Dody Kurniawan (M0209016) Rayhan Hanina (M0211064) Susanti (M0211072) Mustika Cahya Fitriani (M0212054

)

KELOMPOK 1:

Fungsi akal adalah untuk berfikir. AKAL = OTAK .Akal adalah kemampuan pikir manusia sebagai kodrat alami yang dimiliki manusia. Berpikir adalah perbuatan operasional yang mendorong untuk aktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia. kemampuan berfikir manusia mempunyai fungsi mengingat kembali apa yang telah diketahui sebagai tugas dasarnya untuk memecahkan masalah dan akhirnya membentuk tingkah laku.

Budi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalam kebudayaan. Budi diartikan sebagai batin manusia. panduan akal dan perasaan yang dapat menimbang baik buruk segala sesuatu Jadi. BUDI = HATI . fungsi akal&budi manusia adalah menunjukkan martabat manusia dan kemanusiaan sebagai pemegang amanah makhluk tertinggi di alam raya.

Kata budaya merupakan bentuk majemuk kata budi-daya yang berarti cipta. Sebenarnya kata budaya hanya dipakai sebagai singkatan kata kebudayaan. yang berasal dari Bahasa Sangsekerta budhayah yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. karsa. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. dan rasa. .

berasal dari kata latin “colere” yang berarti mengolah. merupakan istilah bahasa inggris yang sama artinya dengan kebudayaan. menyuburkan mengembangkan tanah (bertani). Dari asal arti tersebut yaitu “colere” kemudian “culture” diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. .Culture. mengerjakan.

yang unsur-unsur pembentukannya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu • Prof Dr. serta kemampuan dan kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. gagasan. seni. adapt. Koentjaraningrat Kebudayaan adalah keseluruhan sistem. hukum. kepercayaan. • R.• EB Taylor Kebudayaan adalah keseluruhan yang mencakup pengetahuan. Linton Kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku. tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar • Ki Hajar Dewantara Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat . moral.

Manusia Sebagai Pencipta kebudayaan Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini. manusia memiliki kemampuan belajar sehingga menjadi cerdas. . semacam bisikan hati. Intuisi adalah bentuk pikiran yang samar. intelegensi dan intuisi Dengan akal manusia mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain. memiliki teknologi dan pengetahuan. Dengan kadar intelegensi yang dimiliki. Manusia sebagai pencipta kebudayaan memiliki kemampuan daya sebagai berikut : Akal.

Emosi sering berbentuk perasaan yang kuat yang dapat menguasai seseorang tapi tidak berlangsung lama  Kemauan Kemauan adalah dorongan kehendak yang terarah pada tujuantujuan hidup tertentu yang dikendalikan oleh akal budi. nyatalah bahwa manusia menciptakan kebudayaan . baik yang berasal dari rangsangan dalam dirinya maupun berasal dari luar dirinya.  Fantasi fantasi adalah paduan unsur pemikiran dan perasaan yang ada pada manusia untuk menciptakan kreasi baru yang dapat dinikmati  Perilaku Perilaku adalah merupakan jati diri seseorang yang berasal dari lahir sebagai faktor keturunan Dengan sumber – sumber kemampuan daya manusia. Perasaan dan emosi Perasaan adalah kemampuan psikis yang dimiliki seseorang.

1. Derita berasal dari bahasa Sansekerta.sesama manusia.mahluk ciptaan Allah alam dan benda mati lainnya dan Adil kepada al-Khaliq (Tuhan). Dalam kamus besar Bahasa Indonesia. dhra artinya menahan atau menanggung. 2. derita berarti menanggung (merasakan) sesuatu yang tidak menyenangkan. . Penderitaan Penderitaan berasal dari kata derita. Adil pada diri sendiri. Keadilan Keadilan adalah suatu kualitas hasil dari sesuatu perbuatan yang dinilai adil (keadaan yang seimbangan antara Hak dan Kewajiban).

Cinta merupakan sikap dasar ideal yang memungkinkan dimensi sosial manusi menemukan bentuknya yang khas manusiawi .3. Cinta Kasih Cinta kasih merupakan adalah perasaan suka kepada seseorang yang disertai belas kasihan.

.4. Tanggung Jawab Tanggungjawab adalah kewajiban melakukan tugas tertentu yang dasarnya adalah hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk yang mau menjadi baik dan memperoleh kebahagiaan.

• Kebudayaan diartikan sebagai kumpulan pengetahuan yang secara sosial diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. budaya patokan cara hidup manusia di tempat dia berada. Dengan demikian. Selain itu dalam kebudayaan mengajarkan tentang keimanan. . • Kebudayaan berpengaruh dalam membentuk pribadi seseorang sehingga mengharuskan manusia untuk mengikuti norma-norma yang ada pada budaya tersebut. Dari pembahasan diatas kami dapat simpulkan bahwa manusia berhubungan erat dengan kebudayaan yang ada pada lingkungan sekitarnya.

MA. 2011. Hakam. http://tugasmrhanz25.wordpress. Anonim.B (1958/1871) Primitive Culture : Researches in the Development of Mythologi. 2012. Gloucester. E. M. Manusia dan Budaya. Elly M. Drs.blogspot. 2008. Setiady. Kama A.com/2012/06/makalah-ilmu-budayadasar-manusia. M.A.A. http://irfanwineers.com/2011/06/19/a-fungsi-akal-danbudi-bagi-manusia/. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. H.html Ahlan.Pd. . Manusia Sebagai makhluk Budaya. http://ahlanhadian. Ilmu Budaya Dasar Manusia. Jakarta: Kencana Irfan. Taylor. art and Custom. Fungsi Akal dan Budi Bagi manusia. 2011. Jakarta: Gunung Mulia.html Dra.blogspot.Si.com/2011/02/manusia-sebagai-makhlukbudaya. Sitompul.1993. Religion.

Thank You  .