C.

Determinan dan Invers Matriks Setelah mempelajari materi pada kompetensi dasar ini, kalian diharapkan dapat : Menentukan determinan dan invers matriks ordo 2x2; Menentukan minor, kofaktor, dan adjoin matriks; Menentukan determinan dan invers matriks ordor 3x3; 1. Determinan Matriks Ordo 2x2 Misalkan A adalah matriks persegi ordo 2x2 berikut ini.

Determinan dari matriks A didefinisikan sebagai selisih antara hasil kali elemen-elemen pada diagonal utama dengan hasil kali elemen-elemen pada diagonal sekunder. Determinan dari matriks A dinotasikan dengan det A atau diperoleh determinan dari matriks A sebagai berikut. . Berdasarkan definisi determinan,

Contoh Soal 1
Tentukan nilai determinan dari matriks-matriks berikut.

dan

Jawab :

det

det

1

maka Jadi. dan Jika det A = det B. digunakan Metode Sarrus. Adapun langkah-langkah metode Sarrus adalah sebagai berikut : 2 . Determinan Matriks Ordo 3x3 Misalkan. A matriks persegi berordo 3x3 berikut ini. Determinan dari matriks A adalah det(A) = Untuk mencari nilai determinan dari matriks A yang berordo 3x3. nilai-nilai x yang memenuhi persamaan tersebut adalah – 4 dan 4. Jawab : det det Karena det A = det B. 2. tentukan nilai-nilai x yang memenuhi persamaan tersebut.Contoh Soal 2 Diketahui matriks A dan matriks B berikut.

kemudian diletakan di sebelah kanan tanda determinan. D2 = (g)(e)(c) + (h)(f)(a) + (i)(d)(b) 4. maka det A = D1 – D2. 3 . Hitung jumlah hasil kali elemen-elemen pada diagonal utama dan diagonal lain yang sejajar dengan diagonal utama. Hitung jumlah hasil kali elemen-elemen pada diagonal sekunder dan diagonal lain yang sejajar dengan diagonal sekunder. Matriks singular adalah matriks yang determinanya nol. Nyatakan jumlah tersebut dengan D1. 2.1. sedangkan matriks non singular adalah matriks yang determinannya tidak sama dengan nol.(h)(f)(a) . Contoh Soal 3 Tentukan nilai determinan dari matriks berikut. det(A) = = (a)(e)(i) + (b)(f)(g) + (c)(d)(h) . Determinan dari matriks A adalah pengurangan D1 oleh D2.(g)(e)(c) . yaitu matriks singular dan matriks non singular. Nyatakan jumlah tersebut dengan D2. D1 = (a)(e)(i) + (b)(f)(g) + (c)(d)(h) 3.(i)(d)(b) = D1 – D2 Berdasarkan nilai diskriminannya suatu matriks dibedakan menjadi 2 jenis. Salin kembali kolom pertama dan kolom kedua dari matriks A.

Jawab : Karena 4 . tentukan nilai x.Jawab : det Contoh Soal 4 Determinan matriks adalah 5.

Contoh Soal 5 Diketahui matriks-matriks berikut. Invers Matriks Pada aljabar bilangan. maka matriks H merupakan invers dari matriks G. Apakah matriks H merupakan matriks invers dari matriks G ? b. Hal ini berarti matriks B merupakan matriks invers dari matriks A (ditulis B = A-1). Begitu pula dalam matriks. Matriks K merupakan matriks invers dari matriks G jika memenuhi persamaan GK = I. b.3. Matriks H merupakan matriks invers dari matriks G jika memenuhi persamaan GH = I. maka matriks A adalah matriks invers dari B atau matriks B adalah matriks invers dari matriks A. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika A dan B merupakan dua matriks persegi berordo sama dan memenuhi persamaan AB = BA= I. maka dapat disimpulkan bahwa matriks A dan matriks B saling invers. 5 . a. dan Jawablah pertanyaan berikut ini. Karena GH = I. maka Karena perkalian antara matriks A dan matriks B menghasilkan matriks identitas. . Apakah matriks K merupakan matriks invers dari matriks G ? Jawab : a. Pelajari ilustrasi berikut. Misalkan dan . supaya Anda lebih memahami pernyataan di atas. Anda telah mengenal bahwa jika suatu bilangan dioperasikan dengan invers perkaliannya maka akan diperoleh unsur identitas. jika suatu matriks dikalikan dengan inversnya maka akan diperoleh matriks identitas.

Adjoin Matriks Ordo 2x2 Adjoin dari matriks ordo 2x2 diperoleh dengan cara menukar elemen pada diagonal utama dan elemen pada diagonal sekunder dikalikan dengan (. Untuk mempelajari tentang invers matriks lebih lanjut. Minor. maka minor tersebut dilambangkan oleh M12. Sehingga dari matriks A di atas akan diperoleh minor-minor matriks yaitu : 6 .Karena GK ≠ I. Kofaktor dan Adjoin Matriks 1) Minor Misalkan matriks A berordo 3x3 sebagai berikut : Jika baris ke-1 dan kolom ke-2 dari matriks tersebut dihilangkan. jika . Anda harus memahami bagaimana cara menentukan invers dari suatu matriks. maka akan diperoleh matriks baru dengan ordo 2x2. a. Jawab : . determinan dari matriksnya dinamakan minor. Misalkan. Karena kita menghilangkan baris ke-1 dan kolom ke-2. maka adjoin Contoh Soal 6 Diketahui matriks tentukan adjoin dari matriks A. maka matriks K merupakan invers dari matriks G.1). adjoin matriks A adalah b. maka adjoin Jadi.

Sehingga diperoleh matriks kofaktor dari minor-minor di atas adalah.1) i+j Mij. Kij = (. Dengan demikian. 7 .1) i+j . maka kofaktor adalah hasil perkalian elemen minor Mij dengan (.• Minor dari baris ke-1 dan kolom ke-1 adalah M11 • Minor dari baris ke-2 dan kolom ke-1 adalah M21 • Minor dari baris ke-3 dan kolom ke-1 adalah M31 • Minor dari baris ke-1 dan kolom ke-2 adalah M12 • Minor dari baris ke-2 dan kolom ke-2 adalah M22 • Minor dari baris ke-3 dan kolom ke-2 adalah M32 • Minor dari baris ke-1 dan kolom ke-3 adalah M13 • Minor dari baris ke-2 dan kolom ke-3 adalah M23 • Minor dari baris ke-3 dan kolom ke-3 adalah M33 Sehingga diperoleh matriks minor dari matriks A adalah sebagai berikut : 2) Kofaktor Jika Mij merupakan minor ke-ij dari matriks A.

adjoin A Jawab : a) Menentukan minor matriks A.3) Adjoin Matriks Jika kofaktor dari matriks A tersebut di-transposkan. dan ditulis sebagai berikut : Adj Contoh Soal 7 Diketahui matriks Tentukan : a. maka didapat matriks baru yang disebut sebagai Adjoin A. 8 . kofaktor matriks A c. minor matriks A b.

9 . maka matriks minornya adalah b) Menentukan matriks kofaktor.Berdasarkan nilai-nilai minor di atas.

Adj c.Sehingga. Invers Matriks Berordo 2x2 Misalkan merupakan matriks yang memiliki invers yaitu matriks yang memiliki nilai dterminan tidak nol (matriks ini disebut matriks non singular. matriks kofaktor A adalah c) Menentukan adjoin A. tentukan invers dari matriks A. maka invers dari A yaitu A-1 yang dinyatakan Adjoin A Contoh Soal 8 Diketahui matriks . Jawab : det Adjoin A 10 .

Adjoin P 11 . maka matriks P memiliki invers. dan Tentukan invers dari matriks-matriks tersebut jika ada. Jawab : Periksa nilai determinan dari matriks P det Karena det P ≠ 0. invers dari matriks A adalah Contoh Soal 9 Diketahui matriks-matriks berikut.Jadi.

yaitu A-1 yang dinyatakan Adjoin A Contoh Soal 10 Tentukan invers dari Jawab : det 12 . dengan det A ≠ 0. Invers Matriks Berordo 3x3 Misalkan. maka invers dari A. d.Periksa nilai determinan dari matriks Q det Karena det Q = 0. matriks Q tidak memiliki invers. merupakan matriks yang memiliki invers.

R-1S b.Berdasarkan contoh soal nomor 7 di atas (halaman 8) diperolah Adj Dengan demikian Adjoin A Jadi. invers matriks A adalah Contoh Soal 11 Diketahui matriks-matriks berikut dan Tentukan : a. (RS)-1 13 .

14 . Soal bagian b Adjoin (RS) Jadi. Soal bagian a maka Adjoin R b.Jawab : a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful