Akhlak terhadap orang tua Orang tua adalah penyebab perwujudan kita.

Kalaulah mereka itu tidak ada, kitapun tidak akan pernah ada. Kita tahu bahwa perwujudan itu disertai dengan kebaikan dan kenikmatan yang tak terhingga banyaknya., plus berbagi rizki yang kita peroleh dan kedudukan yang kita raih. Orang tua sering kali mengerahkan segenap jerih paya mereka untuk menghindarkan bahaya dari diri kita. Mereka bersedia kurang tidur agar kita bisa beristirahat. Mereka memberikan kesenangan-kesenangan kepada kita yang tidak bisa kita raih sendiri. Mereka memikul berbagai penderitaan dan mesti berkorban dalam bentuk yang sulit kita bayangkan. Dengan demikian, menghardik kedua orang tua dan berbuat buruk kepada mereka tidak mungkin terjadi kecuali dari jiwa yang bengis dan kotor, berkurang dosa, dan tidak bisa diharap menjadi baik. Sebab, seandainya seseorang tahu bahwa kebaikan dan petunjuk allah mempunyai peranan yang sangat besar, tentunya siapa tahu pula bagaimana harus berbuat baik kepada orang yang semestinya diperlakukan dengan baik., bersikap mulia terhadap orang yang telah membimbing, berterima kasih kepada orang yang telah memberikan kenikmatan sebelum dia sendiri bisa mendapatkannya, dan yang telah melimpahinya dengan berbagai kebaikan yang tak mungkin bisa di balas. Orang tua adalah orang\orang yang bersedia berkorban demi anaknya, tanpa memperdulikan apa balasan yang akan diterimanya.

1

Akhlak Kepada Teman Teman sebaya adalah teman yang sederajat dengan kita. Untuk itu akhlak kepada Allah itu harus yang baik-baik jangan akhlak yang buruk. teman belajar atau teman bermain. malaikat pun tidak akan mampu menjangkaunya. Contoh teman sebaya adalah teman sekelas di sekolah. Dia memiliki sifat-sifat terpuji. jangankan manusia. demikian agung sifat itu. Sesama teman 2 .Akhlak Kepada Allah Kita sebagai umat islam memang selayaknya harus berakhlak baik kepada Allah karena Allah lah yang telah menyempurnakan kita sebagai manusia yang sempurna. kita harus bersyukur kepada Allah. Seperti kalau kita sedang diberi nikmat. Menurut pendapat Quraish Shihab bahwa titik tolak akhlak kepada Allah adalah pengakuan dan kesadaran bahwa tiada Tuhan melainkan Allah.

orang-orang miskin. dan teman sejawat. Dan yang paling dekat di antara mereka adalah tetangga yang paling berhak mendapatkan kebaikan dan pemuliaan.sebaya harus saling menolong. karib-kerabat. Kalau kita bergaul baik dengan teman sebaya. saling menghormati. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. kita akan mempunyai banyak teman di mana saja kita berada. Sebagaimana firman Allah SWT : “Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua. ibnu sabil dan hamba sahayamu. Akhlak Kepada Tetangga Tetangga adalah: orang-orang yang rumahnya berdekatan. dan saling peduli satu sama lainnya. tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh. anak-anak yatim.” (An-Nisa’: 36) 3 .

sebaliknya suasana keluarga akan mewarnai integritas individu dan suasana masyarakat juga mewarnai integritas keluarga dan individu. Masyarakat yang baik terbangun oleh adanya keluarga-keluarga yang baik. dan keluarga yang baik juga terbangun oleh individu-individu anggauta keluarga yang baik. Diantara ketiga lembaga. integritas keluarga dan integritas sosial. pribadi. Integritas manusia dapat dilihat secara bertingkat. integritas pribadi. keluarga dan masyarakat terdapat hubungan saling mempengaruhi. 4 .Akhlak Kepada Masyarakat Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial (al insanu ijtima'iyyun bi at tob'i).

Ia memberikan kesetabilan tanah.Selain itu.menyerap pemanasan global. Misalnya. Akhlaq terhadap alam lingkungan adalah bahwa manusia tidak dibolehkan memanfaatkan sumber daya alam dengan jalan mengeksploitasi secara besarbesaran. dengan kita mengucapkan salam maka sama halya kita mendoakan kebaikan teman kita. karena memang hal tersbut juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.hutan juga menjadi pusat kehidupan beragam jenis flora dan fauna.Adanya hutan membuat air hujan akan terdistribusikan secara merata dan mencegah 5 .hutan merupakan faktor yang penting untuk menopang kehidupan dibumi.sehingga timbul ketidak seimbangan alam dan kerusakan bumi.Akhlak Kepada Saudara Mengucapkan Salam di saat bertemu dengan saudara seiman adalah sikap terpuji. Makna salam mengandung doa.

Namun.sehingga air yang melewati permukaannya berpotensi mengalir menuju satu titik (yang rendah) sekaligus menyebabkan tanah tersebut rapuh dan rawan terjadi kelongsoran.terjadinya penumpukan air yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.maka daya serap tanah terhadap air juga semakin berkurang. 6 .dengan semakin mengikisnya lahan hutan.

JIMMY ADI PUTRA MTs AL-MUTTAQIN PEKANBARU 2013 7 .TUGAS AKIDAH AKHLAK D I S U S U N OLEH : KELOMPOK II 1. FRENDY ARWIS SUHENRA 5. ADEK SAPUTRA 3. DIAN PERMATA SUCI 2. RISKA NIAWATI 4.