P. 1
EPIDEMIOLOGI KESEHATAN

EPIDEMIOLOGI KESEHATAN

|Views: 52|Likes:
Published by Firuzz Evo
materi kuliah epidemiologi kesehatan insus
materi kuliah epidemiologi kesehatan insus

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Firuzz Evo on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2013

pdf

text

original

EPIDEMIOLOGI KESEHATAN

KONSEP DASAR EPIDEMIOLOGI KESEHATAN (2)

yang menekankan perhatiannya pada masalah kesehatan baik penyakit maupun non penyakit yang terjadi dalam masyarakat  Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani :    Epi demos logia = upon (pada/tentang). = knowledge (ilmu pengetahuan) . Epidemiologi :  merupakan salah satu bagian dari ilmu kesehatan masyarakat. = people (penduduk/ masyarakat).

 Dalam perkembangannya tidak hanya mempelajari penyakit menular tetapi juga penyakit tidak menular (non infeksi). epidemiologi hanya mempelajari kasus kasus penyakit menular yang terjadi dalam jumlah yang luar biasa (KLB).penyebaran (distribusi) dan faktor penentu (determinan) masalah kesehatan masyarakat.Pengertian Epidemiologi  Pengertian lama. yang bertujuan untuk pembuatan perencanaan (planning) dan pengambilan keputusan (decision) dalam menanggulangi masalah kesehatan serta pengembangannya (development) .  Pengertian epidemiologi: ilmu yang mempelajari tentang jumlah (frekuensi) .

pada periode tertentu (time)  3. Penyebaran (Distribusi) masalah kesehatan: menggambarkan masalah kesehatan di kelompok masyarakat (person). Pengertian epidemiologi mencakup 3(tiga) hal :  1.Jumlah (Frekuensi) masalah kesehatan misal : jumlah kasus Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yang menyerang masyarakat dalam waktu tertentu  2. dalam wilayah tertentu (place) . Faktor penyebab (Determinan) kenapa masalah kesehatan terjadi .

sosial) . Masalah kesehatan. artinya unit kajiannya utamanya adalah masyarakat bukan perorangan  3. 3 elemen penting dalam Epidemiologi  1. Pendekatan ekologi. juga termasuk kegiatan pelayanan kesehatan  2. biologis. Populasi. artinya mengkaji frekuensi dan distribusi masalah kesehatan dikaitkan dengan keseluruhan lingkungan (fisik. baik penyakit infeksi maupun non infeksi.

hanya menjawab pertanyaan tentang : 3 W : siapa (Who/person). Epidemiologi Deskriptif (Descriptive epidemiology). dimana (Where/place) dan kapan (When/ time). tetapi tidak menjelaskan mengapa(Why) .  Epidemiologi yang mempelajari frekuensi dan distribusi masalah kesehatan tanpa mencari tahu penyebabnya. Ada 3 Jenis Epidemiologi  1.

Epidemiologi analitik (Analytic epidemiology)  Epidemiologi yang menganalisis faktor penyebab (determinan) masalah kesehatan atau mencari jawaban (Why). dianalisis hubungannya dan akibat yang ditimbulkan . 2.

 3. Epidemiologi Eksperimental  Epidemiologi yang mempelajari dan melakukan percobaan atau eksperimen untuk membuktikan faktor penyebab (faktor risiko) terjadinya penyakit.  Misal merokok dapat menyebabkan penyakit Coronary Vascular Disease (CVD) .

Identifikasi sindrom dan klasifikasi penyakit  4.Identifikasi faktor risiko: untuk mengidentifikasi faktor faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya masalah kesehatan (biasanya penyakit tidak menular)  3. Melakukan diagnosa banding dan perencanaan pengobatan . Peranan Epidemiologi  Ada 7 peran utama dalam epidemiologi  1.Investigasi etiologi penyakit :untuk mencari penyebab penyakit (biasanya penyakit menular)  2.

analisis. interpertasi data dan diseminasi informasi hasil interpretasi data bagi mereka yang membutuhkan . 5.Surveilans status kesehatan penduduk yaitu :  kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus dan sistematik dalam bentuk pengumpulan.

preventif. Evaluasi pelayanan kesehatan dan intervensi kesehatan masyarakat . curatif dan rehabilitatif  7.Diagnosis komunitas dan perencanaan pelayanan kesehatan  menentukan masalah kesehatan komunitas dan membuat rencana pelayanan kesehatan yang meliputi promotif. 6.

Etiologi/ identifikasi penyebab penyakit  2. adalah besarnya hasil dari suatu tindakan atau intervensi . Manfaat Epidemiologi meliputi “6 E”  1. misal PSN terhadap angka kesakitan DBD  3. ingin melihat hasil atau efek suatu intervensi. Efektifitas (Effectiveness). Efikasi (Efficacy).

Evaluasi. untuk mengetahui besarnya hasil yang diperoleh berdasarkan besarnya biaya yang dikeluarkan  5. 4.adalah penilaian dari keseluruhan hasil dari suatu program kesehatan yang dilakukan  6. merupakan intervensi untuk peningkatan pengetahuan tentang kesehatan masyarakat .Edukasi.Efisiensi (Efficiency).

Apa pengertian Epidemiologi? 2.Sebutkan 7 peran utama Epidemiologi! 5.Penugasan (2)       1.Sebutkan 3 elemen penting dalam Epidemiologi! 3. analitik dan eksperimental? 4.Apa saja manfaat Epidemiologi? .Apa pengertian Epidemiologi deskriptif.

• Selamat belajar .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->