TUGAS MATA KULIAH PANCASILA LEMBAGA NEGARA DI BAWAH PRESIDEN

Disusun oleh : Indra Ayusma 120103141 Kelas : TIB 2

STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA

lembaga ini memiliki karakteristik tugas khas yang membutuhkan tata cara pengurusan tersendiri. Lembaga Setingkat Menteri 1. b. Namun.2012/2013 10 Lembaga Negara di bawah Presiden Lembaga negara yang dibawah presiden adalah terbagi menjadi dua yaitu lembaga setingkat menteri dan lembaga non departemen. Penyiapan naskah-naskah Presiden dan Wakil Presiden. Dalam melaksanakan tugas tersebut. Koordinasi pemberian pelayanan kerumahtanggaan dan keprotokolan kepada Presiden dan Wakil Presiden 2 . Pemberian dukungan teknis dan administrasi kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam pelaksanaan tugasnya menyelenggarakan kekuasaan negara. Keduanya berada di bawah Presiden. Kedudukan Sekretariat Negara adalah lembaga pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara. LPND yang dikenal di Indonesia. c. berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. akan tetapi lebih sempit wilayah yang dibidangi dan biasanya dikepalai oleh seorang Kepala. Sedangkan untuk pengertian lembaga non departemen (LPND) mirip dengan kementrian departemen. Sekretaris Kabinet Sesuai dengan peraturan Menteri Sekretaris Negara RI Nomor 1 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretaris Negara. Sekretariat Negara menyelenggarakan fungsi sebagai berikut : a.Tugas Sekretariat Negara memberikan dukungan teknis dan administrasi kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan kekuasaan negara. Lembaga setingkat menteri adalah lembaga-lembaga yang secara hukum berada di bawah Presiden. Berikut 10 lembaga negara yang akan dijabarkan : A.

Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan Presiden dan Wakil Presiden h. serta analisis dalam rangka penyiapan izin prakarsa dan penyelesaian rancangan Undang-Undang.I. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah. a. Angkatan Laut dan Angkatan Udara.d. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan ol eh peraturan perundangundangan 2. Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Berdasarkan Pasal 30 Undang Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. dan pemberhentian dalam dan dari jabatan dan atau pangkat Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Negara dan Pejabat Negara. f. g. khususnya di bidang penuntutan. melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara. Di bidang pidana : i. 3 . e. serta pemberian pertimbangan kepada Sekretaris Kabinet dalam penyusunan rancangan Peraturan Presiden. Penyelenggaraan administrasi pengangkatan. Kejaksaan Agung Kejaksaan R. pemindahan. Pemberiaan dukungan teknis dan administrasi. dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan. melakukan penuntutan. Kejaksaan Tinggi. Kejaksaan Agung. ii. Koordinasi pemberian dukungan teknis dan administrasi kepada Presiden dalam menyelenggarakan kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan. dimana semuanya m erupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan. berikut adalah tugas dan wewenang Kejaksaan.

undang. peningkatan kesadaran hukum masyarakat. c. melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan penyidik. pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama. penelitian dan pengembangan hukum serta statistik krimin 3. vii. putusan pidana pengawasan. Di bidang perdata dan tata usaha Negara Kejaksaan dengan kuasa khusus. v. iv. i. iii. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat. Fungsi Tentara Negara Indonesia adalah 4 . Dalam bidang ketertiban dan ketenteraman umum.iii. dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah. Tentara Nasional Republik Indonesia TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. b. pengawasan peredaran barang cetakan. ii. melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan undang. vi. pengawasan aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara. pengamanan kebijakan penegakan hukum. dan keputusan lepas bersyarat. v. iv.

b. Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (i ) dilakukan dengan:  operasi militer untuk perang. 5 . yaitu untuk: o Mengatasi gerakan separatis bersenjata. o Mengatasi aksi terorisme. serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. berfungsi sebagai. dan d. Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara. dan keselamatan bangsa. Tugas dari TNI adalah a. Penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan. TNI sebagai alat pertahanan negara. (ii ) Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (i ). c. keutuhan wilayah.  operasi militer selain perang. TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan negara. Pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.a. Penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a. mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. o Mengatasi pemberontakan bersenjata. o Mengamankan wilayah perbatasan. o Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis. b.

o Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia. c. Kepolisian Negara Republik Indonesia VISI POLRI : Polri yang mampu menjadi pelindung Pengayom dan Pelayan Masyarakat yang selalu dekat dan bersama-sama masyarakat. o Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undangundang. o Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue). serta o Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan. o Membantu tugas pemerintahan di daerah. serta sebagai penegak hukum yang profesional dan proposional yang selalu menjunjung tinggi supermasi hukum dan hak azasi manusia. o Membantu menanggulangi akibat bencana alam. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (b) dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.o Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri. perompakan dan penyelundupan. pengungsian. 4. dan pemberian bantuan kemanusiaan. o Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Pemelihara keamanan dan ketertiban serta mewujudkan keamanan dalam negeri dalam suatu kehidupan nasional yang demokratis dan masyarakat yang sejahtera 6 . o Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

MISI POLRI : Berdasarkan uraian Visi sebagaimana tersebut di atas. o Meningkatkan kesadaran hukum dan kesadaran berbangsa dari masyarakat yang berbhineka tunggal ika. o Melanjutkan operasi pemulihan keamanan di beberapa wilayah konflik guna menjamin keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. o Menegakkan hukum secara profesional dan proporsional dengan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak azasi manusia menuju kepada adanya kepastian hukum dan rasa keadilan. safety dan peace) sehingga masyarakat bebas dari gangguan fisik maupun psykis. pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat (meliputi aspek security. selanjutnya uraian tentang jabaran Misi Polri kedepan adalah sebagai berikut : o Memberikan perlindungan. o Memelihara soliditas institusi Polri dari berbagai pengaruh external yang sangat merugikan organisasi. o Memberikan bimbingan kepada masyarakat melalui upaya preemtif dan preventif yang dapat meningkatkan kesadaran dan kekuatan serta kepatuhan hukum masyarakat (Law abiding Citizenship).norma dan nilai . o Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan norma .nilai yang berlaku dalam bingkai Indonesia. o Mengelola sumber daya manusia Polri secara profesional dalam mencapai tujuan Polri yaitu terwujudnya keamanan dalam negeri sehingga dapat mendorong meningkatnya gairah kerja guna mencapai kesejahteraan masyarakat o Meningkatkan upaya konsolidasi kedalam (internal Polri) sebagai upaya menyamakan Visi dan Misi Polri kedepan. 7 integritas wilayah hukum Negara Kesatuan Republik . surety.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir 8 . baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Lembaga Negara Non Departement 1. 8. Arsip Nasional Republik Indonesia Tugas pemerintahan di bidang kearsipan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 3. 5. 4.B. 7. 6. Tugas pokok BNP2TKI adalah melakukan penempatan atas dasar perjanjian secara tertulis antara Pemerintah dengan Pemerintah negara Pengguna TKI atau Pengguna berbadan hukum di negara tujuan penempatan. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Tugas melaksanakan survei dan pemetaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang keluarga berencana dan keluarga sejahtera. Badan Intelijen Negara Tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelijen. Badan Koordinasi Penanaman Modal Tugas untuk merumuskan kebijakan pemerintah di bidang penanaman modal. Badan Kepegawaian Negara Tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang manajemen kepegawaian negara. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Fungsi pelaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan perlindunganTenaga Kerja Indonesia di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi.

Sensus Pertanian (ST) pada setiap tahun berakhiran "3" (tiga). Fungsi perumusan kebijaksanaan nasional di bidang pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir. Sensus Ekonomi (SE) pada setiap tahun berakhiran "6" (enam). Badan Pusat Statistik Fungsi pokok sebagai penyedia data statistik dasar. baik untuk pemerintah maupun untuk masyarakat umum. 10. Penyusunan rencana dan program nasional di bidang pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir. Sensus Penduduk (SP) yaitu pada setiap tahun berakhiran "0" (nol). c. 9. b. secara nasional maupun regional.Tugas Pokok BAPETEN adalah melaksanakan pengawasan terhadap segala kegiatan pemanfaatan tenaga nukli r dengan menyelenggarakan peraturan. perizinan dan inspeksi. Sensus Penduduk (SP) yaitu pada setiap tahun berakhiran "0" (nol). Lembaga Administrasi Negara Tugas pemerintahan di bidang administrasi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. dan d. Setiap sepuluh tahun sekali BPS menyelenggarakan: a. 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful