P. 1
KODE JORC

KODE JORC

|Views: 26|Likes:
Published by Qoudar Ramdhani
jorc
jorc

More info:

Published by: Qoudar Ramdhani on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasd fghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq APA ITU JORC CODE?

wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfg hjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc vbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfg hjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc vbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfg hjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwert yuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas
14 Februari 2010 GRUP FACEBOOK “GEOFISIKA FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN”

Data yang dapat dipercaya dan banyak akan menghasilkan resiko yang kecil dan perhitungan sumber daya yang akurat. Dasar-dasar pengaturan laporan JORC a. Penulis: Eko Murjianto 2 . c. Materialitas Laporan mengandung semua informasi yang relevan yang dapat membuat investor dan penasehat professionalnya percaya bahwa tambang tersebut layak untuk ditambang. b. Definisi kode JORC Kode JORC adalah alat untuk membantu geologist untuk menyampaikan resiko yang dihadapi dalam proyek tambang kepada pembuat keputusan finansial yang tidak mengerti geologi. Menyediakan sebuah kode (dan petunjuk) penggolongan perkiraan tonase menurut keyakinan geologi dan pertimbangan teknik/ekonomi. b. Apa yang tidak dilakukan kode JORC? a. c.APA ITU JORC CODE? February 14. Menyediakan daftar rangkuman kriteria utama yang dipertimbangkan ketika menyediakan laporan hasil eksplorasi. 3. Kompetensi Laporan didasarkan pada pekerjaan yang sesuai dan memenuhi syarat dan didukung oleh orang-orang professional yang telah berpengalaman di bidangnya (dapat melaksanakan tugas sesuai kode etik). Mineral Resources and Reserves that has been adopted by The Australian Institute of Mining and Metallurgy (The AusIMM) and The Australian Institute of Geoscientists (AIG) 2. terang terangan dan tidak menyesatkan agar pembacanya dapat mengerti. d. Menetapkan standar minimal dari pelaporan hasil eksplorasi. b. Menyediakan standar internasional yang telah diakui agar investor dan lembaga keuangan yang potensial dapat dan siap menilai harga sebuah perusahaan tambang serta kondisi sumberdaya dan cadangannya. Keuntungan menggunakan pelaporan berbasis JORC a. b. Menyediakan pengertian yang jelas agar manajemen perusahaan mengerti tingkat KEYAKINAN perkiraan sumberdaya dan cadangan internalnya sehingga mereka dapat mengerti tingkat RESIKO KEUANGAN yang dihadapi dalam proyek mereka. sumber daya dan cadangan. Transparan Laporan harus disediakan dengan informasi yang cukup. disajikan secara jelas. Mengatur sistem dan atau jenis-jenis pelaporan internal perusahaan 4. Menjelaskan kualifikasi dan jenis pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi orang yang berkompeten. 5. The Joint Ore Reserves Committee Code (JORC Code) is the Australian Code for Reporting of Exploration Result. 2010 1. Apa yang dilakukan kode JORC? a. Jika perkiraan sumber daya berdasarkan data yang lemah atau tidak cukup maka resikonya tinggi. Mengatur tahapan yang digunakan oleh orang yang berkompeten untuk memperkirakan dan menggolongkan sumber daya dan cadangan (metodologi). sumber daya dan cadangan kepada publik.

Klasifikasi JORC Hasil Eksplorasi Cadangan bijih Terkira Menaikkan tingkat pengetahuan dan keyakinan geologi Sumberdaya Mineral Terindikasi Terukur Terunjuk Terbukti Pertimbangan faktor-faktor tambang. 2010 6. metalurgi. Klasifikasi JORC Penulis: Eko Murjianto 3 . sosial dan pemerintah (The ‘modifying factors’) Gambar 1. pemasaran. ekonomi. lingkungan.APA ITU JORC CODE? February 14.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->