Keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya

BAB IV KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN PERSEBARANNYA (by Nur Ilmiyati) A. Biosfer dan makhluk hidup Biosfer disebut sebagai lapisan kehidupan di bumi, tempat dimana makhluk hidup tinggal dan melangsungkan kegiatan hidupnya. Lapisan ini terbagi 3 lapisan yaitu: 1. Litosfer adalah lapisan kulit bumi, tempat dimana makhluk hidup darat tinggal dan melangsungkan kehidupannya 2. Hidrosfer adalah lapisan air, merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup aquatik dan merupakan sumber dari air, yang mengalami siklus untuk terjadinya hujan 3. Atmosfer adalah lapisan udara, merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup, karena dari sanalah gas-gas yang diperlukan untuk respirasi dan proses fotosintesis diperoleh. Bahkan unsur hara dalam bentuk gas yang dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan juga diperoleh dari atmosfer.

Lithosphere adalah akumulasi masa dari batuan-batuan padat yang membentuk selubung yang mengelilingi bagian cair bumi yang panas (magma). Lithosphere terdiri dari komponen primer seperti: 1. Mineral 2. Batuan 3. Fluida

Hidrosfer meliputi 71 persen dari permukaan Bumi yg merupakan air. Yang paling besar ini adalah samudra-samudra, yang berisi di atas 97 persen dari semua Air Di Atas Bumi. Gletser-gletser dan selubung es yang kutub berisi lebih sedikit 2 persen dari air Bumi dalam wujud es yang padat. Hanya sekitar 06 persen adalah sebenarnya sebagai groundwater.

Atmosphere adalah lapisan udara yang mengelilingi bumi dengan ketebalan kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi. Atmosphere terdiri dari:  Troposfer merupakan lapisan terbawah dari atmosfer, yaitu pada

Respirasi/bernafas 2. menyesuaikan diri terhadap lingkungannya /beradaptasi 7. Termosfer (ionosfer). setelah sekitar 2 minggu. berkembang biak/reproduksi 6. Lapisan ini merupakan lapisan pelindung bumi dari jatuhan meteor atau benda-benda angkasa luar lainnya. terletak diatas troposfe dan dibawah mesosfer Mesosfer . “bergerak” 4. kita dapat membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati dengan mengetahui ciri-cirinya. yaitu: 1.ketinggian 0 . Karena lapisan ini merupakan tempat terjadinya ionisasi partikel-partikel yang dapat memberikan efek pada perambatan/refleksi gelombang radio. Asal mula kehidupan di bumi Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan “makhluk hidup”. tumbuh dan berkembang 5. . ternyata dalam tabung tersebut terdapat makhluk kecil. agak sulit dijawab secara sederhana. Teori Generatio spontanea/ Abiogenesis. dibawah ini ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup.    Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi. dari percobaan tersebut Aristoteles menyimpulkan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati secara spontan. teori ini dicetuskan oleh Aristoteles (384-322 SM) dengan percobaannya sebagai berikut: tabung reaksi diisi dengan air yang terdapat potongan jerami. peka terhadap rangsang/ irritabilitas Teori asal usul terjadinya makhluk hidup : 1.18 km di atas permukaan bumi. baik gelombang panjang  maupun pendek Eksosfer atau Desifasister Pada lapisan ini merupakan tempat terjadinya gerakan atom-atom secara tidak beraturan B. Lapisan termosfer ini disebut juga lapisan ionosfer. memerlukan makanan/nutrisi 3.

ternyata terbukti tidak terdapat makhluk kecil. Teori ini mengatakan bahwa sebelum ada kehidupan di bumi. Keanekaragaman makhluk hidup Keanekaragaman makhluk hidup terjadi oleh adanya mekanisme evolusi. dalam percobaannya Miller berhasil membuktikan bahwa apabila bunga api listrik yang berasal dari sumber listrik bertegangan tinggi diberikan ke dalam saluran yang di dalamnya mengalir campuran metana (CH4). .Teori ini didukung oleh Antoni Van Leuwenhoek (1632-1723M) dengan temuan mikroskopnya. tetapi berasal dari makhluk hidup yang sebelumnya. II tertutup tapi tidak terlalu rapat. teori ini muncul untuk menyanggah teori diatas. 2. dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa makhluk hidup bukan berasal dari benda mati. Teori ini diuji coba di laboratorium oleh mahasiswa Urey yang bernama Stanley miller. C. Tetapi karena hasil percobaan itu dianggap tidak memungkinkan adanya gaya hidup. keempat senyawa kimia setelah terkena aliran listrik halilintar dan radiasi-radiasi sinar kosmis akan terjadi reaksi-reaksi kimia membentuk zat hidup yang memungkinkan terjadinya makhluk hidup yang mula-mula. Percobaan dari Spallanzani adalah sebagai berikut: 3 model. amonia NH3. yang dibuktikan secara terpisah oleh Fransisco Redi (1626-1697M) dengan daging yang disimpan di dalam stoples (tabung kaca) dan Lazarro Spallanzani (1729-1799M) dengan air kaldu yang dimasukkan dalam botol atau tabung reaksi. Asam amino itu sendiri adalah komponen dasar protein yang merupakan zat penting untuk membentuk protoplasma yang merupakan substansi dasar kehidupan. amonia (NH3). Teori Biogenesis. Hasilnya ternyata tabung I tidak terdapat makhluk kecil. atau OMNE VIVUM EX OVO OMNE OVUM EX VIVO. 3. Teori Urey. yang tabung I tertutup rapat. dengan memakai air kaldu yang dimasukkan kedalam bejana berbentuk labu yang ditutup dengan diberi pipa berbentuk seperti leher angsa. maka kemudian disempurnakan oleh Louis Pasteur. Sehingga disimpulkan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang sebelumnya. III banyak makhluk kecil. Leuwenhoek berpendapat bahwa makhluk yang sangat kecil itu berasal dari air. penuh dengan senyawa-senyawa kimia diantaranya adalah metana (CH4). II ada tetapi sedikit. gas hidrogen (H2) dan uap air (H2O) hasilnya adalah sejenis asam amino. dan III terbuka. gas hidrogen H2 dan uap air (H2O). dicetuskan oleh Harold Urey. ia dapat melihat adanya makhluk yang sangat kecil ukurannya yang diamil dari air hujan dan air rendaman jerami. Berdasarkan penelitiannya tersebut.

Dunia Protista terdiri dari: Virus. Basidiomycetes dan Deuteromycetes. Lycopodiinae. Pteridophyta. Divisio Spermatophyta/tumbuhan Biji (Antophyta/tumbuhan bunga. Phyllum Porifera (hewan berpori) contoh: bunga karang. batang dan daun. Cormophyta. 2. 2. Makin banyak spesies organisme yang ditemukan. 5. ada 2 kelas yaitu Monocotyledoneae (contoh: Zea mays/jagung) dan Dicotyledoneae (contoh: Hibiscus rosasinensis/bunga sepatu Dunia Animalia terdiri dari 9 phyllum: 1. Divisio Algae (ganggang) terdiri atas: Chlorophyceae. Rhodophyceae. Divisio Pterydophyta (tumbuhan Paku) merupakan comophyta berspora terdiri atas: Psilophytinae. termasuk diantaranya adalah Bryophyta. Divisio Mycota (jamur/Fungi) terdiri atas: Myxomycetes. Phanerogamae/tumbuhan beralat kelamin jelas. termasuk diantaranya adalah Fungi dan Alga. batang dan daun. dunia Plantarum dan dunia Animalia. Filicinae. Spermatophyta Beberapa divisio dari tumbuhan antara lain: 1. Bacteri .Nomenklatur adalah cara pemberian nama ilmiah kepada makhluk hidup agar keanekaragaman makhluk hidup dapat di pelajari. adalah tumbuhan ber-cormus. Alga hijau-biru dan Protozoa Dunia Plantarum terdiri dari dua super divisio yaitu: Thallophyta. Divisio Bryophyta (lumut) merupakan comophyta berspora terdiri atas: Hepaticae (lumut hati) dan Musci (lumut Daun). 3. Chrysophyceae dll. Makhluk hidup di dunia ini terbagi menjadi 3 kelompok yaitu: dunia Protista. artinya tumbuhan yang sudah dibedakan antara akar. Phyllum Coelenterata (hewan berongga) contoh: ubur-ubur. menyebabkan orang melakukan klasifikasi/pengelompokan berdasarkan kepada ciri khas organisme tersebut. Embryophyta/ tumbuhan berlembaga dengan perkawinan melalui pembuluh merupakan comophyta berbiji terdiri atas:   sub Divisio Gymnospermae (contoh: Agatis alba/damar dan Gnetum gnemon/melinjo) sub Divisio Angiospermae. merupakan tumbuhan yang ber-thallus. 4. artinya tumbuhan yang belum dapat dibedakan antara akar. . Ascomycetes. Equisetinae.

Ordo Monotremata (mammalia yang bertelur) contoh: itik platypus 2. 8. Ordo Insectivora (hewan pemakan serangga) contoh: cecurut 4. Phyllum Annelida (cacing gelang) ada 3 klas: Polychaeta contoh: nereis. Myriapoda contoh: lipan. Ordo Primata (hewan tinggi pertama/ hewan yang berdiri tegak) contoh: kera. Pelecipoda contoh: kerang. Urochordata. Ordo Edentata (mammalia tak bergigi seri) contoh: armadillo 7. Crustacea contoh: udang. Ordo Tubulidentata ( waktu masih kecil gigi banyak. Ordo Pholidota (mammalia tak bergigi. Ordo Marsupialia (hewan berkantung) contoh: kangguru 3. ada 3 klas: Turbellaria(cacing berbulu getar) contoh: planaria. Phyllum Chordata (hewan yang mempunyai notocorda/ tali sumbu tubuh) terdiri atas 4 sub phyllum: Hemichordata. Cephalochordata dan Vertebrata. ada 3 klas: Gastopoda contoh: siput. rambut berubah menjadi sisik) contoh: trenggiling 8. Phyllum Arthropoda (hewan kaki beruas-ruas) terdiri atas: Insecta contoh: belalang. Hirudinae conto: lintah. manusia 6. Trematoda (cacing isap) contoh: cacing Hati . setelah dewasa sedikit) contoh: ardvark 9. Phyllum Nemathelminthes (cacing gilig) contoh: cacing Tambang. Ordo Lagomorpha . 5. hewan golongan kelinci . Cestoda contoh: cacing pita. Vertebrata terdiri dari 7 kelas:        Kelas Agnatha contoh: ikan lamprey Kelas Chondrichthyes contoh: ikan pari. 6. Phyllum Mollusca (hewan bertubuh lunak). Phyllum Platyhelminthes (cacing pipih). 4. Ordo Rodentia (hewan pengerat) contoh: marmut 10. Phyllum Echinodermata (hewan berkulit duri) contoh: bintang laut. Ordo Chiroptera (mammalia bersayap yang aktif di malam hari/nocturnal) contoh: kelelawar 5. hiu Kelas Osteichthyes contoh: ikan mas Kelas Amphibia (hewan yang memiliki 2 dunia) contoh: katak Kelas Reptilia (hewan melata) contoh: ular Kelas Aves contoh: burung beo Kelas Mammalia (hewan menyusui) contoh: manusia Mammalia terbagi menjadi 16 ordo: 1. Olygochaeta contoh: cacing tanah. Arachnida contoh: laba-laba 9. Cephalopoda contoh: cumi-cumi 7.3.

Australian. . Ordo Carnivora. Persebaran tumbuhan menyebabkan terjadinya vegetasi yang disebut fegetasi primer. Indonesia bagian barat 6. Terdiri dari australia dan Indonesia bagian timur. contoh: beruang 14.11. Oriental. terdiri dari eropa dan sebagian besar asia 2. hewan golongan ikan duyung 13. Filipina. dan terbagi menjadi 6 wilayah. hewan golongan paus 12. 3. Palaeartik. Ordo Artiodactyla. letak geografis (lintang). Thailand. terdiri dari Amerika utara dan sekitarnya. lingkungan hidup (habitat). Persebaran hewan berdasarkan letak geografis. Ordo Perissodactyla. hewan herbivora berjari ganjil. terdiri dari Amerika bagian selatan 4. . Neartik. Persebaran dan sejarah perkembangan manusia Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran makhluk hidup antara lain adalah: pergeseran benua. Etiopian. Ordo Proboscidea. yaitu: 1. contoh: kerbau D. hewan yang bebelalai contoh: gajah 15. Ordo Sirenia. terdiridari sebagian asia . disini merupakan asal usul mammalia berplasenta. dan iklim. sekunder dan klimaks. contoh: badak 16. SEJARAH PERKEMBANGAN MANUSIA Telah dijelaskan bahwa manusia masuk dalam kelas Mammalia Ciri-ciri manusia yang mirip dengan mammalia adalah:    Mempunyai rambut Mempunyai kelenjar keringat Menyusui anaknya Manusia termasuk pada ordo primata dapat kita pelajari hubungan kekerabatannya dengan mengadakan perbandingan antara manusia dengan primata (kera). termasuk diantaranya adalah india. Ordo Cetacea. Neotropik. hewan herbivora berjari genap. terdiri dari seluruh bagian afrika 5. Persebaran hewan di Indonesia dinyatakan dengan garis maya yang disebut Garis Wallace. hewan pemakan daging.

Pithecanthropus erectus. sedang pada kera tungkai depan lebih panjang atau sama dengan tungkai belakang Susunan haemoglobin berbeda Sejarah penemuan fosil manusia: A. sedangkan manusia termasuk familia Hominidae Volume otak manusia (1450 cm3) lebih besar dari otak kera ( shimpanse yang paling cerdas vol. disebut juga manusia kera. Diduga hidupa 500. dan hidup di daerah terbuka. Bachunaland. jawa tengah. fosil yg ditemukan:   Meganthropus paleojavanicus. B. fosil yg ditemukan:    Australopithecus africanus. Tungkai belakang manusia lebih panjang dari tungkai depan. Otaknya 550 cm3) dan masih memungkinkan untuk berkembang Anggota tubuh belakang pada manusia untuk berjalan. Manusia Purba. dengan volume otak kira-kira 600mm3.letak kelenjar mammae di dada bentuk rahim bertipe simpleks (satu ruangan) Perbedaan antara manusia dan kera: Kera termasuk familia Pongidae. Manusia kera dari Afrika selatan. sedenga pada kera untuk memegang. yaitu pada jaman Pleistosin .Persamaan manusia dengan kera:          Mata menghadap ke depan Ibujari tungkai depan dapat digerakkan ke segala arah . Ditemukan oleh Raymond Dart (1924) di desa Taung. di temukan oleh Eugene dubois (1891) di daerah trinil. Fosil ini ditemukan di Amerika Selatan .50 m. Diduga tingginya sekitar 1.000 tahun yang lalu. disebut manusia raksasa jawa yang ditemukan oleh Von Koeningswald (1939-1941) di Sangiran. Bagian tubuh yang ditemukan adalah tengkorak Paranthopus robustus Paranthropus tranvaalensis Keduanya merupakan varian dari Australopithecus africanus sehingga biasanya disebut dengan Australopithecines. bagian yang .000-300.

000 tahun yang lalu. ditemukan di Jerman Manusia Gunung Carmel . ditemukandi Irak Berdasarkan penelitian. Manusia Cro-Magnon diduga merupakan interhibridisasi antara manusia Neandertal dan manusia Gunung Carmel. China. Fosil yang di temukan al:       Manusia Neandertal. ditemukan di Jeman Manusia kera dan manusia purba dimasukkan dalam satu spesies yaitu Homo erectus. Manusia Swanscombe. Gen Gen adalah substansi kimia yang menentukan sifat keturunan yang terdapat di dalam lokus kromosom. Selain itu Sinanthropus pekinensis diduga sudah dapat menggunakan api.Volume otaknya kira-kira 1450 cm3 sama dengan manusia sekarang dan merupakan satu spesies dengan manusia sekarang yaitu Homo sapiens.000-15. `````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````` Faktor yang Mempengaruhi Keanekaragaman Makhluk Hidup Faktor yang mempengaruhi keaneka ragaman makhluk hidup adalah : 1. ditemukan di lembah Neander Manusia Cro-Magnon. spesies manusia yang pernah ada dibumi hanya ada 2 yaitu Homo erectus dan Homo sapiens. sehingga seluruh organisme yang ada di permukaan bumi . Setiap individu makhluk hidup memiliki mempunyai kromosom yang tersusun atas benang – benang pembawa sifat keturunan yang terdapat di dalam inti sel. Dordogne. beberapa gigi.  Manusia Heidelberg. dan sebagian tulang tengkorak. ditemukan oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich di gua naga dekat Peking. Manusia Modern. Karena mempunyai sruktur tubuh yang sama dan hidup pada jaman yang sama. adalah manusia yang hampir menyerupai manusia sekarang. C.diketemukan antaralain rahang. sehingga diduga volume otaknya 770-1000cm3  Sinanthropus pekinensis. ditemukan di gua-gua Cro-Magnon. maka Sinanthropus pekinensis dianggap varian dari Pithecanthropus erectus.Volume otaknya sekitar 900-1200cm3. hidup antara 150. ditemukan di gua-gua Tabun dan Skhul di Palestina Manusia Shanidar. Perancis. ditemukan di Inggris Manusia Steinheim . Lascaux. Dari penemuan tengkoraknya kebanyakan terbelah dari bawah sehingga diduga kanibal.

sehingga menghasilkan keturunan untuk melanjutkan generasinya. 5. Sel tumbuhan lebih besar dari sel Hewan Tidak memiliki lisosom Tidak memiliki sentrosom Memiliki dinding sel dan membran sel Umumnya memiliki plastida Mempunyai bentuk yang tetap Memiliki vakuola ukuran besar. . fisiologis. 3. 4. 3. 2. 6. 7. 6. 5. 4. 2. Spesies Spesies adalah individu yang memiliki persamaan ciri secara morfologis. mempunyai susunan (jumlah dan gen) yang sama dan kemungkinan besar mempunyai fenotib yang sama. berasal dari induk yang sama. yang artinya tunas.30 bobie filsuf 1 comment Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook PENGERTIAN Klon berasal dari kata klόόn (yunani). 7. anatomis. Sel Hewan lebih kecil dari sel Tumbuhan Tidak memiliki plastida Tidak memiliki dinding sel Memiliki lisosom Memiliki sentrosom Mempunyai bentuk tidak tetap Tidak memiliki vakuala (walaupun ada juga yang memiliki vakuola tapi ukuran kecil) Pengertian Kloning lengkap dengan tinjauan nya 06. Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Sel Tumbuhan 1. serta mampu kawin dengan sesamanya.mempunyai kerangka komponen dasar yang tersusun atas ribuan. 2. bahkan jutaan factor yang menurun. banyak Sel Hewan 1.Kloning adalah tindakan menggandakan atau mendapatkan keturunan jasasd hidup tanpa fertilisasi.

tetapi untuk mendapatkan sel batang yang dapat digunakan untuk mempelajari perkembangan manusia dan penyembuhan penyakit. yaitu dimasukannya sebuah gen kedalam tubuh manusia untuk mengurangi suatu kelainan genetik. Kloning Reproduktif Merupakan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan hewan yang sama. T. antara lain: 1. yaitu suatu prosedur unutk memperoleh replika yang dapat sama dari sel atau organisme tunggal. 1987) . insulin. Suatu penelitian rekomendasi atau rekayasa genetika ynag inti prosesnya adalah kloning gen. ada beberapa jenis kloning yang dikenal. contohnya Dolly dengan suatu proses yang disebut SCNT (Somatic Cell Nuclear Transfer).dll. 2. Adanya beberapa strategi intervensi genetika . Eugenika negatif. Belakangan ini di media masa (televisi. Euthenika (euthenics). Cara ini mencegah gan yang buruk atau kurang bermutu masuk kedalam kumpulan gen. Eugenia positif. Hal ini dapat dilakukan dengan skrining orang tua dan memberitahu mereka tentang segala gen yang buruk yang mungkin dibawanya. tepatnya di dalam kromosom. strategi intervensi genetika yang pertama bersifat terapeutik yang mempunyai tujuan dan maksud menyembuhkan atau mengurangi gejala-gejala. Berdasarkan pengertian tersebut. contohnya penyisipan DNA dalam plasmid bakteri untuk mengklon satu gen. menganalisis posisi gen pada kromosom. Kloning DNA rekombinan Kloning ini merupakan pemindahan sebagian rantai DNA yang diinginkan dari suatu organisme pada satu element replikasi genetik. 2. koran. Sifat-sifat organisme yang dapat diwariskan di atur oleh suatu faktor yang disebut gen. Tetapi karena belum ditemukan rujukan dari kitab-kitab hukum terdahulu. 3. Hal ini juga dapat dilakukan dengan amniosentesis 3. LAHIR DAN BERKEMBANGNYA KLONING GEN Sekitar satu abad lalu. para ahli hukum sekarang masih memperdebatkan masalah ini dan belum ditemukan kesepakatan final dalam kasus yang menyeluruh. Cara ini menghasilkan perbaikan melalui cara pembiakan selektif.Kloning manusia adalah teknik membuat keturunan dengan kode genetik yang sama dengan induknya yang berupa manusia. mesin . Tujuan utama dari proses ini bukan untuk menciptakan manusia baru. Gen menjadi dasar dalam perkembangan penelitian genetika meliputi pemetaan gen. kode-kode genetik. Hal ini merupakan terapi gen. Jelas hal ini merupakan praktik kedokteran yaitu menyembuhkan orang sakit.A. misalnya menghasilkan individu-individu yang sangat intelegen dengan memakai sperma orang yang genius. serta proses transkripsi dan translasi dapat dijabarkan. Hasil penelitian lebih berkembang baik diketahuinya DNA sebagai material genetik beserta strukturnya. Strategi intervensi kedua adalah eugenika (kata yunani : ”terlahir dengan baik”) dengan tujuan memperbaiki organisme dengan cara tertentu. yaitu suatu partikel yang berada di dalam suatu sel. Cara ini adalah dengan mengubah lingkungannya sehingga individu dengan kekurangan genetik dapat berkembang secara relatif normal (kaca mata. Ada 3 cara untuk melakukan eugenika (Shannon.) memberitakan tentang kloning manusia. Gregor Mendel merumuskan aturan-aturan menerangkan pewarisan sifatsifat biologis. Kloning Terapeutik Merupakan suatu kloning untuk memproduksi embrio manusia sebagai bahan penelitian. yaitu : 1. Internet.

2. yang telah menciptakan manusia dari segumpal nutfah. Menyebutkan adanya 3 orientasi dasar yang mempengaruhi cara kita memandang peluang-peluang alam. alam adalah milik manusia yang dapat dimanfaatkan sesukanya. • Kedua. 7. Blastosis mulai memisahkan diri dari dan siap diimplantasikan ke rahim. Pandangan ini menciptakan suatu sikap tanggung jawab terhadap alam dan kemampuan untuk melestarikannya. alam dapat dihayati sebagai hal yang suci. 1987). Dalam prespektif ini. 6. • Ketiga. Mempersiapkan sel stem. Manusia boleh mengintervensi alam. dsb. Taoisme mengasumsikan kesesuaian individu dengan alam. • Pertama. Terdapat suatu dinamisme internal dalam alam yang membawanya kepada . merupakan suatu model teologis. Inti sel stem diimplantasikan ke sel telur. sehingga bisa menjadi bagian dari keseluruhan kosmis yang ditayangkan oleh alam. Al-Qur’an diturunkan dengan perintah membaca sebagai firman pertama (Al-Alaq [96]: 1-5) ”bacalah atas nama penciptamu. Molekul DNA dan bakteriofog mempunyai sifat-sifat dasar yang ditentukan sebagai sarana kloning. Pandangan ini dapat dijumpai dalam tradisi keagamaan baik ditimur maupun di barat. ada model yang memandang alam sebagai sesuatu yang plastis. dalam arti bisa direka/diolah oleh manusia. 3. Dengan demikian.dialis. Mempersiapkan sel telur. 4. Setelah membelah menjadi embrio. Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor. Alam itu bersifat plastis sejauh dapat dibentuk dam dimanfaatkan dengan cara apapun yang dianggap sesuai oleh manusia. TA. alam dilihat sebagi hal yang asing dan jauh dari manusia. Teolog dari abad pertengahan memandang alam sebagai jejak Tuhan. bacalah ! dan tuhanmu sangat pemurah. mengjarkan hal-hal yang tidak diketahui olehnya” kalau ALLAH Secara langsung tidak dapat kita lihat.) PROSES KLONING GEN Proses kloning gen secara sederhana : 1. Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetic kemudian dipiahkan dari sel. Pengertian ini mengasumsikan adanya tujuan dan logika dalam alam. Namun sifat ini tidak berguna tanpa adanya teknik-teknik eksperimen untuk manipulasi molekul DNA di dalam laboratorium.Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dam pertumbuhan. yang tampak adalah bekas goresannya disekitar ita ini berupa semua kejadian yang dapat kita amati di alam semesta. 5. yang telah mengajarkan penggunaan kalam. asal perbuatannya itu mengetahui ukuran dan tidak terlalu banyak. Ketrampilan dasar untuk melakukan kloing secara sederhana adalah : • Preperasi sampel DNA murni • Pemotongan DNA murni • Analisis ukuran fragmen DNA • Penggolongan molekul DNA • Memasukan molekul DNA ke dalam sel tuan rumah • Identifikasi sel yang mengandung molekul DNA rekombinasi KLONING GEN DITINJAU DARI PELUANG ALAM Daniel Callahan 1972 (dikutip dari shannon.

berbeda dengan model kedua. Larangan yang tegas ini didasarkan atas keyakinan bahwa alam itu suci atau adanya anggapan bahwa setiap penelitian melangar batas yang ditentukan oleh alam. Gustafon dalam beberapa tahun 1970 (dikutip dari shannon. Oleh sebab itu islam terhadap kloning tersebut tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat internasional. satu-satunya kendala yang membatasi adalah tiadanya kemampuan teknis. tetapi yang menjadi batasnya adalah kodrat manusia. Dengan demikian. Hal itu juga dilengkapi dengan pertimbangan bahwa keingintahuan intelektual merupakan suatu nilai khusus disamping naluri yang melekat pada manusia untuk memecahkan persoalan. • Kedua. Model tanggung jawab ini berkaitan dengan pandangan tedeologis tentang alam. (varietas). Namun banyak yang tidak setuju untuk menggunakan prinsip ini secara mutlak. karena disini orang dapat mencampuri dengan alam. baik untuk menguasai maupun mengarahkan perkembangan manusia. atau lebih umum tanggung jawab para ahli. Hal tersebut tertuang . Pembenaran dari pendapat ini adalah nilai yang inheren pada pengenalan itu sendiri. Dalam model ini.tujuan atau maksud tertentu.sesungguhnya telah menyingkapkan sebuah hukum alam yang ditetapkan ALLAH SWT pada sel-sel tubuh manusia dan hewan. yaitu ciri-ciri manusia. para ilmuwan yang tidak berhak untuk mencampuri alam. jika intisel tubuh tersebut ditanamkan pada sel telur perempuan yang telah dihilangkan inti selnya. Atas beberapa pertimbangan diantaranya : o Pertama : Dengan kloning akan meniadakan keanekaragaman. Menurut buku fatawa mu’ashiroh karangan Yusuf Qurdhowy bahwa tidak diperbolehkanya kloning terhadap manusia. Pada hukum kloning pada manusia. sehingga dengan demikian mencegah akan terjadinya pelanggaran terhadap keutuhan alam. KLONING GEN DITINJAU DARI HUKUM AGAMA Prestasi ilmu pengetahuan yang sampai pada penemuan proses kloning. Jadi sifat inti sel tubuh itu tak ubahnya seperti sel sperma laki-laki yang dapat membuahi sel telur peermpuan. Tujuannya adalah kualitas kehidupan. Didalam islam berbeda antara hukum kloning binatang dan manusia. dan bukan ketidakmampuan teknis seperti pada model pertama. Dengan demikian juga jangkauan terhadap intervensi manusia dalam alam ditentukan oleh dinamisme alam itu sendiri. Akhirnya ilmuwan berhak untuk memelihara pertumbuhan ciri-ciri manusia yang berharga dan menyingkirkan ciri-ciri yang merugikan. Pada hakikatnya islam sangat menghargai iptek. yang menganggap bahwa intervensi dalam alam dibatasi oleh suatu faktor khusus. KLONING GEN DITINJAU DARI SEGI ETIK PROFESI Salah satu perdebatan dalam etik profesi adalah menyangkut tanggung jawab para ilmuan. melainkan memahaminya sebagai suatu dorongan yang kuat untuk mempraktekkan tangung jawab yang sudah ada sebelumnya. Setiap campur tangan dalam alam harus menghomati tujuan-tujuan ini. ALLAH SWT telah menciptakan alam ini dengan kaedah keanekaragaman. 1987). • Ketiga. karena proses kloning telah menyikap fakta bahwa pada sel tubuh manusia dan hewan terdapat potensi menghasilkan keturunan. TA. ilmuwan tidak berhak untuk mengubah ciri-cir manusia yang khas. mengemukakan beberapa model yang dapat dipakai untuk menangani masalah tanggung jawab profesi ini yaitu : • Pertama. Model ini menunjukan tingkat intervensi yang tinggi. para ilmuwan berhak untuk melakukan apa saja yang mungkin dilakukan.

Penjelasan: Jika secara medis dapat membuktikan bahwa pasangan suami istri yang sah dan benar-benar tidak dapat memperoleh keturunan secara alami. Disamping itu koning akan mencampur adukkan dam menghilangkan nasab serta menyalahi fitra yang telah diciptakan ALLAH SWT untuk manusia dalam masalah kelahiran anak. Bagaimana dengan hubungan orang ang mengkloning dan hasil kloningan tersebut. ALLAH SWT berfirman: ” dan Bawasannya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan. dari air mani apabila dipancarkan. o Ketiga : Dengan kloning akan mengilangkan Sunatullah (nikah). efeknya sebagian telah kita ketahui dan sebagian lainnya kita ketahui di kemudian hari. KLONING GEN DITINJAU DARI HUKUM DI INDONESIA Dalam UU kesehatan No. waris. Kehamilan diluar alami dapat dilaksanakan sebagai upaya terakhir untuk membantu suami istri mendapat. Karena dengan kloning secara tidak langsung menciptakan duplikat dari satu orang. nasab.An Nisaa’ : 119). Seperti hukum tentang perkawinan. An Najm : 45-46). 2. Hasil pembuahan sperma dan ovum dari suami istri yang bersangkutan.dalam Al-Qur’an surat fathir ayat 26 dan 27. apakah dihukumi sebagai duplikatnya atau bapaknya ataupun kembarannya. . ditanamkan dalam rahim istri dari mana ovum berasal. Berdasarkan dalil-dalil itulah proses kloning manusia diharamkan menurut hukum islam dan tidak boleh dilahsanakan. Padahal justru cara alami itulah yang telah ditetapkan ALLAH SWT untuk manusia dan dijadikan-Nya sebagai sunnatullah untuk menghasilkan anak-anak dan keturunannya. dan kewajiban antar bapak dan anak. ALLAH SWT berfirman mengenai perkataan iblis terkutuk. hubungan kemahraman. binatang dengan berpaang-pasangan.23 tahun 1992 terdapat ketentuan pasal-pasal tentang kehamilan di luar cara alami sebagai berikut : Pasal 16 1.. Dan tidak menutup kemungkinan kloning dapat digunakan untuk kejahatan. yang mengatakan : ”. Siapa yang bisa menjamin jikalau diperbolehkan kloning tidak akan ada satu negara yang mencetak ribuan orang yang digunakan sebagai prajurit militer yang berfungsi menumpas negara lain. lalu benarbenar mereka mengubahnya. hubungan ’ashabah dan lain-lain. o Keempat : Memproduksi anak melalui proses kloning akan mencegah pelaksanaan banyak hukum-hukum syara’. Sedangkan dengan kloning akan meniadakan keanekaragaman tersebut. perawatan anak. Kloning manusia sesungguhnya merupakan perbuatan keji yang akan dapat menjungkir balikkan struktur kehidupan masyarakat.. tamanan. Anak-anak produk kloning tersebut dihasilkan melalui cara yang tidak alami. ALLAH SWT telah menciptakan manusia. Dan dengan ini akan dapat merusak kehidupan manusia dan tatanan sosial dalam masyarakat. hak.” (QS. dan ini adalah permasalahan yang kompleks. Kita akan kesulitan dalam menentukan nasab hasil kloningan tersebut. o Kedua : Kloning manusia akan menghilang nasab (garis keturunan). pasangan suami istri tersebut dapat melakukan kehamilan diluar cara alami sebagai upaya terakhir melalui ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.dan akan aku (iblis) suruh mereka (mengubah ciptaan ALLAH).. Upaya kehamilan diluar alami sebagimana dimaksud dalam ayat (1) hanya dapat dilakukan oleh pasangan suami istri yang sah dan dengan ketentuan : a.” (QS. nafkah. Surat Addariyat 46.

Ketentuan mengenai persyaratan dalam ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Penelitian yang berlangsung menyangkut diri manusia harus bertujuan untuk menyempurnakan tata cara diagnostic. Sarana kesehatan tertentu adalah sarana kesehatan yang memiliki tenaga dan perelatan yang telah memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan upaya kehamilan diluar cara alami dan ditunjuk oleh pemerintah. norma kesusilaan. Dilihat dari tujuan kloning reproduktif yaitu penciptaan manusia baru maka kloning manusia dapat dikatakan tidak etis karena tentu saja hal ini melampaui kekuasaan Tuhan. militerisme dan tindakan-tindakan kriminal. Riset klinis hendaknya secara sah. Penjelasan: Pelaksanaan upaya kehamilan diluar cara alami harus dilakukan sesuai dengan norma hukum. teknologi ini dapat diterapkan pada semua mamalia termasuk juga manusia. Riset klinis harus disesuaikan dengan prinsip moral dan ilmu pengetahuan yang membenarkan riset medis. Bila sperma berasal dari laki-laki lain.000. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam peraturan ini ialah : • Sperma harus berasal dari suami sah dari pemilik ovum. dan norma kesopanan. Ketentuan pidana. Tetapi dengan demikian munculah masalah etika.000. Selain itu. Pada sarana kesehatan tertentu. c. yang didasari berbagai pertanyaan seperti apakah yang telah dilakukan dengan hewan ini boleh dilakukan pada manusia? Sejauh manakah manusia dapat dan boleh malangkah ke depan tanpa kehilangan kemanusiaanya? Para ilmuwan berpendapat dan memiliki keyakinan yang besar akan hal ini dapat membantu pasangan yang infertil yang tidak bisa dibantu dengan metode lain untuk bisa mendapatkan keturunan. 3. Dan juga kloning tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi yang dari pengembangannya untuk tujuan ekonomi. • Hasil pembuahan tidak boleh ditanam di dalam rahim wanita yang bukan pemilik ovum yang dibuahi tersebut. hukumannya sama dengan perzinaan. Segera timbul pertanyaan di masyarakat terutama para ahli.00 (seratus juta rupiah). terapeutik dan pencegahan serta pengetahuan tentang etiologi dan tatogenesis. seekor anak domba yang berhasil di klon dari sel domba dewasa. PANDANGAN MEDIK 1. 3. Dilihat dari tujuan kloning dikatakan etis apabila digunakan untuk tujuan kesehatan atau tujuan klinik. 2. apakah nantinya manusia juga akan di klon? Sebab. Dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan wewenangan untuk itu. PANDANGAN ETIKA Setelah dilaporkan tentang Dolly. Ketentuan pidana untuk pelaku upaya kehamilan diluar cara alami diatur dalam pasal 82 ayat (2) a yang berbunyi : Melakukan upaya kehamilan diluar cara alami yang tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp 100. riset klinis hendaknya didasarkan atas percobaan laboratoris dan eksperimen dengan bintang atau fakta-fakta ilmiah yang sudah pasti. • Yang dimasud dengan keturunan adalah sperma dari suami. Setiap proyek riset klinis hendaknya didahului oleh suatu taksiran yang cermat terhadap .b. oleh ahli yang berkompeten dan dibawah pengawasan tenaga medis yang ahli dibidangnya.

bahaya-bahaya yang mungkin terjadi didalamnya dan dibandingkan dengan manfaat yang diperkirakan dapat diperoleh oleh orang yang menjadi objek riset atau orang lain. Dokter seharusnya memberikan perhatian khusus dalam menjalankan riset klinis yang mungkin merubah kepribadian orang ya You might also like: . 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful