00/110

(f{ ~

8 E3m Q

Close

v) Surat Sukti Pembayaran. b) Eksternal: i) Surat Jalan, ii) Faktur Pembelian, iii) Son Pembayaran. AlURPROSES

OOKUMEI'f
FIm
hlllll!GalI

STMr

~.L"

eahílla.iu

PP¡(, SIafi 6Lmog.

f."l¬ A

p!flfkt!!n O_,,"I!f! i'ln<l¡!!!~ ... e,lu)

P!l'~P:t.2baS!l31;

lARfllfra!tn..l!¡¡r§13mpl

PP1(,512ff GIi.!ng

i:a"üti 1'6rilffi'i'cr~

lime¡Pc<tb:iin:a-...

i'eúffillaJm¡laJ!i~

lav.n~1

¡órx.u

aikllil5ileJ;j

~-;1¡,rt ?ro¡<w.

Itisa;¡hl;¡n IIEPlm:fJming mamlllilbui SesiA
IjallWIj]II; Rl!aIísasiPtirrhasing!IlaJÍIlrjJum'a!

te i¡¡¡¡ji;¡

staff gudang bertanggung jawab memproses dan menyerahkan Form Permintaan Pembelian Barang (bailan baku) kepada purchasing. b) Menstandarkan operasi yang dilakukan dalam pembelian bahan baku dan pembayarannya.1 Prosedur Permintaan Pembelian : 1) Tujuan a) Memberikan pedoman pembelian barang untuk senap bagian atau divisi yang berada di PT.00/110 1. terhadap bailan baku yang persediaannya sudah menipis/habis dan atau bailan baku baru. Fortuna Pacific. Berdasarkan waktunya maka permintaan pembelian barang (bailan baku) dapat dibagi menjadi : (1) Pembelian Bahan Baku Mingguan PPIC& Staff Gudang bertanggung jawab menerbitkan Permintaan Pembelian Barang (Bailan Baku) yang berdasarkan • pada Purchase Order yang masuk dari marketing (buyer). 3) Tanggung Jawab a) Terhadap Stok Barang di Gudang Bahan Baku (Kering & Cold) : i) 5taft gudang bertanggung jawab terhadap stok/ketersediaan bailan baku yang diminta oleh PPIC untuk dipergunakan dalam proses produksi (sesuai dengan Purchase Order yang masuk dari marketing). Permintaan Pembelian Barang (Bailan Baku) dan diserallkan pada purchasing setiap minggunya pada maksimal hari jum'at jam 10:00 Realisasi penyediaan barang (bahan baku) atas poin sebelumnya oleh purchasing . berdasarkan waktunya dibagi menjadi : Purchase Order yang masuk dari marketing (buyer) pada hari sen in s/d kamis sore (maksimal jam 15:00) : pembelian barang ata u bahan baku sesuai dengan » » Akan menjadi dasar untuk pagi. 2) Ruang Lingkup Prosedur ini mengatur mekanisme permintaan keperluan produksi.

Permintaan Pembelian Barang (Bahan Baku) untuk diserahkan kepada purchasing namun tetap dengan ketentuan : . Realisasi penyediaan Barang (bahan baku) atas poin di atas oleh purchasing adalah maksimal4 (empat) hari kerja dan ata u pada hari Jum'at (minggu yang sama). • Permintaan pembelian barang (bahan baku Fresh load import) maksimal diberikan ke purchasing pada hari kerja (jam 15:00) untuk direalisasikan maksimal 2 (dua) han kerja setelah permintaan diterima. PPIC & Staft gudang dapat menerbitkan Permintaan Pembelian Barang (Bahan Baku) untuk diserahkan kepada purchasing dengan ketentuan : • Permintaan pembelian barang (bahan baku Fresh load setelah permintaan diterima.00/110 diserahkan pada purchasing setiap minggunya pada maksimal hari jum'at jam 10:00 pagi.sabtu : :1> Menjadi dasar untuk Permintaan Pembelian Barang (Bahan Baku) dan diserahkan pada purchasing maksimal hari Senin jam 10:00 pagi. • Permintaan yang dilakukan setelah pukul 15:00 akan dimasukkan pada permintaan hari berikutnya. Terhadap Purchose Order yang didapatkan dari marketing beberapa pertimbangan tertentu) maka PPIC dan Staff dan sífatnva urgent (melihat Gudang dapat menerbitkan lokal) maksimal diberikan ke purchasing pada hari kerja (jam 15:00) untuk direalisasikan maksimal 1 (satu) hari kerja ». Purchase Order yang masuk dari marketing (buyer) pada hari kamis sore (setelah jam 15:00) . :1> • Realisasi penyediaan barang (bahan baku) atas poin sebelumnya oleh purchasing adalah maksimal 5 (lima) hari kerja dan ata u pada hari Rabu (minggu) berikutnya. (2) Pembelian Bahan Baku fresh food. (3) Pembelian Bahan Baku Insidentil.

b) Terhadap Stok Barang di Gudang ATK & Infrastruktur lain : i) HRGA Manager dibantu oleh Office Boy bertanggung jawab terhadap stok/ketersediaan alat tulis kantor yang digunakan untuk menunjang pekerjaan karyawan/ti.0[6]/11 O • Permintaan pembelian barang (bahan baku) maksimal diberikan ke purchasing pada hari kería (jarn 15:00) untuk direalisasikan maksimal 2 (dua) hari kerja setelah permintaan diterirna. • Permintaan yang dilakukan setelah pukul 15:00 akan dimasukkan pada permintaan hari berikutnya. (4) Membantu barang. terhadap Purchase Order (PO) kepada supp/ier bahan baku dari supp/ier oleh staff gudang bersama-sama dengan díterbitkan. penerbitan sampai penerimaan purchasing. ii) Purchasing bertanggung jawab untuk melakukan pengadaan bahan baku mulai dari proses pencarian calen supplier. (3) Membantu purchasing melakukan foJlow up secara kontinyu terhadap supplier setelah PO purchasing dengan menerima permintaan purchasing melakukan monitoring pembelian barang dari PPIC. negosiasi harga. Staff update pembelian barang dari Gudang atau divisi lainnya. iii) Staff administrasi Produksi bertanggung jawab : (1) Membantu (2) Membantu supplier. bertanggung jawab memproses dan menyerahkan Form Permintaan Pembelian Barang kepada purchasing (setelah mengajukan approval ke Direktur) dengan ketentuan : purchasing dalam hal lainnya yang berhubungan dengan proses pembelian (1) Oivisi HRGA menyebarkan permohonan (antara tanggaI1-4) pembelian barang kepada masing-rnasing divisi pembelian barang (approval direktur) (2) Divis! HRGA merekap & memproses permintaan .

mengirimkan tersebut ke bagian Finance untuk keperluan pernbavaran dan pembukuan perusahaan. (2) Purchasing merealisasikan pembelian dan menyerahkan kepada HRGA (maksimal 2 hari kerja setelah permohonan pembelian barang diterima). (3) Purchasing merealisasikan pembelian dan menyerahkan kepada HRGA (maksimal 2 hari kerja setelah permohonan pembelian barang diterima) untuk didistribusikan kembali kepada divisi yang meminta. dibantu oleh GA Officer bertanggung jawab terhadap stok/ketersediaan penunjang infrastruktur lainnya yang dígunakan untuk proses perawatan dan pemeliharaan bertanggung jawab memproses dan menyerahkan Form Permintaan Pembelian Barang kepada purchasing (setelah mengajukan approval ke Direktur) dengan ketentuan : (1) Divisi HRGA membuat dan memproses permintaan pembelian barang (approval direktur) kemudian diserahkan pada purchasing. kesesuaian ourchose order berkas-berkas menerima bukti penerimaan bukti barang dari staft gudang. iv) Form Data Supplier. ii) HRGA Manager infrastruktur. . barang. e) Terhadap barang . ii) Form Penerimaan Sarang.0[6]/11 (1) Divis! HRGA menyebarkan permohonan (antara tanggaI1-4) O pembelian barang kepada masing-masíng divisi pembelian barang (approval direktur) (2) Divis! HRGA merekap & memproses permintaan kemudian diserahkan pada purchasing (maksímal tanggaI6). iii) Purchasing Order (PO). memeriksa berkas-berkas (PO) dengan penerimaan tagihan yang diberikan oleh supplier.barang yang dikirimkan oleh supplier : Purchasing bertanggung jawab untuk mengeeek kelengkapan 4) Dokumentasi a) Internal: i) Form Permintaan Pembelían Barang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful