P. 1
Tracheostomy Perawatan

Tracheostomy Perawatan

|Views: 165|Likes:
Published by winaiwin
Tracheostomy Perawatan
Tracheostomy Perawatan

More info:

Published by: winaiwin on May 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

Apakah tracheostomi itu ?
Adalah irisan pada batang tenggorok (trachea) untuk memasukkan pipa untuk mempermudah pernapasan
Tujuan 1. membuat saluran udara yang melewati suatu penghalang dibagian atas saluran pernapasan 2. memberi jalan buatan guna pertukaran udara untuk memberi tambahan zat asam atau gas lain 3. untuk mengeluarkan kotoran yang banyak /melekat disaluran pernapasan

Beberapa type dari tubing tracheostomi
Ada 3 macam tubing 1. metal 2. polyvinylcloride [pvc] 3. silicone Bagian- bagian dari tubing trachea 1. obturator : digunakan sebagai pemandu tubing masuk kedalam 2. flange/ neck plate : “ sayap “ diatas tubing trachea dengan pita pengaman 3. cannula : bagian dari tubing trachea yang ada dibagian pipa angin 4. inner canula : bagian dalam dari canula/ anak canula

.

Bagaimana sistem pernapasan tubuh .

.

tumor 7. vocal cord paralysis 3. subglottic stenosis 2. congenital problem of the airways 5.Indikasi / Alasan pemasangan tubing tracheostomy Problem jalan napas atau penyakit 1. luka bakar pada saluran napas 8. sleep apnea 4. infeksi 6. obstruksi .

paru atau penyakit 1. Kebutuhan support ventilator yang lama . Broncho pulmonary dysplasia 2.Problem pada paru. Trauma pada dinding dada 3. Penyakit paru menahun 4. Diafragma problems 5.

Neuro muscular disease 6.Aspirasi 2.lain 1.Coma dalam waktu yang lama .Problem lain.Fraktur vertebra atau spinal cord injury 5.Penyakit dari pusat control pernapasan seperti central apnea 3.Luka bakar pada wajah 4.

adanya infeksi dan kemerahan .Perawatan kulit sekitar tracheostomi Adalah membersihkan kulit disekitar lubang tracheostomy Itu harus dilakukan setiap pagi dan sore hari Bisa dilakukan lebih sering bila kulit lembab.

Prosedur membersihkan kulit sekitar tracheostomi Persiapan : 1.Nacl 0.Sabun dan air 2.Cotton bud atau lidi watten 3.9 % atau hydrogen peroxide untuk drainage yang keras .

celupkan lidi watten dalam larutan sabun 6.pegang tubing saat membersihkan kulit 5. Jangan menggunakan bedak atau lotion disekitar lubang trachea 13. celupkan lidiwatten baru dan bilas kulit dengan air 9.suction tracheostomy sebelum perawatan kulit 3.cuci tangan 2. Jangan menempatkan kassa atau material dibawah tubing tracheo 12.Keringkan dengan kassa atau handuk 11. datar dan untuk anak tempatkan gulungan handuk atau yang lain dibawah bahu untuk memudahkan kita melihat posisi dari tubing 4. lakukan gerakan berputar dari kulit yg. jika drainage kering dan keras gunakan hydrogen peroxide sebelum menggunakan sabun 8. Terbuka keluar 7. Obsrevasi kulit dari kemerahan drainage atau ruam . jangan meletakkan lidi watten yang sudah dipakai kedalam air pencuci 10.posisikan px.ulangi sampai semua kulit bersih dan tidak ada drainage. gunakan lidi watten sekali pakai .Prosedure : 1.

.

Perubahan tali tracheostomy Tali tracheostomy harus diganti setiap hari atau setiap waktu bila tali dalam kondisi basah atau kotor Usahakan dalam melakukan penggantian dilakukan oleh dua orang . satu orang untuk memegang tubing tracheo dan satu orang untuk mengganti tali dan membersihkan. .

Tempatkan gulungan handuk atau selimut dibawah bahu agar terlihat leher dan tubing tracheo serta restrain tangan dan kaki terutama pada pasien anak 4. Sabun dan air untuk mencuci Prosedur : 1. bilas dan keringkan 6. Persiapan 1. Jika ada kelebihan tali guntinglah 11. letakkan jari anda dibawah tali disamping leher. Letakkan tali baru diatas sayap pada sisi yang lain. Letakkan tali baru diatas sayap tubing pada sisi yang sama. Tali tracheo 2. Ukur tali baru lewat tempat tali yang melingkar dileher dan potong sesuai kebutuhan 3. Bersihkan kulit dibawah tali. itu harus masuk dibawah leher . Ambil satu sisi dari tali 5. Cuci tangan 2.. cuci .Prosedur perubahan tali trach. Cuci kulit dibawah tali dengan sabun dan air lalu keringkan 9. masukkan pita/ tali pada lubangyang ada disayap seperti sisi pertama 10. masukkan pita pada lubang diatas sayap tubing tracheo dan balik diatas pita leher 7. Sambung kedua tali dibelakang leher. Pastikan tali cukup terikat tetapi tidak terlalu erat. Ambil sisi pita yang lain 8.

.

.

.

kempiskan cuff saat suction .hal yang perlu diingat pada pemakaian cuff 1. cuff harus dikembangkan ketika makan 3.Pemberian cuff/balon pada trach. • Balon ini dapat ditiup dengan udara pada jalan napas tertutup • Cuff yang digelembungkan mempunyai fungsi menutup sekeliling pipa agar tidak bocor sehingg udara dapat keluar atau mencegah benda asing masuk • Cuff yang terlalu menggelembung menyebabkan pembengkakan tenggorok atau kelumuhan pada selaput lendir • Hal ini biasa digunakan ketika menggunakan ventilator atau ketika kesulitan dengan sekret yang terlalu didalam paru • Hal. cuff harus dikempiskan saat digunakan untuk bicara 4. • Cuff adalah balon kecil dimana lokasinya diujung dari tubing trach. chek cuff apakah mengembang sebelum digunakan ke pasient 2.

Artificial nose/ merubah hangat dan kelembaban 4. 5.Humidification Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kelembaban : 1. Saline . Masukan cairan 2. Mask 6. Trach. Kelembaban ruangan/ kamar 3. Trach. Ring/cincin trach.

.

.

.

.

batuk yang berlebihan 3.jari. sebelum perubahan tubing trach. kurang istirahat dan gelisah 4. 4. pernapasan tidak seperti biasanya 6. ketika pertama kali bangun dari Tanda. sebelum makan 2. kesulitan bernapas. kesulitan makan dan minum 5. terlihat pucat. kebiruan . mulut. bibir. 2. sebelum tidur 3.Suctioning • Waktu yang paling umum: 1. suara gurgling atau bubbling ketika bernapas. jari. retraction.tanda pasient memerlukan suction: 1. secret datang dari tubing trach.

macam kemungkinan dari secret 1. Berdarah atau blood streak : tidak cukup kelembabannya 4. hijau atau berbau : infeksi 3. Bersih atau putih –itu normal 2. Pink dan bergelembung : terlalu banyak cairan .Macam. Kuning.

masukkan catheter kedalam tubing dengan kedalaman yang telah diukur 6.Prosedur suctioning Persiapan: 1. bilas catheter dengan air steril / nacl lalu ulangi proses ini sampai tubing trach. ambil ukuran suction yang tepat dan sambungkan kealat suction 3. alat suction 2. Nacl o. cuci tangan anda 2. sarung tangan steril Prosedur : 1. nyalakan alat suction 4. buang cath.jari . catheter suction 3. tutup lubang penghisap dengan ibu jari anda pindahkan pelan.benar bersih dari mucus dengan jarak hisapan 2 sampai 3 menit 8. gunakan sarung tangan steril 5 . Bekas pakai kedalam tas plastik . container atau tas plastik 5.pelan catheter dengan cara memutar catheter diantara ibu jari dan jari. lama hisapan tidak boleh lebih dari 10 sampai 15 detik 7. benar.9 % 4.

Jarak ukuran kedalaman suction .

.

Perawatan inner canula / anak canula • Anak canula dibersihkan / disikat dengan sikat • • canula atau direndam dengan hydrogen peroxide/ presept Bilas dengan cairan bebas kuman / Nacl Keringkan sisa cairan yang ada dalam anak canula dengan cara menggoncang – goncangkan Lekatkan kembali anak canula kedalam tubing dengan mantap • .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->