P. 1
METODE PERSIDANGAN

METODE PERSIDANGAN

|Views: 24|Likes:
Published by Ryan Ramadhan

More info:

Published by: Ryan Ramadhan on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/04/2014

pdf

text

original

METODE PERSIDANGAN

Metode yaitu : sitem ,cara ,strategi ,atau aturan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah secara sistematis Persidangan yaitu : kumpulan 2 orang atau lebih untuk memecahkan suatu masalah Unsur – unsur persidangan 1. peserta ; peserta penuh(PP),peninjau(Ppeninj) dan (PU) - peserta penuh ; yang dimaksud dengan PP adalah peserta yang merupakan anggota dari suatu organisasi atau lembaga dan memiliki hak suara dan hak bicara - Peserta peninjau ; yang dimaksud dengan Ppeninjau adalah peserta atau pihak tertentu yang ditunjuk atau diminta untuk meninjau jalannya proses persidangan dan hanya memiliki hak suara - Peserta Undangan ; yang dimaksud dengan Peserta undangan adalah pihak tertentu yang diundang dalam suatu proses persidangan dan tidakmemiliki hak suara dan hak bicara kecuali dibolehkan oleh forum atau peserta sidang. 2. Perangkat sidang ; ketua , sekretaris,Steering Commite (SC) - ketua ; yang dimaksud dengan ketua adalah orang yang ditunjuk oleh forum atau SC untuk merangkai jalannya sidang - sekertaris ; yang dimaksud dengan sekretaris adalah orang yang ditunjuk oleh forum atau SC untuk menulis hal-hal penting dalam suatu proses persidangan. - Steering Commite ; yang dimaksud dengan SC adalah orang yang ditunjuk atau dimandat oleh suatu organisasi atau lembaga untuk menyusun agenda persidangan dan bertugas untuk mengesahkan dan mencabut surat ketetapan atas persetujuan forum serta mengawasi jalannya proses persidangan mulai dari awal hingga akhir masa persidangan.

Fasilitas persidangan

surat keputusan tertulis yang merupakan kekuatan hokum hasil kesepakatan. Vooting . yang dimaksud dengan skors adalah penghentian proses persidangan untuk sementara dengan waktu atau tanpa waktu yg ditentukan 4. 5. Aklamasi . Interupsi . yang dimaksud dengan aklamasi yaitu penunjukan secara langsung dari peserta forum. keluar dari ruang sidang tanpa seizin presidium sidang karena sesuatu hal 7. Lingkaran . yang dimaksud dengan qourum adalah sahnya persidangan 2. 4. Istilah dalam sidang 1.1. Walk Out. 3. Quorum . 2. 6. Bentuk tapal kuda 3. 8. Memanjang ● 5. Kosidderan. Bentuk – bentuk persidangan 1. Skors . 3. Segi empat 4. yang dimaksud dengan vooting adalah cara pengambilan keputusan dengan suara terbanyak. yang dimaksud dengan interupsi adalah memotong pembicaraan tanpa melalui pimpinan sidang 5. palu sidang meja kursi alat tulis menulis pengeras suara dll. bentuk huruf U ● 2.

sidang terbuka 6.Menutup sidang : 3 kali ketukan dengan membaca hamdalah .Menetapkan hasil. Bentuk saf ● Ketukan palu .hasil sidang : 3 kali ketukan dengan ucapan basmalah .Membuka sidang : 3 kali ketukan dengan membaca basmalah ( bagi yg muslim) . – jenis sidang Sidang pleno Sidang sub komisi sidang komisi Sidang istimewa 5.Mengesahkan hasil-hasil sidang : 1 kali ketukan dengan ucapan hamdalah .Skorsing sidang : 1 kali ketukan dengan membaca basmalah . sidang tertutup . 2. 4.Membuka skorsing : 1 kali ketukan dengan membaca hamdalah . 3.Memindahkan palu sidang : 1kali ketukan dengan ucapan hamdalah .U 6.Menerima palu sidang : 1 kali ketukan dengan ucapan basmalah Jenis 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->