Kliping Tentang Masalah Perkotaan Di Jakarta

Dasar Perencanaan Kota
AR2652

NAMA NIM DOSEN

: ANDI RIZAL : 09420021 : Ir. ATIT MEUTIA

Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Borobudur Semester GENAP 2011/2012

KATA PENGHANTAR Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah S.W.T yang telah memberi rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan kliping ini akhirnya bias diselesaikan. Kliping dengan judul ” Masalah Perkotaan Di Jakarta “ ini disesuaikan dengan tujuannya untuk menunjang perkuliahan dalam mata kuliah dasar perencanaan kota serta memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen pembimbing kepada kami. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung ataupun tidak trhadap terselesaikannya kliping ini. Akhir kata, insya Allah kliping ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Sebagai Ibukota suatu negara. Lihatlah apa yang terjadi jika ribuan rumah yang dibangun dibiarkan tanpa pengawasan tanpa memikirkan dampak lingkungannya secara menyeluruh.792.membawa perubahan bagi kota Jakarta sendiri. Problem pelanggaran atas izin bangunan menjadi masalah lingkungan. Koordinatnya adalah 6°11' LS 106°50' BT. kota perdagangan.PENDAHULUAN Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah sebuah provinsi sekaligus Ibukota negara Indonesia. Namun akibat dari salahnya pembangunan kota Jakarta. Tata ruang kota Jakarta sangat berperan bagi penduduk wilayahnya. Jakarta yang kini semakin termakan usianya.banyak masyarakat yang tidak lagi mempedulikan lingkungan sekitar. maka Jakarta merupakan tolak ukur atau barometer bagi kota-kota daerah lainnya. Pada tahun 2004. . banjir dan masalah lingkungan hidup lainnya seperti : kepadatan penduduk . wilayah kumuh. kesenjangan sosial dan masalah ekonomi yang berdampak adanya kriminalitas terus mengancam pennduduk Jakarta. kota perindustrian. Jakarta terletak di bagian Barat Laut Pulau Jawa. tetapi Jakarta juga merupakan kota pariwisata. Seperti halnya problem banjir dan konservasi air bawah tanah yang terus menyusut. kota dunia dan lain sebagainya.000 jiwa. Jakarta tidak hanya sebagai Ibukota negara Indonesia. Banyak masalah yg timbul di kota Jakarta diantaranya adalah masalah kemacetan. luasnya adalah sekitar 740 km² dan penduduknya berjumlah 8.Tidak sedikit masyarakat yang membangun rumah di bantaran sungai dan membuang sampahnya sehingga menyebabkan banjir di Jakarta.

dan permukiman lain. kota. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. BANJIR Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Ukuran danau atau badan air terus berubah-ubah sesuai perubahan curah hujan dan pencairan salju musiman. orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan.1. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir periodik. Banjir juga dapat terjadi di sungai. ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air. terutama di kelokan sungai. namun banjir yang terjadi tidak besar kecuali jika air mencapai daerah yang dimanfaatkan manusia seperti desa. Banjir Jakarta . Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air.

faktor alam dan faktor manusia: 1.000 Ha di antaranya. Papanggo. Tak sedikit warga yang menjadikan bantaran kali sebagai tempat tinggal/bermukim. Ciliwung. yang menghadirkan rumah dan bangunan beton lainnya yang menutup permukaan tanah dan menyulitkan air meresap ke tanah. Jati Kramat. Daerah-daerah tersebut di atas. Faktor Manusia:  Harus diakui bahwa. Pesanggrahan. Kota Jakarta yang luasnya mencapai 650 Km2 itu. air hujan yang turun di daerah hulu. Buaran. karena adanya bangunan-bangunan liar. Krukut. Kali Baru Barat. karena air tidak dapat mengalir secara gravitasi. disiplin dan kesadaran masyarakat Ibukota terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan masih rendah. Warakas. Angke. Kali Baru Timur. sehingga terjadi pendangkalan dan sampah mengonggok di sepanjang aliran sungai. Yakni. Pembangunan yang berlangsung pesat baik di Wilayah Provinsi DKI Jakarta maupun di Depok dan Bogor Jawa Barat. 40 persen atau sekitar 24. melintas 13 sungai (Kali Cakung. mereka pun menjadi sungai sebagai tempat sampah. Cipinang.Faktor Penyebab Terjadinya Banjir Ada dua faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya banjir di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. Grogol.Di wilayah Provinsi OKI Jakarta. Kontur wilayah Provinsi DKI Jakarta pun kurang mendukung kelancaran aliran air. Dan yang sangat memprihatinkan. dan lain-lainnya yang ketinggiannya berada di bawah muka air laut pasang.  . Akibatnya. yang keseluruhannya merupakan saluran sekunder/penghubung sistem drainase kota. Utara. Akibatnya. merupakan dataran rendah utamanya di daerah Jakarta Utara seperti di Sungai Bambu. Sunter. dan Kali Mookervart). sehingga menimbulkan genangan dan bahkan pada saat musim hujan mengakibatkan banjir terutama di Wilayah Jakarta Barat. yang telah berhasil ditanggulangi baru sekitar 9. dan Timur. badan kali menjadi berkurang. telah mempersempit luas kawasan resapan air.000 Ha.  2. Faktor Alam:  Secara geografis.

kawasan yang tergenang pasang air laut besar kemungkinan akan bertambah. Upaya yang di laksanakan masyarakat dilarang membuang sampah sembarangan. ke depan.  Bersama itu juga telah terjadi penurunan permukaan tanah (land subsidence) terutama di bagian utara wilayah DKI Jakarta. Dengan demikian. . jika masyarakat sudah menyadarinya tentunya akan selalu menjaga kebersihan. karena pembuangan sampah penduduk sehari-hari juga di sungai PESAN DAN SARAN : Seharusnya masyarakat sadar benar tentang akibat dari banjir.yang volumenya seringkali berada di atas kapasitas alur sungai. meluap dan menimbulkan banjir dan gena¬ngan di kawasan sekitar sungai. Rumah diatas sungai mengakibatkan banjir. seperti Muara Angke dan kawasan Jakarta Utara sebelah Timur.buanglah sampah pada tempat yang di sediakan. yakni kawasan yang tergenang.

2.” Masalah Kenakalan Remaja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (juvenile court) pada 1899 di Illinois. Definisi Kenakalan Remaja Menurut para ahli : Kartono.Seks bebas dan Tawuran antar pelajar.Banyak juga jenis dari kenakalan remaja . Ia berada pada masa transis. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Pada usia tersebut. mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”. Amerika Serikat. Penyebab terjadinya kenakalan remaja : Perilaku ‘nakal’ remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Akibatnya. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak. ilmuwan sosiologi “Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Faktor internal: . namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. KENAKALAN REMAJA Kenakalan Remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. diantaranya adalah Penyalahgunaan narkoba. Santrock “Kenakalan Remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.

terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. Pendidikan yang salah di keluarga pun. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut. 2. Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik. Keluarga dan Perceraian orangtua. dan juga bangsa-bangsa lainnya di dunia saat ini adalah seputar maraknya . tidak memberikan pendidikan agama. tercapainya identitas peran. Kedua. Teman sebaya yang kurang baik 3. Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga. Tawuran salah satu contoh kenakalan remaja  Penyalahgunaan Narkoba Salah satu persoalan besar yang tengah dihadapi bangsa Indonesia. atau penolakan terhadap eksistensi anak. 2. Pertama. atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. seperti terlalu memanjakan anak.1. Faktor eksternal: 1. bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua. Krisis identitas: Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi.

yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Banyak kasus yang menunjukkan betapa akibat dari masalah tersebut diatas telah menyebabkan banyak kerugian. Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan / zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia. Saat ini. seperti perceraian atau kesulitan lain bahkan kematian yang disebabkan oleh ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obat terlarang. dari susunan komposisi personelnya terlihat dengan jelas bahwa badan ini bersifat lintas sektoral. dan ribuan nyawa telah melayang karena jeratan ‘lingkaran setan’ bernama narkoba.penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba). Telah banyak keluarga yang hancur karenanya dan tidak sedikit pula generasi muda yang kehilangan masa depan karena perangkap ‘makhluk’ yang disebut narkoba ini. maupun disuntikan. baik secara oral / diminum. Badan baru yang bernama " Badan Koordinasi Narkotika Nasional " (BKNN) ini mulai bekerja aktif sejak tahun 2000 dan mengambil alih fungsi BAKOLAK inpres 6/1971 termasuk menjadi focal point kerjasama asean. jutaan orang telah terjerumus ke dalam ‘lembah hitam’ narkoba. Dengan semakin maraknya hal tersebut maka pemerintah pada masa reformasi merasa perlu untuk merevisi lembaga bakolak inpres 6/1971 sekaligus memperkuat posisinya sebagai lembaga yang berada langsung dibawah presiden dan dipimpin oleh kepala kepolisian RI (kapolri) secara ex officio. Banyak kejadian. dihirup. BKNN memiliki fungsi koordinatif. baik materi maupun non materi. Narkoba (singkatan dari Narkotika. Masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia merupakan masalah serius yang harus dicarikan jalan penyelesaiannya dengan segera. dapat .

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. ketergantungan . Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Tingkatan penyalahgunaan biasanya sebagai berikut: 1. 3. penyalahgunaan 5. Sungguh memprihatinkan penyalahgunaan narkoba ini yang telah menimpa generasi muda. maupun disorientasi kordinasi psiko motoriknya. hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan Penggunaan narkoba yang tidak sesuai dengan ketentuan disebut penyalahgunaan narkoba. dan perilaku seseorang. senang-senang. kemauan. mulai anak usia SD sampai usia perguran tinggi. Mereka yang terkena penyalahgunaan narkoba akan terjadi disorientasi emosi. suasana hati atau perasaan.mengubah pikiran. menggunakan pada saat atau keadaan tertentu 4. coba-coba 2.

apalagi malam minggu. Di masa remaja itu juga proses pencarian jati diri. Dan. 3. 4. bahkan sudah merambat di kalangan SMP.Narkoba yang menjerumuskan anak remaja  Seks Bebas Masa remaja adalah masa yang paling berseri. terutama seks bebas. Bahaya Seks Bebas :  Pada Remaja 1. disanalah para remaja banyak yang terjebak dalam pergaulan bebas. Kehamilan pada usia dini yang sangat beresiko Kemandulan akibat praktek aborsi Pendarahan yang bisa berakibat kematian pada praktek aborsi Hilangnya kesempatan untuk menuntut ilmu atau kehilangan masa depan karena harus menikah pada usia dini 5. Banyak kasus remaja putri yang hamil karena kecelakan padahal mereka tidak mengerti dan tidak tahu apa resiko yang akan dihadapinya. Terkena penyakit menular seksual 6. pergaulan bebas di kalangan remaja telah mencapai titik kekhawatiran yang cukup parah. Pelakunya bukan hanya kalangan SMA. Terkena virus HIV/AIDS .Mereka begitu mudah memasuki tempat-tempat khusus orang dewasa. 2.

Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bisa mengganggu ketenangan masyarakat. Tawuran antar pelajar maupun tawuran antar remaja semakin menjadi semenjak terciptanya geng-geng. sepertinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. antar polisi pamong praja dengan pedagang kaki lima. sungguh menyedihkan. Bukan hanya tawuran antar pelajar saja yang menghiasi kolomkolom media cetak. Perilaku merupakan reaksi ketidakmampuan dalam melakukan adaptasi terhadap lingkungan sekitar. Sebenarnya jika kita mau melihat lebih dalam lagi. .  Yang dimaksud dengan faktor internal di sini adalah faktor yang berlangsung melalui proses internalisasi diri yang keliru oleh remaja dalam menanggapi semua pengaruh dari luar. tetapi tawuran antar polisi dan tentara . salah satu akar permasalahannya adalah tingkat kestressan siswa yang tinggi dan pemahaman agama yang masih rendah. Inilah fenomena yang terjadi di masyarakat kita. Hampir setiap minggu.Sebaliknya mereka merasa bangga jika masyarakat itu takut dengan geng/kelompoknya. Tawuran antara remaja SMA Faktor Penyebab Terjadinya Tawuran Ada dua faktor penyebab terjadinya tawuran antar pelajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. berita itu menghiasi media massa. Tawuran Tawuran sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Sehingga jika mendengar kata tawuran. Perilaku anarki selalu dipertontonkan di tengah-tengah masyarakat.

Sebaiknya moral itu di pupuk sejak dini. SARAN 1. PESAN DAN SARAN : Kenakalan remaja timbul karena pergaulan yang salah. ada pasangan suami istri yang tidak pernah bisa memikul tanggung jawab sebagai ayah dan ibu. Diadakannya kegiaatan keimanan di sekolah.  penolakan orang tua. 3. Sedangkan faktor eksternal adalah sebagai berikut: 1.  perlindungan lebih yang diberikan orang tua. 3. minimnya fasilitas ruang belajar. faktor lingkungan : Lingkungan sekitar yang tidak selalu baik dan menguntungkan bagi pendidikan dan perkembangan remaja. 2. 4. Faktor lingkungan sekolah : Lingkungan sekolah yang tidak menguntungkan bisa berupa bangunan sekolah yang tidak memenuhi persyaratan. 2. Pacaran bisa dilakukan berkali-kali atau . jadi orang tua harus bias mendidik anak agar dia menjadi seorang yang baik di kedepannya. jumlah murid di dalam kelas yang terlalu banyak dan padat. semua itu biasa saja tidak terjadi jika ada pengetahuan tentang apa-apa yang bias membahayakan diri sendiri. Sebaiknya orang tua ikut mengawasi pergaulan putra-putrinya  PACARAN Pacaran adalah tahap pengenalan atau penjajakan 2 pribadi sebelum melangkah ke tahap perkawinan. tanpa ruangan olah raga. Peran orang tua juga bias mempengaruhi.faktor keluarga :  baik buruknya rumah tangga atau berantakan dan tidaknya sebuah rumah tangga. ventilasi dan sanitasi yang buruk dan lain sebagainya. Di beritahukan dampak-dampak free sex mulai sejak SD. tanpa halaman bermain yang cukup luas.

Jika pengasuhan orangtua normal. ia jadi ingin melakukan hal yang sama dengan pacar baru (sudah tahu enaknya). Meski seseorang berusia 21 atau 25 secara biologis tapi “usia emosi” orang tersebut masih kanak-kanak. hanya butuh kematangan yang khusus agar tidak mengganggu). Kerugiannya adalah bagi pria. mengalami kekerasan dan sebagainya. . sifat pacaran dan tingkat pencerminan pacaran. sehat atau tidaknya pacaran yang dijalankan.bahkan tidak sama sekali dalam hidup seseorang. Saat itu Anda sedang memasuki usia remaja akhir. Kondisi ini menyisakan kebutuhan tertentu. Umur Kapan sih baiknya seseorang berpacaran? Apa bahaya pacaran di usia dini? Apa manfaat pacaran di usia yang cukup matang? Usia yang matang dan stabil bagi seorang pria umumnya 21 tahun dan wanita 19 tahun. Timbul-lah trauma. 2. Ini sangat merugikan baik pria maupun wanita. Sedangkan si wanita merasa diri kurang berharga dan takut ketahuan pacar baru. maka pacaran di usia 21 pun bisa bermasalah. Lingkaran setan mulai terbentuk. dan suka membandingkan. seseorang berusaha untuk mengenal pasangan satu sama lain dan mencoba mengetahui kecocokan yang dimiliki antara 2 pasangan tersebut. Untuk memutuskan berpacaran . Ironisnya ialah jika sudah terjadi hubungan emosi mendalam. 1. pada masa itu identitas diri relatif sudah terbentuk. Dalam fase pacaran.Jika ada masalah dengan perkembangan emosi saat Anda masih anak dan remaja. Apalagi jika ada hubungan fisik mendalam selama pacaran. Khususnya jika Anda seorang yang kekurangan kasih sayang orangtua. Jika sudah melakukan perkenalan yang akrab (persahabatan) selama 6 bulan hingga setahun maka kalau ada kecocokan maka bisa dilanjutkan ke masa pacaran. Artinya usia si pria menjelang 22 dan si perempuan 20 (dalam kasus tertentu bisa saja lebih muda. ada baiknya diharuskan mempertimbangkan faktor-faktor seperti umur. Maka di usia itulah dianggap aman untuk mulai PDKT alias pendekatan. Sifat Pacaran Yang dimaksud sifat pacaran disini adalah .

asalkan di jalani secara normal jangan melampaui batas norma-norma kesusilaan. PENDAPAT DAN SARAN : Zaman sekarang pacaran itu boleh-boleh saja. maka aliran tersebut bias bermanfaat dan member daya keekuatan akan tetapi dapat juga membawa bahaya kebakaran yang merusak. LALU LINTAS Lalu lintas di dalam Undang-undang No 22 tahun 2009[1] didefinisikan sebagai gerak Kendaraan dan orang di Ruang Lalu Lintas Jalan. Menurut saya jangan berpacaran terlalu lama jika memang keduannya sudah merasa saling cocok dan segera menikah.Sama halnya dengan aliran listrik. Jika semmakin dekat. makin besar kemungkinan persentuhan yang dapat menimbulkan aliran listrik yang member percikan bunga api cinta. sedang yang .3. bila tidak dipersiapkan dan disalurkan dengan baik.maka jarak antara kedua individu yang sedang mengalaminya akan menentukan tingkat pacaran itu. 3.Tingkat Pacaran Bila selanjutnya perasaan yang mulai timbul dengan pacaran diumpamakan dengan muatan listriik.

Komponen lalu lintas Komponen sistem lalu lintas Ada tiga komponen terjadinya lalu lintas yaitu manusia sebagai pengguna. konsentrasi dll). dan/atau barang yang berupa Jalan dan fasilitas pendukung. dimensi dan muatan . perlambatan. nyaman dan efisien melalui manajemen lalu lintas dan rekayasa lalu lintas. kendaraan dan jalan yang saling berinteraksi dalam pergerakan kendaraan yang memenuhi persyaratan kelaikan dikemudikan oleh pengemudi mengikuti aturan lalu lintas yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan yang menyangkut lalu lintas dan angkutan jalan melalui jalan yang memenuhi persyaratan geometrik. cepat. penerangan/lampu jalan dan tata ruang. aman. Pemerintah mempunyai tujuan untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang selamat. umur serta jenis kelamin dan pengaruh-pengaruh luar seperti cuaca. percepatan. lancar.  Manusia sebagai pengguna Manusia sebagai pengguna dapat berperan sebagai pengemudi atau pejalan kaki yang dalam keadaan normal mempunyai kemampuan dan kesiagaan yang berbeda-beda (waktu reaksi. orang. tertib dan teratur.dimaksud dengan Ruang Lalu Lintas Jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan. Perbedaan-perbedaan tersebut masih dipengaruhi oleh keadaan phisik dan psykologi.  Kendaraan Kendaraan digunakan oleh pengemudi mempunyai karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan.

sehingga dapat meredam angka kecelakaan lalu-lintas. Penyebab kemacetan Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan:   Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan Terjadi kecelakaan lalu-lintas sehingga terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas. Kemacetan di Indonesia khususnya ibukota DKI Jakarta tidak dapat dihindari . Jakarta memegang posisi sangat penting dalam berbagai hal . Jalan tersebut direncanakan untuk mampu mengalirkan aliran lalu lintas dengan lancar dan mampu mendukung beban muatan sumbu kendaraan serta aman.ekonomi. perdagangan. spt : berjalan lambat di lajur kanan dsb. Karena adanya pemakai jalan yang tidak tahu aturan lalu lintas. terutama pada titik-titik persimpangan baik di jalan-jalan protocol hingga di jalan lingkungan. kemacetan lalu lintas yang disebabkan kepanikan seperti kalau terjadi isyarat sirene tsunami.yang membutuhkan ruang lalu lintas yang secukupnya untuk bisa bermanuver dalam lalu lintas. Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan Ada perbaikan jalan. misalnya : poliyik .      . Jakartamerupakan kota terbesar di Indonesia. Bagian jalan tertentu yang longsor.  Jalan Jalan merupakan lintasan yang direncanakan untuk dilalui kendaraan bermotor maupun kendaraan tidak bermotor termasuk pejalan kaki. Sebagai Ibukota Negara.

Keausan kendaraan lebih tinggi. Mengganggu kelancaran kendaraan darurat seperti ambulans. karena waktu yang lebih lama untuk jarak yang pendek.Dampak negatif kemacetan Kemacetan lalu lintas memberikan dampak negatif yang besar yang antara lain disebabkan:    Kerugian waktu. dan mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal. karena kecepatan perjalanan yang rendah Pemborosan energi. Meningkatkan stress pengguna jalan. radiator tidak berfungsi dengan baik dan penggunaan rem yang lebih tinggi. karena pada kecepatan rendah konsumsi bahan bakar lebih rendah. Meningkatkan polusi udara karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi. pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya    Kemacetan di Jakarta Pemecahan permasalahan kemacetan Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memecahkan permasalahan kemacetan lalu lintas yang harus dirumuskan dalam suatu rencana yang komprehentip yang biasanya meliputi langkah-langkah sebagai berikut: .

Mengurangi konflik dipersimpangan melalui pembatasan arus tertentu. Stokholm. pajak bahan bakar. menambah lajur lalu lintas sepanjang hal itu memungkinkan. persimpangan tidak sebidang/flyover. biasanya yang paling dominan membatasi arus belok kanan. 2. pembatasan mobil pribadi masuk jalur busway. 3.  Pembatasan kendaraan pribadi Langkah ini biasanya tidak populer tetapi bila kemacetan semakin parah harus dilakukan manajemen lalu lintas yang lebih ekstrem sebagai berikut: 1. Mengembangkan inteligent transport sistem. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi menuju suatu kawasan tertentu seperti yang direncanakan akan diterapkan di Jakarta melalui Electronic Road Pricing (ERP). Meningkatkan kapasitas persimpangan melalui lampu lalu lintas. Pembatasan lalu lintas tertentu memasuki kawasan atau jalan tertentu. bea masuk yang tinggi. 5. ERP berhasil dengan sangat sukses di Singapura. Pembatasan pemilikan kendaraan pribadi melalui peningkatan biaya pemilikan kendaraan. kemudahan dalam mendapatkan kendaraan yang di fasilitasi oleh para pengusaha di bidang otomotif yang memberikan kredit murah. SARAN : Usulan untuk pemerintah untuk membatasi produksi kendaraan. 3. Peningkatan kapasitas Salah satu langkah yang penting dalam memecahkan kemacetan adalah dengan meningkatkan kapasitas jalan/parasarana seperti: 1. bukan hanya . London. 2. Merubah sirkulasi lalu lintas menjadi jalan satu arah. 4. Memperlebar jalan. ataupun pembatasan penyediaan ruang parkir dikawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya. Bentuk lain dengan penerapan kebijakan parkir yang dapat dilakukan dengan penerapan tarip parkir yang tinggi di kawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya. seperti diterapkan di Jakarta yang dikenal sebagai kawasan 3 in 1 atau contoh lain pembatasan sepeda motor masuk jalan tol. pajak kendaraan bermotor.

menerobos. Perubahan penduduk ini meliputi kelahiran. Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. seperti pengecer hingga pelanggan potensial. Kepadatan Penduduk  Kepadatan Penduduk juga dapat berpengaruh terhadap pencemaran Lingkungan. merebut ruas jalan. 4. . dan migrasi. Perubahan ini disebut dinamika penduduk. dan geografi. jumlah penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun disebut pertumbuhan penduduk. Laju pertumbuhan penduduk lebih tinggi di negara berkembang dibanding dengan negara maju.Kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal. S edangkan. KEPADATAN PENDUDUK Dalam sosiologi. Penduduk di suatu daerah atau negara mengalami perubahan dari waktu ke waktu.macet beban pemerintah bertambah dengan banjir yang akhir-akhir ini sering terjadi jika hujan turun lebat. penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. kematian. Demografi banyak digunakan dalam pemasaran. Berbagai aspek perilaku menusia dipelajari dalam sosiologi. terlebih sebagian pengendara sepeda motor yang selalu bersikap egois dan seenaknya. yang berhubungan erat dengan unit-unit ekonomi. kemacetan juga sering terjadi karena ke egoisan para pengendara kendaraan. ekonomi.

seperti bidang ekonomi. 3) Adanya kesempatan mendapatan pendidikan yang lebih tinggi. tempat hiburan yang menarik minat seseorang. 2. sosial. Hal ini berdampak negatif pada lingkungan. terjadinya urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak makin meningkatkan penduduk kota. dan lingkungan. Hal ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan masyarakat. 4) Adanya kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih baik.Faktor-faktor pendorong terjadinya migrasi adalah: 1) Adanya harapan bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan di tempat yang baru 2) Ada rasa kebanggaan tersendiri berada di tempat yang baru. Hal ini juga menyebabkan kemampuan menabung masyarakat menurun sehingga dana untuk pembangunan negara berkurang. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Ekonomi D ampak kepadatan penduduk terhadap ekonomi adalah pendapatan per kapita berkurang sehingga daya beli masyarakat menurun.  Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Kehidupan Jumlah manusia yang makin meningkat memiliki dampak dalam berbagai bidang kehidupan. lapangan kerja menjadi berkurang dan pengangguran makin meningkat. Ak ibatnya. 1. 5) Adanya aktivitas. yaitu: 1) Makin berkurangnya lahan produktif. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan Jumlah penduduk yang makin meningkat menyebabkan kebutuhannya makin meningkat pula. maka pengangguran akan men ingkat. . Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Sosial Jika lapangan pekerjaan berkurang. 3. seperti sawah dan perkebunan karena lahan tersebut dipakai untuk pemukiman. Selain itu. Hal ini akan meningkatkan kejahatan.

3) Pertambahan penduduk juga menyebabkan arus mobilitas meningkat. kotor. yang dapat dilakukan adalah mengurangi. Pabrik-pabrik diwajibkan menampung dan mengolah limbah. Semua zat dikategorikan sebagai polutan bila kadarnya melebihi batas normal. yaitu ledakan pertumbuhan tumbuhan air. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan membuat persediaan minyak bumi makin menipis. Pencemaran nitrogen dalam perairan menyebabkan eutrofikasi. Manusia membutuhkan air bersih untuk keperluan hidupnya. Pencemaran atau polusi tidak dapat dihindari. Air ya ng tercemar dapat dikurangi kadar pencemarannya dengan cara menyaring. Bahan pencemar berupa bahan kimia yang mengandung racun. Sedangkan. Polutan yang menyebabkan pencemaran air harus diuraikan. Pencemaran air menyebabkan air berwarna hitam. Hal ini menyebabkan persediaan air bersih menurun. dan pembongkarannya banyak memerlukan oksigen. . Banyak ikan yang mati karena kekurangan oksigen. kebutuhan alat tranportasi meningkat dan kebutuhan energi seperti minyak bumi meningkat pula. polutan adalah segala sesuatu yang menyebabkan polusi. seperti eceng gondok. dan berada pada waktu yang tidak tepat. Akibatnya. mudah mengendap. Penguraian polutan tersebut memerlukan banyak O sehingga menyebabkan kekurangan O dalam air yang berpengaruh terhadap kehidupan di air.  Kepadatan Penduduk Juga Berpengaruh Terhadap Pencemaran Lingkungan Pencemaran atau polusi adalah penambahan segala substansi ke lingkungan akibat aktivitas manusia. dan mengendapkan. WC pada setiap rumah tangga perlu dilengkapi dengan septic tank. dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat kepada lingkungannya. mengendalikan pencemaran. 1.2) Makin berkurangnya ketersediaan air bersih. dan berbau busuk. berada di tempat yang tidak semestinya. mengandung radioaktif. mengencerkan. Pencemaran Air Penyebab pencemaran air adalah limbah pabrik atau limbah rumah tangga. panas. Pertambahan penduduk akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan air bersih.

2. Untuk mengurangi pencemaran ini banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendaur ulang bahan-bahan tersebut. kekeringan. contohnya letusan gunung. Faktor Manusia Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungannya. Pencemaran lingkungan ini disebabkan oleh dua faktor. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan dan pencemaran. 1. kaca. Jika populasi manusia makin banyak. perubahan iklim. stiroform. dan angin topan. Ya memang wajar karena Jakarta hingga sekarang adalah ibu kota sekaligus pusat pemerintaha revoblik Indonesia. SARAN : Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar tentang padatnya penduduk di Jakarta. limbah rumah tangga.2. dan lain-lain. dan barang-barang rongsokan. . Pencemaran Tanah Bahan pencemar tanah berasal dari limbah pabrik. yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor Alam Pencemaran lingkungan dapat terjadi secara alami. Biasanya manusia hanya dapat memperkirakan dan mengurangi dampaknya. gempa bumi.  Penyebab Pencemaran Lingkungan Kepadatan manusia berdampak pada pencemaran lingkungan. maka makin banyak sumber daya alam yang diambil dari lingkungannya. kepadatan ini mungkin di sebabkan karena kurang meratannya pembangunan di setiap daerah di Indonesia sehingga warga-warga di daerah lain akan bermigrasi di Jakarta. Bahan pencemar yang sukar dihancurkan oleh mikroba adalah plastik. banjir.

PELANGGARAN BANGUNAN Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan merupakan unit kerja Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan pada Kota Administrasi. 2.4. Seksi Pengawasan Bangunan merupakan satuan kerja lini Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (Suku Dinas P2B) dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan perencanaan.72 Tahun 2002 tentang Ketentuan Pengawasan Pelaksanaan Kegiatan Membangun di Provinsi DKI Jakarta.1503 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pemeliharaan dan Pengkajian Teknis Bangunan dalam Wilayah DKI Jakarta. 4. 5. Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.7 Tahun 1991 tentang Bangunan dalam Wilayah DKI Jakarta. Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. pelaksanaan dan kelaikan pada tahap pembangunan dan pemanfaatan. Izin Penggunaan Bangunan dan Kelaikan Menggunakan Bangunan di Provinsi DKI Jakarta. Ketentuan Teknis Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Penggunaan Bangunan (IPB) . Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.76 Tahun 2000 tentang Tata Cara Memperoleh Izin Mendirikan Bangunan. 3. Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. Landasan Hukum Kegiatan pengawasan ini dilandasi oleh : 1. Peraturan Daerah DKI Jakarta No.123 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan.

KMB diterbitkan apabila penggunaan bangunan yang dimohon sesuai dengan IPB yang telah diterbitkan dan memenuhi syarat kelaikan menggunakan bangunan. Ketentuan Teknis Kelaikan Menggunakan Bangunan (KMB) Setiap bangunan yang telah memiliki IPB harus memiliki keterangan Kelaikan Menggunakan Bangunan (KMB). PENDAPAT DAN SARAN : Mereka para pemilik rumah membangun rumahnya suka-suka mereka sendiri tanpa memikirkan dampak lingkungannya secara luas. sebelum digunakan harus memiliki IPB. IPB yang diterbitkan berlaku selama penggunaannya sesuai dengan IMB dan bangunan masih memenuhi persyaratan kelaikan menggunakan bangunan. Izin kelaikan menggunakan bangunan diberikan apabila ketentuan dalam izin membangun telah dipenuhi dengan mempertimbangkan segi administratif dan hasil pengkajian yang dibuat oleh Pengkaji Teknis Bangunan. Izin menggunakan bangunan diberikan apabila ketentuan dalam izin membangun telah dipenuhi dengan mempertimbangkan segi administratif dan laporan pelaksanaan yang dibuat oleh Direksi Pengawas. . dengan terlebih dahulu dinilai kelaikan menggunakannya yang dilakukan secara periodik setelah 10 tahun untuk bangunan rumah tinggal dan 5 tahun untuk bangunan bukan-rumah tinggal terhitung sejak IPB diterbitkan. Setiap bangunan yang telah selesai dilaksanakan sesuai IMB. Pemerintah harus bertindak tegas member sanksi hukuman kepada yang melanggar peraturan pemerintah.Setiap bangunan yang telah selesai dibangun sebelum digunakan atau dihuni harus terlebih dahulu mempunyai Izin Penggunaan Bangunan (IPB). KMB dapat diterbitkan untuk sebagian atau seluruh bangunan.