A.

JUDUL PROGRAM Camilan Stik Rebung

B. LATAR BELAKANG MASALAH Merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer di masyarakat. rebung merupakan tunas muda tanaman bambu yang muncul di permukaan dasar rumpun. Tunas bambu muda tersebut enak dimakan, sehingga digolongkan ke dalam sayuran. rebung biasanya dibuang kelopaknya, diiris-iris kemudian diolah dengan cara dikukus atau direbus. rebung yang sering dikenal dengan nama bung (bahasa Jawa), oleh masyarakat pedesaan sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai bahan masakan, terutama untuk dibuat sayur. Dalam bahasa Inggris, rebung dkenal dengan sebutan bamboo shoot. Morfologi rebung itu sendiri berbentuk kerucut, setiap ujung glugut memiliki bagian seperti ujung daun bambu, tetapi warnanya cokelat. Untuk memperoleh rebung dari rumpun bambu tidaklah sulit. Dengan menggunakan pisau, sabit, atau alat lain, rebung dapat dipotong pada bagian pangkalnya. Setelah itu, kemudian rebung dikupas untuk dibuang glugutnya. Setelah bersih, rebung kemudian dipotong-potong kecil sesuai selera. Di pasaran, rebung dijual dalam dua bentuk, yaitu bentuk utuh dan bentuk irisan-irisan tipis. Selain murah, rebung juga mudah didapat, di pasar tradisional maupun swalayan. Saat hendak dimasak atau diolah, rebung sebaiknya direbus menggunakan air garam agar bau pesingnya hilang. Namun yang menjadi perhatian adalah tidak semua jenis bambu memiliki rebung yang enak dimakan. Beberapa jenis bambu memiliki rebung yang rasanya pahit ketika dimakan. Bambu jenis apus (pring apus dalam bahasa Jawa) merupakan salah satu janis bambu yang tidak dapat diolah menjadi masakan, karena rasanya pahit. Jenis rebung yang memiliki cita rasa enak adalah rebung kuning, rampal/ suling, ori, dan ater. rebung dari bambu betung memiliki rasa paling enak. rebung betung berwarna merah cokelat dan subang (ujung kelopak) pada ujung rebung berwarna ungu. Stik kering atau camilan merupakan makanan yang sangat dinikmati masyarakat.

1

Stik dan telah dikenal oleh masyarakat sebagai makanan ringan atau jajan yang sangat disukai. PERUMUSAN MASALAH 1. 2. 2. Bahan baku yang berbeda diharapkan akan menjadi sesuatu cemilan yang menarik dan santapan harian masyarakat luas. TUJUAN PROGRAM 1.Pemanfaatan rebung menjadi makanan yang mempunyai keunikan dan nilai gizi yang tinggi tentunya akan menjadi sesuatu kelebihan tersendiri. 3. Mencari alternatife yang tepat dalam memasarkan produk Stik rebung rebung. Dapat memberikan suatu pelatihan jiwa wirausaha bagi mahasiswa sehingga nantinya tidak 2 . LUARAN YANG DIHARAPKAN 1. Bahan makanan yang alami membuat makanan ini cocok dinikmati semua kalangan dari balita hingga manula. sebagian besar dapat dimanfaatkan rebungnya. Dapat menciptakan lapangan kerja baru jika ternyata usaha ini mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat dan berkembang menjadi usaha skala menengah. C. E. Bagaimana menciptakan wirausaha melalui pemanfaatan rebung? Bagaimana pemasaran Stik rebung berbahan baku rebung? D. Bagaimana memanfaatkan rebung (tunas bambu) menjadi makanan yang mempunyai nilai ekonomi? 2. Menciptakan wirausaha baru di bidang pangan dengan pemanfaatan rebung menjadi Stik rebung. 3. Mempopulerkan produk makanan bergizi berbahan baku rebung yang dibutuhkan tubuh manusia dalam kehidupan. malang sendiri tersedia banyak jenis pohon bambu.

besi.tergantung untuk bekerja pada perusahaan orang lain. 3. dan kalium.2. tetapi kini rebung dapat dimanfaatkan sebagai penggantinya. lemak. Disamping itu. Penghasilan mahasiswa sebagai penunjang biaya pendidikan. Selain dengan rasa gurih dan renyah. Rebung Rebung merupakan bahan makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dan keunikan tersndiri. tidak berbeda jauh. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA G. Dapat memberikan peluang kewirausahaan baru. thiamin. 3. F. Rebung mempunyai kandungan kalium cukup tinggi. Masyarakat lebih mengenal Stik rebung berbahan baku singkong atau ubi. fosfor. vitamin C. Terkadang mereka melupakan rebung. serta mineral lain seperti kalsium. riboflavin.3. vitamin A. 2. Camilan stik rebung Stik rebung merupakan makanan ringan yang sering dinikmati dan mudah didapatkan di pasar. Mahasiswa dapat mempelajari dan mempraktekkan secara langsung kemampuan berwirausaha. rebung adalah tunas muda dari pohon bambu yang tumbuh dari akar pohon bambu. Biasanya masyarakat setelah menebang bambu nya melupakan rebung. lemak. Kadar kalium per 100 gram rebung 3 . Senyawa utama didalam rebung mentah adalah air. dan karbohidrat pada rebung.1. baik rasa maupun nilai gizi yang semakin tinggi dan layak untuk dikonsumsi. yaitu sekitar 91 persen. Berdasarkan masalah ini kami berfikir untuk memanfaatkan rebung tersebut sebagai makanan olahan yang bermanfaat dan dapat menghasilkan pendapatan mahasiswa sebagai penunjang. G. rebung dibiarkan saja tanpa dimanfaatkan terkadang dibuang begitu saja. Tentunya akan memberi variasi yang berbeda. Menciptakan jenis makanan baru yang menjadi menu pilihan konsumsi masyarakat. kandungan protein. G. rebung mengandung protein. Survei Mengingat di malang banyak terdapat bambu dan sering kali digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku pembuat kerajinan tangan ataupun sebagai pembuat pagar rumah. KEGUNAAN 1. G. Meningkatnya perkembangan memunculkan Stik rebung tidak hanya bisa terbuat dari singkong dan ubi. karbohidrat. Bila dibandingkan dengan sayuran lainnya.

4.adalah 533 mg. Serat pangan adalah senyawa berbentuk karbohidrat kompleks yang banyak tedapat pada dinding sel tanaman pangan. seperti halnya yang terjadi pada kekurangan zat-zat gizi tertentu.01 persen). hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol).58 persen). Promosi yang dilakukan antara lain : 4 . Angka ini menunjukkan bahwa penduduk Indonesia baru memenuhi kebuhahan serat sekitar sepertiga dan kebutuhan ideal sebesar 30 gram setiap hari. pecay (1. Serat pangan tidak dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan manusia. Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan timbulnya penyakit ala masyarakat Barat. Promosi Promosi diharapkan dapat membuat produk yang dihasilkan cepat dikenal masyarakat sehingga meningkatkan hasil produksi. hiperlipidemia (kelebihan lemak). koroner. seperti kecambah kedelai (1. Harga Produk Stik rebung berbahan baku rebung tentunya akan mudah dinikmati masyarakat dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan produk sejenisnya berbahan baku yang berbeda. membantu menjaga tekanan osmotik dan keseimbangan asam basa. yaitu minimal 400 mg. Peran kalium mirip dengan natrium. ketimun (0.27 persen). 2. hipertensi. Kalium juga membantu mengaktivasi reaksi enzim. lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran tropis lainnya. tetapi memiliki fungsi yang sangat panting bagi pemeliharaan kesehatan. seperti aterosklorosis (penyumbatan pembuluh darah). Strategi Pemasaran 1. Rata-rata konsumsi serat pangan penduduk Indonesia adalah 10. Akhir-akhir ini. dan sebagian terikat dengan Protein. diabetes melitus (kencing manis). G. melalui penelitian epidemiologis telah dibuktikan peran fisiologis serat pangan terhadap usus. Makanan yang sarat kalium. dapat mengurangi risiko stroke. dan kanker kolon (usus besar). dan sebgai komponen penting dalam terapi gizi. Serat pangan (dietary fiber) sempat cukup lama diabaikan sebagai faktor penting dalam gizi manusia karena tidak menghasilkan energi. dan sawi (1. Kalium menjaga tekanan osmotik dalam cairan intraseluler.56 persen. Selain itu.5 gram per hari. kekurangan serat tidak menimbufkan gejala spesifik. Kandungan serat pangan pada rebung juga cukup baik Kandungan serat pangan pada rebung adalah 2. pencegahan penyakit. yaitu bersama-sama dengan klorida. seperti piruvat kinase yang dapat menghasilkan asam piruvat dalam proses metabolisme karbohidrat Gejala kekurangan kalium biasanya berupa pelunakan otot.61 persen).

000.000. Dalam proses selanjutnya perolehan izin dari Depkes menambah jangkauan pasar lebih luas.00 Total Rp300.000.000.00 Rp10. yaitu mengenalkan produk dengan menggunakan Hp. Strategi lainnya juga dapat dilakukan dengan mengolah rebung menjadi lauk kering. Promosi melalui media surat kabar yaitu mengenalkan produk dengan menerbitkannya dalam surat kabar kampus.500.00 Rp10.00 Rp15. dan sebagainya. yaitu penyebaran sms singkat mengenai produk yang dihasilkan.000.00 Rp150. Pengenalan · · 3. Analisis Usaha Table 1.000.00 Rp500. Selain itu pemasaran dilakukan di warung-warung kampung berupa kemasan kecil.00 Rp75.000. Pemasaran produk dimulai dari warung-warung makanan di lingkungan kampus.00 Rp100.5.000. Produk Stik rebung rebung ini dapat dipasarkan pada toko oleh-oleh di kota malang yang merupakan pusat oleh-oleh di kota malang serta dititipkan pada toko swalayan yang ada di kota malang. misalnya dengan kering rebung dengan tempe.00 Rp15.000.000.00 Rp1.00 Rp10.000.00 Rp15.000.000. Promosi melalui media elektronik.000.00 Total Biaya 5 .· Promosi melalui brosur atau pamflet yang berisi tentang produk Stik rebung dari rebung dengan cara disebarkan dilingkungan kampus dan warung-warung disertai produk yang dihasilkan. Analisis Usaha Stik rebung · Investasi No Bahan-bahan 1 Bahan Rebung Minyak Goreng Mentega Bawang Putih Garam Penyedap Rasa 2 Labelling dan Pengemasan @250gr @40gr tas+sablon Jumlah 200kg 15kg 1kg 5kg 1kg 0.00 Rp50. sehingga menarik perhatian konsumen terhadap makanan berbahan baku rebung.00 Rp100.00 Rp180. Pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses akhir produksi.000.000. dan berbagai surat kabar daerah.00 Rp210.00 350 bks 1000 bks 160 bj Rp600. G.090.25kg Satuan (kg) Rp1.00 Rp3.

Penggorengan besar .000.000.00 C . Perkiraan Pemasaran Stik Rebung: 350 bungkus/ 250gr 1000 bungkus/ 40gr Total Satuan Rp5.000.1 =1 =5 =1 kg kg kg sdm butir bungkus = secukupnya 6 .Kompor gas .00 Jumlah Rp1. Biaya Promosi dan Pemasaran No Uraian 1 Transportasi 2 orang x 150000 2 Komunikasi 2 orang x 25000 3 Promosi Total Biaya Total Rp300.00 Rp1.000.000.000.00 Rp750.00 Rp50.925.00 Pengolahan Produk Stik Rebung Bahan: a) b) c) d) e) f) g) Alat : .000.925.500.00 Rp1.000.B .100.00 Rp2.00 Keuntungan yang didapat 2925000 – (1090000+1100000) Rp735.00 Rp1.000.Penggorengan kecil 1 buah 1 buah 1 buah rebung Minyak goreng Mentega Garam Bawang putih Bumbu kaldu rasa ayam Air = 1 1/2 = 1 1/2 = 0.000.

Ini sangat penting dilakukan sehingga pemasaran Stik rebung sesuai sasaran yang diharapkan. angkat lalu dinginkan dan dilalukan pengemasan. Goreng potongan rebung. Tahap Persiapan H.1. Persiapan Alat Alat yang digunakan dalam pembuatan Stik rebung berbahan baku rebung mudah didapatkan di 7 . Survei juga dilakukan kepada ibu-ibu disekitar tempat tinggal. Survei Survei dilakukan untuk mengetahui minat masyarakat terhadap produk yang akan dihasilkan.1.Alat pemotong . Kandungan serat dan kalium yang tinggi ternyata menjadikan produk murah ini menarik konsumen. H. Rebus rebung yang telah dipotong-potong. Tambahkan garam dan bawang putih yang telah ditumbuk secukupnya. Setelah getah rebung hilang angkat dan tiriskan di bawah terik matahari sampai tidak tampak basah ( bukan kering) Tuangkan Penggorengan dan masukkan minyak goreng beserta mentega secukupnya.1.Sendok wajan . METODE PELAKSANAAN H. Potong rebung menyerupai stik dengan alat yang telah tersedia. kami mencoba menarik perhatian dengan keunggulan produk yang akan dihasilkan.1. tuangkan perlahan-lahan sambil dilakukan bolak-balik. warung-warung sekitar kampus dan kampung. H.Pisau Cara pembuatan : 2 buah 4 buah 2 buah 5 buah 5 buah 2 buah Cara pembuatan Stik rebung rebung adalah sebagai berikut: 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) rebung yang telah dibuang glugutnya dipotong menggunakan alat tersedia.. Survei dilakukan sedetail mungkin.Alat Pengiris rebung . kost atau kontrakan.2. yang diawali dari teman-teman sesama mahasiswa di lingkungan kampus.Baskom . Survey dilakukan dengan cara interview.Siruk . Setelah matang atau dihasilkan Stik rebung yang renyah.

6. Kompor Kompor digunakan untuk memasak atau menggoreng sebagai penghasil api atau panas.pasar dengan harga yang ekonomis. 6. 3. Peralatan yang digunakan antara lain : 1. Loyang Loyang digunakan untuk meletakkan Stik rebung yang baru diangkat dari api. Vacuum Sealer Produk yang sudah jadi jika akan dipasarkan harus dikemas dan udara di dalam kemasan harus disedot menggunakan vacuum sealer agar mikroba tidak berkembang dan produk akan tahan lama. Penggorengan Wajan digunakan untuk menggareng Stik rebung. Alat-alat lain Tentunya masih banyak piranti penunjang lainnya dalam proses produksi meskipun dalam skala yang kecil. atau alat lain. Sabit. Timbangan Pengemasan Stik rebung membutuhkan takaran yang akurat dan baku. Pisau Besar. 2. 7. Untuk memperoleh rebung yang panjang perlu sedikit penggalian. dan Cangkul Kecil Mengambil rebung dari rumpun bambu tidaklah sulit. Dengan menggunakan pisau besar. Kompor gas lebih praktis digunakan selain hasil api yang mudah diatur sesuai kebutuhan kompor gas lebih efektif dan ekonomis. sabit. Perebusan Pengolahan pertama pada rebung adalah merebusnya untuk menghilangkan getah yang dikandungnya. rebung dapat dipotong pada bagian pangkalnya. yang sehingga 8 . karena akan menghasilkan panas yang maksimal mempercepat proses produksi 4. loyang sebaiknya terbuat dari plastik. Karenanya memerlukan timbangan untuk mengukur berat bahan baku dan yang siap saji atau yang akan dikemas. 5. Disarankan menggunakan wajan terbuat dari stainless steel.

Bumbu-bumbu Dalam proses produksi Stik rebung rebung tidak memerlukan banyak bumbu. 5. 4. 9 dan . Disarankan menggunakan minyak yang berkualitas agar Stik rebung yang dihasilkan berkualitas baik tahan lama disimpan dalam kemasan. ampel. rebung dikupas untuk dibuang glugutnya. karena rasanya pahit. Di sekitar tempat produksi sendiri terdapat mata air bersih. Gas Proses pembuatan Stik rebung rebung hampir melalui penggorengan. Jenis rebung yang memiliki cita rasa enak adalah rebung kuning. garam. sehingga diperlukan bahan bakar berupa gas. Rebung Untuk mengambil rebung dari rumpun bambu tidaklah sulit Dengan menggunakan pisau besar. sabit. welet. tentunya dapat menjadi sumber air yang bebas bahan kimia dan baik untuk kesehatan. Persiapan Bahan Baku Persiapan bahan baku dimulai dengan survey harga bahan baku yang tersedia di pasaran. karena kerenyahan Stik rebung salah satu ukuran penting terhadap kualitas Stik rebung rebung di mata konsumen. air harus bersih dan berasal dari sumber yang kandungan kimianya telah teruji di laboratorium. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : 1. Bambu janis apus (ping apus dalam bahasa Jawa) merupakan salah satu janis bambu yang tidak dapat diolah menjadi masakan. Air Hampir semua proses memasak memerlukan air. atau alat lain.H. penyedap rasa. Setelah itu. rampal/suling. rebung dapat dipotong pada bagian pangkalnya. Bumbu yang digunakan antara lain : bawang putih. karenanya. dan ater. 2. 3. Rebung dari bambu betung memiliki rasa paling enak. Penggunaan gas akan lebih baik karena pengaturan api akan lebih mudah dan stabil.3. bawang merah. Tidak semua rebung dapat diolah menjadi masakan.1. ori. rebung betung berwarna merah cokelat dan subang (ujung kelopak) pada ujung rebung berwarna ungu dilindungi oleh kelopakkelopak kuat yang berbulu halus. Minyak Goreng Minyak goreng digunakan untuk menggoreng Stik rebung rebung.

Dalam proses selanjutnya berusaha secepatnya untuk mendapatkan izin Depkes sehingga menjamin bagi konsumen Stik rebung. serta ada tidaknya peningkatan permintaan pasar terhadap produk Stik rebung. 2. kantin di sekitar kampus dan beberapa sekolah di kota malang.4. Hal ini dilakukan untuk melihat kondisi Stik rebung yang terjual di pasaran. Untuk kemasan 250 gr dijual di koperasi.2. Mentega Mentega digunakan sebagai campuran minyak goreng untuk mendapatkan Stik rebung yang renyah dan gurih.1. warung-warung dan toko makanan oleh-oleh di kota malang.2. H. 3. Tahap Pelaksanaan H. H. Pengemasan Setelah produk Stik rebung rebung jadi. diperlukan pengemasan yang dilakukan menggunakan plastik pembungkus.2.3.5. Pemasaran Stik rebung dengan kemasan 40 gr dijual dengan harga Rp 1000 dapat di pasarkan di warungwarung kecil.2. Pengolahan produk Stik rebung rebung Pengemasan produk Stik rebung rebung Stik rebung H. 10 . mentega berfungsi untuk menghasilkan warna yang bersih dan cerah. H.2. Inspeksi untuk menemukan adanya produk dengan kualitas yang tidak dikehendaki. 2. Pemasaran Pemasaran merupakan kegiatan utama dalam proses produksi Stik rebung rebung. H. Analisa Standar Mutu Produk Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam analisa standar mutu produk antara lain: 1. Produk yang sudah jadi jika akan dipasarkan harus dikemas dan udara di dalam kemasan harus disedot menggunakan vacuum sealer agar mikroba tidak berkembang dan tahan lama.6. Selain itu. Penyelidikan untuk mengetahui penyebab penyimpangan sehingga dapat dihindarkan terjadinya kesalahan lagi.2. Pemberian keterangan tentang adanya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Pembuatan Produk 1. Promosi Produk Analisis pasar dilakukan setelah 1 minggu pelaksanaan pemasaran.2.

JADWAL KEGIATAN Bulan Ke3 Kegiatan 1. Pelaksanaan Menjaring konsumen Pelayanan dan Pemasaran Pengembangan usaha dan investasi Evaluasi x xx xx x 1 2 4 5 x xx xx xx xx xx x 11 . Persiapan Lokasi Alat dan Bahan Promosi Evaluasi 2.I.