H

DHARM DU A IN

D IN

PARISADA

PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

BADAN PENYIARAN HINDU
SEKRETARIAT : KOMPLEK PURA GIRI PATI MULAWARMAN, JL. ADI SUCIPTO, SUNGAI RAYA PONTIANAK 78391 TELEPON 0561 723258, 721552

RENCANA

KEGIATAN PENYIARAN AGAMA BAGI UMAT HINDU PROPINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2012

DISAMPAIKAN KEPADA :

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT HINDU

ONESIA

Mengupayakan tumbuhnya wawasan dan solidaritas keumatan yang berskala nasional dan global. Mengupayakan penyebarluasan pengetahuan dan pemahaman tentang ajaran dan nilai-nilai Hindu. termasuk pula dalam hal ini seluruh Bhisama dan Keputusan-Keputusan Parisadha.RENCANA KEGIATAN PENYIARAN AGAMA HINDU BAGI UMAT HINDU PROPINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2012 I. 3. Karena mereka tidak menemukan kepuasan intelektual dalam agama Hindu. merencanakan.” Untuk mewujudkan dan mencapai visi tersebut PHDI mengemban 3 misi sebagai berikut : 1. Kesetiaan Terhadap Agama Hindu : Cukup banyak terjadi perpindahan agama di kalangan generasi muda Hindu. 2. kegiatan-kegiatan penyiaran agama oleh BPH Kalimantan Barat akan ditujukan untuk menanggulangi dan meminimalisir berbagai persoalan yang dihadapi umat sebagai berikut : 1. maka sangat diperlukan suatu strategi penyiaran agama yang mampu mengatasi keberagaman kondisi tersebut dan menjangkau seluruh umat seoptimal mungkin. Strategi penyiaran Agama Hindu di Kalimantan Barat akan dilaksanakan melalui dua jalur berbeda yaitu : . yang mengakibatkan keyakinan. loyalitas dan komitmen yang lemah terhadap agama Hindu. Kama dan Moksha. komitmen dan kesetiaan yang tinggi terhadap agama Hindu. Peranan BPH Kalimantan Barat dalam hal ini adalah berkaitan dengan pelaksanaan misi yang pertama di atas yaitu penyebarluasan pengetahuan dan pemahaman ajaran dan nilai-nilai Hindu yang terkandung dalam Kitab Veda dan turunannya. sangat tersebarnya kantong-kantong umat di seluruh pelosok propinsi dengan tingkat keterjangkauan yang berbeda-beda serta kondisi sosial ekonomi umat yang sangat beragam. Artha. Tattva : Pengetahuan pemahaman tentang tattva Hindu masih lemah. melaksanakan dan mengendalikan serta mengawasi upaya penyiaran agama dan budaya bernafaskan Hindu. Lebih fokus lagi. Mengingat luasnya wilayah Provinsi Kalimantan Barat. 4. 3. Upacara : kehidupan keagamaan umat Hindu masih terpusat kepàda ritual yang cenderung terlalu menekankan pada bentuk tanpa pemahaman akan maknanya. 2. Latar belakang Badan Penyiaran Hindu Kalimantan Barat adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh Parisada Hindu Dharma Propinsi Kalimantan Barat pada Tahun 2010 yang tugas pokok dan fungsinya adalah membantu Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Kalimantan Barat dalam mempersiapkan. kepada seluruh umat Hindu di Provinsi Kalimantan Barat. serta sejahtera dalam kehidupan sosial ekonomi. Etika : Mulai muncul gejala melemahnya moralitas dan etika umat Hindu terutama karena pemahaman yang lemah atas tatva. Dibentuknya BPH ini juga dalam rangka mewujudkan visi PHDI secara umum yaitu “Terbentuknya masyarakat Hindu dengan keyakinan. Mengupayakan tercapainya standar moral dan etika yang tinggi dalam menunjang pencapaian tujuan-tujuan hidup berdasarkan : Dharma.

data digital (VCD/DVD) yang disediakan di sekretarian PHDI Propinsi dan Kabupaten/Kota. Memperluas jaringan penyiaran Hindu ke seluruh kantong-kantong umat Hindu di Kalimantan Barat b. Peningkatan kuantitas dan kualitas SDM bidang penyiaran Hindu. Pertama adalah menyebarluaskan materi-materi penyiaran agama melalui berbagai media sehingga seluruh materi tersebut dapat diterima umat secara baik dan lengkap. Pasrama Kilat. Tawur Agung Kesanga serta saat piodalan di masing-masing pura yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat. Bhisama dan Keputusan-keputusan Parisada. T U J U A N Tujuan Umum : Meningkatnya pemahaman dan pengetahuan umat Hindu Kalimantan Barat tentang ajaran-ajaran Agama Hindu. Dharma Wacana 2. TVRI dan beberapa stasiun TV daerah seperti KCTV dan Ruwai TV Strategi yang kedua dapat ditempuh dengan penyediaan sumber-sumber penyiaran baik dalam bentuk cetakan (Buku. dan pertemuan-pertemuan informal umat seperti Arisan Tempek/Banjar/Pura. maupun blog atau website yang dapat diakses umat melalui media online/internet. baik narasumber maupun presenter c. leaflet ataupun brosur keagamaan. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung penyiaran Hindu Tujuan Khusus III. II. Teknik ini juga dapat dilaksanakan pada acara-acara keagamaan non ritual seperti Dharma Shanti. Yang Kedua adalah mengajak umat untuk secara aktif menggunakan haknya atas informasi keagamaan dengan menciptakan media informasi keagamaan dan berbagai kemudahan untuk mengakses informasi tersebut. secara langsung dengan memanfaatkan momen-momen penting upakara ritual/persembahyangan baik secara berkala setiap Purnama-Tilem dan pada hari-hari raya besar seperti Saraswati. Majalah Dinding). Dharma Tula Sedangkan media yang digunakan adalah : 1. Metro Pontianak dan Equator). beberapa teknik penyiaran yang dapat dilakukan adalah : 1. RENCANA RINCI KEGIATAN Secara rinci kegiatan Penyiaran Agama Hindu Bagi Umat Hindu se Kalimantan Barat Tahun 2011 ini adalah sebagai berikut : . Pagerwesi. 2. Media verbal. Untuk kondisi Kalimantan Barat. 3. Galungan-Kuningan. Tribun Pontianak. Media cetak berupa booklet. serta tulisan-tulisan dharma wacana secara berkala di surat kabar daerah (Pontianak Pos. : a.1. Strategi yang pertama dapat ditempuh dengan penyiaran agama melalui berbagai teknik dan media secara optimal yang disesuaikan dengan kelompok-kelompok umat yang dituju. Media elektronik audio visual bekerjasama dengan RRI. 2.

Tribun Pontianak .Pura Giri Kerta Bhuana Kalimas .Pura Giri Mandara Jati.Ruwai TV Pontianak . Hari piodalan masing-masing pura Setiap hari Kamis minggu ketiga setiap bulan Setiap hari Kamis monggu pertama setiap bulan Seminggu sekali Satu kali setiap bulan setiap tempek/banjar Narasumber dari Pontianak . Rassau Jaya . 4.Pura Giri Purwa Dharma. Dharma Wacana di pura-pura saat hari raya keagamaan Galungan.Pura Giri Purwa Dharma. Sambas .Pura Giri Kerta Bhuana Kalimas . Kuningan.Pura Giri Dharma Krthi.RRI Pontianak Tempek Kota Pontianak Tempek Siantan Tempek Sungai Raya Tempek Kalimas/Sungai Kakap . Sarawati. Ketapang . NAMA KEGIATAN Dharma Wacana di Pura-pura secara berkala WAKTU PELAKSANAAN purnama.Pura Giri Luhur.Pura Giri Dharma Krthi. 5. 3. 1.A. Bengkayang .Pura Giri Amerta Jaya. Sanggau . Kayong Utara .Pura Giri Amertha Buwana. Dharma Wacana No.Semua Pura di Kalimantan Barat (19 pura) . Ketapang .Pura Giri Pati Mulawarman .TVRI Pontianak KETERANGAN Narasumber dari daerah masingmasing 2. Bengkayang .Pura Giri Pati Mulawarman .Equator - 6. Setiap minggu . Siwaratri.Pontianak Post .Pura Giri Mandara Jati. Sambas . tilem LOKASI KEGIATAN . Dharma Wacana Dalam Rangka Piodalan Purapura Dharma Wacana di TVRI pontianak Dharma Wacana di Ruwai TV Pontianak Dharma Wacana di RRI Pontianak Dharma Wacana di Pertemuan Banjar/Tempek Umat di Pontianak dan sekitarnya Dharma Wacana di Media Cetak 4.Pura Giri Penataran Agung Sintang .Pura Giri Amertha Buwana Ketapang . Pagerwesi. Tawur Kesanga Narasumber dari Pontianak dan dari daerah masingmasing 3.

000.18.B.2. Rp. D. 5000.800.000. 100.4.000.Tempek Sungai Raya . ANGGARAN BIAYA A.000.200.2. Dharma Tula Dharma Tula akan dilaksanakan sebagai berikut : No.Tempek Kalimas/Sungai Kakap C. Rp.000. 150. Dharma Tula di Pertemuan Banjar/Tempek Umat di Pontianak dan sekitarnya sebulan sekali bergilir dari tempek ke tempek . 150.200.000.400.000. Dikemudian hari.Malam Ciwa Ratri . Pontianak. Rp. 150.7.b) Insentif Moderator : 28 x Rp. 100.3) BIAYA PELATIHAN/WORKSHOP TENAGA PENYIARAN AGAMA a) Makalah : 20 x @ Rp.000 b) Insentif Narasumber di TVRI dan Ruwai TV 12 x 2 x @ 150.- .= = = = = = = = = = = = = = Rp Rp. 100. Dharma Tula khusus pada hari-hari tertentu . 13.300. Rp.000.Malam Banyu Pinaruh Hari Saraswati 3.000.000.000.800.000. Rp.000.000.000.000.Sanggraha Wiguna Pura Giripati Mulawarman KETERANGAN Seluruh kegiatan Dharma Tula akan didokumentasikan dalam bentuk Audio Visual sebagai materi cetak digital yang nantinya dapat diakses oleh seluruh umat 2.4.d) Konsumsi : 28 x 30 orang x Rp.000.200.000.c) Insentif Narasumber di RRI : 52 x @Rp. Rp.3. 1.11.900. Pelatihan Presenter dan Narasumber Minimal setahun sekali direncanakan program workshop atau pelatihan bagi presenter dan narasumber untuk senantiasa meningkatkan kemampuan tenaga-tenaga penyiaran tersebut sekaligus juga menggali bibit-bibit potensial presenter dan narasumber.000.Tempek Kota Pontianak .c) Transportasi peserta : 20 x @ Rp. Pontianak .000.c) Naskah : 28 x 30 orang x Rp 5. Rp.800.000.2.000.4.b) Buku Panduan : 20 x 25.2) BIAYA DHARMA TULA a) Insentif Narasumber : 28 x Rp. Rp.200.800. Rp. Rp.Tempek Siantan . Rp. 15. Kegiatan ini akan dipusatkan di Sanggraha Wiguna Pura Giripati Mulawarman.600. Pembuatan Blog Pada tahun ini direncanakan dibuat satu media online berbentuk BLOG sehingga tidak banyak menggunakan dana.Sanggraha Wiguna Pura Giripati Mulawarman.000. Rp. bila dana mencukupi akan tingkatkan menjadi website. NAMA KEGIATAN Dharma Tula secara berkala WAKTU PELAKSANAAN Setiap purnama LOKASI KEGIATAN . IV.500. PENGELUARAN 1) BIAYA KEGIATAN PENYIARAN MEDIA ELEKTRONIK a) Insentif Presenter TVRI dan Ruwai TV 12 x 2 x @ Rp.3.000.e) Dokumentasi dan Cetak : 28 x Rp.

iii) Makan malam 1 x 30 orang x @ Rp.200.000.200.000.200.f) Moderator/Pemandu : 4 x 250. RP. PEMASUKAN 1) APBN/Kementrian Agama 2) Donatur/Dermawan/Swadaya Umat TOTAL PEMASUKAN = = = Rp.10.000. Rp.000.000.000.000.iv) Snack : 4 x 30 orang x @ Rp. Rp.1. 15.000. 10.000. Rp.000.100.- . 10.250.000. Rp.b) Pembelian Speaker dan LCD Projector TOTAL PENGELUARAN = = = = = = = = = = = = Rp Rp Rp Rp Rp Rp.d) Konsumsi : i) Makan Pagi : 1 x 30 orang x @ Rp. album dan laporan) h) Perlengkapan dan dekorasi 4) BIAYA UMUM/SEKRETARIAT DAN SARANA PENDUKUNG a) ATK.000.1.000.55.000. Rp. Rp.g) Dokumentasi (photo.2. 450.900. Rp.6.000.000.100.000.1.- B.500.55.000.45.000.e) Insentif Instruktur/Pembicara : 4 orang x Rp. 30.ii) Makan Siang : 2 x 30 orang x @ Rp. 100.000.000.000.800. 500.000.000.000. 30. fotokopi dan surat menyurat : 12 x Rp.100.1.000.

diharapkan dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan pemahaman umat terhadap ajaran-ajaran Hindu dan tentu saja meningkatkan pengamalan nilai-nilai hindu ke dalam kehidupan umat sehari-hari. materiil.M. guru. dapat menjadi salah satu solusi dalam menyahuti kebutuhan dalam meningkatkan nilai spriritual umat Hindu Kalimantan Barat. kesempatan. Untuk itu setiap aktivitas penyaiaran . kerjasama. baik dukungan moril. para penyiar agama hindu di Kalimantan Barat akan mampu mengembangkan wawasan dan keterampilan dalam penyiaran agama. Pontianak. Sehingga apa yang diselenggarakan dapat berhasil guna dan berdaya guna bagi kemajuan Hindu dan umatnya. Karena itu seluruh kegiatan yang direncanakan (sebagian telah dilaksanakan) oleh BPH Kalimantan Barat bersama-sama dengan komponen lain yang terkait. 11 Nopember 2011 PENGURUS BADAN PENYIARAN HINDU PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011 Ketua. pengusaha.perlu mendapat dukungan. pemuka agama. astungkara.termasuk BPH Kalimantan Barat . profesional. PENUTUP Hadirnya BPH yang mampu bekerja secara profesional dan siap mengemban amanah penyiaran Agama Hindu. khususnya melalui aktivitas agama dan keagamaan yang berorientasi pada generasi muda. M.Kep Mengetahui : PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA PROPINSI KALIMANTAN BARAT Ketua. IR. I MADE AGUS PARTHAMA P I WAYAN SARTHA A. Selanjutnya.A . berkesinambungan dan terarah. dengan pembinaan yang terencana. Penyiaran agama Hindu adalah tanggungjawab kita semua. Semoga kiranya Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa asung wara krta nugraha dan mengijinkan kesuksesan kepada kita semua.V. Sekretaris. baik pemerintah. pembinaan maupun dana. remaja maupun masyarakat pada umumnya. IR. PUTU DUPA BANDEM.Md. karyawan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful