“TEKNOLOGI 4G” 1.

Latar Belakang Seiring berkembangnya teknologi mutahir di era globalisasi ini, kebutuhan-kebutuhan seperti layanan komunikasi pun semakin pesat. Dalam makalah ini, penulis akan membahas mengenai hal-hal yang terkait dengan teknologi komunikasi 4G yang berkembang saat ini, penyebaran penggunaannya, dan bagaimana perkembangan penggunaan teknologi 4G sebagai salah satu teknologi komunikasi yang berkembang saat ini. Seperti kita ketahui, bahwa pemanfaatan teknologi 4G sekarang ini semakin marak sekali sering digunakan oleh para masayarakat pada umumnya untuk berbagai hal. Sehingga untuk meningkatkan berbagai mutunya, masyarakat harus lebih mengembangkan teknologi ini secara meluas. Agar perkembangan tersebut dapat diperoleh dengan hasil yang memuaskan. Tak dapat dipungkiri pula bahwa teknologi 4G ini, merupakan jenis teknologi yang masih sangat awam sekali untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat luas karena teknologi 4G ini terbilang masih baru, serta masih sangat sulit untuk dikembangkan. Karena mungkin keterbatasan ilmu serta pemikiran yang belum canggih dalam menggunakan produk baru.

2. Permasalahan Dari latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka semakin berkembangnya kebutuhan dimasa mendatang terutama pada konsumen masyarakat yang banyak menggunakan layanan komunikasi 4G, tentu sangat potensial menimbulkan harmonisa pada sistem komunikasi di masyarakat. Dan permasalahan yang akan dibahas pada penulisan makalah ini adalah mempelajarai secara rinci apa itu Teknologi 4G. 3. Pembatasan Masalah

5. d. Studi literatur Penulis mempelajari literatur-literatur mengenai Teknologi 4G yang sedang berkembang saat ini. Bimbingan dosen atau ahli.Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut. Pengumpulan Data Pengumpulan data yang dilakukan dalam tugas akhir ini adalah terdiri dari 3 cara. Apakah manfaat dari teknologi 4G ? 3. Tujuan Adapun tujuan dari penulisan makalah Teknologi 4G ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Komunikasi Bergerak Seluler yang ditugaskan oleh dosen pengajar. yaitu sebagai berikut : • • Mengumpulkan referensi baik dari buku-buku dan website yang tersedia di internet. b. Selain itu kita dapat mengetahui secara rinci apa itu 4G dan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. masalahmasalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. c. Kelebihan 4G ? 4. Analisa data . Metodologi Metodologi penelitian yang dilakukan dalam makalah ini meliputi : a. Mengumpulkan data-data dari pelajaran yang telah dipelajari. Apakah yang dimaksud dengan 4G ? 2.

Tinjauan Pustaka 6.1 4G (Fourth Generation) Teknologi 4G (juga dikenal sebagai Beyond 3G) adalah istilah dalam teknologi komunikasi yang digunakan untuk menjelaskan evolusi berikutnya dalam dunia komunikasi nirkabel. Flowcart Metodologi Mulai Studi literatur Pengumpulan data Analisa dan kesimpula n Selesai 6. Menurut kelompok kerja 4G (4G working groups). Sistem 4G juga akan bertindak sebagai platform terbuka di mana inovasi yang baru dapat berkembang. e. maka penulis dapat menarik suatu kesimpulan untuk hasil analisa secara keseluruhan. Kesimpulan Setelah data dianalisa. infrastruktur dan terminal yang digunakan 4G akan mempunyai hampir semua standar yang telah diterapkan dari 2G sampai 3G.setelah memperoleh data. . penulis akan menganalisa data-data yang diperoleh yaitu Jaringan 4G dan pendahulunya. Guna mengetahui apa itu.

3 GHz. sehingga dapat menjadi alternatif dari jaringan broadband dengan kabel dan DSL. mustahil untuk perusahaan apapun sekarang ini dalam menyediakan kepastian solusi nirkabel yang bisa disebut jaringan seluler 4G yang tepat sesuai dengan standar internasional untuk 4G.3 WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) Adalah teknologi 4G yang mempunyai kemampuan transfer data jarak jauh secara nirkabel. Banyak perusahaan sudah mendefinisikan sendiri arti mengenai 4G untuk menyatakan bahwa mereka telah memiliki 4G. Walaupun mungkin beberapa teknologi yang didemonstrasikan sekarang ini dapat menjadi bagian dari 4G. sampai standar 4G telah didefinisikan. juga point to point access untuk mendukung penuh akses telepon bergerak (mobile phone). sehingga mendukung semua jaringan berbasis Internet Protocol (IP). bahkan ada pula perusahaan lain yang mengatakan sudah membuat sistem prototipe yang disebut 4G.Teknologi 4G akan mampu untuk menyediakan Internet Protocol (IP) yang komperhensif di mana suara. data dan streamed multimedia dapat diberikan kepada para pengguna “kapan saja.5 GHz.5 GHz. Teknologi ini direncanakan untuk memiliki kecepatan rata-rata download 100 Mbps dan kecepatan rata-rata upload 50 Mbps. seperti percobaan peluncuran WiMAX.2 UMTS Revision 8 atau 3GPP LTE (Third Generation Partnership Project Long Term Evolution) Adalah teknologi 4G yang masih dalam tahap pengembangan oleh 3GPP (Third Generation Partnership Project).3 GHz. Dalam aplikasinya WiMAX menggunakan frekuensi mulai dari 3. 2. Sebagian dari standar baku yang menyiapkan jalan bagi teknologi 4G meliputi: 6. 3. 6. dan pada kecepatan transmisi data yang lebih tinggi dibanding generasi yang sebelumnya. WiMAX secara teori dapat mengirim data sampai kecepatan 70 Mbps dalam jarak 48 Km. di mana saja”. namun dalam prateknya . atau 5 GHz (tergantung regulasi frekuensi tiap negara). 2. Hal-hal seperti itulah yang mengacaukan statemen tentang “keberadaan” layanan 4G sehingga cenderung membingungkan investor dan analis industry nirkabel.

kabel dan asesoris lainnya. peningkatan dalam hal kinerja dan ketahanan (robustness) aplikasi. Aplikasi yang menggunakan jaringan Wimax memiliki beberapa kelebihan yaitu: • Pemasangan yang umumnya relatif lebih mudah (khususnya apda daerah dengan hambatan geografis). • • keamanan yang lebih baik serta kecepatan setara dengan broadband baik untuk suara. • Wimax dibangun dengan fondasi yang lebih aman dibandingkan dengan teknologi nirkabel sebelumnya.4 Sejarah Perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut: 1G Jaringan 1G pertamakali ditemukan di tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi . Base Station Merupakan perangkat transceiver (transmitter dan receiver) yang biasanya dipasang satu lokasi (colocated) dengan jaringan Internet Protocol (IP). Dari BS ini akan disambungkan ke beberapa CPE dengan media interface gelombang radio (RF) yang mengikuti standar WiMAX.WiMAX hanya mampu untuk mengirim data pada kecepatan 10 Mbps dalam jarak 10 Km untuk daerah bebas gangguan (pinggir kota) dan 10 Mbps dalam jarak 2 Km untuk daerah urban (perkotaan). Elemen/ perangkat5 WiMAX secara umum terdiri dari BS di sisi pusat dan CPE di sisi pelanggan. Namun demikian masih ada perangkat tambahan seperti antena. data maupun video. jaringan yang seluruhnya berbasis IP. Komponen BS terdiri dari: Ø Ø Ø Ø NPU (networking processing unit card) AU (access unit card)up to 6 +1 PIU (power interface unit) 1+1 AVU (air ventilation unit) 6.

GPRS jg adalah akar dari munculnya 4G. Yang harus anda ketahui adalah bahwa ini adalah standar baru dari teknologi jaringan. kedua sistem ini (GSM dan CDMA) mewakili generasi ke dua (2G) dari teknlogi jaringan nirkabel. 2. keamanan lebih terjaga dan kapaistas yg lebih besar. mereka berbeda. yang hampir bisa dipastikan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi jaringan analog (1G) seperti suara lebih jernih. lahir pada tahu 1997 GPRS dengan sigap menggantikan CSD yang boros. ketika mereka mengecek email setiap hari mereka merasa sudah harus ada perubahan. zaman dimana campur tangan manusia sudah tidak terlalu dibutuhkan semuanya benar benar sudah otomatis dan dengan bentuk yang kecil tentunya. Sehingga harus ada generasi yang baru. 2G Pada awal tahun 90-an untuk pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital. dan juga kenyataan bahwa generasi Pertama telah pupus satu dekade yang lalu. mereka membutuhkan akses data yang lebih cepat dari yang ada saat itu. GPRS memang lebih bagus dari 2G tapi tidak cukup bagus jika kita bandingkan dengan 3G yang benih benih nya sudah mulai muncul ketika GPRS di umumkan untuk pertama kali. karena tidak akan ada kuis berhadiah Iphone 4G yang akan menanyakan singkatan itu. Pada tahun tahun selanjutnya ketika orang-orang sudah ketagihan internet.5G GPRS (The General Packet Radio Service) – 2.jaringan. dengan GPRS anda bisa . Saya tidak perlu menjelaska singkatan dari AMPS dll. GSM muncul terlebih dahulu di Eropa sementara Amerika mengandalkan D-AMPS dan Quallcomm CDMA pertama mereka. mereka unik mereka Asli.5G – adalah terobosan terbaru di generasi ke dua ini. karena ini adalah ponsel generasi pertama mereka membuat nya sangat serius mereka membuat ponsel yang kuat dan handal yang akhirnya tersebar ke seluruh dunia.

UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). dan browsing). 3G Antara tahun 2001 sampai 2003. 3. Secara teori kecepatan akses . secara teori kecepatan gprs mampu mencapai 100kbps walau dalam kenyataannya kita tidak pernah mencapai kecepatan 40kbps.5 (3. EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) : teknologi perkembangan dari GSM. EVDO Rev 0 pada CDMA2000 dan UMTS pada GSM pertama yang merupakan cikal bakal generasi ke tiga (3G) diperkenalkan. dan video calling*). Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. HSDPA sering disebut dengan generasi 3. karena tidak perlu mengupgrade hardware secara ekstrem dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.dipastikan “Always on” anda dapat terhubung ke internet dimana saja dan kapan saja. dengan EDGE anda sudah dapat merasakan kecepatan dua kali lebih cepat daripada GPRS akan tetapi tetap saja masih kurang cepat dari 3G. rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Tapi ini bukan berarti GPRS telah mati. video conference. mms. Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail. Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail. UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) : perkembangan selanjutnya dari EDGE.rates for GSM Evolution – ini diharapkan akan menjadi pengganti GPRS yang baik. Justru saat itu muncul EDGE – Enhanced Data .5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. mms. dan browsing). UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming. GPRS juga membuat anda lebih irit karena hitungannya menjadi per kilobyte bukan lagi permenit seperti CSD.5G HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G.

Bayangkan dengan kecepatan super itu anda dapat dengan mudah mendowload film dengan kualitas HD. inilah yang dinamakan 3. Antara generasi kedua dan generasi ketiga..data HSDPA sama seperti 480kbps. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). teknologi ini memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dari evdo rev 0. menjadi EVDO rev A.5G.5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio . Dan dalam waktu yang singkat tentu saja. Teknologi 4G adalah istilah serapan dari bahasa Inggris: fourth-generation technology. CDMA 2000 mengupgrade teknologi jaringan evdo mereka. Juga UMTS yang menguprade teknologi mereka ke HSDPA dan HSUPA. mari kita tunggu kedatangan teknologi yang super cepat ini. Semakin baru tekonologi pastinya semakin bagus. 4G 4G yang digadang gadang 500 kali lebih cepat daripada CDMA2000 dapat memberikan kecepatan hingga 1Gbps jika anda di rumah atau 100Mbps ketika anda bepergian. daripada dengan menyelimuti sawah-sawah dengan kabel fiber optik. Kalau gak lebih cepat apa gunanya menciptakan HSDPA. Teknologi yang masuk kategori 2. Luar biasa . Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond".. sering disisipkan Generasi 2.5 yaitu digital. untuk mendownload film berkapasitas 6GB saja hanya diperlukan waktu 6 Menit. selain itu ini adalah salahsatu solusi yang paling efektif untuk jaringan internet dipedasaan karena lebih baik menanam 1 menara 4G untuk ber mil-mil jauhnya. Istilah ini umumnya digunakan untuk menjelaskan pengembangan teknologi telepon seluler. tapi pastinya HSDPA lebih cepat lah. Setelah beberapa tahun. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G.

dan 3G merupakan ISDN. 2. Teknologi 4G juga akan menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. SIP adalah protokol inti dalam internet telephony yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol. nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon.5G atau yang biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 3. Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja memasuki dan memulai tahap 3. Dengan teknologi SIP dalam 4G. Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL. 6.5G. Sementara teknologi 2G. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur arus bawah yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet. IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali. Kita tidak lagi perlu bergantung pada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN yang menggunakan seluler. Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia.Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution ) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator. Infrastruktr internet telephony memungkinkan kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum. . Tidak lama lagi internet telephony akan menjadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi. pemerintah dan DPR belakangan ini.5 Teknologi 4G di Indonesia Secara sederhana.6 Mb/s (termasuk koneksi pita lebar (broadband connection)). Berkaitan dengan teknologi 4G.

ac.com/2012/03/makalah-komunikasi-data-4g. Namun layaknya tak ada gading yang tak retak.6.wordpress.php http://blog. maka ada sedikit kekurangan juga pada teknologi LTE.org/2010/06/17/teknologi-3g/ http://linggaale.blog.um. memiliki jaringan yang cukup luas dan layanan data broadband dalam skala besar.trg.binusian. 7.blogspot.html http://hubpages.5 Ghz. Daftar Pustaka http://virgo-zaha.html http://www. Berkaitan dengan hal yang disebut sebelumnya maka dari sisi pengguna atau konsumen adalah tarif yang akan lebih ekonomis.co.php/news/read/1169/good-bye-3g-welcome-4g http://jovin. yaitu perlunya lisensi frekuaensi mengingat LTE berjalan pada frekuensi 2.com/2007/06/keunggulan-dan-kelemahan-3g-dan4g.com/index.com/2010/07/perbedaan-3g-dan-4g.id/anakibuku/sistem-telekomunikasi/pengertian-1g-4g-gsmamps-cdma-dan-wimax/ http://haslinteknik.id/news.ninonurmadi.6 Kelebihan 4G Kelebihan lain yang dimiliki oleh teknologi 4G yang menggunakan jaringan LTE ini adalah dapat menghemat biaya pengeluaran bagi operator yang sudah memiliki jaringan 3G dan HSDPA.blogspot.com/hub/3G-and-4G-Mobile-Services http://www.html http://arrahmah.com/2011/06/30/makalah-komunikasi-data-4g-3/ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful