P. 1
Tugas Bahasa Indonesia

Tugas Bahasa Indonesia

|Views: 4|Likes:

More info:

Published by: Willyam Thorocouszyck on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2015

pdf

text

original

TUGAS

PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM PERAWATAN SISTIM TRANSMSI I

NAMA : WILLIAM ROMBEALLO NIM : 341 11 058 KELAS : II C TEKNIK MESIN

JURSAN TEKNK MESIN POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG 2013

1.LATAR BELAKANG
Alat praktikum perawatan sistem transmisi I ini merupakan suatu rancangan alat untuk memperagakan sistem transmisi yang terdiri dari multi transmisi, karena dalam rancang bangun alat ini menggunakan transmisi sabuk yang terdiri dari sabuk V (V belt), sabuk datar (flat belt), sabuk gerigi (timing belt) dan transmisi rantai. Dengan menggunakan motor 1 HP 3 phase, maka akan ditentukan jarak poros yang diijinkan serta ukuran komponen sistem transmisi yang aman jika dipakai. Alat perawatan sistem transmisi I ini dirancang untuk memperagakan transmisi secara manual, karena dalam perpindahan sistem transmisi satu dengan yang lainnya masih menggunakan roda gigi penghubung yang dipindahkan secara manual, sedangkan hal yang berkaitan dengan perawatannya, untuk sistem transmisi sabuk adalah mengatur kekencangan sabuk dan mengatur kesejajaran antara puli penggerak dengan puli pengikut, sedangkan untuk perawatan sistem transmisi rantai adalah dengan pelumasan pada rantai, mengatur kekencangan rantai dan mengatur kesejajaran antara sprocket penggerak dengan sprocket pengikut. Pembuatan alat perawatan sistem transmisi I ini tidak hanya untuk memperagakan sistem transmisi manual, berikut juga dengan cara perawatannya tetapi juga untuk memodifikasi agar menciptakan suatu unit alat yang efektif dan efisien dibandingkan alat sejenis yang telah ada.

2. PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah dalam proyek akhir ini adalah merancang dan membuat alat praktikum perawatan sistem transmisi I dengan perpindahan sistem transmisi satu dengan yang lainnya masih menggunakan tangan (manual) untuk memberikan cara perawatan yang dirancang secara sederhana, meliputi : 1. Bagaimana cara kerja alat praktikum sistem transmisi I.? 2. Bagaimana memilih bahan dalam proses pembuatan komponen alat tersebut.? 3. Bagaimana menghitung biaya untuk membuat alat tersebut.? 4. Bagaimana menghitung rancangan komponen alat tersebut.? 5. Bagaimana proses pembuatan alat tersebut.?

3. BATASAN MASALAH
1. Membatasi perhitungan hanya pada komponen alat yang meliputi : a. Perhitungan rangka, b. Kekuatan las, c. Sabuk dan puli, d. Rantai dan sprocket, 2. Cara perawatan alat praktikum perawatan sistem transmisi I.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->