RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

Sekolah Kelas Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu

: SMP : VII (Tujuh ) : Ganjil/satu (1) : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) : 2x45 menit

A. Standar Kompetensi: 3. Memahami wujud zat dan perubahannya B. Kompetensi Dasar :

3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari C. Indikator Kognitif a) Produk 1. 2. Menjelaskan pengertian massa jenis zat Menjelaskan hubungan antara massa jenis, massa zat dan volume zat. :

b) Proses 1. Melakukan pengukuran massa jenis zat padat 2. Menghitung massa jenis suatu zat

Psikomotor 1. 2. Afektif 1. 2. Karakter : Jujur, objektif dan bertanggung jawab menyampaikan pendapat, menanggapi Merangkai percobaan untuk mengukur massa jenis zat padat Menggunakan alat ukur panjang dan volume

Keterampilan sosial :bekerjasama, pendapat orang lain

siswa dapat: 1.D. volume dengan menggunakan neraca O-haus. 2. siswa dapat menjelaskan hubungan antara massa jenis. Diberikan informasi tentang definisi massa jenis suatu zat. Karakter : siswa mengamati kejadian dalam percobaan dan mencatat data sesuai dengan hasil pengamatan dengan jujur. Dari data hasil percobaan menghitung massa jenis zat . MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN Model Pembelajaran Metode Pembelajaran Sumber Belajar : Pembelajaran Induktif : Eksperimen : Buku IPA Terpadu SMP Kelas VII. Tujuan Pembelajaran a) Kognitif Produk 1. E. dan gelas ukur. siswa dapat menjelaskan pengertian massa jenis zat sesuai dengan konsep massa jenis zat. massa zat dan volume sesuai dengan konsep massa jenis zat. alat dan bahan untuk percobaan . 2. siswa dapat melakukan pengukuran massa zat dan volume dengan menggunakan alat ukur. Proses 1. Afektif 1. 2. siswa dapat menghitung massa jenis zat sesuai dengan konsep massa jenis zat. menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat orang lain. Keterampilan sosial : Siswa bekerjasama dalam kelompoknya. serta menyampaikan hasil kerjanya dengan penuh tanggung jawab. Psikomotor Disediakan alat dan bahan massa jenis zat padat. Diberikan informasi tentang massa jenis. Diberikan percobaan massa jenis zat padat. Merangkai percobaan untuk mengukur massa jenis zat padat sesuai prosedur percobaan. massa zat dan volume. 2. Melakukan pengukuran massa. bahan ajar.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 1.F. Dan siswa diminta untuk mengamati dan melakukan analisis. 2. Kegiatan Inti B. setelah guru mendemonstrasikan percobaan tersebut maka muncul sebuah pertanyaan “mengapa minyak goreng tidak bisa bercampur dengan air?”. Fase 3 : Konvergen     Guru menunjukkan contoh positif dan contoh negatif. Fase 1 : Pendahuluan (Lesson Introduction)  Guru memotivasi siswa dengan mendemonstrasikan percobaan sederhana dengan menunjukkan minyak goreng yang dituangkan dalam gelas yang berisi air. Fase 2 : Open-ended  Guru memberikan percobaan sederhana dengan menunjukkan minyak goreng yang dituangkan dalam gelas yang berisi air dan juga percobaan sederhana yaitu sirup yang dituangkan ke dalam gelas yang berisi air. Kegiatan Awal A. . siswa diminta mengamati untuk memantapkan ciri konsep yang dipelajari Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa percobaan sederhana yang telah dilakukan. Siswa diminta untuk maju ke depan kelas dan menuliskan pertanyaan di papan tulis. kemudian guru meminta siswa untuk mengidentifikasi dan menulis pada tabel pengamatan antara contoh 1 dan contoh 2. C. massa zat dan volume zat.  Guru memberikan percobaan sederhana yaitu oli yang dituangkan ke dalam gelas yang berisi air dan juga spirtus yang dituangkan ke dalam air. Guru meminta siswa untuk melakukan percobaan massa jenis zat padat dengan menggunakan bahan yaitu besi dan kuningan yang berbentuk kubus dan silinder. Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi hubungan antara massa jenis.

   Guru membimbing siswa untuk menjelaskan tentang konsep massa jenis zat. Guru menanamkan sifat positif yang berhubungan dengan konsep massa jenis. E. PENILAIAN  Tes tertulis  Tes unjuk kerja H. BENTUK INSTRUMEN  Tes uraian dan pilihan ganda  Observasi I. G.  Pada akhir pembelajaran. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan konsep mengenai massa jenis zat. D. Fase 5 : Application  Berdasarkan percobaan-percobaan yang telah dilakukan maka guru mengajak siswa untuk mendiskusikan penerapan aplikasi massa jenis dalam kehidupan sehari-hari tentang perahu yang ditumpangi oleh banyak orang namun tidak tenggelam. Fase 4 : Closure Guru memantapkan pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk menganalisis data hasil percobaan yang diperoleh. CONTOH INSTRUMEN  Tes uraian Mengapa minyak yang dituangkan dalam gelas yang berisi air tidak bisa bercampur? .

PEMBELAJARAN INOVATIF II OLEH : Ritma Ayu A.E. 113654050 113654051 113654053 113654210 113654213 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS 2013 . Sania Rizky N. Niatus Sholihah Amelia Hasanah Wiwin Andri W.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful