RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)
Prosedur Penerimaan dan Pengeluaran Kas Bank
Nama Sekolah : SMK PGRI Wonoasri

Mata pelajaran : AKUNTANSI Kelas/ Semester : XI/ 1 Alokasi Waktu : 4x 45 Menit

I. Standar Kompetensi 3. Memproses dokumen dana kas bank II. Kompetensi Dasar 3.1 Mendeskripsikan administrasi kas bank III. Indikator No. Indikator 1. Prosedur pengeluaran dan penerimaan kas dapat diuraikan secara lengkap. IV. Tujuan Pembelajaran • Melalui kegiatan ceramah dan diskusi, 1. Peserta didik dapat mendeskripsikan prosedur pengelolaan penerimaan kas dari penjualan tunai secara benar. 2. Peserta didik dapat mendeskripsikan prosedur pengelolaan penerimaan kas dari piutang secara benar. 3. Peserta didik mampu menjelaskan prosedur pengeluaran kas secara benar. V. Bahan/ Materi Ajar : Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu/Cermat, komunikatif.

Prosedur Pengelolaan Kas

. 1. a) Menerima pembayaran sebesar harga faktur yang diserahkan oleh pembeli. b) Memasukkan data jumlah uang yang diterima ke dalam kas register. c) Lembar 3. 3) Bagian pengiriman Tugas bagian pengiriman antara lain sebagai berikut. diserahkan kepada pembeli untuk dibawa ke bagian kasir pada saat melakukan pembayaran. 1) Bagian order penjualan membuat faktur penjualan tunai sebanyak 3 lembar antara lain: a) Lembar 1. Prosedur Penerimaan Kas Penerimaan kas pada umumnya berasal dari transaksi penjualan barang dengan pembayaran tunai dan penerimaan piutang dari debitur. Prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai Prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai melibatkan beberapa unit organisasi antara lain sebagai berikut. 2) Bagian Kasir Tugas bagian kasir antara lain sebagai berikut.Prosedur pengelolaan kas meliputi prosedur penerimaan dan pengeluaran kas. b) Lembar 2. untuk arsip dibagian penjualan. diserahkan kepada bagian gudang untuk menyiapakan barang yang akan diserahkan kepada pembeli oleh bagian pengiriman. c) Menyerahkan faktur yang sudah dicap lunas bersama pita kas register kepada pembeli untuk diserahkan kepada bagian pengiriman. d) Membuat bukti setoran kas bank. a.

a) Menerima faktur lembar1 bersama pita kas register dari bagian pengiriman. Prosedur penerimaan kas dari piutang Dalam prosedur ini melibatkan unit organisasi sebagai berikut. c) Mengirimkan barang yang bersangkutan bersama faktur lembar2 kepada pembeli setelah data faktur lembar1 dan 2 dicocokkan. . b) Membuat daftar surat pemberitahuan yang diterima dari debitur dan memo kredit dari bank. d) Menyerahkan faktur lembar 1 yang dilampiri pita kas register kepada bagian jurnal dan laporan.a) Menerima barang bersama faktur lembar 2 dari bagian gudang. 2) Bagian piutang Tugas bagian piutang antara lain sebagai berikut. b. c) Mengarsipkan faktur penjualan tunai beserta pita kas register. a) Menerima surat pemberitahuan bersama cek dari debitur. atau memo kredit dari bank dalam hal pembayaran dari debitur melalui transfer dana. b) Mencatat faktur penjualan tunai dalam buku jurnal penerimaan kas. b) Menerima faktur lembar1 bersama pita kas register dari bagian kasir melalui pembeli. 1) Bagian sekretariat Bagian sekretariat bertugas sebagai berikut. 4) Bagian jurnal dan laporan Tugas bagian jurnal dan laporan antara lain sebagai berikut.

Prosedur pengeluaran kas Dalam prosedur pengeluaran kas melibatkan berbagai unit organisasi antara lain sebagai berikut. 3) Bagian kasir Tugas bagian kasir antara lain sebagai berikut. c) Membuat bukti penerimaan kas berdasarkan data daftar surat pemberitahuan. (2) 1 lembar yang telah ditandatangani oleh pejabat bank diserahkan kepada bagian piutang. Mencatat bukti penerimaan kas. penerimaan kas dalam buku jurnal 3. (3) 1 lembar untuk arsip dibagian kasir. 2. a) Menerima daftar surat pemberitahuan bersama cek dari bagian sekretariat. surat pemberitahuan debitur dan bukti setoran ke bank.a) Menerima daftar surat pemberitahuan penerimaan piutang dari bagian sekretariat yang dilampiri surat pemberitahuan dari debitur. 2. . 4) Bagian jurnal dan laporan Tugas bagian jurnal dan laporan antara lain. Mengarsipkan bukti penerimaan kas. b) Membuat bukti setoran ke bank yang terdiri atas: (1) 1 lembar bersama cek (setoran) diserahkan kepada bank. surat pemberitahuan dari debitur dan bukti setoran ke bank dari bagian piutang. b) Menerima bukti setoran ke bank dari kasir. daftar surat pemberitahuan. Menerima bukti penerimaan kas dilampiri daftar surat pemberitahuan penerimaan piutang. 1.

a) Bagian hutang Bagian hutang bertugas: 1) Menerima dokumen. faktur pembelian. daftar gaji. 1) Menerima bukti pengeluaran kas lembar1 beserta dokumen pendukungnya dari bagian hutang. 3) Mengarsip bukti pendukungnya. lembar1 diserahkan kepada bagian hutang. sedangkan lembar2 diserahkan kepada kreditur.bagian lain seperti surat order pembelian. b) Bagian kasa Tugas bagian kasa antara lain antara lain. laporan penerimaan barang. 2) Membuat bukti pengeluaran kas rangkap 3 dan mencatatnya ke dalam daftar bukti pengeluaran kas. 2) Menyerahkan bukti pengeluaran kas lembar1 dan 3. c) Bagian jurnal dan laporan 1) Menerima bukti pengeluaran kas lembar 1 beserta dokumen pendukungnya dari bagian hutang. surat permintaan pengisian kas kecil. 3) Mengeluarkan bukti pengeluaran kas lembar 1 dan 3 yang telah jatuh tempo pembayarannya beserta dokumen pendukungnya.dokumen pendukung yang diserahkan oleh bagian. 4) Menyerahkan bukti pengeluaran kas lembar1 beserta dokumen pendukungnya kepada bagian jurnal dan laporan. pengeluaran kas beserta dokumen . 2) Mencatat bukti pengeluaran kas dalam register cek yang berfungsi sebagai buku jurnal pengeluaran kas. dan rekap daftar gaji yang harus dibayar.

Metode pembelajaran: a. Penutup (30 menit) No. Cermat. b. Tanggung jawab Pesrta didik mendiskuasikan perbedaan ketiga prosedur pengelolaan kas. Metode : Cooperative Learning : Ceramah. Apersepsi : Peserta didik mengingat kembali proses yang terjadi pada kegiatan jual beli. Komunikatif Peserta didik diberi kesempatan Mandiri.VI. Motivasi prosedur ? : Mengapa dalam pengeloaan kas perlu dibuat suatu 2. Kegiatan Awal (30 menit) a. jujur untuk bertanya Peserta didik mengerjakan membahas latihan soal. Langkah. 1. Skenario Pembelajaran Karakter 2. Diskusi. Kegiatan Inti (90 menit) No. Penugasan. kemudian guru mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari. 3. dan 3. VII. 4. Guru menyampaikan materi prosedur Rasa Ingin Tahu penerimaan kas dan pengeluaran kas. Model Pembelajaran b. Skenario Karakter .langkah Pembelajaran 1.

Esai. XI.KTSP. toleransi dengan bimbingan guru.Administrasi Kas dan Bank. Guru memberikan Terstruktur (PT) 3. refleksi a. Instrumen: Terlampir . Toleransi Guru melakukan pembelajaran. Modul Siswa : Papan Tulis. X.pembelajaran 1. Karanganyar. Mandiri. ATK.2009. Yogyakarta.Pratama Pustaka. Indarto Waluyo. Tanggung Penugasan jawab Demokratis. Alat/ Bahan b. Tes Tulis Bentuk Penilaian Pilihan Ganda Biasa (PGB). Instrumen Penilaian Soal. Pedoman Penskoran. Sumber/ bahan Pembelajaran: Nurkhayati.2008. Kunci Jawaban. Penilaian : Jenis Penilaian 1. 2.Modul 4 Akuntansi (Keuangan) untuk SMK/MAK. Kreatif. Peserta didik menyimpulkan materi Demokratis.

... a. 4 September 2012 Guru Mata Pelajaran... b.. cek pihak ketiga d. Cek yang dicatat sebagai piutang. NIP. Kas adalah elemen dari aktiva yang paling ... c.. Wonoasri. tetapi apabila telah jatuh tempo baru dianggap sebagai kas adalah.. cek debitur e... ………………………… NIM.. ... cek perjalanan d.. produktif e. Pilihan Ganda ! Berilah tanda silang (x) pada huruf a..Mengetahui Guru Pamong....... Soal Evaluasi A.. besar 2. d..... cek mundur b. atau e yang merupakan jawaban yang paling benar ! 1...... sulit ditukar ..... a.. banyak b. cepat berubah c..

Semua penerimaan kas harus disetorkan ke bank dalam jumlah penuh c. kecuali . a. 2 c..c.. kecuali. Berikut ini adalah prosedur penerimaan kas. surat berharga e. Setiap penerimaan kas harus didukung dengan bukti pendukung yang memadai b.. sedangkan penerimaan cek disetorkan ke bank 4. lembar a. 3 6. Dalam prosedur penerimaan kas.. kecuali.. 5 . Wesel pos d.. Penerimaan tunai disimpan diperusahaan.. Berikut ini adalah elemen kas. Pelunasan jasa d.. Tabungan 5. Dilakukan pemisahan fungsi antara pemegang catatan kas dengan penyimpan kas d. bagian order penjualan membuat faktur penjualan sebanyak . 1 b. 4 e.. a. Penerimaan kas dapat berasal dari transaksi berikut. Simpanan dapat diambil sewaktu..waktu c. cek kasir 3.. Dibuat laporan penerimaan kas secara harian e. cek b. a.

. Pelunasan pemasok e. Time deposit d.. Wesel pos 8.. a. a. Cek b.. Pemeriksaan kas dapat dilakukan dengan cara .. Cek perjalanan c. Surat perintah kepada bank untuk membayar kepada perusahaan atau seseorang sejumlah uang yang tertera di dalamnya disebut ... Pelunasan barang d. a. Pelunasan pembeli atau pelanggan c. Cek kasir d. Post dated checks c. Penerbitan saham baru 7.. Cek b. Cashier’s checks e. Traveller checks 9.b. Simpanan di bank yang hanya dapat diambil setelah jangka waktu yang ditentukan berakhir adalah . Penggunaan uang untuk kepentingan pribadi dicatat sebagai beban perusahaan . Cek dalam perjalanan e..

Surat berharga n. Bagian pembungkusan B. Untuk mengawasi penggunaan kas perlu diadakan pemeriksaan terhadap kas. Uang kertas b..b.bagian yang terlibat dalam prosedur penerimaan kas yang berasal dari piutang adalah . Bagian order penjualan b. Chek di j. manakah yang termasuk kas dan mana yang tidak dapat digolongkan sebagai kas! a. Uang logam g. Dari komposisi kas berikut ini. Dibuat laporan kas setiap hari e. Bank draft f. Kas yang disisihkan d. Traveler’s check m. Mencocokkan saldo kas dengan keadaan fisik c. Dibentuk dana kas kecil untuk pengeluaran kas yang relatif kecil d.. Wesel/promes i. Simpanan bank/Giro h. Jelaskan yang dimaksud dengan kas menurut pendapat kalian ! 2. Cek mundur k. Cashier’s check .. Money order e.Bagian. Deposito berjangka c. Pengeluaran kas yang relatif besar menggunakan cek 10. Meliputi apa sajakah pemeriksaan kas itu ? 3. a. Esai Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 1. Bilyet giro l. Bagian sekretariat e. Bagian hutang c. Bagian pengiriman d.

000. 55. Benda-benda lain = .00 1.000.00 . Uang giral = . Uang kartal = * Uang kertas .778 lembar @ Rp *Uang logam .00 Dari data diatas diminta: .000.000.000.00 100.000.00 .995 lembar @ Rp .250 lembar @ Rp 50.000.000.700.750.000.00 .450.00 .000.000.300 lembar @ Rp 10.00 waktu diadakan penghitungan uang secara fisik di brankas ada : a.000. Saldo kas PT Budi Daya pada 31 Juli 2012 menunjukkan jumlah sebesar Rp.00 50.00 .295 lembar @ Rp .1 lembar cek Bank Persada nominal Rp 3.50 lembar materai @ Rp 3.00 .510 lembar @ Rp 20.00 Bank Nasional. nominal Rp c.127 lembar @ Rp 12 lembar @ Rp 1. Prangko 4.1lembar cek 6.00 .00 .150 lembar @ Rp 100.00 5.o.00 500.10 lembar perangko @ Rp 3.111 lembar @ Rp 16 lembar @ Rp b.00 100.75 lembar materai @ Rp 6.000.

250. bila terdapat selisih lebih adalah uang pengembalian yang tidak diambil pemiliknya.000.000. Menurut neraca PT Makmur pada 1 Juli 2011 saldo kas sebesar Rp 56.000.00 Rp 15.000. Menjual barang dagang secara kredit Rp 30.000. Membeli barang dagang secara tunai b.000.00 Rp 2.00. Menjual barang dagang secara tunai f.00 g. sedangkan yang sudah dibayar tetapi belum dicatat pada buku kas.a) Membuat perhitungan kas yang benar pada 31 Juli 2012 b) Jurnal penyesuaian. Membeli perlengkapan Dari diatas hitung saldo kas pada tanggal 31 Juli 2011 .000.250.000. Menerima tagihan berupa cek e.000.000.00 Rp Rp 16.00 Rp 10. Mengambil uang untuk keperluan pribadi 6. telepon dan air c.000.200.000.000. Menerima tagihan tunai h. Membayar listrik. 5.000.000.500. Menjual barang dagang secara tunai k.00 selama bulan Juli 2004 telah terjadi transaksi sebagai berikut: a.00 Rp 2.00 j.000. Membayar deviden tunai d.000.00 Rp 27.00 Rp 21.000.00 Rp 16. Membeli barang dagang secara kredit i.000.00 Rp 35.

B 2.Kunci Jawaban A. Pilihan Ganda 1. D 7. C 9. 2. . D 5. D B. E 4. Pemeriksaan kas meliputi: a. A 3. B 10. Kas adalah harta yang dapat digunakan untuk membayar kegiatan operasional perusahaan atau dapat digunakan untuk membayar kewajiban saat ini. A 8. Mencocokkan saldo kas perusahaan dengan keadaan fisik uang yang ada pada kas perusahaan dan benda-benda yang ada dalam kas perusahaan. Esai 1. C 6.

Pemeriksaan kas dilakukan secara mendadak tanpa memberitahukan terlebih dahulu. Money order h. Mengadakan pengujian terhadap catatan-catatan dengan kegiatankegiatan perusahaan seperti perusahaan menyimpan uang di bank atau pengeluaran dengan menggunakan cek.700. Simpanan di bank/giro Yang tidak termasuk kas: a.b. Deposito berjangka c.00 . Traveler’s check g. Yang termasuk kas: a. PT Budi Daya Berita Acara Penghitungan Kas Tanggal 31 Juli 2012 __________________________________________________________ a. Surat berharga e. Uang logam c. Prangko f. Chek d.000. Bilyet giro e. 3. c. Cek mundur b. Cashier’s check i. Wesel/promes d. Uang kertas b. Menurut Catatan Kas Saldo kas tanggal 31 Juli 2012 Rp 55. Kas yang disisihkan f. Bank draft 4.

Uang giral .00 Rp 15.000.250 lembar @ Rp 50.000.000.00 Rp Rp Rp Rp 127.510 lembar @ Rp 20.00 Rp 10.000.00 .00 .995 lembar @ Rp .00 .1 lembar cek Bank Nasional.00 500.00 6.00 100.b.200.000.800.107.300.00 100.1 lembar cek Bank Persada nominal .00 50.592.000.778 lembar @ Rp 5. nominal Jumlah uang giral Jumlah fisik kas tanggal 31 Juli 2012 Jurnal penyesuaian Selisih kas Rp 2.00 800.00 Rp 1.000.00 Rp 10.000.247.00 .100.295 lembar @ Rp . Perhitungan Fisik Saldo Kas 1) Uang kertas .450.00 Rp 12.200.00 1.000.000.000.00 Jumlah uang kertas 2) Uang logam .127 lembar @ Rp 12 lembar @ Rp 11 lembar @ Rp 16 lembar @ Rp 1.00 Rp 144.150 lembar @ Rp 100.00 11.000.500.000.00 Rp 3.00 .00 77.000.750.00 Rp 43.00 Rp 53.000.000.475.000.000.900.00 Rp 3.300 lembar @ Rp 10.00 Jumlah uang logam d.000.000.800.700.00 Rp 6.00 Rp Rp 995.

Membeli barang dagang secara tunai .000.00 Rp 68.00 Rp 73.000.00 Rp 15. PT Makmur Perhitungan Kas Tanggal 31 Juli 2011 _________________________________________________________ Saldo kas awal periode Ditambah : .00 Rp 2.250.00 Rp 10.000.700.000.000.000.00 .000.200.00 .00 Rp 56.250.000.Kas Rp 2.Menerima tagihan tunai Jumlah penerimaan kas Dikurangi: .500.00 Jumlah pengeluaran kas Saldo kas akhir periode 31 Juli 2011 Rp 50.00 Rp 21.300.Menjual barang dagang secara tunai .00 Rp 32.000.000.000.Menerima tagihan berupa cek .00 . telepon dan air .000.000.000.Membeli perlengkapan toko secara tunai Rp 2.Membayar listrik.Mengambil uang untuk keperluan pribadi Rp 6.000.000.000.000.00 5.000.107.Membayar deviden tunai Rp 30.

1. 1 2 - Bila dijawab benar 5 15 Terdiri dari jawaban a. dan c. 3. Bila dijawab benar masing-masing bernilai semua 2 2. Butir Soal Pilihan ganda Keterangan Alternatif Skor 20 Terdiri dari 10 jawaban.Rubrik Penilaian  Kriteria penilaian No. masing-masing semua bernilai 5 . Bila dijawab benar b.

Bila dijawab benar masing-masing bernilai semua 2 10 SKOR MAKSIMAL 100 *NILAI AKHIR = JUMLAH SKOR . 4 Terdiri dari 20 jawaban Bila dijawab benar semua 20 6. 5 Terdiri dari 10 jawaban.4. 3 Terdiri dari 15 jawaban. Bila dijawab benar masing-masing bernilai semua 2 30 5.