LAPORAN TUTORIAL MODUL IV MANUSIA SEBAGAI KESATUAN BIOPHISIKO-SOSIO

SKENARIO I : BUDAYA ASING 1. Putri Ulfa Raihan 2. Nurul Hayati Yusra 3. Auriza Sylvia 4. Andi Wiranata 5. Arja Dinata Hariyana 6. Ayu Tifani 7. Fatimah Diani Ali 8. Ikhsan 9. Muriza Safni 10. Najmiati 11. Nurharafah 12. Said Ikramullah 13. Sofia Lena 14. Teuku Mustafa Kamal
TUTOR: dr. Devi Pasrah FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA 2010

: Ketua : Sekertaris : Notulen : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota : Anggota

1

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN TUTORIAL MODUL III FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA 1. Judul Skenario 2. Modul 3. Tutor 4. Kelompok 5. Ketua 6. Sekertaris: 7. Notulen 8. Anggota : Budaya Asing : Manusia Sebagai Kesatuan Biophisiko-Sosio : dr. Devi Pasrah : A3 : Putri Ulfa Raihan : Nurul Hayati Yusra : Auriza Sylvia : 1. Andi Wiranata 2. Arja Dinata Hariyana 3. Ayu Tifani 4. Ikhsan 5. Muriza Safni 6. Najmiati 7. Nurharafah 8. Said Iqramullah 9. Sofia Lena 10. Fatimah Diani Ali 11. Teuku Mustafa Kamal
Telah diperiksa oleh Tutor kelompok A3 Lampoh, Keude, 23 Desember 2010 Ketua Kelompok A3

(

dr. Devi Pasrah )

(

Putri Ulfa Raihan

)

2

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillah, puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ”Budaya Asing”. Dalam penyusunan makalah ini, penyusun tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehinggga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Dan tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada pembimbing/ tutor yang telah membimbing kami selama ini. Dalam penyusunan makalah ini kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penyusun sendiri maupun kepada pembaca umumnya.

Penyusun,

3

.................................................................................................................................................................. 11 11.......................................................................................................................................................................................................................... 2 2....... Identifikasi Istilah .......................................................................................... Learning Objektif .................................................................... 12 12..................................... 8 8.................................................................................................................................... 9 9. Kesimpulan ......................................................................................................... IdentifikasiMasalah ... 29 13................ Daftar Pustaka ........................... 6 6....................................................................................................................... Analisis Masalah .................................................................................................................................................. 3 3...................................................... Daftar isi...................................................... 10 10...................................... 5 5....................... Halaman Pengesahan ..... 30 4 ... Kata Pengantar .. Strukturisasi .................................. Hasil Belajar Mandiri ..................................................................................DAFTAR ISI 1......... Pendahuluan ................................................................. 4 4................................................................. 7 7............ Skenario ...........................................................................

banyak faktor-faktor dari segi positif maupun negatif yang terdapat di dalam budaya asing tersebut. maupun tentang gaya hidup bebas yang akan mengakibatkan pada kesehatan seperti free sex yang akan mengakibatkan penyakit kelamin. 5 .PENDAHULUAN Pada saat ini Budaya asing sudah merambat disetiap negara terutama di indonesia yang bisa dikatakan masih budaya tradisional. pengembangan IPTEK maupun didalam bidang kesehatan.pola makan yang berlebihan. Dari segi positif dapat di lihat dengan cara investasi untuk memajukan perekonomian negara. Sedangkan dari segi negatifnya banyak gaya hidup yang berlebihan mulai dari cara berpenampilan.

Penghasilan desa dari agraris berubah drastis karena adanya tambang emas yang dikelola perusahaan asing dari Amerika Serikat. 6 . Sekarang desa tersebut telah berkembang menjadi sebuah kota yang berkembang pesat dengan perekonomian yang baik. Masyarakat dengan budaya dan norma alaminya sekarang hidup mengikuti gaya hidup bebas yang dibawa warga asing yang datang. Di sana tumbuh pesat sarana hiburan malam seperti di kota besar. Masyarakat mulai pandai berdagang seiring dengan banyaknya pendatang yang memiliki usaha di sana. Dari hasil survei kesehatan suatu badan independent dijumpai tingginya penderita HIV positif dan penyakit kelamin.SKENARIO 1 BUDAYA ASING Masyarakat desa Waimena di propinsi Papua hidup tradisional 10 tahun lalu.

Biophisikososio Kebudayaan yang berhubungan dengan kebiasaan sosial. 5. 3. HIV ( Human Imunodefiency Virus) Suatu virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang mengakibatkan penyakit AIDS. 4.TAHAP I IDENTIFIKASI ISTILAH 1. 7 . Penyakit Kelamin Penyakit yang mana menyerang alat kelamin / organ vital manusia yang disebabkan oleh mikroorganisme. Agraris Suatu kegiatan yang berhubungan dengan pertanian. 2. Budaya Suatu gaya hidup dari suatu kelompok secara turun menurun.

sosial seseorang? 2. Apa pengaruh perkembangan kebudayaan terhadap perekonomian? 5.TAHAP II IDENTIFIKASI MASALAH 1. Apa upaya para ahli untuk menyembuhkan penyakit HIV ? 7. Apa yang menyebabkan budaya dan norma suatu masyarakat tradisional terhadap gaya hidup bebas yang dibawa oleh WNA? 6. Bagaimana pengaruh budaya asing terhadap masyarakat yang hidup secara tradisional? 3. Apa hubungan kesehatan dengan budaya? 4. Apa yang menyebakan penghasilan suatu desa yang agraris berubah drastis akibat investitasi negara asing? 8 . Apakah pengaruh biopsikososiokultural dalam kesehatan kultur.

seperti free sex dan juga gaya hidup yang berlebihan. 3. Apabila dari segi kesehatan dari budaya asing seks bebas sangat membudaya ataupun meluas sehingga masyarakat tradisional dengan rasa keingintahuan mengikuti budaya asing. 4. Dari segi positifnya dalam soal waktu budaya asing selalu tepat waktu. 5. Untuk penyembuhan masih dalam proses. Dari segi norma adanya gaya hidup bebas.TAHAP III ANALISA MASALAH 1. Penguruh perekonomian akan berubah (lebih maju) dengan adanya perubahan budaya. 7. Sangat berpengaruh baik dari segi sosial maupun budaya. Tergantung kepada setiap individu. Karena sudah banyak perusahaan orang asing jadi masyarakat lebih banyak untuk berkerja ditempat orang asing. 6. 2. tetapi bisanya merokok dan pergaulan bebas. upaya yang diberikan selama ini dengan memberikan penyuluhan tentang HIV dan pengobatan penanggulangan. 9 . Adanya pengaruh dengan cara berpenampilan budaya asing.

TAHAP IV STRUKTURISASI Biophisikososiokultural Budaya Budaya Asing Budaya Tradisional Sosial Gaya Hidup Gaya hidup sehat Gaya hidup tidak sehat Budaya sehat / Perekonomian maju Penyakit Investasi Penyakit Kelamin HIV 10 .

Manfaat Perkembangan kebudayaan dalam perekonomian. Mengidentifikasi masalah kesehatan dari segi medis dan budaya. 3. 2. Pengertian kebudayaan dan dampak dari segi positif dan negatif. 6. 11 .TAHAP V LEARNING OBJECTIVE 1. Jenis-Jenis Penyakit Kelamin dan cara penanggulangan penyakit tersebut. Manfaat pertukaran antar budaya 4. 5. Faktor-faktor manusia yang mempengaruhi kesehatan.

Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya. termasuk sistem agama dan politik. Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. budaya bersifat kompleks. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. bangunan. Pola Hidup Konsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dalam bahasa Inggris. adat istiadat. membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. dan luas. yang berasal dari kata Latin Colere. bahasa.  Dari Segi Negatif 1. Kebudayaan Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah. merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Bahasa. suatu pola hidup menyeluruh. abstrak.TAHAP VI HASIL BELAJAR MANDIRI 1. yaitu mengolah atau mengerjakan. dan karya seni. pakaian. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. 12 . Ditinjau dari moderenisasi dan Globalisasi kebudayaan menjadi dampak positif dan negatif . perkakas. sebagaimana juga budaya. kebudayaan disebut culture.

13 . kehidupan bebas remaja. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. 4. Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua. Kesenjangan Sosial Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Perubahan Tata Nilai dan Sikap Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.  Dari Segi Positif 1. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.2. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. 3. 3. Sikap Individualistik Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. 2. dan lain-lain.

2. Kebudayaan juga diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia selaku makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya yang menjadi pedoman tingkah lakunya. struktur sosial dan perilaku. yang mencakup dimensi ekonomi maupun perubahan kelembagaan. Pembangunan nasional yang berkelanjutan. Keanekaragaman kebudayaan di bangsa ini bisa dikatakan sebagai landasan terbentuknya kesatuan dan kesatuan di negeri ini. walaupun secara umum budaya satu suku yang ada di negeri ini berbeda satu sama lainnya. dan adat istiadat. memerlukan dukungan kebudayaan nasional yang kondusif untuk itu. namun Unggulan-Unggulan dari setiap adat atau kebiasaan itu Satu dan Sama. katakanlah pada awal-awal bangsa ini berdiri banyak pergerakan-pergerakan pemuda yang berbasis pada kesatuan dan persatuan keanekaragaman yang ada di negeri ini. seperti kepercayaan. Maka dari itu nilai-nilai terdalam dari kebudayaan tersebut merupakan jati diri dari suatu bangsa. kemudian menjadi sebuah kesepakatan bersama (baik langsung ataupun tidak langsung).  Nilai Budaya Kebudayaan bisa dikatakan sebagai suatu sistem dalam masyarakat yang mana terjadi interaksi antar individu/ kelompok dengan idnividu/ kelompok lain sehingga menimbulkan suatu pola tertentu. 14 . Nilai-Nilai Budaya adalah Perekat yang sangat kuat untuk mempersatukan suatu Bangsa. Pembangunan ekonomi adalah proses multidimensi. Hal ini disadari betul oleh para pendahulu bangsa kita. contoh ada Gerakan Budi Utomo (1908) yang dikokohkan kembali melalui Sumpah Pemuda (1928). sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Untuk kepentingan tersebut diperlukan manusia-manusia bermutu sebagai hasil dari pendidikan yang ada. baik yang telah lalu maupun yang akan datang. maka mereka membangun negara diatas landasan kebudayaan. kesenian. Manfaat Perkembangan kebudayaan dalam perekonomian Kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia. kebudayaan adalah hasil kegiatan penciptaan batin (akal budi) manusia.

setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat. 2. Memberikan pemahaman kepada anak. 15 . Manfaat Pertukaran antar budaya 1. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif 7.Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam kehidupannya. 3. Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif 8. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya 6.3. Memperkenalkan pentingya nilai – nilai budaya kepada anak sejak usia dini.Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi. Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak. masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai – nilai budaya terhadap kehidupan. Memberikan batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan suatu masyarakat 4. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam teknologi betapa pentingnya budaya: 1. Menjadikan nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan masyarakat 5. baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari. yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia.

Bahwa budaya lokal berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi sudah dikemukakan oleh banyak ahli dalam berbagai disiplin. 2. Akan tetapi. Namun. termasuk dalam kegiatan ekonominya di berbagai kawasan dunia. bahkan perkembangan ekonomi itu sendiri merupakan bagian dari proses budaya. 16 . sebuah negara akan berhenti berkembang ketika keuntungan (benefit) serta produktifitas diraih dan tidak ada usaha lain untuk mencapai tujuan baru. Jadi. pada musim panas tahun 1998. nilai-nilai budaya tidak hanya berpengaruh terhadap perkebangan ekonomi. Amerika Serikat. bahwa nilai-nilai budaya berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi global mengemuka setelah beberapa ahli bergabung dalam sebuah seminar internasional yang diselenggarakan di Harvard Academy for International and Area Studies. akan tetapi untuk hidup yang lebih baik kita dituntut untuk melakukan perubahan dalam hidup kita.Memang dalam penerapannya terkadang sulit untuk mengikuti keinginan dibanding kata hati. Dalam seminar itu beberapa ahli dalam berbagai bidang mengemukakan pandangannya dan sampai pada kesimpulan bahwa budaya berpengaruh terhadap perkembangan manusia. nilai-nilai ekonomi bersifat instrumental sebab nilai tersebut selalu menggunakan ukuran untung rugi. Kemajuan Perekonomian Pada dasarnya.

23. bisa dihindari. psikologis tentang keadaan No.1992 adalah menyatakan badan. lain-lain pengertian -masing yang beradap biologi. secara memungkinkan pengertian yang dan Dalam satu dan kesehatan dari kesehatan kesatuan sosial unsur jiwa di dalamnya merupakan bagian integral kesehatan. Masalah Kesehatan dari segi medis dan Budaya Pembangunan nasional kemampuan mewujudkan yang hidupnya. yang lain.4. upaya pembangunan dan dapat kesehatan sepanjang yang dicegah tidak atau tercapainya sehat bagi yang dambaan kemauan. pengetahuan sehat Masalah sosiologi. setiap demikian Tetapi ditolak yang datangnya meskipun penyakit kadang merupakan -kadang bisa Konsep dan universal sehat dan sakit ada memp sesungguhnya faktor - tidak faktor terutama terlalu lain di faktor dan mutlak luar sosial pengertian yang karena yang kenyataan budaya. bidang tentang disiplin berkaitan -tasi maupun Kesehatan sejahtera hidup ini utuh dari produktif maka terdiri ilmu antropologi. 17 . telah sakit dan atau baik (1). diarahkan untuk derajat kesehatan guna hidup sebagai salah satu kesadaran. satu klinis Kedua hanya engaruhinya saling pengertian dapat mempengaruhi dalam konteks dipahami pengertian Banyak kedokteran. sebagai fisik. mencoba ditinjau sakit dan ahli filsafat.mental yang biologis. bahwa: jiwa sosial harus dan dan dilihat unsur memberikan dari merupakan masing konsep ilmu. agar setiap penduduk Dan orang hal kesehatan menjadi optimal. dan sehat proses manusia dengan dengan sosio kemampuan lingkungan budaya ketidakmampuan secara UU Kesehatan sosial ekonomi.

2. Derajat kesehatan masyarakat yang disebut sebagai psychosocio somatic health well being . 18 . kuratif. Health care service berupa program kesehatan yang bersifat preventif. bergantung darivariabel-variabel tersebut dapat menimbulkan reaksi yang berbeda di kalangan pasien. Dari empat faktor tersebut di atas. promotif. Maka ancaman kesehatan yang sama (yang ditentukan secara klinis).perbedaan suku bangsa dan budaya. dan rehabilitatif. Masalah kesehatan merupakan masalah kompleks yang merupakan resultante dari berbagai masalah lingkungan yang bersifat alamiah maupun masalah buatan manusia.distribusi penduduk. peranan sakit dan peranan pasien sangat dipengaruhi oleh faktor faktor seperti kelas sosial. Pengertian sakit menurut etiologi naturalistik dapat dijelaskan dari segi impersonal dan sistematik. maka ia di anggap tidak sakit. lingkungan dan perilaku merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya (dominan) terhadap tinggi rendahnya derajat kesehatan masyarakat.Antara yang pertama dan kedua d ihubungkan dengan ecological balance. 3. pilek. merupakan resultante dari 4faktor(3)yaitu: 1. dan sebagainya. atau gangguan kesehatan lain yang menyebabkan aktivitas kerja/kegiatannya terganggu. sosial budaya. Heredity atau keturunan yang dipengaruhi oleh populasi.Definisi sakit: seseorang dikatakan sakit apabila ia menderita penyakit menahun (kronis). yaitu bahwa sakit merupakan satu keadaan atau satu hal yang disebabkan oleh gangguan terhadap sistem tubuh manusia. dan sebagainya.Walaupun seseorang sakit (istilah sehari -hari) seperti masuk angin. Tingkah laku sakit. Behaviour atau perilaku. 4. g enetika. populasi penduduk. Environment atau lingkungan. tetapi bila ia tidak terganggu untuk melaksanakan kegiatannya. perilaku.

Di sini tidak dapat diabaikan adanya faktor penilaian atau faktor yang erat hubungannya dengan sistem nilai.lindungan terhadap penduduk agar tetap sehat dan bukan hanya penyembuhan penduduk yang sakit. serta khusus pada interaksi antara beberapa aspek ini yang mempunyai pengaruh pada kesehatan dan penyakit. Dalam konteks kultural. Dalam bahasa Inggris dikenal kata disease dan illness sedangkan dalam bahasa Indonesia. memberikan dukungan dan alokasi sumber daya untuk menjaga agar yang sehat tetap sehat namun teta p mengupayakan yang sakit segera sehat. Pada prinsipnya kebijakan tersebut menekankan daripada pada masyarakat untuk mengutamakan kegiatan kesehatan mengobati penyakit. interpersonal. Pada intinya paradigma sehat memberikan perhatian utama terhadap kebijakan yang bersifat pencegahan dan promosi kesehatan. dengan illness dimaksud reaksi personal. Telah dikembangkan pengertian tentang penyakit yang mempunyai konotasi biomedik dan sosio kultural(5). Dengan disease dimaksudkan gangguan fungsi atau adaptasi dari proses-proses biologik dan psikofisiologik pada seorang individu.Paradigma sehat adalah cara pandang atau pola pikir pembangunan kesehatan yang bersifat holistik. Dilihat dari segi sosio kultural terdapat perbedaan besar antara kedua pengertian tersebut. proaktif antisipatif. Para dokter mendiagn osis dan mengobati disease. Tulisan ini merupakan tinjauan pustaka yang membahas pengetahuan sehat-sakit pada aspek sosial budaya dan perilaku manusia. sedangkan pasien mengalami illness yang dapat disebabkan olehdisease illness tidak selalu disertai kelainan organik maupun fungsional tubuh. apa yang disebut sehat dalam suatu kebudayaan belum tentu disebut sehat pula d alam kebudayaan lain. 19 . dalam suatu wilayah yang berorientasi kepada peningkatan pemeliharaan dan per . dan kultural terhadap penyakit atau perasaan kurang nyaman. dengan melihat masalah kesehatan sebagai masalah yang dipengaruhi oleh banyak faktor secara dinamis dan lintas sektoral. kedua pengertian itu dinamakan penyakit.

and not merely the absence of disease or infirmity. 20 . sehat sangat erat kaitannya dengan kesakitan dan penyakit. menjalankan hidup dan dikaitkan itu peran gaya hidup normalnya manusia munculnya secara merupakan berbagai juga wajar. rohani. terutama tentang cara -cara interaksi antara keduanya sepanjang sejarah kehidupan manusia yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit. fenomena macam dapat dapat selain dengan hasil berbagai kebudayaan menimbulkan penyakit. Istilah sehat mengandung banyak muatan kultural. Dalam kenyataannya tidaklah sesederhana itu. Penyakit sendiri ditentukan oleh budaya: hal ini karena penyakit merupakan pengakuan sosial bahwa seseorang tidak dapat Cara yang penyakit. sehat harus dilihat dari berbagai aspek. WHO mendefinisikan pengertian sehat sebagai suatu keadaan sempurna baik jasmani.Konsep sakit menurut budaya masyarakat. Sebatas mana seseorang dapat dianggap sempurnajasmaninya? Oleh para ahli kesehatan. WHO melihat sehat dari berbagai aspek. mental and social well being. social dan pengertian profesional yang beragam. maupun kesejahteraan social seseorang. Definisi WHO (1981): Health is a state of complete physical. Dulu dari sudut pandangan kedokteran. antropologi kesehatan di pandang sebagai disiplin biobudaya yang memberi perhatian pada aspek-aspek biologis dan sosial budaya dari tingkah laku manusia.

Faktor – Faktor manusia yang mempengaruhi kesehatan • Air Air merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tentu saja tubuh kita memerlukan asupan air yang bersih dan sehat untuk menjaga agar semua organ berfungsi dengan baik. Udara yang kita hirup setiap hari dapat dipastikan dalam kondisi tercemar. pestisida misalnya. Ada baiknya Anda memilih makanan organik. pasalnya makanan tersebut juga belum tentu bebas dari zat kimia. sebisa mungkin kurangi kegiatan di luar rumah yang tingkat pencemaran udaranya tinggi. Alangkah baiknya jika kita melakukan hal preventif untuk meminimalisir risiko dari pencemaran udara. • Makanan dan Minuman Sadarkah kita akan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari selama bertahun-tahun? Yakinkah bahwa makanan dan minuman tersebut diproses dengan tingkat hygienitas yang tinggi? Jika kita tidak yakin. mungkin ada baiknya back to nature. asap pabrik dan asap rokok menjadi faktor dominan pencemaran udara. makan dan minumlah yang alami. Untuk Anda yang gemar dengan makanan alami sekalipun harus tetap hati-hati. Tubuh manusia saja hampir 80% terdiri dari air. Jika Anda tidak merasa risih. 21 . Akhir-akhir ini kita sering mendengar berbagai bahan kimia dicampur dengan bahan makanan dan minuman. Tubuh kita tidak memerlukan zat kimia. • Udara Pencemaran udara sudah tidak bisa dipungkiri lagi sebagai faktor yang mempengaruhi kesehatan. Air yang kotor dan tercemar akan mengakibatkan menurunnya kualitas kesehatan kita. Padahal sehat itu lebih penting daripada rasa. Pastikan air yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari terbebas dari polusi dan bakteri. alasan yang paling kuat adalah untuk menambah rasa. Polusi kendaraan bermotor. rasa itu memang hanya untuk lidah saja. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghijaukan pekarangan rumah kita dengan menanam pepohonan di sekitar rumah untuk menjaga agar lingkungan kita tetap segar.5. mungkin ada baiknya menggunakan masker agar kotoran udara tidak ikut terhirup oleh kita. seperti jalan raya.

Emosi seringkali dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Alangkah baiknya setiap hari kita meluangkan waktu kita beberapa menit untuk berolahraga. maka tubuh kita bisa dikatakan sehat. berekspresilah sewajarnya dalam kehidupan sehari-hari. Sayang. cukup lakukan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah atau bahkan di tempat kerja.• Olahraga Beredarnya multivitamin dan sejenisnya memang secara tidak langsung telah mendorong manusia menjadi malas berolahraga. hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya. metabolisme tubuh bekerja. Jangan sepelekan tidur. “Apa sih manfaat yang bisa kita rasakan dari sebuah kemarahan?”. • Emosi Emosi turut menyumbang dalam perannya mempengaruhi kesehatan. Hadapilah segala sesuatunya dengan hati tenang. Tidak harus olahraga yang sifatnya berat dan menguras banyak tenaga. Padahal jika pola hidup kita sehat. Tidur dibutuhkan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh kita setelah lelah bekerja. Anda akan merasa segar. 22 . dalam hal ini tidur. Untuk menjaga emosi tetap stabil. Di dunia sekarang telah banyak pakar yang mengemukakan pentingnya kecerdasan emosi (EQ). • Tidur Tidur merupakan ritual yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. tidur yang berkualitas tidak diukur dari lama atau tidaknya kita tertidur. termasuk sering berolahraga. Agar sebagian dari hari yang kita lalui itu digunakan untuk istirahat. dari mulai peremajaan sel-sel sampai kepada pembuangan sejumlah toksin yang ada dalam tubuh. Saat kita tidur. Ingat. Malah sampai ada orang yang ketergantungan dengan multivitamin. karena memang itu hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan. Itulah kenapa Tuhan menciptakan siang dan malam. Anda tidak akan menemukan jalan terbaik jika hati Anda ditutupi dengan kemarahan. maka ketika Anda bangun. Selalu ingat pertanyaan ini “Capek nggak sih saat kita marah-marah?” . Hampir semua orang sadar dan setuju akan pentingnya berolahraga. Tidurlah dengan suasana hati yang tenang.

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik bila ditangani secara dini. Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini. penyakit ini menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria. Jenis-Jenis Penyakit Kelamin dan cara penanggulangan penyakit kelamin.6. GONORRHEA & CHLAMYDIA Disebabkan oleh bakteri. Buang air kecil dapat terasa sakit.nPada pria. virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat. dan kadang-kadang sering Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina. Gejalagejala ini dapat terasa berat atau tidak terasa sama sekali. 23 . dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan. Infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit ini. Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang. tetapi kalau tidak diobati penyakit ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan. Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair. 1. HERPES Disebabkan oleh virus. 2. Gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali.

SYPHILIS Disebabkan oleh bakteria. dan virus akan menyerang bagian tubuh lain Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin. buat mereka yg telah melakukan Hubungan Seks sebaiknya Jangan Gonta-ganti Pasangan. Luka akan hilang setelah beberapa minggu. Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit pria yang tidak disunat Pada wanita akan ke luar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal.Pencegahan yang bisa dilakukan antara Lain: • Sebaiknya Jangan melakukan hubungan seks. Pada umumnya tidak terasa sakit. gunakanlah Kondom setiap Berhubungan. 24 . INFEKSI JAMUR Disebabkan oleh jamur. Lesi muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini. • Biasakan menggunakan alat Kedokteran maupun Non Medis yg steril. Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. 3. Pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina. • Hindari Transfusi Darah dengan donor yg Tidak jelas asal-usul. 4. Dapat disembuhkan dengan krim anti jamur. tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga.

atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix. 6. Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina. chlamydia) atau jamur. VAGINISTIS Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidak nyamanan. Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.Disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea. wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim 25 . Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan. BISUL atau kutil PADA ALAT KELAMIN Disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV) Muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit tersebut. Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina. Dapat diuji dengan lapisan cuka.5.

gunakanlah kondom setiap berhubungan. Pakaian. seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan. menetap pada rambut kemaluan. tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit. dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin Pencegahan yang bisa dilakukan antara lain: • sebaiknya jangan melakukan hubungan seks. • hindari transfusi darah dengan donor yg tidak jelas asal-usul. 8. Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh. karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut 26 . buat mereka yg telah melakukan hubungan seks sebaiknya jangan gonta-ganti pasangan. Diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh. KUTU KELAMIN Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch).7. berwana kelabu kecoklatan. • biasakan menggunakan alat kedokteran maupun non medis yg steril. KUTU DI BAWAH KULIT Mirip dengan kutu kelamin.

10. menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh. tetapi pengobatan telah ditemukan. Yakinlah untuk memeriksa secara teratur setidaknya satu kali setiap tiga tahun. making love].9. Cara untuk mengatetahui HPV adalah dengan cervical smear atau screening kesehatan seksual. HPV Human papillomavirus (HPV) adalah salah satu infeksi virus yang disebabkan oleh hubungan seksual paling umum. AIDS (ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE Penyakit akibat hubungan intim yang paling serius. Sebagian besar penyakit ini tidak begitu berbahaya tetapi jika test smear nampak tidak normal. Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah Dapat menyebabkan kematian setelah sepuluh tahun setelah terinfeksi virus HIV. dokter akan menyarankan untuk test lab. 27 . hubungan dengan lendir penderita dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan. Disebarkan melalui hubungan intim [berciuman. Berhenti merokok karena penelitian menemukan hubungan antara merokok dan kanker vulva dan gunakan kondom.

BV Bacterial vaginosis adalah salah satu infeksi vagina yang paling umum diantara wanita diusia beranak. PID Pelvic Inflammatory Disease (PID) mempangaruhi satu dari 10 wanita dan jika dibiarkan akan menyebabkan ketidaksuburan. Gejala dari ketidakseimbangan bakteri dalam vagina termasuk gatal. Penyakit ini sering dianggap hanya infeksi karena memiliki gejala yang sangat umum dengan infeksi biasa. Kadang-kadang gejala tidak begitu jelas sampai semua terlambat. pendarah yang tidak teratur atau perubahan bau pada vagina. Jangan biarkan gejala-gejala tersebut dan yakinlah untuk diperiksa dan disembuhkan dengan baik. ini akan meningkat resiko berkembang menjadi PID 28 .11. aroma amis dan perubahan dalam vagina. Segera periksa ke dokter jika anda menemukan gejala itu. Jika dibiarkan. 12. Penyakit ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan antibiotik. Gejala yang mungkin timbul pinggul sakit saat hubungan seks. Upaya pencegahan PID adalah lakukan seks yang aman dan memeriksakan secara teratur.

Manusia sebagai makhluk sosial. sopan santun dan adat istiadat tertentu sehingga tercipta tata pergaulan yang harmonis dan saling bekerja sama. gatal. pakaian. Melalui kebudayaan pula manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan makan. dalam melakukan interaksi dengan individu lain atau dengan kelompok lain manusia mempergunakan budaya seperti bahasa.keluar lendir. obat-obatan. perumahan dan kebutuhan lainnya. Pada penyakit kelamin gejala awal yang terjadi seperti bengkak. Salah satunya berhubungan seks yang akan mengakibatkan berbagai macam penyakit kelamin yang diakibatkan oleh kuman. Pada sisi negatifnya masyarakat telah mengiikuti pergaulan bebas. Dengan sisi positif maupun negatif.KESIMPULAN Manusia dengan akalnya menciptakan kebudayaan untuk melindungi diri dan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. sakit dan dibagian alat kelamin merah. Tetapi dengan masuknya budaya asing sebagian masyarakat telah banyak mengalami perubahan dan telah mengikuti cara atau gaya hidup dari bangsa asing itu sendiri. 29 .

antaranews.DAFTAR PUSTAKA Heru S dr.kalbar. Kader Kesehatan Masyarakat.Adi.com/2010/03/penyakit-kelamin-menular-sexually.com/view/?i=1187936262&c=NAS&s http://www.infosihat.Msc.blogspot.wikipedia.wikipedia.gov.pdf http://id.php?2200-berbagai-macam-penyakit-kelamin&p=14167 http://alternativeheaven. 1993.org/wiki/Kesehatan http://www.us/showthread.html 30 . Jakarta : Buku Kedokteran EGC http://id.org/wiki/Budaya http://www.my/penyakit/Dewasa/PenyakitKelamin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful