Sistem pelayanan informasi antrian pasien pada rumah sakit menggunakan SMA (short message service) berkode

Prayudi Lestantyo

Abstrak

Faktor kesehatan merupakan salah satu faktor yang penting dalam kehidupan masyarakat. Terutama untuk mendapatkan layanan kesehatan ketika sakit atau ketika membutuhkan pelayanan kesehatan karena hal lain. Untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan biasanya harus melalui prosedur yang harus dilakukan, seperti harus datang ke rumah sakit untuk mendaftar kemudian mengantri. Maka dibuatlah suatu layanan informasi rumah sakit yang berbasiskan SMS terintegrasi yang dapat melayani beberapa pelayanan informasi yaitu: (1) registrasi pendaftaran pasien, (2) jadwal praktek dokter, dan (3) kritik dan saran yang membangun sistem pelayanan kesehatan. Informasi bagi pasien di suatu rumah sakit ini dibuat menggunakan sarana layanan SMS dengan harapan pendaftaran pasien bisa dilakukan untuk memudahkan pasien untuk berobat tanpa harus antri lama. Layanan informasi langsung terintegrasi dalam database rumah sakit, dan langsung dibalas dalam bentuk SMS sesuai dengan database rumah sakit. Dalam perancangan sistem digunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7 sebagai interfacing antara manusia dengan komputer. Program database yang digunakan adalah Paradox 7. Sistem ini menggunakan parallel port yang digunakan sebagai interfacing, dan dilengkapi dengan kabel data USB dari telepon selular ke computer. Untuk aplikasi yang lebih besar, Sistem ini dapat dikembangkan dengan menggunakan Bluetooth maupun infrared untuk komunikasi telepon selular ke komputer, sehingga komunikasi dapat berjalan cepat. Selain itu dapat meminimalkan sistem dengan tidak mengurangi fungsi dari Sistem Antrian Pasien menggunakan SMS berkode. Dari hasil perancanagan sistem informasi antrian pasien menggunakan SMS, pasien dapat melakukan registrasi antrian, tanya praktek dokter maupun kritik dan saran cukup mengirim SMS dengan kode yang telah ditentukan. Selain itu dengan menggunakan sistem informasi antrian, pasien dapat berkomunikasi dengan sistem informasi kapanpun dan dimanapun berada.

Kedua. Ketiga. sistem ini diuji dengan data yang mengandung kesalahan dikenal untuk mencoba dan membuatnya gagal ('crash'). Perangkat Lunak Pengujian Setiap sistem baru perlu diuji secara menyeluruh sebelum diperkenalkan. Masukan 3. Pada akhir studi kelayakan keputusan diambil apakah akan melanjutkan atau tidak. Mari kita pertimbangkan membangun atau mendirikan Sistem Informasi sebagai infestasi dan melihat bagaimana Teknologi Informasi dapat membantu berjalan lebih efisien. Desain file 4. Pelaksanaan/ Impelementasi Menerapkan atau memperkenalkan suatu sistem baru dapat dilakukan dengan dua cara: * Langsung Pelaksanaan * Menjalankan secara Paralel .    Pertama-tama sistem harus diuji dengan data normal untuk melihat apakah ia bekerja dengan benar. Perangkat keras 5. sistem ini diuji dengan jumlah data yang sangat besar untuk melihat bagaimana sistem dapat mengatasinya. Sebuah studi kelayakan berisi persyaratan umum dari sistem yang diusulkan. Studi kelayakan Tujuan dari studi kelayakan adalah untuk melihat apakah mungkin untuk mengembangkan sistem dengan biaya yang wajar. Desain Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses desain antara lain: 1. Adalah penting bahwa waktu pemrosesan dan tingkat tanggapan tetap dapat diterima dengan berbagai jumlah data. Keluaran 2.Langkah-Langkah Pengembangan Sistem Informasi Langkah-langkah yang terlibat dalam mengembangkan Sistem Informasi adalah: Analis Ini adalah bagian yang sangat penting dalam pengembangan Sistem Informasi dan melibatkan suatu organisasi atau sistem dan mencari tahu bagaimana informasi yang sedang ditangani saat ini.

Dokumentasi . cara memasukkan data. bagaimana memodifikasi data dan bagaimana cara menyimpan dan mencetak laporan. Panduan ini harus mencakup daftar pesan kesalahan dan saran tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi kesal ahan. .Panduan Pengguna Panduan ini harus mencakup bagaimana menjalankan sistem.

Perbedaan antara rumah sakit umum secara luas disebut dan rumah sakit swasta adalah sama. rumah sakit umum sukarela kadang-kadang dimiliki oleh badan-badan swasta. Beberapa rumah sakit adalah spesialis . yang tidak menerima dana negara pelayanan kesehatan publik disediakan dalam apa yang secara luas dapat disebut rumah sakit umum . rumah sakit lokal yang lebih kecil mungkin tidak mampu untuk melayani semua penyakit dan perawatan dan Anda mungkin harus dipindahkan ke rumah sakit yang lebih besar atau ke rumah sakit spesialis. Beberapa orang mungkin harus membayar biaya rumah sakit. sementara yang lain bersifat umum. ada tiga jenis rumah sakit di Irlandia tetapi ada sedikit perbedaan dalam praktek antara dua jenis pertama:    Pelayanan Kesehatan Eksekutif rumah sakit. sukarela rumah sakit umum dan rumah sakit swasta. rumah sakit bersalin. . pelayanan rumah sakit akut di Irlandia ada untuk mendiagnosa.Rumah Sakit Jasa . pelayanan rumah sakit akut disediakan di rumah sakit Layanan Kesehatan Eksekutif. dimasukkan oleh piagam atau undangundang dan dijalankan oleh dewan sering ditunjuk oleh Menteri Kesehatan dan Anak Rumah sakit swasta.Pelayanan Kesehatan Eksekutif rumah sakit dan rumah sakit sukarela umum. namun beberapa orang mungkin harus membayar biaya awal jika mereka belum dirujuk oleh GP. yaitu. Rumah sakit umum dan regional yang besar di Irlandia memberikan berbagai layanan. dimiliki dan didanai oleh Layanan Kesehatan Eksekutif Sukarela rumah sakit umum. Semua orang yang tinggal di negara dan pengunjung tertentu untuk Irlandia berhak untuk pemeliharaan dan perawatan gratis di tempat tidur publik di Dinas Kesehatan dan rumah sakit Eksekutif sukarela. Anda harus membayar untuk kedua perawatan dan pengobatan.Pendahuluan    Informasi Aturan Bagaimana menerapkan Informasi Secara umum. -Pasien jasa Out di rumah sakit umum juga gratis. perintah agama. Sebagian besar rumah sakit ini juga menyediakan perawatan kesehatan swasta tetapi mereka harus secara jelas membedakan antara tempat tidur publik dan swasta.misalnya. mengobati dan merawat pasien yang sakit parah atau terluka. Anda asuransi kesehatan swasta dapat mencakup beberapa atau semua biaya. yang sebagian besar pendapatan berasal langsung dari pemerintah. terlepas dari berbagai layanan yang disediakan oleh rumah sakit. Rumah sakit umum lainnya secara sukarela. rumah sakit jiwa. rumah sakit kanker. Jika Anda berada di rumah sakit swasta atau di tempat tidur swasta di rumah sakit umum .

      Pemegang kartu Medis Orang-orang yang dirawat di rumah sakit sebagai akibat dari menghadiri departemen korban (Anda mungkin akan dikenakan biaya rawat inap). Jika Anda harus kembali untuk kunjungan lebih lanjut ke klinik luar-pasien sehubungan dengan penyakit yang sama atau kecelakaan Anda tidak perlu membayar biaya lagi. Orang yang menerima pengobatan untuk penyakit menular yang ditentukan Anak-anak sampai usia enam minggu. Jika Anda memanfaatkan pengobatan swasta baik di tempat tidur swasta di rumah sakit umum atau di rumah sakit swasta . Kecelakaan dan Darurat / Casualty Kebanyakan rumah sakit umum dan beberapa rumah sakit spesialis mengalami kecelakaan dan departemen darurat atau kecelakaan yang pasien mungkin hadir tanpa yang dirujuk oleh dokter umum. Anda akan dikenakan biaya € 100 (Januari 2009). Long-tinggal pasien Kadang-kadang orang menjadi tinggal lama-pasien di rumah sakit akut. Anda harus membayar biaya ekonomi penuh layanan. Jika Anda menghadiri tanpa referral GP. Tidak ada definisi yang jelas tentang perbedaan antara tinggal akut dan lama. Anda harus dirujuk oleh dokter umum dalam rangka memanfaatkan layanan rumah sakit. Kelompok berikut tidak perlu membayar biaya jika mereka tidak memiliki rujukan dari dokter mereka.Aturan Biasanya. Anda harus membayar untuk pemeliharaan dan perawatan. Hak untuk perawatan berarti bahwa Anda berhak untuk tempat tidur di bangsal umum dan jasa konsultan gratis sementara Anda berada di sana dan untuk layanan rawat di rumah sakit umum. Ini berarti Anda membayar biaya ekonomi secara penuh dari semua layanan yang . The Biaya tempat tidur swasta di rumah sakit umum ditetapkan dari waktu ke waktu. Wanita menerima layanan bersalin . Hak untuk peduli Setiap orang berhak untuk di-pasien-pasien umum dan jasa keluar tetapi beberapa orang mungkin harus membayar biaya rumah sakit . anak-anak menderita penyakit yang ditentukan dan cacat dan anak-anak dirujuk untuk perawatan dari klinik kesehatan anak dan pemeriksaan kesehatan sekolah Orang yang berhak terhadap pelayanan rumah sakit karena Peraturan Uni Eropa. Beberapa rumah sakit kabupaten dan rumah sakit geriatri telah ditunjuk tempat tidur lama-tinggal. Jika Anda tidak biasanya penduduk di Irlandia dan tidak berhak untuk disubsidi atau gratis layanan kesehatan sebagai pengunjung ke Irlandia. Ada daftar tunggu untuk layanan non-darurat di banyak daerah.

Selama masing-masing shift. apoteker. terapis pernafasan yang menyediakan tes dan layanan untuk membantu pernapasan. seorang perawat terdaftar (RN) bertanggung jawab untuk perawatan Anda. Anda juga harus membayar biaya ekonomi penuh.         Mempersiapkan Kunjungan Anda Ketika Anda Tiba Selama Tinggal Anda dan Fasilitas Pengunjung dan Tamu Tim Perawatan Kesehatan Anda Layanan Dukungan Pasien Rumah Sakit UW Panduan Indeks A sampai Z Lainnya Dukungan dan Petugas Perawatan Pasien Tim Perawatan Kesehatan Anda      Memilih Dokter Perawatan Primer Staf Medis Perawatan Staf dan Komitmen kami untuk Anda Lainnya Dukungan dan Petugas Perawatan Pasien Pekerjaan Sosial Staf tim perawatan kesehatan Anda juga akan melibatkan sejumlah profesional perawatan kesehatan lainnya. di samping biaya medis dan bedah. . dan apa yang perlu Anda ketahui untuk mengurus diri sendiri ketika Anda dibuang. tim perawatan kesehatan Anda mungkin juga termasuk ahli gizi klinis. Anda dapat menghadiri departemen kecelakaan dan gawat darurat di rumah sakit umum paling dan beberapa rumah sakit spesialis tanpa surat rujukan. termasuk perawatan. Jika Anda menggunakan tempat tidur umum. Karena perawatan kesehatan yang sangat khusus. Dia / ia akan membantu Anda memahami kondisi Anda. setiap tes dan prosedur Anda miliki ketika Anda sedang pasien. The RN juga akan berkomunikasi kekhawatiran Anda dan maju ke pergeseran berikutnya staf keperawatan. dll. Bagaimana menerapkan Anda harus mendapatkan surat rujukan dari dokter umum jika Anda ingin menerima perawatan rumah sakit. pembersihan. dan sukarelawan. hak Anda untuk perawatan gratis adalah sama di spesialis seperti di rumah sakit umum. tetapi penting untuk diingat bahwa Anda mungkin harus membayar untuk kunjungan Anda.disediakan.

pelaksanaan dan operasi perawatan pasien pada unit pasien tertentu. penyedia lain dapat membantu Anda selama Anda tinggal:     Sebuah asosiasi manajer kasus sering membantu pasien dengan debit kebutuhan seperti transportasi atau mengatur peralatan medis. Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Website Kami . rujukan ke lembaga masyarakat. Seorang pekerja sosial klinis bekerja dengan manajer kasus untuk menyediakan pelayanan sosial seperti konseling. membantu dengan masalah hukum dan keuangan yang kompleks. Seorang manajer perawat klinis adalah seorang perawat terdaftar dan seorang ahli di bidang pelayanan khusus keperawatan yang mengarahkan perencanaan. Seorang pemimpin tim perawatan merupakan perawat terdaftar berpengalaman yang bekerja sama dengan manajer kasus dan palungan perawat klinis untuk merencanakan. dan dukungan kepada pasien dan keluarga seperti yang diminta. mengarahkan dan mengevaluasi perawatan yang diberikan kepada pasien dan keluarga mereka.Selain perawat terdaftar diberikan kepada Anda tiap shift. perawat ini bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan perawatan untuk membantu memastikan kualitas dan juga tersedia untuk membantu menyelesaikan setiap masalah yang mungkin Anda hadapi. Perawat ini memimpin tim staf keperawatan lain untuk memberikan perawatan untuk sekelompok pasien.

serta memiliki beberapa pilihan ruang rawat inap mulai dari VIP Superior.MMC menganut sifat akut dan sub akut. Didukung lebih dari 130 dokter spesialis dan sub spesialis yang handal dan profesional di bidangnya.dokteran. VIP Deluxe. spesialistik dan sub spesialistik dalam pelayanannya. Sesuai Visi dan Misinya RS. Kelas I. VIP. . Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS.MMC telah membuktikan dengan pe. RS.MMC) kemudian dibangun dan resmi beroperasi pada tanggal 22 Agustus 1987 di kawasan segitiga emas Kuningan Jakarta Selatan. berhasil mendapat penghargaan sebagai Rumah Sakit Tipe B Non Pendidikan Berpenampilan Terbaik serta Sertifikasi Akreditasi Penuh Tingkat Lanjut untuk 16 pelayanan pada tahun 2007.Semula lahir sebagai "Medical Centre" (Pusat Pelayanan Kesehatan) klinik praktek bersama dokterdokter spesialis yang pertama di Indonesia yaitu di Wisata International Office Tower Annex Hotel Indonesia Jakarta pada tahun 1976. Kelas II. dan Kelas III.layanan profesional yang menjunjung tinggi nilai etik profesi ke.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful