dengan jus. Idealnya konsumsi jus dua kali sehari sebelum makan agar zat zat gizi dan non gizi yang terkandung didalamnya langsung diserap. anda dapat melanjutkan dengan kombinasi buah dan sayur. hati. ginjal. biarkan tubuh anda menyesuaikan diri.