OLAH RAGA SEPAK BOLA

Komang Jaka Ferdian 17 X.4

SMA FRANSISKUS BANDAR LAMPUNG 2007/2008

penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. 9 Desember 2007 Penyusun. Dengan selesainya karya tulis ini. Dalam menulis penelitian ini. penulis mendapatkan bantuan dari beberapa pihak. Amin Bandar lampung. yang tidak dapat disebutkan satu persatu. 2. namun penulis menyadari bahwa penyusunan danpenulisannya masih jauh dari sempurna. Dan semua pihak yang telah membantu dalam penulisan metode penelitian ini.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan hidayahNya penulis mampu menyelesaikan karya tulis ini. jauh dari kemungkinan karya tulis ini dapat terselesaikan dengan baik. Meskipun penulis telah berusaha bersungguh – sungguh dalam pembuatan dan penyelesaian metode penelitian ini. Kakak yang telah memberikan doa dan motifasi sehingga penulis dapat mengikuti pendidikan. Teman – teman sekolah yang telah memberikan banntuan dan motifasi 3. Orang Tua. tanpa bantuan tersebut. Mudah – mudahan dapat bermanfaat serta memberikan informasi dan pengetahuan dalam semua pihak yang membutuhkan dan bagi kita semua. Adik. Komang Jaka Ferdian .

.............. BAB IV PENUTUP 4.....1...3.....3....3 Peraturan – peraturan yang digunakan dalam permainan sepak bola ....1 Teori yang menunjang .2 Taktik yang digunakan dalam permainan sepak bola...........3 Tujuan permainan…………………………………………………………..2 Saran…………………………………………………………………………….... 3.................3 Tujuan …………………………………………………………………………...DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………....................... 3...........2 Rumusan masalah ……………………………………………………………… 1.....1 Pengertian Sepak Bola.......2 Wasit sebagai pengukur waktu resmi……………………………………… 3.... DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………… i ii iii 1 1 1 2 4 4 4 5 6 6 6 7 8 8 9 BAB I PENDAHULUAN ..1 Latar Belakang`………………………………………………………………… 1....1 Kesimpulan ……………………………………………………………………........................1. KATA PENGANTAR……………………………………………………………… DAFTAR ISI……………………………………………………………………….......... BAB I PENDAHULUAN 1... 3................. BAB III PEMBAHASAN 3........... 3........................... BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2... 4................... 3.3.....1 Lama permainan……………………………………………………………..........2 Sejarah sepak bola…………………………………………………………....1 Sepak Bola……………………………………………………………………… 3.

Dalam pertandingan olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing – masing berjuang memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing – masing kelompok ber anggotakan sebelas pemain dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan lapangan permainan.1. 1. Agar setiap pembaca dan penonton dapat ikut serta atau berpran aktif dalam setiap pertandingan sepak bola BAB II TINJAUAN PUSTAKA .1 Latar Belakang Sepak bola adalah salah satu olah raga yang sangat popular di dunia. Dapat mengetahui wawasan tentang sepak bola b. Formasi apa saja yang digunkan dalam permainan sepak bola? 1. Mengapa sepak bola menjadi olah raga yang popular? b.3 Tujuan a.2 Rumusan masalah a.

Pendiri dinasti Ming Taizu pernah memerintahkan pelarangan bermain Cu Ju. yakni pada kedua ujung masing – masing diopasang 6 buah pintu bola berbentuk lobang model rembulan yang disebut Ju Shi (ruang bola). boleh dibilang dia adalha bintang sepak bola pertama di dunia.selain menuntut sportif bahkan terhadap wasit dan pemain mengsyaratkan moral yang ketat. 2. pintu bola. Didalam piagam disebutan Ju (bola) dan Ju Chang (lapangan bola). diartikan bola dan lapangan bola melambangkan langit dan bumi. Soccer : start right and play well. Tai Ping Qing hua selain itu juga mecatat: “Ta Ju bermula pada pasca Xuan (kaisar Huang Di). dll adalah perkumpulan bola yang tersohor pada saat itu.dijadikan sebagai target penyerang. dalam perlombaan masing – masing pihak ada 12 pemain. bahakna ada prajurit melanggar laranagan tersebut sehingga dipotong kaki kanannya. Yin dan Yang. sampai diangkat menjadi Komandan Depan Istana oleh sang kaisar. ju bernakna bola. dalam perlombaan masing – masing pihak ada 12 pemain. Pada zaman dinasti Song ditandai dengan pendirian tim Cu Ju dari kalangan rakyat. perkumpulan Qi Yun. perkumpulan Yuan.2. Zaman dinasti tang adlah perkembngan Cu Ju tiongkok yang paling berjaya.1. sangat menggemari permainan Cu Ju. . Permainan dari latihan bela diri didlam markas militer.2 Media Cetak: Gutman. Pendiri dinasti Song tai Zu bernama Zhao Kuangyin.com Sejarah sepak bola Cu Ju adalah kegiatan sepak bola terawal yang dicatat dalam notasi sejarah. Dinasti Qing juga tidak melanjutkan kegiatan Cu Ju. Liu Xang darizaan dinasti Han mencatat dibukunya: catatan lain bahwa: “pemaon Cu Ju konon diciptakan oleh Huang Di (kaisar kuning)”. Ketentuan pembuatan target penyerang.1 Media elektronik : www. bill. sehingga dalam bidang teknik dan strategi sepak bola memperoleh lonjakan yang besar. CT: Grey Castle 1989. Jhon.google. Soccer: Englewood Cliffs. Para pelukis dari dinasti yang berlainan pernah membuat karya bertema Song Taizu bermain Cu Ju.1. Dari ju Cheng Ming biasa diketahui bahwa pada zaman tiongkok kuno 2000 tahun lebih yang lalu. karena memiliki teknik bola super. Namun Cu Ju sesampainya pada dinasti Ming mulai memudar. Bola yang berevolusi bertambah daya pantulnya. Orang tang juga mengganti pintu bola dengan Ju Shi (Ruang bola). Riley. Cu berarti menendang. Orang zaman tang melakukan perombakan terhadap bola yang tadinya padat menjadi berinti kosong atau berisi udara. konon seni bolanya juga termasuk hebat.1 Teori yang menunjang 2. yang membuatnya menuju kepunahan. Seorang bernama Li You dari dinasti telah mencatat perlengkapan lapangan sepak biola pada masa dinasti Han. orang – orang sudah jauh hari menegakkan etika olahraga yang positif. Lakeville. Ketika itu seseoran gbernama Gao Qiu dari perkumpulan Yuan.

Better soccer for boys and girls. 4-4-2 2.J. Jika kedudukn sama imbang. New York: Putnam 1983 Taktik yang digunakan dalam permainan sepak bola Taktik yang biasa dipakai oleh klub – klub sepak bola adalh sbb: 1. sehingga didapat pemenang namun jika sam kuat maka diadakan adu pinalti wasit sebagai pengukur waktu resmi Wasit yang hanya 1 orang. 1 orang wasit pengganti dan 2 orang sebagai hakim garis. 3-4-3 5.N. Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang . 4-3-2-1 3. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu: Bertahan. maka diadakan perpanjangan aktu selam 2×15 menit. BAB III PEMBAHASAN . 3-5-2 Taktik yang oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung.Sullivan. Praturan – praturan yang digunakan dalam permainan sepak bola Lama permainan Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit. praturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tanganmereka selam masih dalam pertandingan. 4-5-1 4. Tujuan permainan Dua tim yang masing – masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola ke gang lawan(mencetak Gol). George.: Silver Burdett.Menyerang dan Normal. 1987. ditambah waktu istirahat 15 menit.

Wasit pada saat melaksanakn .F. Dalam pertandingan olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing – masing berjuang memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Cu Ju adalah kegiatan sepak bola terawal yang dicatat dalam notasi sejarah. Cu Ju sudah popular.2 Sejarah sepak bola Bicara tentang sejarah.1 Sepak bola 3.1. bias ditelusuri hingga lebih dari 2400 tahun yang lalu pada zaman Chun Qiu Zhan Guo (musimsemi musim gugur Negara – Negara berperang). Akan tetapi. Permainan dari latihan bela diri didlam markas militer. pada zaman Chun Qiu ibu kota dari Negara Qi: Lin Zi. Cu berarti menendang. ju bernakna bola. F. “dari situ bias diketahui bahwa kegiatan persepak bolaan dikala zaman Han selain sejenis olahraga dan hiburan. 3. telah mencatat perlengkapan lapangan sepak bola pada masa dinasti Han dan ringkasan tentang persyaratan etika yang harus dimiliki olh wasit dan pemain.1.1 Pengertian sepak bola Sepak bola adalh salah satu olah raga yang sangat popular di dunia. dalam perlombaan masing – masing pihak ada 12 pemain.3. Liu Xang darizaan dinasti Han mencatat dibukunya: catatan lain bahwa: “pemaon Cu Ju konon diciptakan oleh Huang Di (kaisar kuning)”. (Federation of Internasional Football Association) pada tahun 2004 sudah secara resmi mengaku bahwa sepak bola pertam kali berasal dari tiongkok. Tai Ping Qing hua selain itu juga mecatat: “Ta Ju bermula pada pasca Xuan (kaisar Huang Di).Seperti diungkapkan sbb: Didalam piagam disebutan Ju (bola) dan Ju Chang (lapangan bola). Seorang bernama Li You dari dinasti Han pernah menuis tentang Ju Chen Ming (piagam kota bola). diartikan bola dan lapangan bola melambangkan langit dan bumi. Yin dan Yang. Bola pada zaman dinasti Han “terbuat dari kulit sebagai bahan luarnya dan membungkus bahan dalamnya yang berisi rambut. kala itu disebut Cu Ju. dijadikan sebagai target penyerang.A. yakni pada kedua ujung masing – masing diopasang 6 buah pintu bola berbentuk lobang model rembulan yang disebut Ju Shi (ruang bola). Selanjutnya piagam menjelaskan. Ketentuan pembuatan pintu bola. pada zaman olahraga sepak bola mensyaratkan wasit dan pemain pertandingan harus memiliki etika bermain. Menurut catatn siasat Negara berperang. olah raga spa kola modern terlahir pada petengahan abad ke 19 di inggris. juga adaalah pelatihan fisik dan mental prajurit dan menyeleksi ketahanan fisik serta pelatihan militer yang menunjang semangat tempur”. Masing – masing kelompok ber anggotakan sebelas pemain dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan lapangan permainan. Permainan sepak bola tertua ini.I.

konon seni bolanya juga termasuk hebat. Para pelukis dari dinasti yang berlainan pernah membuat karya bertema Song Taizu bermain Cu Ju. sampai diangkat menjadi Komandan Depan Istana oleh sang kaisar. Bola yang berevolusi bertambah daya pantulnya. 3-5-2 Taktik yang oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Ketika itu seseoran gbernama Gao Qiu dari perkumpulan Yuan. sangat menggemari permainan Cu Ju.2 Taktik yang digunakan dalam permainan sepak bola Taktik yang biasa dipakai oleh klub – klub sepak bola adalh sbb: 6. Zaman dinasti tang adlah perkembngan Cu Ju tiongkok yang paling berjaya.3 Praturan – praturan yang digunakan dalam permainan sepak bola . Namun Cu Ju sesampainya pada dinasti Ming mulai memudar. juga tidak diperkenankan sembarangan mengomel dan menyalahkan pihak pemain.praturan pertandingan harus adl tidak memihak. 3. 4-3-2-1 8. 4-5-1 9. Orang tang juga mengganti pintu bola dengan Ju Shi (Ruang bola). tidak tunduk pada hubungan pribaditidak boleh condong pada salah satu pihak. perkumpulan Qi Yun. karena memiliki teknik bola super. sehingga dalam bidang teknik dan strategi sepak bola memperoleh lonjakan yang besar. 4-4-2 7. orang – orang sudah jauh hari menegakkan etika olahraga yang positif. Pemain harus berkaraker liris. Pendiri dinasti Ming Taizu pernah memerintahkan pelarangan bermain Cu Ju. 3. yang membuatnya menuju kepunahan. tenag dan sabar. Pada zaman dinasti Song ditandai dengan pendirian tim Cu Ju dari kalangan rakyat. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu: Bertahan. Dari ju Cheng Ming bias diketahui bahwa pada zaman tiongkok kuno 2000 tahun lebih yang lalu. boleh dibilang dia adalha bintang sepak bola pertama di dunia. 3-4-3 10. pada kedua ujung lapangan didirikan tonggak yang dipasangi jala yang mmbentuk pintu bola. walau kalah bertanding. Orang zaman tang melakukan perombakan terhadap bola yang tadinya padat menjadi berinti kosong atau berisi udara.Menyerang dan Normal. bahakna ada prajurit melanggar laranagan tersebut sehingga dipotong kaki kanannya.Cu Ju tiongkok mnyebar ke jepang pada saat zaman tang. dll adalah perkumpulan bola yang tersohor pada saat itu. Pendiri dinasti Song tai Zu bernama Zhao Kuangyin. perkumpulan Yuan. Dinasti Qing juga tidak melanjutkan kegiatan Cu Ju.selain menuntut sportif bahkan terhadap wasit dan pemain mengsyaratkan moral yang ketat.

3. BAB IV PENUTUP . 1 orang wasit pengganti dan 2 orang sebagai hakim garis. Jika kedudukn sama imbang. Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang .3.1 Lama permainan Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit.2 wasit sebagai pengukur waktu resmi Wasit yang hanya 1 orang. maka diadakan perpanjangan aktu selam 2×15 menit. ditambah waktu istirahat 15 menit.3. sehingga didapat pemenang namun jika sam kuat maka diadakan adu pinalti 3.3.3 Tujuan permainan Dua tim yang masing – masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola ke gang lawan(mencetak Gol). praturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tanganmereka selam masih dalam pertandingan.3.

cara permainan. Formasi digunakan agar permainan sepak bola lebih bervariasi sebab dengan formasi dapat diketahui posisi pemain. 4. 2.2 Saran Sebaiknya orang – rang yang tinggal di benua asia harus lebih mengerti dan memahami olah raga sepak bola ini.1 Daftar pustaka .4. dll. Agar sewaktu – waktu sepak bola asia tidak kalah dengan sepak bola eropa.1 Kesimpulan Dari data tyang telah diperoleh dan dikaji penulis mendapatkan beberapa kesimpulan mengapa sepak bola menjadi olah raga terpopuler didunia salah satunya adalah karena permainan sepak bola sangatr mudah dimengerti dan dipahami. Sebab sepak bola eropa lebih mendominasi dari pada asia salah satunya adalah rasa keingintahuan orang eropa yang begitu besar sehinggaa sepak bola eropa lebih mendominasi daripada sepak bola asia.

Gutman. Jhon.J. Soccer: Englewood Cliffs. Better soccer for boys and girls. bill. N.google. Lakeville.com www. 1987. Sullivan. George.com . Soccer : start right and play well. New York: Putnam 1983. CT: Grey Castle 1989.: Silver Burdett. www.yahoo. Riley.