Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

1. IDENTITAS BUKU Judul Penerbit Kota terbut Tahun terbit Penulis Kategori Jenis Harga Tebal Ukuran Warna buku : Putih : Surat Kecil Untuk Tuhan : Inandra Publisher : Jakarta : 2008 : Agnes Davonar : Kisah Nyata : Nonfiksi : 39.500 rupiah : x + 232 Halaman : 19 cm

Nomor ISBN : 978-979-18346-3-6

Prakosa Yudha Kussuma(201210330311144)

Ia memberikan senyum kepada siapapun dan menunjukkan perjuangannya bahwa dengan kanker diwajahnya ia masih mampu berprestasi dan hidup normal di bangku sekolah. Kanker itu datang lagi.Gadis kecil inilah tokoh utama dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan yang divonis menderita kanker ganas dan diprediksi hidupnya hanya tinggal 5 hari lagi. Namun akhirnya Keke tau bahwa ia terserang kanker ganas. mereka tidak tega melihat separuh wajah putrinya harus hilang karena operasi. Keke terus berjuang untuk tetap hidup dan tetap bersekolah layaknya gadis normal lainnya. bagaimanapun juga sebagai orang tuanya. Namun kanker itu kembali setelah sebuah pesta kebahagiaan sesaat. Orang tuanya berat mengambil keputusan. Keke membuktikan semua itu. kanker itu tetap duduk manis di pelipis kanan Keke. Kali ini.”Keke menjadi juara tiga di kelasnya dalam ujian akhir sekolah. Dalam massa opname itu ada berita yang begitu membanggakan baik untuk Keke dan keluarganya bahwa Allah memang memberikan cobaan sesuai kemampuan hambaNya. Ia tidak marah pada Tuhan. Waktupun berlalu dan kondisi Keke tak juga membaik hingga akhirnya dia harus rawat inap lagi di RSCM dan mengalami koma selama tiga hari. berharap bisa membunuh kanker nakal itu. Kemoterapi pun dilakukan lagi. panggilan gadis remaja aktif dengan sejuta prestasi model dan tarik suara. ayah berserta keluarga merahasiakan kanker itu pada Keke.” Prakosa Yudha Kussuma(201210330311144) . Tuhan menunjukkan kebesaran hati dengan memberikan nafas panjang padanya untuk lepas dari kanker itu sesaat. Maka. seluruh rambut Keke rontok tak bersisa. di pelipis mata sebelah kanan. namun kali ini dengan lokasi berbeda. Walau dalam keadaan sulit. Keke sadar nafasnya di dunia ini semakin sempit. ia pasrah dan tidak marah pada siapapun yang merahasiakan penyakit maut itu padanya. ia bersyukur mendapatkan sebuah kesempatan untuk bernafas lebih lama dari vonis 5 hari bertahan hingga 3 tahun lamanya. ayahnya mencoba cara yang pertama. Tapi sepertinya kanker itu mulai kebal dengan bahan kimia. Kanker jaringan lunak itu menggerogoti bagian wajahnya sehingga terlihat buruk menjadi seperti monster.

terjadi pada siapapun. 2. namun kisahnya menjadi abadi. Kekurangan buku : Kekurangan dari novel ini adalah masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis. di nafasnya terakhir ia menuliskan sebuah surat kecil kepada Tuhan.Lalu. Nafasnya telah berakhir 25 desember 2006 tepat setelah ia menjalankan ibadah puasa dan idul fitri terakhir bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya. 4. tapi sayang penulisannya masih ada yang kurang Prakosa Yudha Kussuma(201210330311144) . dokter menyerah terhadap kankernya. 2 pribadi yang amat sangat berbeda. kehidupan nyata dan 3. Novel ini juga melampirkan beberapa foto perjuangan Keke dalam melawan kanker ganas hingga foto sahabat-sahabat Keke di pemakaman saat Keke menghadap Sang Pencipta 4. Salut banget sama ceritanya. Mengajarkan kita agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya • 1. 5. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari sangat menyentuh. Kelebihan buku : Kelebihan dari novel ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan didalam novel ini. 2. KRITIK DAN SARAN Kisah yang mengajarkan kita tentang arti kehidupan yang sebenarnya. Surat yang penuh dengan kebesaran hati remaja Indonesia yang berharap tidak ada air mata lagi di dunia ini terjadi padanya. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN • 1.

Prakosa Yudha Kussuma(201210330311144) . Mungkin itu saja yang dapat saya katakana.menarik. Pokoknya yang belum baca novel ini harus baca karena sangat bagus dan mengharukan. Jangan lupa baca novelnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful