P. 1
Contoh Gambar Kelainan Dan Penyakit Pada Alat Indra Dan Upaya Mengatasinya Yg Btol

Contoh Gambar Kelainan Dan Penyakit Pada Alat Indra Dan Upaya Mengatasinya Yg Btol

|Views: 2,691|Likes:
Published by Cynk Leny
penyakit kelainan pada alat indra
penyakit kelainan pada alat indra

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Cynk Leny on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2013

pdf

text

original

Contoh gambar kelainan dan penyakit pada alat indra dan upaya mengatasinya.

1. Mata
Mata merupakan jendela dunia, begitu yang sering kita dengar. Peran kedua mata tentu sangatlah penting untuk kehidupan kita, karena itu kesehatan kedua mata kita jangan sampai terabaikan. Kedua mata kita memiliki struktur yang kompleks. Dimana satu bagian berhubungan dengan bagian yang lain. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit mata dan cara pencegahannya:  MATA MERAH DAN BERNANAH

Mata merah biasanya disebabkan karena adanya kotoran pada mata dan sebenarnya ini merupakan persoalan serius terutama pada bayi dan anak-anak. Bila tidak diobati dengan serius bisa menyebabkan kebutaan. Cara pencegahannya: Bersihkan muka dengan sabun dan air bersih minimal 3x sehari Oleskan salep mata tetrasiklin ke dalam mata 3x sehari selama 5 hari Jagalah tangan tetap dalam keadaan bersih dengan cara mencucinya dengan air sabun selama beberapa kali sehari.

Telinga

dan pendengaran berkurang. 2. Hal ini terjadi karena gangguan pada fungsi keseimbangan (vestibulum) yang terjadi karena gerakan atau getaran kendaraan. dan muntah-muntah. dan alergi. vertigo. udara maupun darat kadang-kadang terjadi semacam rasa mual. Telinga akan mengeluarkan nanah dan kelainan ini dapat memecahkan gendang telinga. Gejalanya antara lain telinga berdengung. Namun sebagian orang tidak memperhatikan dan merawat telinga nya sehingga menyebabkan penyakit. seperti di bawah ini Contoh Kelainan dan penyakit pada telinga :    Radang telinga (otitas media) : Penyakit ini disebabkan karena virus atau bakteri dan sering menyerang pada anak-anak. Labirintitis : Labirintitis merupakan gangguan pada labirin dalam telinga. Orang mengatakan ini adalah mabuk perjalanan. pusing. Gejalanya adalah sakit pada telinga. mual. Kulit . Penyakit ini disebabkan oleh infeksi. gegar otak.Contoh kelainan pada telinga Kelainan dan penyakit pada telinga – Salah satu Organ tubuh manusia yang vital atau penting adalah telinga. dan berkurang pendengaran. muntah. Mabuk perjalanan : Dalam perjalanan di laut. demam.

Karena berada pada bagian paling luar tubuh kita. sekitar pinggang. handuk. karena ini akan mengurangi rasa gatal yang berlebihan pada tubuh. Untuk membunuh tungau. Tebal kulit kita juga bervariasi.5 mm pada kelopak mata sampai 4 mm pada telapak kaki. kita harus selalu menjaga kebersihan kulit kita. lapisan kulit sama pada semua bagian tubuh. antara 0.sela jari tangan. Pada dasarnya. pergelangan tangan. Penyebab dari penyakit kudis adalah hewan . pada alat kelamin (terutama pada anak laki-laki). . kulti sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. telapak kaki . agar terhindar kembali dari penyakit ini. Kecuali pada telapak tangan.hewan kecil seperti kutu atau tungau.bintil kecil yang sangat gatal dan dapat tersebar ke seluruh tubuh. serta bibir. Anda mungkin akan membutuhkan antibiotik jika gatal sudah semakin menjadi. Oleh karena itu. cucilah pakaian. Berikut ini adalah macam penyakit kulit:  KUDIS Penyakit kudis ini lebih sering menyerang anak-anak. Cara mengatasi    Mandilah dengan air hangat. Penyakit kudis bisa menyebab bintil . dan seprei pada air yang bersuhu 50° C atau lebih. namun bagian yang paling sering terserang adalah: di sela . konsultasilah kepada dokter jika hal ini sudah berlangsung lebih dari 2-3 minggu setelah pengobatan. Dan setrikalah pakaian sebelum dipakai.Kulit merupakan lapisan yang menutup seluruh tubuh dan berfungsi melindungi tubuh kita dari bahaya yang datang dari luar.

Terdapat bercak-bercak merah di bawah wajah dal lengan. sehingga mengganggu kesehatan tubuh.tonjolan yang disebut dengan papil lidah dan berfungsi sebagai indra perasa kita. Lidah Lidah merupakan suatu organ yang berisi jaringan otot dan menempel pada dasar mulut. mengalami kerontokan rambut. Penyakit lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh secara berlebiahan. Pada permukaan lidah terdapat tonjolan . Pada penderita penyakit ini awalnya seperti mempunyai kelainan kulit. Istilah lupus ini dalam bahasa latin adalah anjing hutan. Penyakit ini setara dengan kanker. sering mengalami bengkak pada persendian dan sariawan serta merasakan panas dan rasa lelah yang berkepanjangan. banyak yang meninggal dunia karena mengidap penakitini. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit akan tetapi bisa menyerang hampir ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia. Hidung Penyakit Lupus merupakan salah satu penyakit yang mematikan. 4. Jantung yang sehat bisa membuat lidah mampumembedakan rasa. Ciri-ciri penyakit lupus yaitu apabila menyerang dada maka akan timbul rasa sakit sehingga menyebabkan penderitanya mengalami sulit pada saat bernapas. Selain itu. Sehingga . Bahkan masyarakat Cina kuno percaya bahwa jantung dapat memancarkan energinya ke lidah. lidah juga penghubung atau perpanjangan dari jantung.3. Lidah juga merupakan rongga eksternal jantung. berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi.

Penyebab dari sariawan ini adalah diantaranya: kekurangan vitamin C. Berikut ini adalah penyakit lidah:  SARIAWAN Sariawa atau canker sores atau ulkus aftosa merupakan gejala erosi pada kulit mulut. atau bisa juga disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh. sariawan bisa muncul dalam satu kelompok yang terdiri dari 2 . Pada dasarnya sariawan merupakan luka terbuka yang bisa menimbulkan rasa nyeri.3 luka yang biasanya akan sembuh dalam waktu kurleb 10 hari tanpa meninggalkan bekas Upaya mengatasi sariawan Berkumur dengan air garam Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur garam tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.untuk mendeteksi gangguan jantung dapat dilakukan dengan cara melihat kondisi lidah. mengkonsumsi makanan / minuman yang terlalu panas. . kekurangan asupan zat besi. Dalam ukuran kecil dengan diameter kurang dari 1 cm. alregi. yakni di bagian dinding dalam pipi atau lidah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->