NAMA : ACHDIAN PRIHATIANTO NPM : 10540009

NAMA : GANDUNG ADI NPM : 10540018

NAMA : KRISTIYANTORO NPM : 10540012

NAMA : OKY RAHMAWATI NPM : 10540003

Selanjutnya. maka perpustakaan harus mampu (1) mengkaji dan mengenali siapa masyarakat pemakainya dan informasi apa yang diperlukan. perpustakaan harus siap menyediakan koleksi bahan pustaka yang up to date bagi penggunanya. salah satu kriteria penilaian layanan perpustakaan yang bagus adalah dilihat dari kualitas koleksinya. (2) berusaha menyediakan layanan jasa yang diperlukan saat itu.Pengadaan Bahan Pustaka Pengadaan Bahan Pustaka Sebagai basis dalam penyediaan pengetahuan dan informasi. maka perpustakaan akan ditinggalkan penggunanya. Maka. Agar pengadaan bahan pustaka benar-benar sesuai dengan kebutuhan informasi masyarakat. namun juga masa yang akan datang. maka informasi tersebut dianggap memiliki nilai guna bagi masyarakat. bahan pustaka dapat dikatakan bermanfaat bagi masyarakat apabila informasi tersebut dapat didayagunakan masyarakat penggunanya. Koleksi perpustakaan merupakan sumber informasi yang tidak saja menggambarkan hasil karya manusia masa lampau dan masa sekarang. Bila koleksi perpustakaan dikembangkan tidak mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. serta (3) mendorong pemakai untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh . Setiap kegiatan lain di perpustakaan akan bergantung pada pemilikan koleksi perpustakaan yang bersangkutan. Sebuah paradigma baru menyimpulkan. Koleksi yang dimaksud tentu saja mencakup berbagai format bahan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan alternatif para pemakai perpustakaan terhadap media rekam informasi. perpustakaan harus bisa menjadi salah satu basis penyediaan pengetahuan dan informasi yang uptodate bagi masyarakat.

kita bisa melakukan pembelian di bursa buku-buku bekas atau menelusuri pameran-pameran buku karena pameran buku biasanya memberikan diskon besar-besaran. kesempatan seperti ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pengelola perpustakaan. untuk meringankan biaya pembelian. Adapun pengadaan bahan perpustakaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. maka perpustakaan dan pustakawan harus pro aktif bekerja sama dalam mencari unit kerja atau instansi atau LSM mana yang dapat menghadiahkan bukubukunya bagi keperluan perpustakaan. (2) Tukar-menukar. Sehingga pengadaan koleksi yang akan dilakukan benar-benar mutakhir dan relevan dengan kebutuhan informasi masyarakat tersebut. (4) Sumbangan. Sehingga pemustaka bisa memanfaatkan koleksi dari perpustakaan yang lain. diantaranya: (1) Pembelian. sehingga bisa membuat permohonan buku-buku hasil penyiangan tersebut bisa disumbangkan dan dimanfaatkan oleh perpustakaan kita. (3) Hadiah.perpustakaan. (5) kerjasama. untuk mendapatkan buku secara cuma-cuma/ hadiah. perpustakaan dan pustakawan harus pro aktif mencari perpustakaan yang akan mengadakan penyiangan koleksi. misalnya dengan penerbit dan penulis dengan mendapatkan . kita bisa mendapatkan bahan pustaka dengan melakukan kerjasama. kita bisa melakukan kerja sama dengan perpustakaan yang lain dengan tukar-menukar koleksi dengan cara peminjaman jangka panjang. Pendekatan ini sangat diperlukan. karena dengan adanya permohonan yang resmi dari pejabat perpustakaan akan memudahkan proses pustakawan dalam memperoleh buku-buku yang di perlukan perpustakaan secara cuma-cuma.

harga buku-buku yang serendah-rendahnya dengan kualitas yang sama dengan buku yang bagus dan mahal. . Walaupun cara-cara tersebut diatas bertujuan untuk meminimalisir pembiayaan pengadaan koleksi. Cara-cara pengadaan bahan pustaka diatas dapat dilakukan dengan catatan tetap memperhatikan kebutuhan informasi masyarakat dengan cara memberikan bahan pustaka yang uptodate. tapi tidak menutup kemungkinan dengan cara-cara tersebut kita akan mendapatkan bahan pustaka yang berkualitas. bagus dan bermanfaat untuk masyarakat. mutakhir dan relevan sesuai dengan kebutuhan pengguna perpustakaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful