SEJARAH NABI ISA AS

A. KELAHIRAN NABI ISA AS nabi isa as adalah putra maryam , lahir pada 1 masehi bertetapan tahun 622 sebelum tahun hijriyah. Nabi isa as lahir tanpa ayah, hal ini merupakan kebesaran allah swt sebagai mana nabi adam di ciptakan dr tanah tanpa ayah dan ibu semasa kecil mayam sudah menunjukan kemulyaan dan kesucianya , antara lain : a. Sejak di tinggal ayahnya maryam di asuh dan di didik nabi zakaria as b. Hidupnya hanya untuk mengabdi dan bertugas memelihara rumah suci c. Waktu bertugas di baitul makdis selalu mengawasi dan menjaga Pada suatu hari ketika nabi zakaria mengunjungi rumah suci itu terdapt buah-buahan di depan maryam nabi zakaria bertanya :”wahai maryam dari mana kau mendapat rizqi ini ? padahal tidak ada orang yang mengunjungi mu dan engkau tidak pula keluar dr rumah dan padahal buah buahan yang ada ini hanya ada pada musim panas dan buah ini ada pada musim dingin seperti pada musim ini .” kemudian maryam menjawab :”ini pemberian allah kepada ku , mengapa engkau merasa heran , bukan kah allah maha kuasa memberikan rizkinya kepada siapa saja yang di kehendakinya ?” maryam merupakan gadis suci yang sengaja di persiapkan sebagai cermin kehidupan umat di dunia . tidak ada kesulitan kalau ini dating dari allah swt. isa namanya singkat dan mudah di ingat . ia lahir tanpa ayah , yang memang atas kehendak allah swt. Maryam sebagai ibu isa sekaligus sebagai orangtuanya . suatu ketika datanglah malaikat jibril menyerupakan diri seperti manusia kepada maryam yang sedang beribadah di baitul makdis. Malaikat jibril berkata :” saya malaikat utusan allah memberitahukanbahwa kamu akan melahirkan anak laki laki yang suci . maryam tidak tahu : “ bagai mana saya bias melahirkan sedangkan saya tidak punya suami ?” malaikat jibril berkata :”itu semua karna kekuasaan allah swt .”

kemudian malaikat jibril meniupkan ruh –Al qudus kedalam tubuh maryam yang kemudian maryam hamil . kemudian isa menjawab :”sesungguhnya aku ini hamba allah swt akan di beri kitab injil dan allah menjadikanku seorang nabi . kota kelahiran nabi isa as adalah di baitul lahmi atau sekarang kota betlehem . setelah isa lahir maryam kembalike baitul makdis . setelah maryam melahirkan maka ia meninggalkan kota betlehem menuju ke tempat yang lebih sunyi dan jauh dari keramaian kota . namun orang –orang yahudi selalu mencela maryam bahwa ia melahirkan tanpa suami dan mereka mengatakan pula bahwa isa orang jahat . hanya pertolongan allah swt . orang kaya tidak mau mengeluarkan zakat .aku di jadikan sorang yang di berkahi . maka di putusnya membawa keluar dari baitul makdis ia pindah ke tempat asal kelahiranya dulu yang bernama ANNASIROH sekitar 9 bulan kemudia lahirlah seorang bayi laki-laki di bawah pohon korma tanpa pertolongan medis . dimana saya berada allah selalu memberitahukan kepada ku supaya mendirikan sholat dan membayar zakat .mengeluarkan shodaqoh kepada fakir miskin . mengingkari adanya kiamat . KENABIAN DAN AJARAN NABI ISA pada usia 30 tahun nabi isa sudah menjadi nabi karena pada waktu bayi isa sudah menunjukan kenabianya yaitu berbicara menyampaikan berita bahwa ia adalah utusan allah swt . mereka juga tidak mempercayai adanya pembalasan yang baik . ia merenung memikirkan perut yang membesar .hari di bangkitkanya semua orang di kubur . untuk itu nabi isa selalu mengajarkan agar kaumnya tidak melanggar . Setiap hari sabtu di khusukan untuk melakukan ibadah B. tp ternyata mereka banyak yang murtad .” mulai saat itu nabi isa sudah memulai dakwah kepada orang orang bani israilsupaya jangan menambah dan mengurangi hukum yang telah di tetapkan nabi isa as melanjutkan syariat nabi musa sa antara lain : a. sebeum maryam melahirkan . selama aku hidup aku di jadikan supaya berbakti kepada ibuku dan aku di jadikan bukan dari orang-orang jahat dan sombong . Pada usia 8 hari isa di khitan b.

maka di carilah nabi isa as . yahuda tidak menemukan nabi isa . Nabi isa s dapat membuat burung dari tanah dan bias hidup d. Menerima wahyu berupa kitab injil . Nabi isa as dapat menyembuhkan penyakit buta dan kusta c. Pengikut nabi isa as banyak sekali tetapi juga musuhnya banyak . MU’JIZAT NABI ISA AS Mu’jisat nabi isa as antara lain : a. sewaktu nabi isa as masih 12 orang salah satu di antaranya murtad yaitu YAHUDA / YAUDAST ISKAIROT .dengan jaminan surge dan pembalasan buruk dengan jaminanya adalah neraka C. b.yahuda di bunuh dan di salib orang orang tetap menyangka bahwa yang di bunuh dan di salib adalah nabi isa as padahal nabi isa as di selamatkan dan di angkat ke langit oleh allah swt D. berangkatlah yahuda beserta kawan-kawanya atas perintah dan dukungan pengusa setempat . NABI ISA AS DI SELAMATKAN ALLAH SWT kaum nabi isa as di sebut kaum hawariyin. Nabi isa as dapat menghidupkan orang yang sudah mati e. namun sia sia . Nabi isa as dapat menurunkan makanan dari langit . yahuda di tunjuk sebagai pemimpin pembunuhan nabi isa as . atas kehendak allah swt murid nabi isa as yang murtad itu di serupakan sepertia nabi isa as yang akhirnya di tangkap dan di salib di lapangan terbuka .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful