BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANGTUA Asslamualakum Warohmatullohi Wabarokatuh Alhamdulillahi Robbil Alamin ,, Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa

aalii Muhammad Robbisy Rohli Shodri Wayassirli Amri, Wah lul, ukdatammillsani yafqohu Qouli. Amma Ba'du...... Saudara-saudaraku yg dirahmati Allah, sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada ibu-bapak sebagaimana difirmankan Allah dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 36: Yang artinya: Sembahlah Allah & janganlah kamu mempersekutukan-Nya dgn sesuatupun. & berbuat baiklah kpd 2 orangtua (Q.S. An Nisa: 36) Saudara-saudaraku yg dirahmati Allah, Ayat tadi memerintahkan kepada kita agar senantiasa menyembah Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dan berbuat baik kepada kedua orangtua kita. Cobalah kita hitung jasa kedua orangtua kita, tentu tidak akan mampu menghitungnya, karena jasa mereka sangat besar tiada terkira. Saat hamil, ibu selalu dalam kepayahan karena mengandung kita ,sementara bapak bekerja siang dan malam untuk menafkahi keluarganya. Begitu pula saat lahir, mereka pun mencurahkan segala perhatian dan kasih sayang kepada kita.Bahkan sampai sekarang kasih sayangnya tiada terkira. Subhanallah... Betapa mulia jasa kedua orangtua kita! Suatu hari, ada seorang sahabat bertanya kepada Nabi Muahammad SAW, “Siapakah yang patut memperoleh penghormatan terbaik dariku, wahai Nabi?” “Ibumu,” jawab Nabi singkat. ”Lalu siapa lagi?” sahabat kembali bertanya. “Ibumu,” Nabi tetap memberi jawaban yang sama. “Lalu siapa?” sahabat itu terus bertanya. “Ibumu,” lagi-lagi Nabi memberi jawaban yang sama hingga 3 kali. “Lalu siapa, wahai Nabi?” “Ayahmu.” Karena itulah, barangsiapa yang durhaka kepada kedua orangtua, niscaya Allah akan menurunkan siksa dan neraka balasannya. Cara berbakti kepada kedua orang tua, ialah dengan mencurahkan kebaikan, baik dengan perkataan, perbuatan, ataupun harta. Berbuat baik dengan perkataan, yaitu kita bertutur kata kepada keduanya dengan lemah lembut, menggunakan kata-kata yang baik dan menunjukan kelembutan serta penghormatan. Berbuat baik dengan perbuatan, yaitu melayani keduanya dengan tenaga yang mampu kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, membantu dan mempermudah urusanurusan keduanya. Berbuat baik dengan harta, yaitu dengan memberikan setiap yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh keduanya, berbuat baik, berlapang dada dan tidak mengungkit-ungkit pemberian sehingga menyakiti perasaan ibu bapak. Dan ketahuilah, saudara-saudara sekalian, berbakti kepada kedua orang tua tidak hanya dilakukan tatkala keduanya masih hidup. Namun tetap dilakukan manakala keduanya telah meninggal dunia. Yaitu dengan cara mendoakannya, selalu meminta ampun untuknya melaksanakan janjinya (wasiat), menyambung tali silaturahmi kepada orang yang keduanya juga pernah menyambungnya.

Nah. Wassalamualakum Wr Wb . Saudara-saudaraku yg dirahmati Allah. sebagai generasi shalih & shalihah. dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku di kala aku masih kecil. ampunilah aku dan kedua orangtuaku. demikian yg dpt saya sampaikan. marilah kita berbakti kepada kedua orangtua dan senantiasa berdoa untuk mereka: Ya Tuhanku. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful