PENGOKSIDASI OXIDIZING

by Kelompok 3 --Ani Uswatun Khasanah --Danang Dwi Cahyono --Dewi Anjari

adalah gas tak berwarna dan tak berbau menempati 21% udara. . Karena atom oksigen juga komponen utama air dan batuan. Oksidasi adalah interaksi antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda yang merupakan pelepasan elektron oleh sebuah molekul.PENGERTIAN OKSIDASI Salah satu zat pengoksidasi yang paling lazim dalam kehidupan kita sehari-hari adalah molekul oksigen. jadi. oksigen adalah unsur yang paling melimpah di kerak bumi. Dioksigen (O2). Bergabungnya oksigen dengan suatu zat melalui reaksi kimia disebut sebagai oksidasi. atom. O2. atau ion .

Superoksida . Oksidasi amfoter 4. Oksidasi logam 2.MACAM-MACAM OKSIDASI Oksidasi terbagi menjadi 1. Peroksida 6. Oksidasi nonlogam 3. Oksidasi netral 5.

Oksidasi nonlogam Contoh : Reaksi O2 dengan karbon dalam batubara digunakan dalam industri sebagai bahan bakar. Sb. oksida amfoter bertindak sebagai asam. begitu sebaliknya bereaksi dengan zat yang lebih basa. Si.1. Oksidasi logam Contoh : Reaksi besi dengan oksigen dengan hadirnya uap air membentuk karat. Dalam asam yang lebih kuat oksida amfoter bertindak sebagai basa. As. . Te. 3. Oksidasi amfoter Contoh : Reaksi oksigen dengan unsur-unsur amfoter (B. 2. Po).

contohnya CO. Superoksida Contoh : K2O biasanya digunakan untuk memulihkan orang-orang yang keracunan gas . N2O dan MnO2. Oksidasi netral Oksida netral merupakan oksida yang tidak bersifat asam dan basa ketika dilarutkan dalam air. 5. Peroksida Contohnya : hidrogen peroksida (H2O2) yang biasa digunakan sebagai zat pemutih dan desinfektan 6.4.

Huruf kode pengoksidasi: O Pengoksidasi tidak bekerja pada logam jika diberi lapisan perlindungan antara materi terbuka dan udara.PENGOKSIDASI oxidizing Merupakan Bahan-bahan dan formulasi yang dapat menyebabkan terjadinya oksidasi. . Antara lain lapisan lilin atau polyurethane. lapisan cat pada benda logam atau semprotan anti-oksidan.

Senyawa ini banyak diklaim oleh para pakar air di luar negeri sebagai penyebab produksi radikal bebas dalam tubuh ( mengakibatkan kerusakan sel). Hal ini tidak mengherankan melihat fakta adanya peningkatan kasus asma dan bronkitis sebanyak 300% dalam 2 dekade terakhir.STUDI KASUS PENGOKSIDASI KAPORIT ) PERMASALAHAN : ( Uap klor dalam kaporit yang terhirup seringkali memperburuk keluhan asma dan bronkitis. . KARENA : Penambahan kaporit ke dalam air akan menghasilkan senyawa kimia sampingan yang bernama Trihalometana (THM). terutama pada anak-anak yang jaringannya masih sangat peka.

Kaporit bisa mempertinggi resiko penyakit kanker. mengerasnya pembuluh darah serta mengurangi penyerapan vitamin dalam sayuran apabila dicuci dengan air yang mengandung kaporit.Air yang memiliki kandungan kaporit melebihi standar yang ditetapkan lambat laun akan mengakibatkan penyakit anemia apabila diserap oleh darah. .

BRONKITIS GANGGUAN PENCERNAAN GATAL Kerusakan Hati .

. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa air keran disinfektan -klorin.CARA MENGATASI: Formula Anion Menghilangkan klorin dari air. Dan. untuk mencuci buah dan sayuran lebih baik menggunakan air yang sudah matang. Dengan menambah jumlah anion di saat yang bersamaan terbukti efektif menghilangkan klorin dari kaporit 99%di dalam air. menghasilkan THMs (trihalomethanes) yang berhubungan juga dengan kasus keguguran dan kanker.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful