P. 1
karbohidrat

karbohidrat

|Views: 8|Likes:
Published by darmaisutra
AYU
AYU

More info:

Published by: darmaisutra on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2013

pdf

text

original

POLIMER ADALAH SUATU MOLEKUL PANJANG YANG TERDIRI ATAS BANYAK BLOK PENYUSUN YANG IDENTIK ATAU SERUPA

YANG DIHUBUNGKAN OLEH IKATAN-IKATAN KOVALEN. KARBOHIDRAT (Bahan Bakar dan Materi Pembangun) *Istilah karbohidrat meliputi gula dan polimernya. Karbohidrat paling sederhana adalah monosakarida (gula sederhana). Disakarida adalah gula ganda, yang terdiri atas 2 monosakarida yang dihubungkan melalui kondensasi. Karbohidrat yang merupakan makromolekul adalah polisakarida, polimer yang terdiri dari banyak gula. *Monosakarida memiliki rumus molekul yang merupakan kelipatan CH2O. Contoh : glukosa (C6H12O6). Tergantung dari lokasi gugus karbonil, maka gula bisa sebagai aldosa(gula aldehida) atau sebagai ketosa (gula keton). Glukosa adalah aldosa, sedangkan fruktosa adalah ketosa. *Monosakarida khususnya glukosa merupakan nutrien utama sel melalui suatu proses yang disebut respirasi seluler, di mana sel mengekstraksi energi yang tersimpan dalam molekul glukosa. *Molekul gula yang tidak segera digunakan, umumnya disimpan sebagai monomer yang bergabung membentuk disakarida atau polisakarida. *Disakarida terdiri atas dua monosakarida yang dihubungkan oleh suatu ikatan glikosidik, suatu ikatan kovalen yang terbentuk antara dua monosakarida melalui reaksi dehidrasi. Ikatan glikosidik menghubungkan karbon nomor 1 dari satu glukosa dengan karbon nomor 4 dari glukosa ke dua (disebut juga ikatan 1-4). *Contoh maltosa yang merupakan bahan untuk membuat bir. Contoh lain adalah laktosa yang ditemukan dalam susu, terdiri atas sebuah molekul glukosa yang berikatan dengan sebuah molekul galaktosa. *Sedangkan, disakarida yang paling banyak kita konsumsi sehari-hari adalah sukrosa. Kedua monomernya adalah glukosa dan fruktosa

Karbohidrat berasal dari hidrat suatu karbon dengan rumus empiris Cx(H2O)y. Bagan 14.4. . merupakan polihidroksi-aldehid (C=O) polihidroksi–keton (-C-C=O(COH) dan turunannyalihat Gambar 14. Berdasarkan kerangka tetrahedral inilah. molekul polihidroksi ini lebih stabil dalam struktur siklik perhatikan Bagan 14.9 0.Karbohidrat merupakan molekul yang banyak terdapat di alam.4. sedangkan yang disusun oleh polihidroksi dan gugus keton dikenal dengan ketosa. juga merupakan sumber karbon untuk sintesis biomolekul dan sebagai bentuk energi polimerik. Pembentukan karbohidrat melalui proses fotosintesis dan merupakan sumber energi hayati dari hasil konversi energi matahari ke dalam bentuk energi kimia. Rantai lurus dan bentuk siklik dari karbohidrat Molekul karbohidrat yang paling sederhana adalah polihidroksi aldehida dan polihidroksi keton yang mempunyai tiga hingga enam atom karbon. Karbohidrat selain sebagai sumber utama energi organisme hidup. Atom C memiliki kerangka tetrahedral yang membentuk sudut 105. Karbohidrat yang dibangun oleh polihdroksi dan gugus aldehid disebut dengan aldosa.3. menyebabkan molekul karbohidrat cukup sulit berbentuk rantai lurus.

Karbohidrat yang paling sederhana ditemukan di alam mengandung tiga atom C disebut triosa. Atas dasar jumlah rantai monomernya maka karbohidrat dapat digolongkan menjadi tiga yaitu monosakarida. . Sebagai sumber energi utama bagi tubuh manusia. yaitu mampu memutar bidang cahaya terpolarisasi. Jika dengan gugus aldehida dinamakan aldotriosa (HOCH 2-CHOH-CHO) dan dan dengan gugus keton disebut dengan ketotriosa (HOCH2-CO-CH2OH). strukturnya karbohidrat semakin kompleks dengan adanya atom karbon asimetri. Oligosakarida dan polisakarida. terutama glukosa. Kehadiran C asimetri menyebabkan molekul karbohidrat bersifat optik aktif. Sedangkan yang dibangun oleh 6 (enam) atom C dikenal dengan heksosa.5.Gambar 14. karbohidrat menyediakan energi sebesar 4 kalori atau 17 kilojoule per-gramnya. glukosa segera terlibat dalam produksi adenosin tri phospat (ATP). Melalui proses glikolisis. Pemecahan karbohidrat menghasilkan mono dan disakarida. molekul-molekul yang komposisinya identik tetapi berbeda orientasinya dalam ruang dan keaktifan optiknya. yaitu atom karbon yang mengikat empat atom atau molekul yang berbeda pada struktur tetrahedralnya. Karbohidrat dapat berupa monosakarida atau gula sederhana atau berupa gabungan dari monosakarida yang dapat membentuk polisakarida dengan beberapa unit sampai beberapa ribu unit monosakarida. Selain dibentuk oleh sejumlah atom C yang mengandung gugus polihidroksi. lihat Gambar 14. Pada karbohidrat juga dijumpai keisomeran optik. Klasifikasi karbohidrat Karbohidrat sederhana dibangun oleh 5 (lima) atom C disebut dengan pentosa.5. pembawa energi sel.

Polisakarida merupakan hasil kondensasi antara banyak molekul monosakarida dengan kehilangan molekul air. 2. heksose. Bila dihidrolisis menghasilkan molekul gula sederhana. gula amino dan polimernya. Formula empiriknya C12H22O11. Golongan ini yang paling penting adalah sukrose dan maltose pada tumbuhan dan laktose pada hewan. Disakarida merupakan gula yang dibentuk oleh kondensasi dua monomer monosakarida yang kehilangan satu molekul air. 3. terdapat pada laktose disakarida. Monosakarida. Jaringan hewan memiliki karbohidrat yang lebih sedikit. ribose.Karbohidrat Karbohidrat merupakan salah satu senyawa yang terdiri atas karbon. Klasifikasi monosakarida berdasarkan jumlah atom karbon misalnya triose. Ini merupakan gula paling sederhana dengan formula empirik Cn(H 2O)n. polisakarida yang paling penting pada organisme hidup adalah amilum dan . Formula empiriknya (C6H10O5)n. Polisakarida. Pentose dan ribulose sangat penting dalam fotosintesis. Sedang glikose dan heksose adalah sumber utama energi pada sel. hidrogen. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi pada hewan dan tumbuhan. Karbohidrat terbagi atas beberapa golongan diantaranya : 1. Karbohidrat yang penting diantaranya adalah glukosa. Pada kebanyakan tumbuhan. dan deoksiribose ditemukan dalam molekul asam nukleat. Heksose yang penting lainnya adalah galaktose. karbohidrat juga sebagai penyusun penting dinding sel yang berperan sebagai elemen penyokong. glikogen. dan fruktose (levulose) pembentuk bagian dari sukrose. galaktosa. dan oksigen. Disakarida. Pentose.

D-galaktosa. Glikoprotein dapat dibedakan menjadi dua macam yakni glikoprotein intraseluler dan glikoprotein sekretorik. Disamping polisakarida yang tersusun oleh monomer heksosa.glikogen. Molkekul ini sangat bersifat basofilik. Ini terdapat pada banyak jaringan dan organ. antara lain dalam sistim kekebalan. b. manosa. Yang termasuk adalam golongan ini yaitu heparin. Polisakarida netral. subtansi cadangan makanan dalam sel tumbuhan dan hewan serta selulosa yang merupakan elemen struktural penting pada sel tumbuhan. asam hialuronat. D-manosa. Hanya mengandung asetilglikosamin contohnya khitin yakni subtansi penyokong pada insekta dan crustaceae. Mengandung asam sulfat atau lainnya dalam molekul itu. . Sedangkan glikogen tersusun atas banyak molekul glukosa. Biasanya para dokter dapat mengetahui setiap sel normal atau abnormal melalui glikolipid dan glikoproteinnya. Polisakarida kompleks dan glikoprotein. 4. Glikoprotein. Mukopolisakarida asidik. Lfruktosa. juga terdapat molekul yang lebih panjang dan kompleks yang mengandung nitrogen amino yang dapat mengalami asetilasi atau subtitusi dengan asam sulfat atau asam fosfat. Karbohidrat pada membran plasma merupakan hasil sekresi sel dan tetap berasosiasi dengan membran membentuk glikokaliks. yang terbesar terdapat di sel hati dan serabut otot. umbilical cord. Karbohidrat ini memegang peranan penting dalam berbagai aktivitas sel. Glikolipida merupakan kumpulan berbagai jenis unit-unit monosakarida yang berbeda seperti gula-gula sederhana D-glukosa. dan sebagainya. kondriotin sulfat. c. Semua polimer ini sangat penting dalam organisme molekuler terutama sebagai subtansi interseluler. Karbohidrat pada membran plasma terikat pada protein atau lipida dalam bentuk glikolipida dan glikoprotein. D-xylosa. L-arabinosa. juga N-asetil-D-glukosamin dan asam sialat dapat ditemukan dalam molekul ini. Beberapa monosakarida seperti galaktosa. Amilum merupakan kombinasi dua molekul monosakarida yang panjang dimana tersusun atas amilosa yang tak bercabang dan amilopektin yang memiliki cabang. Suatu komplek yang tersusun dari protein dan gugus prostetik karbohidrat. Polisakarida ini bersifat bebas atau terikat dengan protein sebagai contoh : a.

Dari 8% tersebut. 7 % berikatan dengan lemak membentuk glikolipid dan 93% berikatan dengan protein membentuk glikoprotein. Sebagai contoh membran plasma sel darah merah memiliki 52% protein. Komponen karbohidrat dari memran plasma berjumlah sekitar 2 – 10% dari total berat membran plasma. bergantung kepada spesies dan tipe sel. Komponen penyusun membran sel .Molekul glikoforin membran Untuk membran plasma pada eukariot memiliki karbohidrat yang terikat secara kovalen dengan protein dan lemak. 40% lemak dan 8 % karbohidrat.

kentang. Eritrosa. sellulosa : (C6H10O5)n. kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup. KARBOHIDRAT yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon. sedangkan yang paling banyak kita kenal yaitu glukosa : C6H12O6. Sebagai cadangan energi. O dengan perbandingan 1 atom C. Ribosa. Monosakarida. Penyabaran karbohidrat juga asimetris. 3. khususnya glukosa. Polisakarida nantinya akan dihidrolisis untuk menyediakan gula bagi sel ketika diperlukan. Rantai-rantai molekul dari sebagian besar glikolipid. Berikut macam-macam monosakarida: triosa (C3). heptosa (C7). Xilosa. umbi-umbian. glikoprotein dan dan proteo glikan pada selaput plasma tidak pernah berada pada permukaan sitosolik. merupakan nutrien utama sel 2. xylulosa Pentosa : Lyxosa. Manfaat karbohidrat: 1. hidrogen. molekul-molekul lipida pada bagian luar selaput berbeda dengan lipida pada selaput bagian dalam. jagung. pentosa (C5). Organisme membangun materi-materi kuat dari polisakarida struktural Sumber karbohidrat seperti : nasi/ beras. Rumus umum karbohidrat yaitu Cn(H2O)m. Sebagai materi pembangun. gandum. dan beberapa buah-buahan lainnya. Ribulosa . Dihidroksi aseton Tetrosa : threosa. tetrosa (C4). Sebagai bahan bakar dan nutrisi. sukrosa : C12H22O11. dll. H. 1 atom O. Gliseraldehid. Klasifikasi Karbohidrat: (1) Monosakarida : terdiri atas 3-6 atom C dan tidak dapat lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. heksosa (C6). Terdiri atas C.singkung. Triosa : Gliserosa. 2 atom H. Demikian pula polipeptida yang tersebut pada kedua lembaran lipid bilayer juga berbeda. sagu. dan oksigen. Arabinosa.Selaput plasma merupakan selaput yang asimetris.

inulin. Disakarida dapat dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi 2 molekul monosakarida.Hexosa : Galaktosa. fruktosa Heptosa : Sedoheptulosa (2) Disakarida : terbentuk dari 2 molekul monosakarida sejenis atau tidak. Glukosa. Macam-macam polisarida : amilum. Hidrolisis : terdiri dari 2 monosakarida sukrosa : glukosa + fruktosa (C 1-2) maltosa : 2 glukosa (C 1-4) trehalosa . Mannosa. 2 glukosa (C1-1) Laktosa . glukosa + galaktosa (C1-4) (3) Oligosakarida : terdiri dari 3–6 molekul monosakarida secara hidrolisis. dekstrin( dari hidrolisis pati). selulosa(serat tumbuhan). glikosaminoglikan. khitin. glikoprotein Berikut perjalanan karbohidrat dalam tubuh: . glikogen. (4) Polisakarida : terdiri dari lebih 6 monosakarida dengan rantai lurus/cabang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->