Macam-Macam Destilasi

1. Distilasi Sederhana, prinsipnya memisahkan dua atau lebih komponen cairan berdasarkan perbedaan titik didih yang jauh berbeda.

secara umum prinsip kerja alat distilasi ; Pada distilasi sederhana, dasar pemisahannya adalah perbedaan titik didih yang jauh atau dengan salah satu komponen bersifat volatil. Jika campuran dipanaskan maka komponen yang titik didihnya lebih rendah akan menguap lebih dulu. Selain perbedaan titik didih, juga perbedaan kevolatilan, yaitu kecenderungan sebuah substansi untuk menjadi gas. Distilasi ini dilakukan pada tekanan atmosfer. Aplikasi distilasi sederhana digunakan untuk memisahkan campuran air dan alkohol. 2. Distilasi Fraksinasi (Bertingkat), sama prinsipnya dengan distilasi sederhana, hanya saja didistilasi bertingkat ini memiliki rangkaian alat kondensor yang lebih baik, sehingga mampumemisahkan dua komponen yang memiliki perbedaan titik didih yang berdekatan.

Cara kerja:Untuk memisahkan dua atau lebih komponen yang memiliki perbedaan titik didih yang berdekatan.
3. Distilasi Azeotrop, memisahkan campuran azeotrop (campuran dua atau lebih komponen yang sulit di pisahkan), biasanya dalam prosesnya digunakan senyawa lain yang dapat memecah ikatan azeotrop tsb, atau dengan menggunakan tekanan tinggi.

4. Distilasi Kering : memanaskan material padat untuk mendapatkan fasa uap dan cairnya. Biasanya digunakan untuk mengambil cairan bahan bakardari kayu atau batu bata.

sehingga titik didihnya juga menjadi rendah. motede yangdigunakan adalah dengan menurunkan tekanan permukaan lebih rendah dari 1 atm. dalam prosesnya suhu yang digunakan untuk mendistilasinya tidak perlu terlalu tinggi. . Distilasi vakum: memisahkan dua komponen yang titik didihnya sangat tinggi.5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful