P. 1
40 Cara Meningkatkan Produktifitas

40 Cara Meningkatkan Produktifitas

|Views: 13|Likes:
Published by E.n. Widiyanto
Masih bingung tentang meningkatkan produktivitas saat bekerja? Pertama-tama anda harus menganalisa apa faktor utama penyebab ketidak Produktifitas anda. Jika anda masih tidak bisa menemukan alasannya, cobalah 40 tips berikut ini:
Masih bingung tentang meningkatkan produktivitas saat bekerja? Pertama-tama anda harus menganalisa apa faktor utama penyebab ketidak Produktifitas anda. Jika anda masih tidak bisa menemukan alasannya, cobalah 40 tips berikut ini:

More info:

Published by: E.n. Widiyanto on May 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2013

pdf

text

original

40 Cara Meningkatkan Produktifitas (Bagian 1) Motivasi Masih bingung tentang meningkatkan produktivitas saat bekerja?

Pertama-tama anda harus menganalisa apa faktor utama penyebab ketidak Produktifitas anda. Jika anda masih tidak bisa menemukan alasannya, cobalah 40 tips berikut ini: 1. Istirahat sejenak Otak yang sudah lelah tidak akan menghasilkan hasil kerja yang baik walaupun anda berusaha untuk memaksa. Jika anda sudah letih maka istirahatlah sejenak. Sebagai umat islam kita sangat beruntung karena kita memiliki sholat 5 waktu, yang menjadi penyeimbang hidup kita. Jadikan Sholat ini sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah sehingga pikiran menjadi segar kembali. 2. Pasang timer untuk setiap yang anda kerjakan. Tujuannya adalah agar anda bisa mengukur seberapa cepat atau lambat anda bekerja. Jika perlu bandingkan waktu anda dengan orang lain untuk mendapatkan gambaran seberapa bagus anda dalam memaksimalkan waktu. 3. Hilangkan semua gangguan Matikan gadget, internet, notifikasi email dan jangan membuka lebih dari 1 browser dalam 1 waktu. 4. Cintai pekerjaan anda Sangat sulit untuk fokus pada pekerjaan yang tidak anda sukai. Ketidakfokusan ini akan menyebabkan anda sulit untuk produktif, karena hati dan pikiran anda tidak mau mengerjakan pekerjaan tersebut. 5. Selesaikan pekerjaan tersusah Selesaikan pekerjaan yang paling sulit dan paling anda takutkan di pagi hari, saat pikiran anda masih jernih. 6. Mulai saat ini juga Memulai adalah pekerjaan yang paling sulit. Terkadang setelah anda berhasil memulai, anda menjadi terlarut dalam pekerjaan tersebut. 7. Gunakan waktu emas anda Setiap orang mempunyai jam biologi tersendiri, ada yang sangat bagus bekerja di pagi hari, ada yang sangat produktif bekerja di malam hari. Kenalilah jam biologi anda dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk bekerja.

8. Bawa buku catatan kecil dan nota setiap saat Buku catatan ini berguna untuk mencatat ide-ide, saran dari orang lain dan hal-hal kecil lainnya yang terkadang terlintas dipikiran kita saat kita bekerja. Jika anda tidak mencatat maka pikiran anda akan terus mengingatkan anda tentang pekerjaan-pekerjaan ini, sehingga anda akan menjadi susah untuk konsentrasi. 9. Buat blog perkembangan diri Blog ini berguna untuk mencatat perkembangan diri anda. Sehingga anda bisa memantau apakah dalam kurun waktu tertentu terdapat perkembangan secara keilmuan dan kepribadian pada diri anda. Jika tidak anda perkembangan, maka anda harus berusaha untuk meningkatkan kualitas diri anda. 10. Rencanakan menu makan anda setiap ujung minggu Hal ini bertujuan agar anda bisa menghemat waktu dan energi otak, sehingga anda tidak perlu memikirkan apa yang harus anda makan atau berbelanja setiap kali anda memasak. 11. Tulis daftar pekerjaan setiap hari Tulislah pekerjaan yang anda ingin kerjaan besok, sebelum anda tidur. Dengan cara ini anda bisa membuat prioritas pekerjaan yang harus terlebih dahulu dilakukan. 12. Analisa lagi produktivitas anda setiap saat Setiap kali anda selesai melakukan pekerjaan anda, maka tanyakanlah ke diri anda apakah anda sudah memaksimalkan waktu sebaik mungkin? Hal ini bertujuan untuk mengingatkan anda kembali tentang pentingnya menggunakan waktu seefisien mungkin. 13. Tidur cukup Tidur yang cukup bisa memulihkan konsentrasi anda. Perlu diingat bahwa tidur berlebihan justru bisa menurunkan konsentrasi anda. 14. Olahraga Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan di kantor bisa meningkatkan produktivitas dan jalan-jalan singkat setelah makan siang juga bisa meningkatkan produktivitas. 15. Rapikan meja anda Sempatkan untuk rapikan meja anda. Ruang kerja yang rapi akan berpengaruh terhadap psikologi anda. 40 Cara Meningkatkan Produktifitas (Part 2)

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas 15 cara untuk meningkatkan produktivitas. Sekarang saya akan menjelaskan beberapa tips lain yang bisa gunakan untuk meningkatkan produktivitas 16. Outsourcingkan pekerjaan sebanyak mungkin Jika anda sudah tidak bisa mengendalikan pekerjaan anda yang sangat banyak, jangan takut untuk mendelegasikan pekerjaan anda ke orang lain, terutama pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa di selesaikan orang lain. 17. Matikan TV Hasil statistik di Amerika menunjukkan bahwa kebanyakan orang menonton tv minimal 4 jam dalam 1 harinya. Jadi jika anda hidup 65 tahun, anda telah menghabiskan 9 tahun hanya untuk menonton tv. Jadi Matikan tv anda sekarang juga jika ingin lebih produktif. 18. Dengarkan buku audio setiap kali anda diperjalanan Perjalanan anda menuju kantor atau bisnis anda setiap hari bisa anda gunakan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dengan cara mendengar buku audio. 19. Bayar tagihan anda secara otomatis Anda bisa menggunakan pembayaran tagihan seperti telpon, listrik dan tagihan lainnya secara otomatis. Sehingga anda tidak perlu antri untuk membayar tagihan ini dan anda bisa menghemat waktu anda. 20. Baca buku-buku produktifitas Salah satu buku yang terlaris tentang produktifitas adalah yang dikarang oleh Read David yang berjudul “Getting Things Done”. 21. Mandilah lebih cepat Kebanyakan orang Indonesia mandi 2 kali dalam sehari. Jika anda menghabiskan waktu 30 menit setiap kali mandi, maka anda telah menghabiskan waktu 1 jam dalam sehari untuk mandi. Kebersihan mandi bukan tergantung berapa lamanya tapi seberapa berkualitas kita membersihkan diri. 22. Ceritakan ke orang lain tentang impian anda Dengan menceritakan ini anda jadi memotivasi diri anda untuk mewujudkannya, tapi jangan menceritakan pada orang yang pesimis, karena akan menurunkan semangat anda. 23. Belajar untuk berkata tidak

Anda akan sulit untuk menyelesaikan tugas anda jika anda tidak bisa berkata tidak pada orang lain. Karena anda akan disibukkan dengan pekerjaan-pekerjaan orang lain. 24. Melakukan diet informasi Ternyata bukan pola makan saja yang harus mengikuti diet, tapi membaca beritapun harus melakukan diet. Mengkonsumsi informasi secara berlebihan akan menghabiskan waktu anda. 25. Tandai acara-acara penting di kalender Tandai acara-acara penting di kalender anda sehingga anda mengetahui kapan harus menyelesaikan tugastugas penting. 26. Buat target Buatlah target tentang apa yang ingin dicapai setiap harinya 27. Buat shortcut di keyboard anda Hapalkan shortcut-shortcut yang sering anda gunakan pada keyboard computer anda, hal ini sedikit banyak bisa menghemat waktu anda. 28. Bangun lebih pagi dari orang lain Jika anda bekerja lebih awal, maka akan lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dan andapun bisa bekerja jauh dari stres. 29. Jangan melakukan multitasking Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan manfaat mono tasking dibandingkan multitasking 30. Beri hadiah ke diri anda Jika anda berhasil menyelesaikan satu tugas besar, maka berilah hadiah pada diri anda. 31. Belanja online Berbelanja online jauh lebih hemat waktu dibandingkan offline. 32. Gabungkan pekerjaan yang sama dalam 1 waktu Gabungkan pekerjaan yang sama seperti membalas email dan membalas telepon dalam satu waktu.

33. Percepat koneksi internet anda Koneksi internet yang lambat sangat mempengaruhi kinerja anda, jika memungkinkan maka gunakan koneksi internet yang cepat. 34. Belajar mengetik cepat Mengetik secara lambat mempengaruhi kinerja anda dan menghabiskan waktu anda. 35. Hindari membuang waktu Hal-hal yang bisa membuang waktu adalah chatting menggunakan instan messenger, main games, menggunakan jejaring sosial berlebihan, menonton tv dan window shoping secara online. 36. Bekerja dari rumah Bekerja dari rumah atau menjauhi dari keramaian terkadang menjadi senjata ampuh untuk menghindari banyaknya gangguan. 37. Prioritas Tentukan prioritas pekerjaan dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Jika memungkinkan hilangkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak penting. 38. Baca bagian yang penting pada buku Jika anda membaca buku non-fiksi, maka bacalah bagian-bagian terpenting dari buku tersebut. 39. Masak dalam jumlah banyak Masak lah dalam satu waktu dan dalam jumlah yang banyak. Simpanlah dalam lemari pendingin dalam bentuk kecil-kecil, sehingga anda tidak perlu berulang-ulang masak. 40. Belajar membaca cepat Membaca cepat sangatlah berguna, karena anda bisa mendapat manfaat yang sama dibandingkan membaca dalam kecepatan biasa dan anda bisa menghemat waktu lebih banyak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->