Dosen : Made Agung Raharja

1. menjelaskan aturan tabel kebenarn pada setiap perangkai yang ada, yakni “dan”, “atau”, “tidak”, “jika maka”, dan …”jika dan hanya jika”. 2. Menjelaskan aturan tabel kebenaan pada perangkai yang merupakan kebalikan dari perangkai “dan”, juga “atau”, yakni “tidak dan”, dan “tidak atau”, serta xor.

ataupun isi dari pernyataan. Logikatidak mempermasalahkan arti sebenarnya dari pernyataan tersebut. serta penarikan kesimpulan tentang validitas dari argumen tersebut.  Logika hanya berhubungan dengan bentukbentuk logis dari argumen-argumen. Contoh 3-1 Manusia mempunyai 2 mata Badu seorang manusia Maka Badu mempunyai 2 mata     .

atau premis-premis yang salah menghasilkan kesimpulan yang benar. bukan kebenaran secara aktual atau sehari-hari. Premis-premis yang benar tidak mungkin menghasilkan kesimpulan yang salah.     Contoh 3-2 Binatang mempunyai 2 mata Manusia mempunyai 2 mata Maka binatang sama dengan manusia Logika hanya menekankan bahwa premispremis yang benar harus menghasilkan kesimpulan yang benar. .

 Tabel kebenaran adalah suatu tabel yang menunjukkan secara sistematis satu demi satu nilainilai kebenaran sebagai hasil kombinasi dari proposisiproposisi yang sederhana .

Setiap perangkai pada logika memiliki nilai kebenarannya masing-masing sesuai jenis perangkai logika yang digunakan  Untuk mengetahui nilai kebenarannya.  . digunakan aturan dengan memakai tabel kebenaran.

./implies) Jika dan hanya jika (if and only if)  Simbol      Konstanta proposisional T untuk True/benar dan F untuk False/salah .(if....Perangkai Dan (and) Atau(or) Tidak/Bukan (not) Jika..maka....then.

 Konjungsi (conjunction) adalah kata lain dari perangkai “dan(and)” A B AB F F T T F T F T F F F T .

A F F F F T T T T B F F T T F F T T C F T F T F T F T A^B (A^B)^C B^C A^(B^C) .

A F F F F T T T T B F F T T F F T T C F T F T F T F T A^B F F F F F F T T (A^B)^C F F F F F F F T B^C F F F T F F F T A^(B^C) F F F F F F F T .

 Disjungsi (Disjunction) adalah kata lain dari perangkai “atau(or)” A B AB F F T T F T F T F T T T .

Di sini „or‟ dipakai dalam pengertian „inclusive or‟ Perangkai or pada logika cenderung bermakna inclusive or.         Contoh: I was in Yogyakarta or Surabaya at 8.00 pm yesterday. Di sini „or‟ dipakai dalam pengertian „exclusive or‟ Perhatikan contoh berikut: You have either pizza or fried chicken. . Perangkai „atau‟ dalam bahasa Indonesia juga disamakan dengan inclusive or dalam bahasa Inggris.

 Negasi(negation) adalah kata lain dari perangkai “tidak(not)” A A A F T T F F T .

..maka.then.. Implikasi (implication) adalah kata lain dari perangkai “jika.(if.)” A B AB F F T T F T F T T T F T ......

Perhatikan pernyataan berikut : “Jika hari hujan. implikasi juga disebut Conditional. Pasangan yang terletak di sisi kiri yakni A disebut Antecedent. sedangkan di sisi kanan yakni B disebut Consequent. maka saya membawa payung” .       Hanya ada satu nilai F dari (A B) jika A = T dan B = F. Oleh karena itu. Implikasi dapat menimbulkan salah pengertian jika dipahami dengan bahasa sehari-hari. bukan sebaliknya.

jika dan hanya jika. (.)” A B A B F F T T F T F T T F F T ..if and only if....... Ekuivalensi (equivalence) adalah kata lain dari perangkai “..

. Jika pasangan nilai berbeda.   Jadi nilai A  B mempunyai nilai T jika pasangan A dan B bernilai sama. baik T maupun F. Perangkai  disebut biconditional. maka pasti F. karena mengkondisikan atau merangkaikan dua ekspresi logika.

 Perangkai “Tidak Dan”(not and) atau operator nand dengan simbol [|] A B A|B F F T T F T F T T T T F .

 Perangkai “Tidak Atau”(not or) atau operator nor dengan simbol [ ] A B AB F F T T F T F T T F F F .

 Perangkai “xor”(exlusive or) dengan simbol [] A B AB F F T T F T F T F T T F .

Soal-soal Latihan .

Misalkan A.1.  AB  BC  (AC)(BC)  (A^B)V(B^C) . B = Anda ujian. B dan C adalah variabel proposisional : A = Anda sakit flu. C = Anda lulus Ubahlah ekspresi berikut menjadi pernyataan dalam bahasa indonesia.

Buatlah Tabel Kebenaran dengan semua kemungkinan nilai kebenaran dari ekspresi logika (AB)C A B C (AB) (AB)C .

jika dan hanya jika ia kaya raya . maka ia hidup bahagia e. Jika Bowo kaya raya. Bowo hidup bahagia. Lalu ubahlah pernyataanpernyataan berikut ini menjad bentuk logika! a. Bowo kaya raya dan hidup bahagia c.        Gunakan konstanta proposisional A untuk “Bowo kaya raya” dan B untuk “Bowo hidup bahagia”. Bowo tidak kaya b. Bowo kaya raya atau tidak hidup bahagia d.

Apakah (A  B) sama dengan (B  A) ? e.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut denagn menggunakan tabel kebenaran: a. Apakah nilai kebenaran dari A v A ? c. Apakah (A  B)  C mempunyai nilai kebenaran yang sama dengan A  (B C)? . Apakah nilai kebenaran dari A ^ A ? b. Apakah nilai kebenaran dari (A ^ ¬A) dan (A v ¬A) ? d.

((¬A ^ (¬B ^ C)) v (B ^ C)) v (A ^ C) d. ¬(¬A ^ ¬B) b. (A ^ B) v (((¬A ^ B)  A) ^ ¬B) e. A ^ ( A ^ B) c. (A  B) <--> (¬B  ¬A) .       Buatlah tabel kebenaran dengan semua kemungkinan nilai kebenaran dari ekspresi-ekspresi logika berikut ini : a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful