PEMANFAATAN BATUANDESIT SEBAGAI

PEMANFAATAN BATUANDESIT SEBAGAI BAHAN KONSTRUKSI (BANGUNAN DAN JALAN

)
PKM – PENELITIAN DIUSULKAN OLEH: ARI ARDIANI SILVIA RITA BERE BUTI ( 10.11.01058 / 2010 ) ( 10.11.01048 / 2010 )

CORNELIO RAMELIO PIRES F.
TERESA SOARES

( 09.11.01018 / 2009 )
( 09.21.01004 / 2009 )

..?? Geologi Teknik merupakan suatu ilmu yang mempelajari atau mengkaji gejala geologi dari aspek kekuatan atau kelemahan geologi. Sangat dibutuhkan dalam pengaplikasian ilmu serta teknik. . Latar Belakang Masalah Dibutuhkan untuk menunjang upaya -upaya manusia Membangun bangunan-2 teknik Sipil Pada dasarnya Pengetahuan Ilmu Geologi.A. yang diaplikasikan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur terutama pada tahap desain dan tahap konstruksi bangunan-bangunan.. yang umumnya mempelajari studi terhadap proses dan mekanisme pembentukan batuan didalam kerak bumi. khusunya didalam bidang ilmu “geologi teknik” . WHY..

dan baik. maka dalam perjalanannya. gedung ataupun segala sarana. prasarana atau infrastruktur dalam kebudayaan atau kehidupan manusia dalam membangun peradabannya seperti halnya jembatan dan konstruksinya serta rancangannya. serta pembangunan dan sarana telekomunikasi. Umumnya sebuah peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari teknik teknik bangunan maupun sarana dan prasarana yang dibuat ataupun ditinggalkan oleh manusia dalam perjalanan sejarahnya. Pembuatan jalan.Dibutuhkan untuk Menunjang upayaupaya Manusia Menata Pengembangan Wilayah MEMBANGUN BANGUNAN-2 TEKNIK SIPIL Bangunan yang biasanya dikonotasikan dengan rumah. kuat. manusia memerlukan ilmu atau teknik yang dapat menunjang serta mengaplikasikan dalam membuat suatu bangunan yang kokoh. . Dimana bangunan ini berkaitan dengan kemajuan peradaban manusia.

. Mineral-mineral penyusun Andesite yang utama terdiri dari plagioclase feldspar dan juga terdapat mineral pyroxene ( clinopyroxene dan orthopyroxene) dan hornblende dalam jumlah yang kecil.Dalam pembuatan proposal PKM-P ini jenis penelitian yang akan kami gunakan sebagai bahan kontruksi untuk pembuatan banguna serta jalanan dengan mengunakan batuan beku intermediet yaitu Batuan beku andesite. Andesites terbentuk pada temperatur antara 900 dan 1. dimana Andesite ini sendiri berasal dari Magma yang biasanya meletus dari stratovolcanoes pada lahar tebal yang mengalir. memiliki warna kelabu. Andesit juga merupakan batuan lelehan dari diorit.100 derajat Celsius. yang mineralnya berbutir halus. Di dalam andesite terdapat sekitar 52 dan 63 persen kandungan silika ( Sio2). komposisi mineralnya sama dengan diorit. beberapa diantaranya penyebarannya dapat mencapai beberapa kilometer.

. konstruksi beton. pondasi. sedangkan yang banyak mengandung piroksin disebut andesit piroksin. bendungan.Gunung api di Indonesia umumnya menghasilkan batuan andesit dalam bentuk lava maupun piroklastika. Batuan ini banyak digunakan untuk pengeras jalan. Batuan andesit yang banyak mengandung hornblenda disebut andesit hornblenda. dan lain-lain. Adapun yang berstruktur lembaran banyak digunakan sebagai batu tempel.

000 3. cadangan andesit tercatat sekitar 2.1 juta ton Cadangan andesit di sektor industri berdasarkan sumber “Biro Pusat Statistik” Tahun 1987 1988 1989 1990 1991 1992 1993 1994 1995 1996 1997 Andesit (ton) 2.000 3.000 2.000 .000 3.622.940.000 3.174.000 3.Batuan Andesite ini keberadaanya di Indonesia sangat besar dan tersebar di setiap propinsi.679.048.000 2.323.782.290. Hasil inventarisasi dan eksplorasi oleh Direktorat Sumberdaya Mineral pada awal 1997.797.000 2.469.000 3.183.000 3.

Bagaimana memanfaatkan batuan andesite sebagai bahan kontruksi bangunan serta pembuatan jalan. agar bernilai ekonomis dalam dalam dunia industri dan masyarakat pada umumnya. 1. PERUMUSAN MASALAH Dalam perumusan masalah ini peneliti hanya merumuskan tentang pemanfaatan batuandesit sebagai bahan konstruksi (bangunan dan jalan) serta bahan galian industri lainnya. Bagaimana cara terjadinya dan keterdapatan galian industri 3. 2.B. Bagaimana Menganalisis batuan andesite yang cocok dan baik yang untuk digunakan sebagai bahan kontruksi dalam pembuatan bangunan serta jalanan batuan andesite dalam bahan .

serta dengan penerapan metode geologi lapangan. terutama infrastruktur seperti sarana jalan raya. jembatan. Selain itu agar bisa juga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penambang serta terutama masyarakat yang didaerah memeiliki cadangan batuan andesite yang melimpah. sehingga bisa dijadikan sebagai mata pencarian. landasan terbang. kimia maupun kualitasnya. .C. gedung-gedung. irigasi.tentunya harus dilakukan dengan menggunakan metode penelitian secara fisik. bendungan dan perumahan. TUJUAN Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran secara rinci tentang pemanfaatan batu andesite dalam bahan galian industri dan untuk sektor konstruksi. pelabuhan dan lain-lain.

Dengan adanya potensi andesit yang demikian besar. diharapkan dapat memperbaiki perekonomian di dalam negeri dan diharapkan di waktu mendatang dapat menarik minat para pengusaha tambang untuk mengembangkan usaha andesit. yang berarti pula memperluas lapangan kerja dalam rangka pemberdayaan perekonomian masyarakat. KEGUNAAN Harapan dari penelitian ini adalah Dapat menggembangkan SDM serta pengetahuan tentang pemanfaatan batu andesite terutama pada masyarakat umum khususnya juga para penelitian Dapat menggembangkan dan penerapan dalam teknologi tepat guna untuk bahan galian industri.D. .

E. JENIS-JENIS ANDESIT SEBAGAI BAHAN BANGUNAN Ragam Batuan Andesit Dari Berbagai Daerah Aneka Ragam Andesit Sebagai Hiasan Bangunan .

F. Aplikasi Andesit Sebagai Bahan Bangunan & Jalanan Andesit Sebagai Bahan Baku Pembuatan Jalan Andesit Sebagai Bahan Baku Pembuatan Candi .

Patung Jendral Soedirman Yang Terbuat Dari Batuan Andesit Andesit Sebagai Bahan Baku Pembuatan Jalan .

Sekian & Terimakasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful