1.

Salah satu proses pembentukan terhadap material baik secara manual ataupun menggunakan mesin yang bertujuan untuk mendapatkan bentuk sesuai dengan design dan spesifikasi gambar dinamakan a. Forming b. Handling c. Cutting d. Nibling e. Welding 2. Dibawah ini adalah alat-alat yang digunakan untuk melaksanakan proses fabrikasi dibengkel KRPU, kecuali a. Palu dural b. Mistar baja c. Plusoair d. Penggores dan penitik e. Ragum 3. Bahan yang digunakan untuk melaksanakan praktek di bengkel KRPU adalah a. Baja lunak b. Allumunium c. Tembaga d. Kuningan e. Timah putih 4. Komponen pesawat udara yang dapat dibuat dengan proses fabrikasi diantaranya tersebut dibawah ini kecuali a. Landing gear b. Stringers c. Frames d. Ribs e. Longerons 5. Bahan baku untuk proses hand forming sebaiknya memiliki sifat seperti dibawah ini kecuali a. Liat b. Mudah dibentuk c. Tidak cepat retak d. Regas e. Tidak mudah berkarat 6. Alat bantu fabrikasi yang dipergunakan untuk menghilangkan ketajaman sisi benda kerja yaitu a. Kikir b. Ampelas c. Scraper d. Pisau e. Gunting 7. Manual forming terbagi menjadi tiga kategori yaitu a. Fitter, welding, hand forming b. Fitter, folding, hand forming c. Folding, hand forming, finish forming

13. d. 12. Folding. Pukul bagian retak denga palu dural c. Lipat dengan plusoair e. Mesin lipat Suatu proses pengerutan material dalam forming dikenal dengan istilah a. Fitter Mesin yang sering digunakan untuk proses mechanical forming seperti yang tercantum dibawah ini kecuali a. Bahan terlalu tipis e. 11. hand forming. Tensile strength material terlalu tinggi Untuk menghilangkan retak yang cukup panjang (5 mm) pada bagian sisi benda kerja maka sebaiknya dilakukan dengan a. welding. 14. Radius contour sesuai / cukup b. Bending d. Pukul bagian retak dengan palu rata b. Rubber press c. Mesin roll d. 9. Area kontruksi terlalu kecil d. Radius terlalu kecil b. Fitter. Welding Dibawah ini terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya crack. Sifat bahan yang tidak memenuhi perpanjangan yang diinginkan d. Doubler e. Terjadi crack c. kecuali a. Sudut bending terlalu ekstrim c. Folding e. Tebal benda menipis b.8. Eccentric press forming e. Pukulan palu yang tidak terlalu keras Wrinkle atau keriput / melipat pada proses hand forming terjadi karena. Mesin gerinda b. kecuali a. Mechanical forming c. Shrinking c. Folding b. Benda kerja menebal . Hand forming d. Tidak ada jawaban yang tepat Hasil proses pengkerutan benda kerja yang baik dan benar adalah a. finish forming Proses pembentukan material dengan menggunakan mesin sesuai dengan tool dan gambar dinamakan a. Landasan kerja yang masih kasar e. finish forming e. Sisi benda kerja masih kasar c. Contour b. 10. Gunting sampai batas ujung retakan d.

Tang jepit c.d. . Gunting 16. Mistar baja d. Terjadi deformasi e. Tidak ada jawaban yang tepat 15. Plusoair e. Untuk membantu proses pengkerutan benda kerja. maka alat alat yang sebaiknya dipakai adalah a. Palu perata b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful