PROPOSAL BAKTI SOSIAL DAN LIVE IN TAHUN AJARAN 2009 - 2010 HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL

Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia, Banten Phone : (021) 75871735

I. LATAR BELAKANG
Ditengah kondisi masyarakat Indonesia yang masih lemah, dimana masih tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran. Diperlukan usaha semua pihak untuk dapat membantu sesama masyarakat Indonesia agar dapat bertahan dari kondisi saat ini. Untuk dapat meringankan beban sesama, kita dapat melakukan banyak hal dan dengan berbagai macam media baik organisasi, perorangan maupun dalam bentuk komunitas. Kami merupakan Himpunan dari mahasiswa Teknik SIpil Institut Teknologi Indonesia, mencoba untuk menyatukan visi dan misi untuk berbuat sesuatu yang dapat menolong sesama. Selain untuk mendekatkan keakraban sesama anggota komunitas, juga untuk lebih mengenal dunia nyata yang ternyata sangat membutuhkan bantuan. Kami sebagai Mahasiswa juga ingin mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban kami sebagai Mahasiswa, yang salah satunya berbunyi “Pengabdian Terhadap Masyarakat”. Masyarakat merupakan elemen pembentuk sebuah negara, disanalah berbagai permasalahan seringkali timbul. Dunia akademik dibangun bersumber dari masyarakat, oleh sebab itu arahan yang terpenting dalam pembangunan keilmuan adalah efek untuk masyarakat. Kami sebagai mahasiswa ingin bisa menerapkan pengetahuan dan skill yang kami miliki khususnya di bidang Teknik Sipil untuk pemberdayaan masyarakat. Karena pada hakikat belajar di perguruan tinggi bukan hanya sebuah nilai maupun mendapatkan pekerjaan yang dikehendaki, namun yang paling esensial adalah bagaimana pengetahuan yang didapat di bangku kuliah bisa diimplementasikan untuk mengatasi persoalan masyarakat. Diharapkan, suatu kegiatan Bakti Sosial yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pendidikan, promosi sekaligus alokasi bantuan materil bagi masyarakat yang membutuhkan, dimana pada akhirnya akan menuju perbaikan taraf hidup serta peningkatan kesejahteraan jangka panjang yang mandiri dan terarah. Dengan potensi dari anggota komunitas yang terdiri dari banyak kalangan kami

khususnya Mahasiswa Teknik Sipil tahun ajaran 2009/2010 dan masyarakat sekitar. Memberikan sarana kesehatan berupa pemogingan. IV. 2. Banten Phone : (021) 75871735 III. • Sebagai obyek. Memberikan prasarana penerangan Jalan. 6. 5. masyarakat akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan. bakti sosial adalah sarana pelatihan mental atau non-formal bagi mahasiswa dengan terjun langsung ke masyarakat. 3. MANFAAT KEGIATAN 1 Untuk Masyarakat Desa • Sebagai subyek. II. Untuk Mahasiswa • Sebagai subyek. Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. Membantu merenovasi prasarana pos kamling. Menumbuhkan kepedulian sosial para anggota komunitas.harap dapat dijadikan suatu bentuk bantuan yang cukup signifikan bila di kelola dengan baik. Membantu renovasi sarana ibadah. masyarakat diharapkan memiliki upaya peningkatan kualitas atau taraf hidup desanya secara mandiri • Sebagai obyek. 2. Berkontribusi secara langsung untuk masyarakat dengan menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan. ketrampilan dan teknologi yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat. VISI DAN MISI VISI Terpenuhinya sarana dan prasarana bagi masyarakat desa Poncol – Lekong Wetan sehingga aktifitas maupun kesejahteraan warga menjadi lebih baik dan menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar khususnya Mahasiswa Teknik Sipil tahun ajaran 2009/2010. SASARAN KEGIATAN . 4. MISI 1. mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung.

TEMA KEGIATAN “SOLIDARITY FOR CHARITY ” VI. Pemukiman warganya terkesan terpencil karena diapit oleh dua perumahan besar. 3. • Nama Tempat Lengkog Wetan : Kampung Poncol Desa Kelurahan Lengkong Wetan Serpong . Desanya dikelilingi oleh beberapa pematang sawah yang digunakan warga setempat sebagai mata pencaharian.Tangerang VIII. Masyarakat desa • Ibu – ibu • Bapak – bapak • Remaja • Anak .Tangerang • Jumlah KK : 74 Kepala Keluarga . WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN Kegiatan BAKSOS III akan dilaksanakan pada: Hari : Tanggal : Februari 2010 Tempat : Kampung Poncol desa kampung Lengkong wetan RT 11 RW 06 Serpong . Perjalanan menuju desa ini dapat ditempuh dengan mobil pribadi selama setengah jam dari Serpong.1.anak Mahasiswa Teknik Sipil Tahun Ajaran 2009/2010 Anggota Himpunan Mahasiswa Sipil Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. Banten Phone : (021) 75871735 V. NAMA KEGIATAN Kegiatan ini diberi nama BAKTI SOSIAL HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL 2009/2010 DAN LIVE-IN VII. 2. DESKRIPSI DESA LENGKONG WETAN Desa lengkong wetan secara geografis terletak di perbatasan antara Serpong dengan Ciputat Jombang.

Perlu Perbaikan 3. • Fasilitas dan prasarana 1.• Mata Pencaharian warga pencaharian warga : Sebagain besar mata setempat adalah bercocok tanam dan berternak. Pos keamanan . Mushola : 2. Banten Phone : (021) 75871735 . Lapangan bola Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia.

4. Akibat penerangan jalan yang tidak layak. Renovasi Pos Keamanan : Karena pos keamanan yang kurang memadai. Akses Jalan yang tidak layak Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. warga dan petugas keamanan tidak dapat maksimal dalam menjaga lingkungan sekitar. 2. Banten Phone : (021) 75871735 . Prasarana Penerangan Jalan Karena sebagian besar lahan yang ada di desa tersebut adalah sawah. banyak tindak kriminalitas yang terjadi di daerah ini. maka sistem penerangan yang telah ada tidak memadai karena cakupannya kurang luas. Akses jalan (perlu diperbaiki terutama akses menuju mushola) Kebutuhan paling mendesak 1. 3.

seperti mengikuti aktifitas warga setempat dalam mencari mata pencaharian mereka. Banten Phone : (021) 75871735 . serta sumberdaya manusia. diantaranya lahan sawah. Kegiatan mereka diantaranya adalah tinggal di rumah-rumah penduduk untuk membantu kelangsungan hidup warga tersebut. IX.Akses jalan yang paling kami perhatikan ádalah akses jalan menuju mushola. masyarakat sering kali mengeluh karena keadaan tersebut. Kegiatan baksos ini akan lebih dititik beratkan pada renovasi bangunan pos siskamling . Karena sebagian besar wilayahnya adalah kebun dan sawah. pengandaan akses jalan ( pengonblokan ) antara rumah warga dengan Mushola setempat dan penyemprotan obat nyamuk ( foging ). Selain pembangunan fisik akan diadakan acara penyuluhan tentang kebersihan. Mahasiswa bersangkutan menginap di rumah warga setempat dan membantu seluruh aktifitas warga sehari-hari. Hal tersebut menjadi prioritas kegiatan kami karena sering terjadinya kriminalitas yang di lingkungan sekitar. Untuk lebih detail kegiatan baksos terdiri dari : 1. sangat berpotensial sekali menjadi sarang nyamuk demam bersdarah. kerja bakti bersama masyarakat sekitar. Untuk akses jalan menuju Mushola warga harus melewati jalan yang tidak tertata rapi atau tepatnya tidak layak untuk dilewati.yang siap bekerja keras. Lain-lain : Desa ini memiliki beberapa potensi yang dapat dikembangkan. yang dikarenakan tidak adanya pos keamanan yang memadai. hiburan bagi masyarakat sekitar dan acara ceremonial yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat dan juga seluruh anggota komunitas yang tergabung dalam baksos ini. kebun dan kolam ikan. Live-in Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh mahaisiswa baru tahu ajaran 2009/2010. Pembinaan ini berupa kegiatan-kegiatan rutin yang akan mereka lakukan selama lima hari di desa tersebut. Diharapkan dengan Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. karena jalannya rusak dan becek disaat hujan. seperti membantu melaksanakan pekerjaan rutin yaitu bercocok tanam dan sebagainya. BENTUK KEGIATAN Kegiatan kami merupakan salah satu kegiatan pembinaan Himpunan Mahasiswa Sipil kepada mahasiswa tahun ajaran 2009/2010.

4. Renovasi Pos Keamanan Renovasi ini akan dilaksanakan oleh seluruh mahaisiswa yang bersangkutan bersama warga sekitar dengan bahan bangunan disediakan oleh panitia baksos. Pengadaan Bak Sampah Kegiatan ini akan dilakukan oleh seluruh mahasiswa dan warga setempat dengan bahan bangunan disediakan oleh panitia baksos. GAMBAR COTOH POS ……………………………. Pengonblokan Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh seluruh mahaisiswa yang bersangkutan bersama warga sekitar dengan bahan bangunan disediakan oleh panitia baksos. 2.bentuk kegiatan ini mahasiswa dapat hidup mandiri dan dapat menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap yang membutuhkan. Pembangunan akan dilaksanakan pada hari pertama dengan terlebih dahulu diadakan acara Peletakan Batu Pertama oleh tokoh masyarakat yang bertujuan membangkitkan animo masyakat dalam membantu pemabangunan pos tersebut. Pemeriksaan dan pengobatan Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari selama acara berlangsung. 5. IRWAN …………………………………… 3. 6. Alat dan bahan foging disediakan oleh mahasiswa dengan terlebih dahulu dikonfirmasi oleh warga setempat. Untuk bahan makanan dan sebagainya diberikan oleh panitia. Pembangunan akan dilaksanakan pada hari ketiga dengan terlebih dahulu diadakan acara Peletakan Batu Pertama oleh tokoh masyarakat yang bertujuan membangkitkan animo masyakat dalam membantu pemabangunan pos tersebut seperti pada kegiatan pembanguna pos keamanan. Penyemprotan obat nyamuk (fogging) Kegiatan ini akan dilakukan oleh mahasiswa dibantu oleh petugas fogging yang bersangkutan. Banten Phone : (021) 75871735 . Kegiatan ini akan dilakukan pada hari ke empat. Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis Pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tanggerang Selatan.

. XIII. 128-00-05869000 a. telp 085697860406. Kami berusaha untuk melakukan hal yang sifatnya dapat meringankan antar sesama dan hanya tidak memikrkan duniawi tetapi kami peduli dengan nasib antar Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. kami selaku panitia pelaksana dari BAKTI SOSIAL DAN LIVE-IN HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL 2009/2010 ingin mengajak ibu/bapak pimpinan perusahaan untuk ikut serta membantu untuk mewujudkan kegiatan ini. 02199070406 XI... telp 081908988620 Keke no.. dengan rincian terlampir.. Adapun bantuan yang kami harapkan adalah berupa materil dan bahan – bahan pelengkap (terlampir). X... SUSUNAN KEPANITIAAN (terlampir) XII. Untuk dapat mentransfer dana sumbangan... yaitu : 1. RANCANGAN ANGGARAN Total anggaran untuk pelaksanaan kegiatan adalah sebesar .. Banten Phone : (021) 75871735 ...ditanggung oleh dinas kesehatan tersebut. no. dibantu oleh panitia. SPONSORSHIP Sebagaimana telah dijelaskan di atas. PENUTUP BAKTI SOSIAL DAN LIVE-IN HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL 2009/2010 ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kemanusiaan atas ijin Tuhan... tenda – tenda yang akan ditempatkan di sekitar wilayah kegiatan tersebut.. Sebagai kompensasi kami dari pihak panitia akan memasukan logo perusahaan anda dalam spanduk kegiatan bakti sosial. nomor rekening yang digunakan.. Sumbangan dan logo dapat diberikan paling lambat 10 hari sebelum acara pelaksanaan. acc.. Bank Mandiri KCP Serpong.n.. Rama Krisna Janitra Contact Person: Fariz Wajdi no...

LEMBAR PENGESAHAN Proposal BAKTI SOSIAL DAN LIVE-IN HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL 2009/2010 Institut Teknologi Indonesia Serpong. Atas bantuan dan perhatiaannya kami ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Kegiatan tersebut juga merupakan sarana dan momentum yang tepat bagi kami untuk dapat lebih mempererat keakraban dan tali persaudaraan antar sesama. untuk tercapainya niat yang baik ini dan dapat berjalan dengan baik serta dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Desa Lengkong Wetan. Untuk mencapai hal tersebut. Besar harapan kami bahwankegiatan ini dapat terwujud dengan bantuan dari perusahaan Bapak/Ibu/Saudara/i. 2009 PRESIDEN KETUA HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL PELAKSANA Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. XIV.sesama kami. Banten Phone : (021) 75871735 . sangat diperlukan adanya dukungan moril maupun materiil dari semua pihak.

. Banten Phone : (021) 75871735 .... Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia.. Zainal Arifin MT Menyetujui. KETUA PEMBINA PRODI TEKNIK SIPIL HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL Institut Teknologi Indonesia Teknologi Indonesia Krisna Janitra Institut Ir........ LPKM Institut Teknologi Indonesia Dwita KETUA RT 11 KETUA RW 06 Kelurahan Lengkong wetan Kelurahan Lengkong wetan Rashim ... Rahmat Setyadi M.....Sc Ir.Rama Viktor Rifky Panjaitan Mengetahui.

SUSUNAN KEPANITIAAN LURAH Desa Lengkong wetan Serpong Supriyadi Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. Banten Phone : (021) 75871735 LAMPIRAN .

Rp 100.000.000. Banten Phone : (021) 75871735 . RENCANA PENGELUARAN UNTUK MASING-MASING BIDANG 1.Ketua Pelaksana Sekretaris Bendahara Bidang Dana Bidang Konsumsi : Viktor Rifky Pnjaitan : Fariz Wajdi : Keke : Irwan Setiawan Rama Krisna : Ruslan Indah Rusli : Rama Krisna Sandy Muhammad Siddiq : Yayan Iryanto Dian Andhika Noviera : Stephen Christianto Resty Suhita : Okky Bidang Acara Bidang Perlengkapan Bidang Bidang Humas Dokumentasi Raddy Bidang Keamanan : Iyen Rahmad Pane ESTIMASI BIAYA I. Sekretariat Kertas A4 Cetak Proposal 100.- Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia.000.Komunikasi Rp Rp 28.

Bidang Dana Komunikasi Transportasi 3.000.000 Perlengkapan 4.200.000.000 Pengobatan gratis 2.040.000.000 Penyuluhan kesehatan 500.000 Komsumsi 5. Bidang Konsumsi 3000000 Transportasi (bensin dan tol) 1. Bidang Acara Acara peletakan batu pertama dan peresmian 500.000 Dokumentasi 200.000.000 Rp Rp Rp 2. Bidang Sarana Transportasi (bensin dan tol) 500.400. Bidang Perlengkapan Rp Rp.000.- Perlengkapan Rp 6.Spanduk 400.Perijinan 200.000. Rp Rp Rp Rp 5.2.000 Rp Rp 3.672.Media 4. Bidang Humas Komunikasi 100.000.330.000.000 Buku Agama 2.Rp Rp Rp Rp Rp 150.000 Komsumsi 5.000.000.000 Biaya Tukang 6.000.000 Monitoring Project dan survey 1.Rp Rp 100.- ??????????????????????? .000.200.

Jumlah Jasa 10 % Jumlah PPN 10% Jumlah Dibulatkan Harga total (Rp) 180.500.3.117.tenaga kerja vol 50 5 12 2 Satu an Liter Liter Boto l Oran g Harga satuan(Rp) 3.premise 200 SE 4.3.374.000.600.bensin 3.7 50.Solar 2.000 .120. Uraian Pekerjaan Pekerjaan penyemprotan/F ogging halaman dan got-got Bahan baku 1. FOGGING N o 1.402.000 .22.0 00.4.100.000.250 .742.II.5 00.3.0 25.4. RENCANA PENGELUARAN PROJECT RENOVASI POS KEAMANAN ( Contoh) N o Jenis Pekerjaan Jenis material sa t Harga satuan Vol Harga total III.0 00.- Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia. Banten Phone : (021) 75871735 .4.500.000.340.200.275 .250.

050 mandor VOL.00 0.00 0.- 52. 35.2.00 0.000.500.5 pekerja 0.0 00.00 0.500.00 0. Banten Phone : (021) 75871735 LENGKONG WETAN : HARGA UPAH DAN BAHAN bahan upah NO 1 NAMA PEKERJAAN pek pembersihan 1m2 pembersihan lokasi 1m3 pek urugan tanah di padatkan 1.00 0.- IV.05 mandor 50 BH vaving bahan : block pek finising1m2 vaving block 1.000.00 0.50. 110.050 mandor bahan : pasir urug pek pemasangn vaving block 1 m2 1.- 4 60 60 60 2 2 60.50.000.000.00 0.600.210.5 pekerja 0.- 300. - 2 3 3 3 3 3 3 100.300.- 3.2.000.55.000.70.5 pekerja 0.- .00 0. RENCANA PENGELUARAN PROJECT PAVING BLOCK LOKASI : DESA Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Indonesia.000.Terbilang : Empat juta seratus dua puluh ribu rupiah.00 0.05 mandor bahan : pasir urug semen tiga roda 35.500.770. 4.00 0.- 5 ls ls jumlah harga smua pekerjaan terbilang : Empat juta tujuh ratus tujuh puluh ribu rupiah 140.5 pekerja 0. PEK JUMLAH 60 ls 5.500. 35.70. - 3 bahan : tanah urug pekerjaan urugan pasir di atas tanah urug 1.50. 52.

- 2.- 998. 150 0. PEMBUATAN BAK SAMPAH Perincian Harga Pembuatan Bak Sampah dengan plat bordes N o 1.183.000. Uarain Pekerjaan Pembuatan Bak Sampah yang terbuat dari plat bordes 1m x 40cm tinggi 80 cm Pembuatan Plesteran batu bata Pasir semen Volume 120 cm x 240cm Satua n / lemba r Satuan Harga (Rp) 350.000.- No .- Jumlah Harga (Rp) 700.000.VI.000.000.70.- Total Jumlah Terbilang : Sembilan ratus Sembilan puluh delapan ribu rupiah.000. .610 2 sak M2 M3 Zak/k g 300.35.000.300.45.000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.