TUTORIAL ADOBE PREMIER MEMBERI TEXT PADA VIDEO

OLEH: ADE PRIYANTO 0901092063

PRODI MANAJEMEN INFORMATIKA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI POLITEKNIK NEGERI PADANG 2011

Sebelum melakukan praktek memberi text pada video adalah pastikan Adobe Premier Pro 2. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah : 1.0 telah terinstal di komputer anda. Setelah itu importkan file video yang akan diedit dengan cara File > klik Import atau dengan cara klik kanan pada project dan klik import. seperti gambar berikut: atau . Aktifkan Adobe Premier dengan melakukan double klik shortcut yang ada di desktop maupun yang ada di menu program. Kemudian klik New Project untuk membuat project baru. serta berikan nama project pada Name dan klik OK maka tampil jendela berikut ini : 4. 2. 3. Selanjutnya pilih standard editing mode dengan DV-PAL Standard 48Hz dan klik browse untuk menentukan tempat penyimpanan file.

lihat gambar berikut : 7. Kemudian pilih file video yang akan diedit dan klik Open. Kemudian untuk memberikan judul pada video tersebut dapat dilakukan dengan cara. Lihat gambar berikut ini : atau 8. Selanjutnya akan tampil jendela baru dan ketikan nama atau judul yang akan kita buat. klik kanan pada Project > New Item > Title atau dengan klik Title > New Title > Default Still. Klik drag video tersebut ke dalam timeline untuk di edit. maka beri nama dan klik OK. Setelah itu muncul dialog seperti gambar dibawah ini. seperti berikut: 6.5. seperti tampak pada gambat dibawah ini : . 9.

kita dapat menambahkan Video Transition ke dalam title tersebut. klik tanda pada Fill dan klik tanda yang ada pada Properties Title sehingga muncul jendela berikut ini : 11. Untuk memberikan warna pada huruf tersebut dapat kita lakukan dengan cara.10. Untuk membuat judul atau text muncul perlahan pada video. Caranya cari transition yang akan digunakan seperti gambar berikut : . Selanjutnya klik drag title tersebut ke dalam timeline sehingga nampak seperti gambar berikut : 13. 12. Kemudian pilih dan tentukan warna yang akan anda gunakan. setelah itu klik OK.

Begitu juga selanjutnya agar judul dapat menghilang secara perlahan.14. yaitu klik Title > New Title > Default Roll. tetapi letakan video transition pada akhir title. sehingga terlihat seperti gambbar berikut : 15. Lihat gambar berikut : 16. yang mana caranya tidak jauh beda dengan cara sebelumnya. Klik drag video transition seperti tampak gambar diatas dan letakan pada awal title. seperti tampak pada gambar berikut : . Selain itu kita juga dapat membuat tulisan berjalan layaknya seperti ending sebuah film.

Selanjutnya lakukan langkah yang sama dengan langkah no. Setelah itu geser text tersebut ke bawah hingga sampai di garis layar.17.8. 18. Langkah selanjutnya sama dengan langkah no. 12. 9 dan 10. . Namun bedanya title ini diletakkan pada akhit video tersebut. Sehingga text yang dihasilkan seperti berikut. seperti gambar berikut. Lihat gambar ini. 19.

. pada End Off Screen seperti tampak gambar diatas dan 23. Namun sebelum text terakhir sampai pada batas layar atas text sudak menghilang. sehingga kembali tampil seperti langkah no. dan jangan lupa berinama file tersebut dan klik Save. Untuk menanggulangi masalah tersebut yang kita lakukan adalah double klik pada title tersebut. Setelah itu pilih tempat atau folder untuk menyimpan hasilnya.18. 25. Beri tanda klik OK. Kemudian setelah kita jalankan maka text tersebut akan berjalan dari bawah layar ke atas. Setelah itu text dapat berjalan sampai text terakhir. ) maka akan muncul 22. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses rendering selesai.20. 21. Kemudian untuk membuat file Movie atau hasil dari editing dapat dilakukan dengan cara klik File > Export > Movie atau dengan Ctrl+M. 24. Selanjutnya klik tanda Roll/Crewl Option ( tampilan seperti berikut ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful