P. 1
Pompa

Pompa

|Views: 546|Likes:
Published by Piip Ping

More info:

Published by: Piip Ping on May 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2014

pdf

text

original

TUGAS PRINSIP-PRINSIP POMPA AIR

Disusun untuk Memenuhi Tugas Terstrusktur Mata Kuliah Irigasi dan Drainase oleh Dosen Pengampu Bapak Ir. Didik Suprayogo, M.Sc.,Ph.D.

Disusun oleh: Nama NIM Kelas : Yoladeva Anneke Putri : 115040201111297 :P

PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013

EMBER
1. Prinsip Kerja Pengambilan air dari sumber air menggunakan ember dilakukan dengan tenaga manusia. Apabila permukaan air pada sumber relatif tinggi, maka cukup menggunakan ember saja. Sedangkan apabila permukaan air pada sumber relatif dalam, maka dipasang tali pada bagian atas ember (mulut ember) untuk mempermudah agar ember dapat mencapai permukaan air.

2. Cara Kerja Cara mengambil air menggunakan ember yaitu dengan memasukkan seluruh bagian ember ke dalam air. Kemudian setelah terisi penuh air, ember ditarik ke atas menggunakan pegangan ember bila permukaan air dangkal, atau menggunakan tali yang dipasang di mulut ember bila permukaan air dalam.

3. Sketsa Gambar

Ember tanpa tali

Ember dengan tali

4. Kelebihan dan Kekurangan Kelebihan:  Prinsip kerja sederhana, tidak memerlukan peralatan yang canggih  Tidak memerlukan energi listrik dan bahan bakar  Biaya kerusakan alat kecil

Kekurangan:  Dibutuhkan energi (tenaga manusia) yang besar  Tidak efisien waktu  Resiko bahaya tinggi apabila permukaan air dalam dan kapasitas ember besar

SISTEM TALI DAN EMBER
1. Prinsip Kerja Pengambilan air dari sumber air menggunakan sistem tali dan ember dilakukan dengan tenaga manusia. Penggunaan sistem ini disesuaikan dengan tingkat kedalaman sumber air. Biasanya sistem ini digunakan untuk pengambilan sumber air yang memilki tingkat kedalaman yang cukup dalam sehingga memerlukan panjang tali tertentu untuk menjangkau sumber air tersebut. Jadi, sumber air berasal dari sumur. Untuk mengambil air dari sumur bisa menggunakan katrol tetap. Dengan menggunakan katrol, orang dapat lebih mudah mengambil air tanpa terlalu menguras tenaga.

2. Cara Kerja Cara kerja dalam pengambilan air dengan sistem ember dan tali yaitu dengan mengikatkan ember pada ujung tali. Setelah itu, melalui tali tersebut dimasukkan ke dalam sumur hingga mencapai sumber air. Karena sistem yang digunakan adalah katrol jadi terdapat dua sisi tali. Jadi, dalam pengambilan air, satu sisi dari tali ditarik sehingga tali lain yang dimana ember terikat terangkat ke atas. Setelah ember sampai pada permukaan sumur segera diambil.

3. Sketsa Gambar

Katrol

Ember dan Tali

Sistem katrol

4. Kelebihan dan Kekurangan Kelebihan:  Prinsip kerja sederhana, tidak memerlukan peralatan yang canggih  Tidak memerlukan energi listrik dan bahan bakar  Biaya kerusakan alat kecil Kekurangan:  Dibutuhkan energi (tenaga manusia) yang besar  Tidak efisien waktu  Resiko bahaya tinggi apabila permukaan air dalam dan kapasitas ember besar.

POMPA PISTON (TORAK)

1. Prinsip Kerja Prinsip kerjanya dapat diuraikan sebagai berikut : a. Piston bergerak mundur / kekiri   Katup tekan kanan tertutup rapat, katup tekan kiri terbuka sehingga fluidabagian kiri piston masuk ke ruang outlet dan keluar melalui pipa penyalur. Katup isap kiri tertutup rapat, tekanan ruang selinder kanan menurun sehingga terjadi isapan membuat katup isap terbuka dan fluida masuk ke-ruang selinder bagian kanan piston. b. Piston bergerak maju/ kekanan  Katup tekan kiri tertutup rapat, tekanan ruang kanan meningkat membuatkatup tekan kanan terbuka sehingga fluida mengalir ke ruang outlet dankeluar pompa melalui pipa penyalur.  Katup isap kanan tertutup rapat, tekanan ruang selinder kiri menurun se-hingga terjadi isapan membuat katup isap kiri terbuka dan fluida masuk ke-ruang selinder bagian kiri piston, dan selanjutnya kembali piston bergerakmundur – maju secara berkelanjutan.

2. Cara Kerja Menurut cara kerjanya, pompa torak terbagi 2, yaitu : 1. Pompa torak kerja tunggal (Single acting), dimana hanya terjadi discharge karena 1 stroking dalam 1 arah saja.Dengan menarik keatas dan menekan kebawah engkolnya, maka batang torak dan torak bergerak naik turun, bila torak bergerak keatas, zat cair terisap oleh katup yang paling bawah (katup isap), jika torak bergerak ke bawah katup isap akan tertutup dan pompa mengeluarkan cairan. Secara bersamaan katup isap membuka kembali dan zat cair di isap lagi untuk penyerahan berikutnya.

Pompa torak kerja tunggal 2. Pompa torak kerja ganda (Double acting), liquid masuk pada kedua bagian dari liquid pistonnya sehingga terjadi discharge pada 2 stroking dalam 2 arah. Bila torak bergerak ke kanan, maka katup isap Z1 akan menutup dan katup pompa P2 akan membuka. Zat cair yang berada di sebelah sisi kanan torak di tempatkan ke saluran kompa melalui katup pompa P2. Di sebelah kiri katup pompa P1 akan menutup dan katup isap Z1 akan membuka. Zat cair di isap ke dalam silinder melalui katup isap Z1. Bila sesudah itu torak akan bergerak ke kiri maka katup–katup yang tadinya membuka akan menutup dan yang tadinya menutup akan membuka dengan demikian pompa ini akan bekerja ganda.

Pompa torak kerja ganda

3. Sketsa Gambar

4. Kelebihan dan Kekurangan Kelebihan: Pompa piston jika pada pengoperasian tekanan tinggi memiliki ketahanan yang jauh lebih lama jika dibandingkan jenis pompa yang lain.

Kelemahan: - Tidak dapat beroperasi pada tekanan tinggi - Memiliki umur simpan lebih pendek - Memiliki kurva aliran kinerja yang sangat datar - Tidak cocok untuk mentransfer media yang beracun atau ledakan.

POMPA SENTRIFUGAL
1. Prinsip Pompa sentrifugal mempunyai sebuah impeller (baling-baling) untuk mengangkat zat cairan dari tempat yang lebih rendah ke tempat yang lebih tinggi.Daya dari luar diberikan kepada poros pompa untuk memutarkan impeller didalam zat cair. Maka zat cair yang ada didalam impeller, oleh dorongan sudu-sududapat berputar. Karena timbul gaya sentrifugal maka zat cair mengalir dari tengahimpeller ke luar melalui saluran diantara sudu-sudu. Disini head tekanan zat cairmenjadi lebih tinggi. Demikian pula head kecepatannya menjadi lebih tinggikarena mengalami percepatan. Zat cair yang keluar melalui 5 impeller ditampungoleh saluran berbentuk volut (spiral) dikelilingi impeller dan disalurkan keluarpompa melalui nosel. Didalam nosel ini sebagian head kecepatan aliran diubahmenjadi head tekanan. Jadi impeller pompa berfungsi memberikan kerja pada zatcair sehingga nergy yang dikandungnya menjadi lebih besar. Selisih nergy persatuan berat atau head total zat cair antara flens isap dan flens keluar disebut headtotal pompa. Dari uraian diatas jelas bahwa pompa sentrifugal dapat mengubah energy mekanik dalam bentuk kerja poros menjadi enrgi fluida. Energi inilahyang mengakibatkan perubahan head tekanan , head kecepatan dan head potensialpada zat cair yang mengalir secara continue.Pada keliling luar kipas, zat cair mengalir dalam rumah pompa dengantekanan dan kecepatan tertentu. Dalam rumah pompa ini zat cair disalurkansedemikian rupa, sehingga terdapat perubahan kecepatan ke dalam tekanan yangsempurna. Oleh karena ini, kolom zat cair dalam saluran kempa digerakkan. Zatcair ini bergerak dalam aliran yang tak terputus-putus dari saluran isap melaluipompa ke saluran kempa.

2. Cara Kerja Suatu unit tenaga (power) terdiri atas suatu motor elektrik yang mendorong tangkai pompa sehingga menyebabkan impeller berotasi. baling-baling pada impeller langsung mengalirkan air dan membantu memberikan energi. Rotasi impeller menyebabkan setiap partikel pada permukaan impeller berakselerasi keluar sehingga menyebabkan suatu tenaga sentrifugal. jika inlet dan lubang pompa diisi dengan air, air bergerak keluar pada tekanan impeller yang rendah pada pusat impeller menyebabkan air keluar tertarik menuju inlet. Rotasi

impeller memberikan suatu kecepatan air tinggi pada bagian perifer (tepi) impeller. pada saat air meninggalkan impeller kecepatan agak berkurang dan kecepatan dinamik kepala diubah menjadi suatu tekanan kepala statis. Jadi perubahan tekanan dari inlet menjadi outlet pada pompa sentrifugal adalah tergantung dari ciri-ciri pompa. Tekanan outlet merupakan fungsi dari tekanan inlet dan ciri-ciri pompa. Pompa digerakkan oleh motor, daya dari motor diberikan kepada poros pompa untuk memutar impeler yang dipasangkan pada poros tersebut. Zat cair yang ada dalam impeler akan ikut berputar karena dorongan sudu‐sudu. Karena timbulnya gaya sentrifugal, maka zat cair mengalir dari tengah impeler keluar melalui saluran diantara sudu dan meninggalkan impeller dengan kecepatan yang tinggi. Zat cair yang keluar dari impeler dengan kecepatan tinggi ini kemudian mengalir melalui saluran yang penampangnya makin membesar (volute/diffuser), sehingga terjadi perubahan dari head kecepatan menjadi head tekanan. Maka zat cair yang keluar dari flens keluar pompa head totalnya bertambah besar. Pengisapan terjadi karena setelah zat cair dilemparkan oleh impeler, ruang diantara sudu‐sudu menjadi vakum sehingga zat cair akan terisap masuk.

3. Sketsa

4. Keunggulan dan Kelemahan Keunggulan : 1. Prinsip kerjanya sederhana 2. Mempunyai banyak jenis 3. Konstruksinya kuat 4. Tersedia berbagai jenis pilihan kapasitas output debit air 5. Poros motor penggerak dapat langsung disambung ke pompa

6. Pada umumnya untuk volume yang sama dengan pompa displacement, harga pembelian pompa sentrifugal lebih rendah 7. Tidak banyak bagian-bagian yang bergerak (tidak ada katup dan sebagainya), sehingga pemeliharaannya mudah 8. Lebih sedikit memerlukan tempat 9. Jumlah putaran tinggi, sehingga memberi kemungkinan untuk pergerakan langsung oleh sebuah elektromotor atau turbin. 10. Jalannya tenang, sehingga fondasi dapat di buat ringan. Bila konstruksinya disesuaikan, memberi kemungkinan untuk mengerjakan zat cair yang mengandung kotoran 11. Aliran zat cair tidak terputus – putus Kelemahan : 1. Dalam keadaan normal pompa sentrifugal tidak dapat menghisap sendiri(tidak dapat memompakan udara). 2. Kurang cocok untuk mengerjakan zat cair kental, terutama pada aliranvolume yang kecil

POMPA IMPULS
1. Prinsip Pompa hydram atau pompa impuls adalah suatu alat untuk mengalirkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi secara kontinyu dengan menggunakan energi potensial sumber air yang akan dialirkan sebagai daya drive, tanpa menggunakan sumber energi luar. Pompa hydram disebut dengan motorless pump yaitu pompa yang tidak menggunkan energi listrik, yang bekerja secara otomatis dengan memanfaatkan energi aliran air ke tempat penampungan air kemudian dikuatkan dengan terjadinya efek palu air (water hammer).

2. Cara Kerja Mekanisme pada pompa Impuls adalah dengan melipat-gandakan kekuatan pukulan air pada tabung udara dimana terjadi perubahan energi kinetik air menjadi tekanan dinamika yang menimbulkan water hammer. Tekanan dinamika ini diteruskan ke dalam tabung udara yang berfungsi sebagai penguat akan tetapi pompa ini tidak dapat memompa semua air yang masuk jadi sebagian air terpompa dan sebagian lagi terbuang melalui katup limbah. Pompa hydram/impuls membutuhkan energi terjunan air dengan ketinggian lebih besar atau sama dengan 0,7 meter yang masuk ke dalam pompa. Air mengalir melalui katup limbah yang terbuka. Pada kecepatan yang mencukupi katup ini akan menutup dengan sangat cepat. Akibatnya, tekanan yang tinggi akan terjadi di dalam pompa, yang mana air hanya dapat keluar lewat katup tekan ke dalam tabung udara, yang selanjutnya mengkompres udara yang ada dalam tabung sampai kecepatan aliran menjadi nol. Udara dalam tabung udara yang telah dikompresi tadi akan menekan air dalam tabung tersebut kemudian mengalir melalui pip delivery. Dalam mekanisme kerja tabung udara terjadi perubahan energi kinetik menjadi tekanan dinamis, yang berfungsi mengurangi akselerasi dan gesekan yang terjadi pada pompa hydram dan sebagai penguat tekanan, sehingga mampu mengangkat air ke pipa delivery secara kontinu pada kecepatan yang seragam. Dari studi literatur yang telah dilakukan, belum terdapat kajian yang mendasar tentang pengaruh tabung udara terhadap unjuk kerja pompa hydram / impuls

3. Sketsa

Pompa Impuls 4. Keuntungan dan Kelemahan Keuntungan        Mempunyai banyak jenis pompa

Pompa Impuls

Air lebih cepat naik dan ditarik dari bawah ke atas tanpa terputus Tidak menggunaka tenaga manusia yang banyak Bekerja otomatis Tidak menggunakan arus listrik tetapi menggunakan energi aliran air Kerugian Perawatan yang mahal untuk tabung udara Membutuhkn aliran air yang kuat agar air terangkat keatas

POMPA COIL

1. Prinsip Pompa coil (pompa kumparan) adalah pompa angkat rendah yang terdiri dari tabung, berbentuk kumparan dan dipasang pada poros berputar yang dapat digerakan oleh baik menggunakan mesin maupun digerakan oleh binatang sehingga mampu memutar poros coil. Pompa yang diletakkan pada air rendam dengan 45% dari badan kumparan. Lebih dari 50% (yaitu pompa sumbu tengah bawah permukaan air) mengurangi kepala maksimal. Kurangdari 45% meningkatkan kepala maksimal tetapi mengurangi lajualiran. Prinsip kerja dari pompa ini menggunakan hukum skrup Archimedes benda massa jenisnya lebih redah dari zat cair akan terapung ke atas.

2. Cara Kerja Salah satu ujung kumparan yang dibiarkan terbuka pada diameter luar kumparan, dengan menggulung lainnya berakhir menjelang tengah kumparan dan keluar dalam garis lurus dengan sumbu koil. Ini ujung kumparan dilengkapi dengan segel berputar yang menekan terhadap debit pipa pompa. Saat roda kumparan berputar tekanan berkembang dalam setiap kumparan tabung spiral, air dalam kumparan meningkat menjadi lebih tinggi. Core ini air dalam tabung spiral memampatkan udara di antara air dan udara saat berpindah dengan jalur spiral tersebut baik air dan udara dikeluarkan di bawah tekanan ke as roda. Aliran air sampai pipa naik statis juga dipercepat oleh udara yang terkompresi lalu melepas dan memperluas dari penyaluran diporosroda. Efek ini juga membantu untuk mengangkat air ke tangki penampung. Kumparan yang berputar-putar, memasukan air kedalam ujung yang terbuka berulangkali, dengan kumparan yang berputar-putar membuat air berpindah kemudian keluar melalui pipa pembuangan.

3. Sketsa

4. Keunggulan dan Kekurangan Kunggulan Perawatan dan diperbaiki mudah dengan biaya yang sangat rendah. Hal ini dimungkinkan karena semua komponen yang digunakan dapat diperoleh dengan mudah. Model dapat dimodifikasi sesuai keinginan. Kekurangan pompa hanya dapat mengangkat air pada ketinggian air yang dangkal karena biasanya kolom output biasanya air 50% dan udara 50%. Dapat bekerja maksimal pada alir yang mengalir cukup deras.

POMPA ROTARY

1. Prinsip Kerja menggerakkan fluida dg berputarnya rotor di dalam casing (rumah pompa), dengan bergeraknya rotor terjadi perubahan volume antara suction dan discharge shg fluida bisa terdorong keluar.

2. Cara Kerja 1. Cairan masuk sisi isap antara rotor dan idler. 2. Cairan bergerak diantara celah antar gigi, bagian berbentuk bulan sabit berfungsi sebagai pemisah antara sisi isap dan sisi buang. 3. Setelah rumah pompa hampir dipenuhi cairan, roda gigi membentuk susunan sedemikian sehingga daerah isap dan daerah buang terpisah. 4. Setelah daerah isap dan buang sepenuhnya terpisah cairan mulai keluar pada sisi buang.

3. Sketsa

Pompa Rotary 4. Keuntungan dan Kekurangan Keuntungan: Dari tipe ini adalah efisiensi yang tinggi karena secara natural ia mengeluarkan udara dari pipa alirannya, Kecepatan rendah dan stabil, Aliran fluida lancer, serta

mengurangi kebutuhan pengguna untuk mengeluarkan udara tersebut secara manual.

Kekurangan Karena sifat alaminya maka clearence antara sudu putar dan sudu pengikutnya harus sekecil mungkin, dan mengharuskan pompa berputar pada kecepatan yang rendah dan stabil. Apabila pompa bekerja pada kecepatan yang terlalu tinggi, maka fluida kerjanya justru dapat menyebabkan erosi pada sudu-sudu pompa.

POMPA MEMBRAN / SEKAT

1. Prinsip Efek pemompaan ( animasi cara kerja pompa membran 1 ) dihasilkan dari gerak bolak‐balik membrane/sekat. Ketika membran bergerak ke atas, volume silinder makin besar sehingga tekanannya makin kecil, akibatnya zat cair terhisap melalui katup masuk. Ketika membran bergerak ke bawah volume mengecil, tekanannya zat cair di dalam membesar sehingga zat cair terdorong keluar melalui katup keluar.

2. Cara Kerja dan Sketsa

Animasi 1. Cara kerja pompa membran

Animasi 3. Cara kerja pompa membran >>klik kiri gbr 2 kali agar bisa gerak

Animasi 4. Cara kerja pompa membaran kerja ganda

Gbr. Pompa membran kerja ganda Berbeda dengan torak dan plunger, Diafragma merupakan liquid end dari bahan yang fleksibel yang dilengkapi dengan discharge valve pada pusatnya dan suction valve. Bagian yang bergerak dari pompanya adalah difragma dan kerangkannya sendiri. Dengan gerakan yang eksentrik, maka diafragma digerakkan sehingga dapat terjadi aliran. Pompa sekat baik digunakan untuk cairan-cairan yang mengandung partikel–partikel padatan pada pompa ini sedikit sekali bagian–bagian yang bergerak, dan sederhana serta mudah direparasi. Sehingga pompa ini digunakan untuk crude oil (lumpur minyak) atau liquid yang banyak mengandung solid dalam bentuk suspensihead yang rendah.

3. Kelebihan dan Kekurangan Pompa membran terdiri dari dua ruangan yang di batasi oleh sekat A, sekat ini dapat bergerak turun naik. Bila sekat bergerak ke atas, katup isap C membuka dan caairan masuk ke ruangan bagian bawah. Pada bagian yang sama katup tekan B tertutup dan cairan dari ruang atas di tekan ke saluran pengeluaran. Pada gerakan berikutnya sekat bergerak ke bawah, katup isap tertutup dan katup tekan terbuka. Cairan pindah dari ruang bawah ke atas, demikian seterusnya dengan gerakan bolak–balik dari sekat tersebut seolah-olah cairan di alirkan dari saluran masuk ke saluran pengeluaran. Sekat dihubungkan melalui eksentrik ke tenaga penggerak. Jarak geraknya dapat disetel dalam batas– batas tertentu untuk mengatur alirannya.

POMPA EJECTOR 1. Prinsip Sifat dari jets pump adalah sebagai pendorong untuk mengangkat cairan dari tempat yang sangat dalam.Mampu merubah energi statis cairan menjadi energi kinetis atau kebalikannya. Kondisi vacuum yang terjadi pada ruang inlet pompa jet diperlukan untuk menarik cairan yang dipompa kedalam ruang inlet tersebut. Kevacuman dihasilkan oleh aliran searah dari fluida penggerak (actuating fluid). 2. Cara Kerja Dalam pompa ejektor jet, cairan melewati nosel venturi dan mengembangkan hisap yang menyebabkan aliran kedua fluida akan entrained. Perubahan tekanan dari nozzle yang disebabkan oleh aliran media yang digunakan untuk membawa cairan tersebut ke atas (prinsip ejector). Media yang digunakan dapat berupa cairan maupun gas. Pompa ini tidak mempunyai bagian yang bergerak dan konstruksinya sangat sederhana. Keefektifan dan efisiensi pompa ini sangat terbatas. 3. Sketsa

Pompa Ejektor

4. Keunggulan dan Kekurangan Keunggulan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Tidak ada bagian yang bergerak, sehingga pompa bisa berumur panjang. Tidak menimbulkan suarua gaduh dan mudah dioperasikan. Mampu memompa cairan yang mengan dung kotoran. Sulit tersumbat. Mampu bekerja pada saluran hisap yang kering. Kapasitasnya uniform. Ukurannya kecil dan ringan.

Kekurangan Effisiensinya rendah.

POMPA ROTOR 1. Prinsip Komponen pompa ini secara garis besar terdiri sebuah rumah pompa dengan sambungan saluran isap (suction) dan sambungan saluran kempa (discharge) dan didalam rumah pompa tersebut terdapat komponen yang berputar, yang dapat berupa roda gigi (gear pumps), atau silinder dengan sudu-sudu (sliding-vane pumps), atau ulir (screw pumps). Secara umum prinsip kerja rotor pumps adalah sebagai berikut. Berputarnya elemen dalam rumah pompa menyebabkan penurunan tekanan pada saluran isap, sehingga terjadi aliran cairan dari sumber masuk ke rumah pompa. Cairan tersebut akan mengisi ruang kosong yang ditimbulkan oleh elemen-elemen yang berputar dalam rumah pompa tersebut, cairan terperangkap dan ikut berputar. Pada saluran kempa terjadi pengecilan rongga, sehingga cairan terkempakan ke luar.

2. Cara Kerja Ketika roda gigi berputar, terjadi penurunan tekanan pada rumah pompa sehingga cairan mengalir dan mengisi rongga gigi. Cairan yang terperangkap dalam rongga gigi terbawa berputar kemudian dikempakan dalam saluran pengeluaran, karena pada bagian ini terjadi pengecilan rongga gigi.

3

Skema

Skema Prinsip Kerja Pompa Roda Gigi dengan Penggigian Luar (External Gear Pump)

4 Keunggulan dan Kekurangan Keunggulan Pompa dengan penggigian luar banyak digunakan untuk memompa minyak pelumas atau cairan lain yang mempunyai sifat pelumasan yang baik. Pompa dengan penggigian dalam dapat digunakan untuk memompa zat cair yang mempunyai kekentalan (viskositas) tinggi, seperti tetes, sirop, dan cat. Kekurangan Terjadinya kemacetan dan aus saat pompa digunakan maka zat cair yang dipompa tidak boleh mengandung padatan dan tidak bersifat korosif.

DAFTAR PUSTAKA

Anonymous.2013. Sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Coil_pump. Diakses pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber: http://www24.brinkster.com/alexweir/coilpump/default.htm. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber: http://lurkertech.com/water/pump/belcher/fish/. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber: http://www.gebyok.com/ alat-menimba-air-kerekan-dan-embercangking.html. pada tanggal 18 Mei 2013.

Anonymous.2013. Sumber : http://www.gebyok.com/wp-content/uploads/2008/12/ember cangkingan.jpg.http://www.barangrumahtangga.com/content/uploads/mtoc/product_i mages/esm- 48semeru-redcopy.jpg. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber:http://nilaasafitri.blogspot.com/2012/06/pompa-menurut-prinsip-

dan-carakerjanya.html. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber : http://www.gebyok.com/wp-content/uploads/2008/12/embercangkingan.jpg. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber:

http://www.barangrumahtangga.com/content/uploads/mtoc/product_images/esm48semeru-redcopy.jpg. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber: http://www.gebyok.com/ alat-menimba-air-kerekan-dan-embercangking.html. pada tanggal 18 Mei 2013. Anonymous.2013. Sumber:http://nilaasafitri.blogspot.com/2012/06/pompa-menurut-prinsip-

dan-carakerjanya.html. pada tanggal 18 Mei 2013.

Anonymous.2013. Sumber: http://nilaasafitri.blogspot.com/2012/06/pompa-menurut-prinsipdan-cara-kerjanya.html. Diakses tanggal 17 mei 2013 Safitri, nila.2012. POMPA MENURUT PRINSIP DAN CARA KERJANYA. Very. 2012.Macam - Macam Pompa.ITS Surabaya.Wordpress

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->