P. 1
Tugas Manajemen Tata Graha 1

Tugas Manajemen Tata Graha 1

|Views: 270|Likes:
Published by Vera Nindita

More info:

Published by: Vera Nindita on May 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2015

pdf

text

original

1. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum proses pencucian!

Jawab :  Jenis kotoran, sebelum proses pencucian jenis kotoran merupakan faktor yang harus diperhatikan karena dari mengetahui jenis kotoran kita bisa memakai bahan pembersih yang sesuai dengan jenisn kotoran tersebut.  Jenis bahan cucian, disini petugas laundry harus mengetahui jenis bahan cucian atau jenis bahan pakaian tamu karena semua bahan pakaian tersebut berbeda dari segi bahan dasar/jenis tekstil. Dengan mengetahui jenis tekstil tersebut, maka kita akan bisa menjaga sifat asli bahan agar pakaian tersebut tidak rusak serta menghindari komplain tamu.  Jenis bahan pencucian, maksudnya segala bahan-bahan untuk mencuci pakaian, seperti air atau deterjen. Dengan memperhatikan faktor ini, petugas laundry bisa menghindari kesalahan dari segi penggunaan bahan pencucian pada saat akan melaksanakan proses pencucian.  Jenis proses pencucian, faktor ini merupakan faktor penting yang harus diperhatikan agar petugas laundry tidak salah melakukan proses pencucian yang bisa menyebabkan kerusakan pada pakaian tamu.

2.  Transportasi : membawa cucian tamu ke laundry. Buatkan alur proses pelayanan di guest laundry pada salah satu hotel bintang 4 atau 5 dan tolong jelaskan ? Jawab : Alur proses pelayanan di guest laundry Keterangan :  Pengumpulan : memastikan pakaian tamu yang akan dicuci serta hitung jumlahnya.  Pemerasan: melakukan proses pemerasan dengan mesin pengering.  Pencucian : melakukan langkah-langkah pencucian. .  Penyortiran : meyeleksi atau memberi tanda cucian tamu agar tidak tertukar serta menghindari kerusakan.  Proses akhir yakni pengeringan dan pengepresan.

 Finishing : mengevaluasi hasil cucian.  Kemuadian lakukan proses pengiriman oleh valet laundry setalah itu buat kwitansi untuk cucian tamu tersebut dam dikirim ke fo cashier untuk diserahkan kepada tamu saat akan meninggalkan hotel. Membersihkan daundaun yang jatuh ke dalam kolam renang serta Mengosongkan dan membersihkan keranjang sampah yang ada di sekitar area kolam renang. lakukan pelipatan secara manual atau dengan mesin pelipat otomatis. harga serta nama tamu. catat jenis pakaian tamu. Perlengkapan dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membersihkan area basah. Melengkapi kembali dengan bath towel yang bersih. Membersihkan kaca dan jendela yang berada di lokasi sekitar kolam renang. sedangkan departemen housekeeping hanya mengerjakan tugas-tugas khusus. Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab housekeeping dalam hal pelayanan pada kolam renang ? Jawab : Pemeliharaan utama terhadap kolam renang dihotel menjadi tanggung jawab departemen engineering. Menyapu dan mengepel permukaan lantai. Mengumpulkan bath towel dan lena kotor di sekitar kolam renang. seperti: Mengosongkan dan membersihkan asbak. 3. seperti cara pembersihan lantai kamar mandi ? Jawab : . nomor kamar. Membersihkan kursi dan meja santai. kemudian lakukan pembukuan di guest laundry book. Menjaga area yang berkarpet. 4.

2) Sweeping. mop. yaitu : double bucket. pembersihan dengan cara ini adalah membersihkan debu yang ada di perabot/benda dengan menggunakan lap kain. Sebutkan dan jelaskan 5 sistem pembersihan secara manual dalam pembersihan area umum atau public area ? Jawab : 1) Dusting. . seperti lantai kamar mandi. teknik pembersihan pada kaca jendela/cermin dengan menggunakan glass wipper serta menggunakan bahan pembersih glass cleaner. 4) Window cleaning. Dusting dapat digunakan dengan dua cara yaitu : damp dusting dan dry dusting.perlengkapan dan bahan yang digunakan untuk membersihkan area basah. Apakah seorang public area attendant harus melaksanakan pemeriksaan kelengkapan bahan dan alat yang akan digunakan ? mengapa ? Jawab : seorang public area attendant harus melakukan pemeriksaan kelengkapan bahan dan alat yang akan digunakan agar efektifitas dan efisiensi waktu serta tenaga dalam bekerja bisa terlaksana dengan baik. floor cleaner. ialah teknik pembersihan terhadap lantai dengan menggunakan sapu. ialah teknik pembersihan setelah sweeping selesai dengan menggunakan mop (alat pel) dan pembersih lantai. Biasanya sweeping dilakukan dari area terjauh dari pintu menuju area terdekat dari pintu keluar. 5. 3) Mopping. floor brush serta floor cloth. 6.

5) Polishing. proses perawatan benda atau perabot yang terbuat dari kayu dengan menggunakan cleaning cloth dengan bahan pembersih wooden polish. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->