P. 1
Material Dinding

Material Dinding

|Views: 119|Likes:
Published by Rudi Hamsah
Tugas Rekayasa Bahan T. Arsitektur UIN alauddin Makassar
Tugas Rekayasa Bahan T. Arsitektur UIN alauddin Makassar

More info:

Published by: Rudi Hamsah on May 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2013

pdf

text

original

“ Add your company slogan ”

MATERIAL DINDING

LOGO

DEFENISI DINDING
Dinding adalah salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan/membentuk ruang baik dari segi konstruksi maupun penampilan artistik dari bangunan. dan menentukan sisi keindahan bangunan, sebagai bidang yang melingkupi aktivitas sehari-hari dalam bangunan, memiliki pengaruh besar terutama dalam menentukan kesan ruangan.

Fungsi dinding
 Pemisah antar ruang yang mempunyai fungsi berbeda (yang
bersifat pribadi dan ruang yang bersifat umum) Penahan cahaya, angin hujan banjir dan lain-lain yang bersumber dari alam, Penahan struktur (untuk fungsi tertentu misal dinding lift,reserfoir dll) Penahan kebisingan untuk ruang yang memerlukan ambang kekedapan suara tertentu ,seperti studio rekaman atau studio siaran Penahan radiasi sinar atau zat-zat tertentu seperti ruang radiologi,ruang operasi, lab, dll Elemen estetis yang memiliki fungsi artistik tertentu Pelindung,misalnya pada penyimpanan surat-surat berharga,seperti brankas di bank.


    

Macam Dinding
Dilihat dari fungsinya digolongkan dalam 3 macam

DINDING

Dinding Eksterior

Dinding Interior

Dinding Fungsi Khusus

misalnya dengan mengunakan partisi atau jenis lainnya  Dinding fungsi khusus penggunaan material dinding harus disesuakan dengan fungsi yang harus diembannya. dengan pemilihan material yang tepat dalam penggunaannya. dinding lab.dan lain-lain . Misalnya. selain itu juga harus memiliki nilai estertis agar indah untuk dipandang. Dinding Eksterior harus memiliki konstruksi yang kuat.  Dinding Interior dinding interior terkadang bersifat temporer agar mudah diubah.

tapi bisa juga bersifat non permanen seperti sekat atau partisi.Ragam material dinding dalam bangunan ada 2 jenis dinding struktur dinding interior Dinding struktur adalah dinding yang bersifat permanen dan menjadi bagian dari struktur penopang bangunan. sedangkan dinding interior bisa bersifat permanen. .

sehingga jarang terjadi rembesan pada tembok akibat air hujan Keretakan relatif jarang terjadi Kuat dan tahan lama Penggunaan rangka beton pengkuannya lebih luas antara 9-12m2 Kekurangan  Waktu pemasangan lebih tahan lama dibandingkan batako dan bahan dinding lainnya  Biaya lebih tinggi .DINDING STRUKTUR  Dinding Batu Merah terbuat dari tanah liat/lempung yang dibakar dengan suhu yang tinggi memiliki ukuran yang beraneka ragam.dengan ukuran normalnya adalah 5 x 10 x 20 cm Kelebihan  Kedap air.

Berdasarkan bahan bakunya. sehingga sering juga disebut batu cetak kapur trass. dan tinggi 14 cm–18 cm Kelebihan dinding batako putih: * Pemasangan relatif lebih cepat. tebal 8 cm–10 cm. * Dinding mudah retak. * Menyerap air sehingga dapat menyebabkan tembok lembab. batako dibedakan menjadi 2. batu kapur. yaitu batako tras/putih dan batako semen. Kekurangan dinding batako putih: * Rapuh dan mudah pecah. Ukuran batako trass yang biasa beredar di pasaran memiliki panjang 20 cm–30 cm. * Harga relatif murah.  Batako tras/putih. Dinding Batako Batako merupakan material dinding yang terbuat dari batu buatan/cetak yang tidak dibakar. terbuat dari campuran trass. . dan air.

.

. Kelebihan  Pemasangan relative lebih cepat dan Herga relatif murah Kekurangan  Rapuh dan mudah pecah  Menyerap air sehingga dapat menyaababkan tembok lembab  Dinding mudah retak  Pengunaan rangka beton pengaku relative lebih banyak yaitu antara 7. Ukuran dan model lebih beragam dibandingkan dengan batako putih. dibuat dari campuran semen dan pasir.5-8 m2 . Batako semen.

semen. antara 9-12 m2  Ringan. Untuk hebel ukuran lazimnya 20 x 60 x 10 cm atau tebalnya dapat lebih kecil sedikit. kapur. tahan api dan mempunyai kekedapan suara yang baik Kekurangan  Harga relatif lebih mahal  Tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini  Hanya toko material besar yang menjual dan penjualannya dalam jumlah 1 m3 . Kelebihan  Kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air  Pemasangan lebih cepat  Penggunaan rangka beton pengakuannya lebih luas. Dinding Bata Ringan (hebel/celcon) salah satu dari jenis beton ringan aerasi yang pertama kali dikembangkan di Swedia pada tahun 1923 untuk mengurangi penggundulan hutan akibat penggunaan kayu untuk konstruksi rumah yang semakin memperihatinkan Beton ringan aerasi ini dibuat dari bahan baku pasir kuarsa. dan bahan pengembang yang dikategorikan sebagai bahan-bahan untuk beton ringan.

.

harga kayu yang cukup mahal  Mudah susut sehingga cepat terjadi renggangan pada sambungannya. tidak tahan rayap  Jenis kayu tertentu tidak tahan air. Finishing-nya pun relatif sederhana.bahan mudah diperoleh. hanya di politur warna kayu atau dicat. mudah dikombinasikan  Memberikan suasana alami  Pengerjaan finishingnya mudah  Mudah di bentuk dan ringan Kekurangan  Mudah terbakar. Dinding Kayu penggunaan kayu sebagai material dinding atau dalam bahasa jawa dinamakan “gebyok”. Kelebihan  Mudah pengerjaannya. . Biasayanya gebyok ditata berdasarkan rangka sesuai luas ruang yang akan ditutupi.

Dinding kayu terbagi 3:  Dinding kayu log/batang tersusun banyak ditemui di rumah-rumah tradisional di eropa timur. Terdiri dari susunan batang kayu bulat atau balok. .

Aplikasi pada desain .

Tebal/lebar dinding beraneka ragam : 2/16. dll. Dinding papan digunakan untuk bangunan dengan konstruksi rangka kayu. dengan pemasangan secara horizontal dan vertikal. 3/25. . 2/20. Papan digunakan untuk dinding eksterior maupun interior.

Aplikasi pada desain .

tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan.60 cm . Panjang siram mencapai 55 . Dinding Sirap dinding sirap pada bangunan merupakan material yang paling baik dalam penyesuaian terhadap susut dan muai dan memberikan perlindungan yang baik terhadap iklim.

Yang dapat digunakan untuk kegunaan dekoratif. tembaga. dan platina (platinum sheet metal juga digunakan sebagai katalis. walaupun ketebalan yang sangat tipis dianggap foil atau daun. emas.25 di) dianggap piring. dan potongan lebih tebal dari 6 mm (0. lembaran logam penting termasuk perak. kuningan. baja.Ketebalan dapat bervariasi secara signifikan. Ada berbagai logam yang dapat dibuat menjadi lembaran logam. . menjadi sebuah lembaran-lembaran logam. seperti aluminium. dan titanium. nikel timah. Metal Sheet Metal sheet adalah sebutan untuk logam yang dibentuk menjadi potonganpotongan tipis dan datar.

Yang di aplikasikan pada bagian eksterior dari suatu bangunan. Keuntungan yang utama dari penggunaan dinding prefab adalah pelaksanaan yang lebih cepat ketimbang melaksanakannya dengan metode konvensional. Sebelum di pasang pada lokasinya. Dinding Prefab dinding prefab adalah dinding yang dibuat sebelumnya di luar lokasi pembangunan dan dalam bentuk yang sudah jadi dipasang pada lokasi pembangunan yang sudah ditentukan. dinding prefab terbuat dari pasangan bata ringan (celcon). . Dinding tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa tipe sesuai dengan gambar. dinding tersebut sudah diberi cat dasaran pertama. diplester dan di aci.

Kelebihan  Sangat mudah dan cepat pemasangannya sehingga mempercepat proses pembangunan  Permukaan halus rapi. tidak perlu diplaster. Lebih ringan karena berongga  Tidak memerlukan bekisting atau cetakan  Kendala cetakan dapat di minimalisir Kekurangan  Bentuk dan ukuran hanya bias di sesuakandengan produk pabrik. Dinding Beton Dinding beton pracetak biasa di sebut panel beton banyak di gunakan sebagai alternatif baru pembuatan dinding yang cepat dan praktis. pengunaannya banyak di temui pada ruko-ruko. bisa langsung di aci  Lebih kuat. tidak terbakar.dan tidak lapuk. karena barang pasaran hanya bias dilayani untuk jumlah yang besar  Terdapat sambungan antar panel yang harus dikerjakan dengan hati-hati agar hasilnya sempurna  Pengerjaan tidak diawasi langsung sehingga mutu harus didasarkan pada kepercayaan terhadap produsen. perumahan. atau bangunan lainnya. . pabrik.

.

.

bahan mudah didapat. Dinding Pasangan Batu Dinding pasangan batu terbuat dari batu kali utuh atau batu cadas. . dinding penahan tanah. dan lain-lain. dinding kepala jembatan. bagian bawah harus dibuat lebih tebal dari bagian atas sehingga membutuhkan bahan yang cukup banyak. o kuat dan tahan lama.prinsip pemasangan menggunakan pasangan pasir dan semenatau menggunakan bronjol kawat. Kelebihan o harga murah. Dinding ini banyak di temui di bangunan-bangunan benteng. cocok untuk dinding penahan tanah. Kekurangan o diperlukan ketebalan yang cukup o jika dipasang miring . pengerjaan mudah.

.

Ringan  Sudah terdapat jenis bambu yang bagus untuk motif khusus Kekurangan  Muda terbakar  Mudah kena bubuk . Berkesan alami. Untuk anyaman bambu biasanya menggunakan bambu bagian kulitnya karena cukup kuat terhadap cuaca dan memiliki tekstur yang bagus. Dengan kelenturan yang terdapat pada bambu maka dinding rumah akan lebih tahan terhadap gaya-gaya horizontal seperti angin. dan gaya horizontal lainnya. Kelebihan  Murah dan mudah didapat. Dinding Bambu Penggunaan bambu maupun anyaman bambu dapat digunakan sebagai dinding dalam maupun dinding luar. gempa. Pengerjaannya mudah.

Aplikasi dalam desain .

bambu pracetak) Keutamaan dari bambu komposit:  Salah satu teknik pengawetan-mengurangi serangan bubuk dan jamur pada bambu  Citra/ image rumah permanen/ „rumahtembok‟  Mengurangi resiko kebakaran  Kontrol suhu ruang  Potensi kekuatan tarik bambu sebagai pengganti tulangan baja . Dinding Bambu Komposit Dinding bambu komposit dalah konstruksi dinding yang memakai bambu yang dikombinasikan dengan bahan cement based (bambu plaster .

Konstruksi dinding bambu dengan plesteran .

dipotong. Kelebihan  Pemasangan lebih cepat  Tahan api  Tahan rayap  Tahan jamur  Tahan kelembaban kedap suara  Ringan. ringan. serta mudah diangkat. dilem. praktis. dibor. Papan fiber ini ringan. dan dipola. dicat. sehingga memudahkan dalam pengangkutan Kekurangan  Kurang kokoh  Mudah rusak jika terkena benturan . praktis.DINDING INTERIOR  DINDING PAPAN fiber semen/glassfibre rainforced cement (GRC) Papan fiber semen ini terbuat dari serat fiber glas yang dicampur dengan semen dan pasir. serta mudah diangkat.

Aplikasi Pada Desain .

penggunaan material dinding kaca bening sangat membantu mengatasi batasan visual dalam ruang. Hal yang perlu dipertimbangkan juga jika dinding kaca langsung terkena sinar matahari yang akan membuat udara dalam rumah menjadi panas. Pengunaan dinding kaca sebagai struktur inti dan elemen desain untuk banyak rumah tinggal baik sebagai material eksterior maupun interior. Pada hunian dengan ruang terbatas. Halaman rumah yang hijau dan asri pun dapat dilihat dari dalanm rumah yang menyebabkan suasana menjadi lebih alami dan sejuk. Dinding Kaca Material kaca memiliki karakter transparan dan berkesan eksklusif. Dinding kaca bisa membuat rumah terlihat lebih luas dari aslinya. Kelebihan  segi peneranganmengantarkan cahaya sinar matahari langsung ke dalam rumah  kaca bisa membuat rumah terlihat lebih luas daripada aslinya Kekurangan  terkesan rawan retak dan pecah .

Aplikasi pada desain .

Aplikasi pada desain .

mudah rusak dan gupil terutama di bagian sudut dinding  Tidak tahan terhadap api  pemasangannya yang agak rumit . rata-rata di pasaran adalah 9mm. kekurangan  Ketahanan Terhadap Air. Ketebalan gypsum bervariasi. 12mm dan 15 mm untuk type gypsum standar (plasterboard) Kelebihan  Dari segi akustik. tidak tahan terhadap basah dan lembab. dapat menyerap suara.  Ketahanan Terhadap Benturan dan Goresan.Papan Gypsum Papan gypsum terdiri dari inti dari bahan gypsum yang dibungkus dengan kertas penguat di sekelilingnya.

Aplikasi pada desain .

9mm dan 12 mm. etebalan papan kalsium terdiri dari 6mm.  Bahan dengan kerapatan yang padat Kekurangan  pemasangannya yang agak rumit  tidak cocok untuk ruang yang membutuhkan peredaman suara (misal ruang pertunjukan atau studio)  bila terkena air dan lembab akan mudah sekali terdapat bercak-bercak hitam (jamur) . Secara tampilan kasat mata papan kalsium menyerupai bahan plafon fibercement. Kelebihan  lebih tahan terhadap air dan lembab  tidak mudah terbakar dan tidak juga menyebarkan nyala api. Papan Kalsium Papan Kalsium terbuat dari panel kalsium-silikat dan menggunakan serat selulosa sebagai penguat.

.

 Papan Triplek/ Multiplek Papan Multiplek dibuat dari serutan kayu yang dilapiskan secara vertical dan horizontal secara berselangseling antar lapisan. Kelebihan memiliki tingkat reduksi yang cukup bagus dan mudah dibentuk. dan antar lapisan tersebut di press dengan tekanan tertentu dan di lem. sehingga papan multiplek cocok ruang yang memerlukan pengaturan tata suara (misal gedung konser)  lebih fleksibel dan mudah dibentuk manjadi model apapun Kekurangan  mudah terbakar  tidak akan tahan terlalu lama di tempat yang berair .

.

elemen-elemen pendukung dinding  dinding terrazzo Terrazzo dinding dalam aplikasi dilapangan banyak dipakai pada dinding kamar mandi juga ada beberapa yang dipakai pada dinding kamar tidur maupun ruangan yang lain. Dalam pelaksanaan dilapangan pekerjaan dinding terrazzo ini sedikit perlu penanganan khusus serta diperlukan penambahan material pendukung untuk memperkuat dan menambah daya rekat lapisan terrazzo pada dinding yang akan kita lapisi dengan terrazzo. bahkan dibeberapa tempat yang kami laksanakan ada yang dipakai diseluruh ruangan interior. . Design dan kesan ruang yang diinginkan adalah alasan kenapa dinding terrazzo ini dipakai.

Aplikasi pada desain .

 KERAMIK . MARMER DAN GRANIT digunakan sebagai material pelapis pada dinding. yang lebih banyak digunakan pada pengaplikasian dinding interior dan eksterior. .

“ Add your company slogan ” LOGO .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->