amoxilin Amoxilin itu adalah nama dagang dari obat antibiotik golongan penisilin sub golongan amoksisilin, yaitu

amoksisilin trihidrat. Obat golongan ini bekerja sebagai broad-spectrum (bisa untuk membunuh bakteri gram positif dan negatif), seperti salmonella, shigella dan lainnya (ananda bisa baca di buku mikrobiologi tentang jenis-jenis bakteri). Obat ini berindikasi / mempunyai efek yang diharapkan yaitu untuk infeksi saluran pernafasan, saluran kemih dan kelamin. Juga infeksi salmonella dan shigella, infeksi kulit, luka selulitis, dan furunkulosis. Setiap obat pasti punya efek samping, apalagi obat antibiotik seperti obat ini. Efek sampingnya antara lain gangguan usus (sistem pencernaan) dan gangguan kulit berupa rash / kemerahan. Walau sepertinya efek sampingnya tidak seberapa, tapi kami sarankan berhati-hatilah minum obat ini, karena obat ini adalah antibiotik dan bisa saja tubuh kita bereaksi negatif terhadapnya. Dan usahakan untuk menuntaskan minum obatnya seperti perintah dokter yang memberi obat ini, karena jika antibiotik tidak tuntas diminumnya, bakteri yang harus musnah tuntas malah jadi bereaksi kebal. Kalau itu terjadi, maka dibutuhkan antibiotik tingkat yang lebih tinggi untuk menggempur bakteri yang sama. Dosis minum obat ini : Untuk dewasa dan anak dengan berat badan 20 kg ke atas = 3 x sehari 250-500 mg. Untuk bayi dan anak dengan berat badan di bawah 20 kg = 25-75 mg/kg berat badan perhari dibagi 3 kali pemberian. Untuk gonorrhea akut = 2-3 g sebagai dosis tunggal. Pemberian dosis ini juga harus tepat guna, karena kalau kurang, maka bakteri tidak akan tuntas dimusnahkan, Dan kalau kelebihan, pastinya bisa memberi reaksi negatif bagi tubuh. Namun, tidak perlu khawatir, para dokter tidak akan salah memberikan dosis ini, tapi kalaupun ada salah, para apoteker di apotik akan mengoreksinya bersama dokter yang memberikan, sehingga dosis jadi benar tepat guna. Amoxicillin merupakan antibiotika yang paling laku di seluruh dunia. Obat yang mempunyai nama generik Amoxicillin ini mempunyai nama paten yang jumlahnya mencapai ratusan buah. Penmox, Intermoxyl, Ospamox, Amoxsan, Hufanoxyl, Yusimox merupakan beberapa nama dagang/paten dari antibiotika ini.Amoxicillin adalah antibiotika yang termasuk ke dalam golongan penisilin. Obat lain yang termasuk ke dalam golongan ini antara lain Ampicillin, Piperacillin, Ticarcillin, dan lain lain. Karena berada dalam satu golongan maka semua obat tersebut mempunyai mekanisme kerja yang mirip. Obat ini tidak membunuh bakteri secara langsung tetapi dengan cara mencegah bakteri membentuk semacam lapisan yang melekat disekujur tubuhnya. Lapisan ini bagi bakteri berfungsi sangat vital yaitu untuk melindungi bakteri dari perubahan lingkungan dan menjaga agar tubuh bakteri tidak tercerai berai. Bakteri tidak akan mampu bertahan hidup tanpa adanya lapisan ini. Amoxicillin sangat efektif untuk beberapa bakteri seperti H. influenzae, N. gonorrhoea, E. coli, Pneumococci, Streptococci, dan beberapa strain dari Staphylococci.

nyeri tulang. dan infeksi pada kulit. .Amoxicillin bisa diminum baik sebelum maupun setelah makan dan obat ini sangat jarang ditemukan berinteraksi dengan obat obat yang lain.Sesuai dengan mekanisme kerja diatas maka Amoxicillin seharusnya memang digunakan untuk mengobati penyakit penyakit yang disebabkan oleh kuman kuman yang sensitif terhadap Amoxicillin. misalnya: sakit kepala. perdarahan dan reaksi alergi lainnya.penderita hemofilia dan trombositopenia Hal yang perlu diperhatikan : .menurunkan demam. gatal. misalnya: demam setelah imunisasi. . Untuk sirop kering yang telah dicampur dengan air sebaiknya tidak digunakan lagi setelah 14 hari atau 2 minggu. Mengenal Asetosal Selain parasetamol.Efek samping dari Amoxicillin antara lain : diare. radang pada laring. 20 mg/kg/hari terbagi setiap 8 jam. gangguan tidur. obat ini sudah tersedia dalam bentuk generik yang diproduksi oleh beberapa BUMN farmasi terkemuka di Indonesia. . 500 mg setiap 12 jam. mual.Dosis therapi untuk Amoxicillin pada orang dewasa adalah 250 mg setiap 8 jam.Obat ini tersedia di pasaran dalam bentuk Kapsul : 250 dan 500 mg. gelisah. infeksi saluran kemih.penderita alergi (termasuk asma). misalnya: radang sendi rematoid. . nyeri perut. diberikan Amoxicillin sebanyak 3 g sekali minum. Nama lain : aspirin Kegunaan : . 40 mg/kg/hari terbagi setiap 8 jam atau 45 mg/kg/hari terbagi dalam 12 jam terggantung dari derajat keparahan penyakit.sebaiknya obat ini diminum setelah makan atau bersama dengan makanan. Amoxicillin sebaiknya disimpan dalam suhu kamar yaitu antara 20 sampai 25 derajat Celcius. nyeri haid. radang tenggorokan. Tidak boleh digunakan pada: . bronchitis. Sirop kering : 125mg/5ml dan 250mg/5ml.mengurangi rasa sakit. muntah. Amoxicillin juga aman diberikan untuk ibu hamil dan menyusui walaupun ada beberapa kasus diare yang terjadi pada bayi yang disusui oleh ibu yang minum Amoxicillin. terggantung dari derajat keparahan dari penyakit yang di derita.penderita yang sedang diterapi dengan antikoagulan. . juga diharuskan untuk membawa resep dokter untuk mencegah penggunaan yang tidak benar. radang tulang dan sendi. nyeri otot. Untuk pengobatan gonorrhea pada orang dewasa. Bila menginginkan harga murah. Dosis untuk anak anak diatas 3 bulan adalah 25 mg/kg/hari terbagi setiap 12 jam. selain penderita harus menyiapkan sejumlah uang. maka harus pula diperhatikan cara penyimpanannya.Untuk memperoleh obat ini. zat berkhasiat yang dapat dijadikan sebagai obat penurun demam adalah asetosal. radang tonsil.Untuk menjaga khasiat obat ini. rasa terbakar di dada. pernah atau sering mengalami perdarahan dibawah kulit. Tablet : 500 mg. Amoxicillin juga bisa digunakan untuk mengobati gonorrhea. Beberapa penyakit yang biasa diobati dengan Amoxicillin antara lain infeksi pada telinga tengah. tukak lambung (maag). pneumonia. 500 mg setiap 8 jam.antiradang. Vial untuk injeksi : 1000mg dan 500mg.

Cardio Aspirin . Kawasaki Disease.650 mg setiap 4 jam (maksimal 4 g/hari) Anak-anak: 2 . mual. psoriatic arthritis/Reiter's syndrome.Sifat Fisikokimia Berbentuk kristal putih seperti batang/jarum.Aspilets .Nama & Struktur Merupakan ester salisilat dari asam.Thrombo Aspilets .480 mg setiap 4 jam Asetosal [ Index Informasi Obat ] Deskripsi . Demam Rematik Mencegah terjadinya Tromboemboli TIA & AIS. dll). Perikarditis. CAD & MI. sakit gigi.Aspimec . osteo atrhritis.5 . Pencegahan Sekunder Coronary Artery Disease & Myocardial Infarction. Prostthetic Heart Valves. sangat larut dalam alkohol.240 mg setiap 4 jam 6 . melahirkan. Pencegahan kanker colorectal.160 mg setiap 4 jam 4 . Aturan pemakaian: Jangan digunakan bila terlihat kristal jarum pada tablet atau serbuk.Ascardia Indikasi : Nyeri : Sakit kepala. juvenile arthritis. wanita menyusui. bila : 1. kondisi poli arthritis. Sedikit larut dalam air. Trombosis Vena. 3.400 mg setiap 4 jam > 11 tahun : 400 . Nyeri ringan sampai sedang setelah operasi. pKa : 3. cacar air dikonsultasikan dulu dengan dokter. Rheumatoid arthritis. Trombosis pada Arteri lain.Bodrexin .pemakaian jangka lama dapat menimbulkan tukak lambung.5 tahun : 160 .320 mg setiap 4 jam 9 .8 tahun : 240 . Trombosis Mikrosirkular. C9H8O4 Kimia .Farmasal . nyeri-nyeri ringan lain yang berhubungan dengan adanya inflamasi.nyeri lambung. Efek yang tidak diinginkan: .Restor .10 tahun : 320 . Farmakologi :Aspirin bekerja dengan mengasetilasi enzim .Astika .penderita demam harus dikonsultasikan dengan dokter atau unit pelayanan kesehatan. Dewasa : 500 . kehamilan. muntah . Demam Penyakit Inflamasi.Procardin . perdarahan lambung.Aptor . berbau.3 tahun : 80 .. Penggunaan lain. Emboli yang berhubungan dengan Atrial Fibrilation & atau Mitral Valve Disease. Komplikasi pada kehamilan (menurunkan faktor resiko preeklamsia. penderita dengan gangguan fungsi ginjal atau hati. dismenore. dua hari demam atau panas tidak menurun setelah menggunakan obat ini. Kondisi trombosis lain. penggunaan pada anak dengan gejala demam terutama flu. dehidrasi.Keterangan Golongan/Kelas Terapi Analgesik Non Narkotik Nama Dagang . Menurunkan risiko Transient Ischemic Attacks & menurunkan risiko stroke yang lebih parah dari Acute Ischemic Stroke. SLE. 2.Aspirin Bayer .

Asprin stabil pada pH rendah (2-3). PGH2 dala platelet & endotel vaskular memproduksi tromboxan A2 (bertanggung jawab dalam agregasi platelet dan vasokonstriksi) & prostacyclin (bertanggung jawab dalam menghambat agregasi platelet & vasodilatasi) sehingga dosis sangat bervariasi. tiap 6 jam dewasa 4 x 250-500 mg/hari. maks. koma. Aspirin dosis rendah dapat mencegah trombosis dengan cara menghambat secara selektif sintesa PGHS & tromboxan A2. Kontraindikasi :Alergi terhadap Aspirin dan golongan salisilat Efek Samping :Reye's syndrome : Iritasi lambung karena bersifat asam. Eritronisin Dosis : anak 1 tahun : 50 mg/kali. perubahan mental.. agitasi. Chlorpropamide : Meningkatkan reaksi hepatorenal.amnesia. COX-1 umumnya ada di semua sel termasuk platelet. Tumor lisi sindrom sepsis. meningkatkan kreatinin. UTI. tiap 6 jam . Terhadap Anak-anak : Reyes Syndrome. epistaxis. pusing.Efek terhadap Sistem syaraf : Nyeri pada ujung syaraf. Obat lain : Cotrimoxazole : Trombositopenia Cyclosporin : Meningkatkan konsentrasi cyclosporin dalam darah (penyesuaian dosis) .Antitrombotik : Menghambat sintesa prostaglandin di vena. 6-12 tahun: 200mg/kali. 1-5 tahun : 100 mg/kali. hematouria.Efek pada darah : Menghambat fase kedua agregasi platelet & mencegah pelepasan adenosin diphosphate (ADP) dari platelet & faktor 4 platelet. bingung. Kerusakan jantung. . tiap 6 jam . hiponatremia.prostaglandin H2 endoperoxide synthase (PGHS) & menghambat kerja enzim COX secara permanen. Informasi Pasien:Minum setelah makan dengan satu gelas air / susu. 100 mg. Interaksi : . abnormalitis elektrolit. Lembab. hipernatremia. Mekanisme Aksi: Asetilasi enzim PGHS. hipokalemia. hiperfosfatemia. monitor hipoglikemi. limbung. hipomag-nesemia. paralisis. gangguan pernafasan.Terhadap Hasil Laboratorium : Bentuk Sediaan :Tablet Salut Tahan Asam 80 mg. . penurunan fungsi ginjal.Efek lain : Demam. Pengaruh : . asidosis metabolit. sulit tidur. asidosis. hiperka-lemia hiperkalsemia. myopathy. Stabilitas Penyimpanan :Stabil pada udara kering. 500 mg/kali atau maks. panas & perubahan pH dapat menghidrolisis Aspirin. 160 mg. oligouria. infeksi lain. Peringatan :Reye's syndrome pada anak Swamedikasi nyeri dan demam. Monitoring Penggunaan Obat:Munculnya efek samping. epilepsi. . Simpan pada suhu 2-15°C & jauhkan dari jangkauan anak-anak.Dengan Makanan : Makanan & susu : Menurunkan efek merugikan terhadap saluran cerna. Tablet Biasa 500 mg.Terhadap Ibu Menyusui : -. Aspirin relatif selektif menghambat COX-1 & sedikit COX-2.Terhadap Kehamilan : -. depresi. 4 g/hari . sakit kepala.Dengan Obat Lain : Meningkatkan konsentrasi serum alopurinol sehingga dapat meningkatkan toksisitas allopurinol. kerusakan ginjal.

kurang stabil pada suhu kamar tetapi cukup stabil pada suhu rendah. aureus yang resisten terhadap eritromisin serin dijumpai di rumah sakit (strain nosokmial). ASAL DAN KIMIA Eritromisin dihasilkan oleh suatu strain Streptomyces erythreus. Hidrolisis obat oleh esterase yang dihasilkan oleh kuman tertentu (Enterobacteriaceae) 4. Berubahnya reseptor obat pada ribosom kuman. Distribusi Distribusi eritromisin ke seluruh cairan tubuh baik kecuali ke cairan sebrospinal. Influenzae mempunyai kepekaan yang bervariasi terhadap obat ini. tetapi bila disimpan pada suhu 5˚ biasanya tahan sampai beberapa minggu. 3. efek terbesar eritromisin terhadap kokus gram positif. Antibiotik ini tidak stabil dalam suasana asam. Pemberian Eritromisin basa dihancurkan oleh asam lambung sehingga obat ini diberikan dalam bentuk tablet salut enterik atau ester. seperti Str. Viridans mempunyai kepekaan yang bervariasi terhadap eritromisin. Menurunnya permeabilitas dinding sel kuman. namun ada beberapa spesies yang sangat peka terhadap eritromisin yaitu N. 1. 2. FARMAKOKINETIK 1. Eritromisin tidak aktif terhadap kebanyakan kuman gram negatif. Obat ini merupakan satu diantara sedikit antibiotika yang bedifusi ke dalam cairan prostat da mempunyai sifat akumulasi unit ke dalam makrofag. M. Perfringens. Adanya inflamasi menyebabkan penetrasinya ke jaringan lebih . Pneumoniae. Campylobacter jejuni. STRUKTUR ERITROMISIN 2AKTIVITAS MIKROBA Golongan makrolid menghambat sintesis protein kuman dengan jalan berikatan secara reversible dengan ribosom subunit 50S. Larutan netral eritromisin yang disimpan pada suhu kamar akan menurun potensinya dalam beberapa hari. Eritromisin larut lebih baik dalam etanol atau pelarut organik. dan L. In vitro. Gonorrhoeae. Antibiotika golongan makrolida mempunyai persamaan yaitu terdapatnya cincin lakton yang besar dalam rumus molekulnya. 2. S. Zat ini berupa kristal berwarna kekuningan. larut dalam air sebanyak 2 mg/ml. Legionella pneumophila. Batang gram positif yang pka terhadap eritromisin ialah Cl. H. Pyogenes dan Str. C. monocytogenes. Semua obat ini diabsorpsi secara adekuat setelah pemberian per-oral. Diphtheriae. Pneumoniae. Obat ini berkumpul di hati. Aktivitas in vitro paling besar dalam suasana alkalis. dan 3. dan bersifat bakteriostatik atau bakterisid tergantung dari jenis kuman dan kadarnya. dan C. Spektrum antimikroba. Trachomatis. RESISTENSI Resistensi terhadap eritromisin terjadi melalui 3 mekanisme yang diperantarai oleh plasmid yaitu : 1. Str.ERITROMISIN Eritromisin merupakan antibiotik golongan makrolid.

kemudian timbul ikterus. Akibatnya : terjadi fek samping merugikan karena terlalu banyak digoksin. 4. Akibatnya : terjadi efek samping merugikan yang disebabkan karena terlalu banyak karbamazepin. 3. demam. takhikardia atau bradikardia. Reabsorpsi parsial terjadi melalui sirkulasi enterohepatik. kehilangan nafsu makan. Digoksin digunakan untuk layu jantung dan untuk menormalkan kembali denyut jantung yang tak teratur. 5. eosinofilia dan eksantem yang cepat hilang bila terapi dihentikan. mual. mudah terangsang. 2. Eritromisin dengan obat asma (turunan teofilin) Efek obat asma dapat meningkat. kolesitogram tidak menunjukkan kelainan. nyeri perut. Akibatnya : infeksi yang diobati mungkin tidak sembuh seperti yang diharapkan. Eritromisin dengan Digoksin Efek digoksin meningkat. Erirtromisin dengan Klindamisin atau Linkomisin Efek antibiotika klindamisin dan linkomisin dapat berkurang. 3. Gejala yang dilaporkan : mual. INTERAKSI OBAT 1. Ekskresi Eritromisin terutama dikumpulkan dan diekskresikan dalam bentuk aktif dalam empedu. pusing. Eritromisin dengan Karbamazepin Efek karbamazepin dapat meningkat. 7. Erirtromisin dengan Antibiotika penisilin Efek masing-masing antibiotika dapat meningkat atau berkurang. salit kepala. SEDIAAN DAN POSOLOGI . 2. Metabolisme Eritromisin dimetabolisme secara ekstensif dan diketahui menghambat oksidasi sejumlah obat melalui interaksinya dengan sistemsitokrom P-450. dan nanar. tremor. Reaksi Alergi Reaksi alergi mungkin timbul dalam bentuk demam. 6. aritmia jantung. muntah. sebaiknya kombinasi ini dihindari. Gejalanya berupa nyeri perut yang menyerupai nyeri pada kolestasis akut.baik. 4. Gejala yang dlaporkan : mual. leukositosis dan eosinofilia. Reaksi ini timbul pada hari ke 10-20 setelah dimulainya terapi. 5. dan kemungkinan kejang. Gejala yang dilaporkan : pusing. insomnia. EFEK SAMPING 1. 3. transaminase serum dan kadar bilirubin meninggi. Obat asma digunakan untuk membuka jalan udara paru-paru dan untuk mempermudah pernapasan penderita asma. Karena akibatnya sulit diramalkan. Ototoksisitas Ketulian sementara berkaitan dengan eritromisin terutama dalam dosis tinggi. Akibatnya : terjadi efek samping merugikan karena terlalu banyak obat asma. aritmia jantung. Gangguan epigastrik Efek samping ini paling sering dan dapat mengakibatkan ketidakpatuhan pasien terhadap eritromisin. 4. takhikardia. mual. Karbamazepin adalah antikonvulsan yang digunakan untuk mengendalikan kejang pada gangguan seperti ayan. Ikterus Kolestatik Efek samping ini terjadi terutama pada eritromisin estolat.

000 jarak sepanjang permukaan Bumi dari Kutub Utara hingga Khatulistiwa melalui meridian Paris pada tahun 1791.458 detik (kecepatan cahaya ditetapkan sebesar 299. dibagi dalam 4 dosis Anak : 30-50 mg/kg berat badan sehari dibagi dalam 4 dosis Dosis dapat ditingkatkan 2x lipat pada infeksi berat Obat diberikan sebelum makan Eritromisin stearat Kapsul 250 mg dan tablet 500 mg Suspensi oral mengandung 250 mg/5 ml Dewasa : 250-500 mg tiap 6 jam atau 500 mg tiap 12 jam Anak : 30-50 mg/kg berat badn sehari dibagi dalam beberapa dosis Idem Eritromisin etilsuksinat Tablet kunyah 200 mg Suspensi oral mengandung 200 mg/5 ml dalam botol 60 ml Tetes oral mengandung 100 mg/2.Bureau International des Poids et Mesures) menetapkan 1 meter sebagai jarak antara dua garisan pada batang platinumiridium yang disimpan di Sevres. Selain itu ia secara teori dapat diukur dengan lebih tepat dibandingkan dengan ukuran yang lain.Pada tahun 1960. Liberia.Perhatian :Gangguan hati dan gangguan ginjal.Interaksi :Makrolida Meter pada awalnya ditetapkan oleh Akademi Sains Perancis (Académie des sciences) sebagai 1/10. Oleh karena kecepatan cahaya dalam vakum adalah sama di manapun saja. dan Myanmar (Burma).792. BIPM menetapkan meter sebagai jarak yang dilalui cahaya melalui vakum pada 1/299. ketika laser diperkenalkan.000. definisi ini lebih universal dibandingkan dengan jarak ukurlilit bumi atau panjang batang logam tertentu.763. Ketidakpastian dalam pengukuran jarak tersebut menyebabkan Biro Berat dan Ukuran Internasional (BIPM .5 ml dalam botol 30 ml Dewasa : 400-800 mg tiap 6 jam atau 800 m tiap 12 jam Anak: 30-50 mg/kg berat badan sehari dibagi dalam beberapa dosis Obat tidak perlu diberikan sebelum makan. panjang meter standar masih dapat diulangi dalam laboratorium manapun.Menyusui : hanya dalam jumlah sedikit di air susu.650. Oleh karena itu. Pada tahun 1983. Sistem satuan ini ditetapkan sebagai system yang digunakan . Perancis pada tahun 1889. rentan terhadap perpanjangan interval QT (termasuk gangguan elektrolit dan penggunaan obat bersamaan yang memperpanjang interval QT).73 kali panjang gelombang spektrum cahaya oranyemerah atom krypton-86 dalam sebuah ruang vakum. tidak diketahui membahayakan.792.458 meter per detik).Tabel Posologi eritromisin Preparat Kemasan Posologi/ cara pemberian Keterangan Eritromisin Kapsul/tablet 250 mg dan 500 mg Dewasa : 1-2 g/hari.Sistem satuan SI merupakan system satuan yang digunakan di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat.. dan pada 7 April 1795 Perancis menggunakan meter sebagai jarak resmi untuk panjang.Kehamilan dan meyusui :Kehamilan : eritromisin tidak diketahui membahayakan. Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran (Conférence Générale des Poids et Mesures/CGPM) ke-11 mengganti definisi meter sebagai 1. jika batang logam itu hilang atau musnah.

meter telah diresmikan menjadi 1. akan tetapi. Pada tahun 1960. massa. sakit gigi. kuat arus. Tahun 1983. Presisi dari ukuran tersebut adalah 1 per 109.Penulisan angka dalam setiap pengukuran yang dilakukan sebaiknya menggunakan notasi ilmiah. Mengenal Parasetamol Parasetamol merupakan zat berkhasiat dari salah satu obat penurun demam. Pertemuan tersebut menetapkan standard-standard bagi satuan-satuan dasar (satuan panjang.mengurangi rasa sakit.458 detik.73 gelombang energi suara atau bunyi (dalam keadaan hampa udara) yang ditandai tanda cahaya orange yang menyala pada krypton 86 (kondisi gas yang hampir kosong).792. dapat diturunkan besaran-besaram turunan yang memiliki satuan yang juga merupakan turunan dari satuan besaran pokok. suhu. Awalnya. dalam forum yang sama. baik dalam pengukuran panjang ataupun standard Internasional. Dari tujuh besaran pokok tersebut. sebagain besar negara di dunia.penderita dengan gangguan fungsi hati . Meter saat ini adalah Standard internasional (SI).di seluruh dunia berdasarkan hasil keputusan suatu pertemuan yang diselenggarakan di Paris pada tahun 1870 yang dihadiri oleh perwakilan dari 17 negara.asetaminofen . digunakan prefix untuk mempermudah penulisan nilai-nilai besaran tersebut. Definisi baru ini mengacu pada panjang gelombang radiasi krypton-86. Tidak boleh digunakan pada : . ukuran meter telah digunakan sebagai satuan ukur standard. .menurunkan demam. waktu.Sistem satuan yang ditetapkan tersebut digunakan untuk kepentingan pengukuran dari benda yang sangat kecil seperti atom hingga sesuatu yang sangat besar seperti galaksi. Nama lain : . Oleh karena itu. nyeri haid. definisi diubah kembali untuk meminimalkan ketidakpastian. Hal itu disebabkan penggunaan notasi ilmiah akan memepermudah penentuan angka penting dari angka tersebut. satu meter disamaartikan dengan satu per sepeuluh miliar antara jarak kutub utara dan garis ekuator.para-aminofenol Kegunaan : . dan jumlah zat). Ukuran meter standard sebenarnya adalah jarak antara dua garis yang ditarik lurus pada batang PlatinumIridium yang menyanggah sebuah gedung yang berada di pinggiran kota Paris. influenza. Ukuran dimensi SI terkecil adalah ukuran nanometer (1nm=10-10m). intensitas cahaya.650. misalnya : setelah imunisasi. Definisi terbaru 1 m adalah panjang lintasan yang dilalui cahaya pada ruang hampa selama interval waktu satu per 299. misalnya : sakit kepala. diganti dengan definisi baru pada Conférence Générale des Poids et Mesures (CGPM) tahun 1960.Definisi meter tahun 1889.763.

12 tahun : 250 . tetapi karena mudah didapati. Ia aman dalam dosis standar. .250 mg setiap 4 atau 6 jam 6 .1 tahun : 60 .500 mg setiap 4 atau 6 jam Parasetamol Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Digunakan dalam sebagian besar resep obat analgesik salesma dan flu. setiap 4 atau 6 jam Anak-anak : 0 . .bagi penderita penyakit ginjal.120 mg setiap 4 atau 6 jam >1 . apabila akan menggunakan obat ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. dan demam. . ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Aturan pemakaian : Dewasa : 325 mg .5 tahun : 120 . sengal-sengal dan sakit ringan.17 C8H9NO2 Hati B (AS) A (Aus) Parasetamol atau asetaminofen adalah obat analgesik and antipiretik yang populer dan digunakan untuk melegakan sakit kepala. overdosis obat baik sengaja atau tidak sengaja sering terjadi.tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan. segere hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan. karena dapat menyebabkan gangguan fungsi hati.600 mg.bila setelah 2 hari demam tidak menurun. cari Asetaminofen (parasetamol) N-acetyl-para-aminophenol Berat molekul Rumus empiris (Metabolisme) Golongan hamil (farmasi) 151.alergi terhadap obat ini Hal yang perlu diperhatikan : ..

Dalam dosis normal. parasetamol tidak menyakiti permukaan dalam perut atau mengganggu gumpalan darah. parasetamol tak memiliki sifat antiradang. [sunting] Asal kata Kata asetaminofen dan parasetamol berasal dari singkatan nama kimia bahan tersebut: Versi Amerika N-asetil-para-aminofenol asetominofen Versi Inggris para-asetil-amino-fenol parasetamol . Jadi parasetamol tidak tergolong dalam obat jenis NSAID.Berbeda dengan obat analgesik yang lain seperti aspirin dan ibuprofen. ginjal atau duktus arteriosus pada janin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful