Analisis Kerusakan pada Dinding

Nama : Evi Novia Restu NIM : 03101406028

JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR Mata Kuliah : Teknologi Bangunan Dosen : Wienty Triyuli, S.T., M.T. NIP : 197705282001122002

dan sebagainya. Anda pun tak perlu langsung memanggil tukang untuk memperbaiki dinding ini. Masalah yang muncul mulai dari dinding berjamur. . Yang jelas. Lalu semprot dinding dengan air bersih. buka lebar-lebar dan jangan sering ditutup. Salah-salah kesehatan Anda sekeluarga menjadi terganggu juga. beli dan pasang kipas angin dinding (exhaust fan) untuk lebih memperbaiki sirkulasi udara. Itulah sebabnya dinding berjamur banyak dijumpai di kamar mandi. tak jarang ditemui berbagai kendala terutama untuk ruangan yang berada di negara tropis. Siram dengan air bersih dan keringkan. campurkan 500 gram kaporit / larutan pemutih dengan 2 liter air. Anda sekeluarga pun bisa jadi tak nyaman lagi berada di rumah. cat menggelembung hingga dinding retak. Berikut beberapa masalah dinding yang kerap terjadi : 1. Usapkan ke dinding secara merata dan biarkan satu jam agar jamur mati. Anda tak bisa mendiamkan masalah ini berlarut-larut. cat mengelupas. Biarkan selama 2-6 jam. Setelah kering cat lagi dengan cat khusus anti jamur. ruang mencuci. Selain mengganggu keindahan dan kesehatan rumah. berlumut. Biarkan kering satu hari. Bilas lagi dengan air bersih. garasi. Lalu cat dinding dengan cat biasa. Jika ada jendela di ruangan tersebut. Lalu sapukan cairan anti jamur dengan kuas. Setelah kering. bersihkan dengan menggunakan kape tidak bergagang.Pendahuluan Dinding yang baik tentunya tak hanya mampu menyokong rumah dengan kuat namun juga memiliki tampilan yang baik sehingga dapat mendukung keindahan rumah itu sendiri. Jika sudah terlanjur berjamur. Bila ada dana lebih. Anda bisa menggunakannya untuk memperbaikinya. Keadaan ini bisa semakin parah jika isolasi/penyekatan dan ventilasi dalam sebuah ruangan kurang baik. Asal muasal jamur ini dari uap air yang diserap oleh dinding. Dinding Berjamur Serangan jamur yang mengakibatkan flek pada dinding ini jelas-jelas mengganggu penglihatan dan kesehatan lingkungan rumah. Jika ada waktu luang. Agar tampilan dinding tetap menarik.

Dinding Retak Struktur Keretakan yang terjadi pada dinding sebenarnya dapat diuraikan pada beberapa jenis kerusakan. kamar mandi. Lumut dapat tumbuh karena adanya uap air yang diserap oleh dinding. Dinding Berlumut banyak dijumpai di dinding luar. Setelah kering cat lagi dengan cat khusus anti lumut. Dinding Berlumut Selain jamur.2. Oleh karena itu. Sama seperti jamur pada dinding. ruang mencuci. lumut pada dinding juga dapat mengakibatkan flek pada dinding . biarkan kering satu hari. Lalu sapukan cairan anti lumut. Setelah kering. Siram dengan air bersih dan keringkan. Retak struktur (lebarnya lebih dari 2 mm dan tembus ke sisi sebelahnya) disebabkan oleh pergerakan fondasi yang kurang sempurna. Bilas lagi dengan air bersih. . Namun yang sering terlihat di perumahan selama ini adalah kerusakan ringan yakni retak rambut dan kerusakan berat yakni retak struktur. Biarkan selama 2-6 jam. kontraktor bangunan Anda perlu waktu yang cukup untuk membangun gedung dan memilih bahan fondasi yang berkualitas baik. 3. Usapkan ke dinding secara merata dan biarkan satu jam agar lumut mati. Akibatnya tanah tak mampu mendukung bangunan. Lalu cat dinding dengan cat biasa. dan sebagainya. campurkan 500 gram kaporit / larutan pemutih dengan 2 liter air. lumut juga dibersihkan dengan menggunakan kape tidak bergagang. Lalu semprot dinding dengan air bersih.

Sambil menunggu cat mongering. Lalu amplas permukaan dinding hingga sisa cat hilang. lap dengan lap kering lanjutkan dengan lap basah. . Aduk rata lalu gunakan roller untuk mengecatnya. cari kualitas cat yang baik dan jaga kekentalan campuran cat dengan air. Jangan lupa. cek jendela dan pintu. Cat Dinding Mengelupas Lagi-lagi air hujan menyebabkan masalah bagi dinding yakni dengan terkelupasnya cat. plesteran tidak disiram dulu/ belum benar-benar kering. campurkan cat eksterior dengan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat. cat kembali dengan lapisan kedua. Jika ada. Ada cara mudah untuk menghindarinya yakni siram air ke tembok. pastikan tak ada celah. Atasi segera cat dinding yang terkelupas dengan mengeroknya dan gunakan kape yang bergagang. Setelah mengering (kira-kira 2-3 jam). tutup dengan campuran silikon yang tahan air.4. Dinding Retak Rambut Retak rambut (lebarnya tidak lebih dari 1 mm dan tidak tembus ke sisi dinding lainnya) disebabkan oleh kurang sempurnanya pengerjaan seperti saat melakukan pengerjaan acian/dinding dihaluskan. Cukup satu lapis dan keringkan 1-2 jam. Lalu gunakan roller untuk mengecat dinding dengan warna dasar. Agar benar-benar bersih. Hal ini untuk menghindari cat cepat kering dan tidak merata. 5. tunggu beberapa menit dan mulai mengecat. kurang sempurnanya campuran untuk plester dan akibat pemakaian cat yang tidak memiliki elastisitas baik. Untuk itu.

Penyebabnya bisa pada pekerjaan pengecatan ulang. Biarkan sampai lapisan permukaan kering betul. Solusi perbaikan untuk gelembung besar dengan mencari sumber kebocoran pada dinding. Selain itu cat yang menggelembung dapat diakibatkan karena cat dinding jenis interior digunakan pada permukaan eksterior. seperti bak mandi atau pipa air atau talang air hujan. Karena pengaruh cuaca akan menyebabkan gelembung.6. Cat Dinding Menggelembung Ukuran gelembung kecil-kecil dan berjumlah banyak. Selain itu. Bisa juga karena ada kebocoran pada titik sumber air. . air dapat mengalir melalui rongga di bawah permukaan cat (lapisan film). sehingga membentuk gelembung yang berisi air. Bisa juga pada dinding yang mengalami kebocoran. Warna Cat Belang Warna cat belang membentuk pola basah pada dinding atau warna cat tampak pudar sebagian. adapula beberapa yang berukuran besar dan biasanya yang satu atau dua buah. Solusi perbaikan untuk gelembung kecil dengan memperbaiki ventilasi ruangan agar udara dan suhunya mencukupi untuk membuat cat kering sentuh dan gelembung tersebut jangan dipegang karena dapat pecah dan meninggalkan bekas. 7. Lalu lapisi dengan plamur tembok. Penyebabnya karena terjadi rembesan pada dinding yang disebabkan oleh naiknya permukaan air tanah (kapilaritas). kadar alkali yang cukup tinggi pada bahan material penyusun dinding dapat menyebabkan warna cat belang. lapisan cat yang masih basah biasanya akan membentuk gelembunggelembung kecil. amplas permukaan dinding hingga rata dan lakukan pengecatan ulang. Kupas lapisan yang menggelembung.

Memang dapat diatasi dengan lapisan sealer yang tahan air namun sealer tidak akan bertahan lama jika dinding terlalu basah. Setelah kering lakukan pengecatan ulang pada satu bidang.Solusi karena rembesan air dengan memperbaiki sumber kebocoran. Kupas plesteran dan ganti dengan plester jenis trasram. Ini biasa terjadi pada dinding dapur. Noda Air Selain air hujan.lalu beri lapisan cat dasar jenis alkali killer atau anti alkali. Untuk mengatasinya. Solusi karena kadar alkali dengan mengupas/ mengampelasi lapisan cat dan bersihkan dengan kain lap bersih dan kering. tempat memasak dengan menggunakan kompor minyak ataupun gas. dapat memanggil tukang untuk mengecek dinding bagian dalam. 8. lakukan pengecatan ulang. Cat perlahan-lahan akan lepas dan jika terlalu lama dapat berwarna hitam. Cat Dinding Mengerak Panas akibat api dapat membuat cat dinding mengerak. 9. baik karena pecahnya pipa air atau bocornya bak mandi. Setelah yakin tidak ada rembesan lagi. . rembesan air dari pipa saluran AC atau saluran air kotor dapat membuat dinding jadi terkena noda air. Tunggu beberapa saat sambil memonitor tingkat kelembaban dinding.

Setelah dinding dikerok. . Ini diakibatkan karena penggunaan cat dengan kandungan pigmen yang sedikit akan menimbulkan efek seperti ini. Biasanya terdapat pada cat dengan kualitas rendah. Cat Dinding Berkapur Pada permukaan timbul butiran halus.Cara mengatasinya. Solusinya dengan membersihkan lapisan cat yang berkapur. bersihkan dinding dengan air. dan lapisan cat menempel pada tangan sewaktu disentuh. lalu lakukan pengecatan ulang dengan memakai cat yang tahan terhadap panas. 10. dapat dengan melakukan pengerokan. Kemudian beri lapisan dasar khusus yang membuat butiran-butiran berkapur tesebut menempel dan lakukan pengecatan ulang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful