P. 1
Efek Samping Bahan Pemutih Gigi

Efek Samping Bahan Pemutih Gigi

|Views: 20|Likes:
Published by Diana Aprillia

More info:

Published by: Diana Aprillia on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

TUGAS KONSERVASI GIGI

Diana Aprillia (04111004006)

EFEK SAMPING BLEACHING DAN PROSEDUR PENANGANANNYA
1. Nyeri setelah prosedur (pulpalgia).

Gejala nyeri yang terus-menerus, dapat terjadi selama atau setelah prosedur dan menetap selama 24-48 jam. Intensitas pulpalgia berkaitan dengan durasi dan temperatur prosedur. Jika sensitif terhadap rasa dingin berlanjut, gunakanlah fluor topikal (yang dioles) dan pasta gigi pengurang sensitif.

2.

Kerusakan pulpa (kerusakan ruang saraf dan pembuluh darah pada gigi).

Walaupun beberapa peneliti tidak menemukan efek yang signifikan pada pulpa, prosedur pemutihan harus dilakukan hati-hati. Sebaiknya tindakan pemutihan tidak dilakukan pada rongga mulut yang memiliki gigi berlubang, dentin yang terbuka atau yang sudah dekat tanduk pulpa. Oleh karena itu, semua tambalan yang tidak baik harus diganti dulu dan gigi dengan tambalan yang besar merupakan kontraindikasi untuk tindakan pemutihan gigi.

3.

Kerusakan jaringan keras gigi.

Hidrogen peroksida dapat menyebabkan kerusakan morfologi dan struktur pada email, dentin, dan sementum menyebabkan jaringan keras gigi menjadi lebih mudah rusak dan dapat menyebabkan lubang gigi baru.

Dokter Gigi biasanya melakukan tindakan pencegahan terjadinya efek samping paska tindakan pemutihan gigi. gigi hipersensitif. Dapat terjadi ketika bahan pemutih berkontak dengan jaringan pada rongga mulut.4. tergantung kebiasaan makan. minum dan merokok setiap pasien. Umumnya jaringan akan terlihat berwarna putih tapi tidak akan meninggalkan jaringan parut. Tidak semua pasien bisa langsung dilakukan tindakan pemutihan gigi. dan terdapat tambalan yang buruk dan rusak. Sedangkan pencegahan terjadinya kerusakan email setelah tindakan pemutihan gigi. Dapat timbul ulserasi dan sloughing karena adanya gelembung oksigen di jaringan. Pencegahannya adalah mengaplikasikan krim pelindung atau katalase. harus dilakukan perbaikan dan perawatan terlebih dahulu sampai kondisi giginya membaik. bilas dengan air yang banyak sehingga warna putihnya mereda. dan menggunakan karet pelindung gigi dan gusi. Frekuensi melakukan tindakan pemutihan gigi di Klinik Dokter Gigi tidak boleh terlalu sering dan dalam jangka waktu yang berdekatan. gigi berlubang dalam yang hampir mengenai ruang saraf dan pembuluh darah. Pasienpasien yang memiliki gigi berlubang dangkal. Misalnya pengaplikasian krim pelindung gusi selama prosedur pemutihan gigi. Sebaiknya anda boleh melakukan pemutihan gigi kembali. . dan bila terjadi kerusakan mukosa. Rata-rata waktu bertahannya warna gigi setelah tindakan pemutihan adalah 1 tahun. penggunaan bahan pemutih gigi dengan kandungan yang aman. setelah warna gigi anda berubah kembali seperti warna semula. antara lain menggunakan bahan pemutih gigi dengan kandungan yang aman. serta mengaplikasikan fluor untuk mengembalikan mineral-mineral gigi yang hilang. Kerusakan mukosa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->